7 Taman TERBAIK untuk Piknik Musim Semi

7 Taman TERBAIK untuk Piknik Musim Semi

Taman Pyeonghoa-nuri di Imjingak Resort

Musim semi telah sepenuhnya tiba, dengan sinar matahari yang hangat dan angin yang sejuk! Apa yang lebih baik dibandingkan piknik di taman? Seoul dan kota-kota di area metropolitan memiliki banyak taman cantik, yang sempurna untuk dikunjungi. Beberapa taman tersebut telah dijadikan tempat syuting drama dan film Korea, membuat mereka jadi lebih menarik bagi penggemar Hallyu. Meskipun begitu, aspek paling menawan dari piknik di taman adalah kamu bisa punya hari yang menyenangkan dengan budget terbatas. Selain itu, setiap taman juga memiliki atmosfer dan atraksi yang unik, menawarkan pengalaman baru dalam setiap perjalananmu.

TIP) Rencanakan!

Piknik di taman tidak akan lengkap tanpa makan siang dan alas untuk duduk! Biasanya tidak terdapat banyak restoran atau swalayan di sekitar taman, jadi sebaiknya siapkan sesuatu untuk di makan sebelumnya. Jangan lupa untuk membawa kamera dan music untuk didengarkan!

Taman-taman tempat pelarian dari suasana kota

Taman Hangang Yeouido

Tulip-tulip di Taman Hangang Yeouido (Sumber: Balai Kota Seoul)

Sungai Hangang mengalir melalui jantung kota Seoul dan menjadi tempat beristirahat dan lokasi jalan-jalan akhir pekan yang sempurna bagi warga lokal. Terdapat total 11 taman yang tersebar sepanjang sungai, tetapi yang paling popular di antara wisatawan dan penduduk local adalah Taman Hangang Yeouido. Taman ini terkenal terutama di bulan April, ketika cherry blossom bermekaran.

Taman Hangang Yeouido

Kelebihan utama taman ini mungkin adalah lokasinya yang mudah diakses dengan subway dan bus. Terdapat berbagai acara dan kegiatan menyenangkan yang diselenggarakan sepanjang tahun. Nikmati kaki langit Seoul dari padang rumput yang luas atau sewa sepeda dan berkayuhlah sepanjang sungai untuk mendapatkan pengalaman baru.

☞ Alamat: 330, Yeouidong-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul (서울특별시 영등포구 여의동로 330)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 1 menit dari Stasiun Yeouinaru (Seoul Subway Line 5), Pintu Keluar 3
☞ Situs web: hangang.seoul.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Prancis, Spanyol)

Taman Danau Ilsan

Taman Danau Ilsan

Tidak salah jika Taman Danau Ilsan disebut taman bunga. Taman ini ditumbuhi lebih dari 1,800 pohon cherry blossom, selain juga banyak pohon willow semak forsythia. Melimpahnya bunga dapat menciptakan foto dengan ilusi bagaikan negeri dongeng. Taman ini juga merupakan tempat diselenggarakannya Goyang Hortikultura Internasional Korea, suatu pameran bunga global.

Taman Danau Ilsan

Taman Danau Ilsan merupakan danau buatan terbesar di Asia, namun danau ini terasa sealami pepohonan yang mengelilingi danau. Contoh oasis perkotaan yang sempurna, taman ini menyediakan jalan sepeda dan jalan setapak dengan kursi-kursi untuk menikmati pemandangan. Area berumput yang luas terbuka untuk piknik; jangan lupa untuk datang lebih awal untuk mendapatkan tempat di bawah pepohonan! Pusat perbelanjaan terdekat, Western Dom dan La Festa, adalah tempat yang patut dikunjungi sebelum pulang.

☞ Alamat: 595, Hosu-ro, Ilsandong-gu, Goyang-si, Gyeonggi-do (경기도 고양시 일산동구 호수로 595)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 15 menit dari Stasiun Jeongbalsan (Seoul Subway Line 3), Pintu Keluar 1
☞ Jam operasional: Musim dingin (Nov-Mar) 06:00-20:00, Musim panas (Apr-Okt) 05:00-22:00
☞ Situs web: www.goyang.go.kr (Hanya Bahasa Korea)

Taman untuk piknik dan belajar

Taman Olimpiade

Air Mancur Musikal Mongchon Trench di Taman Olimpiade

Terletak di Songpa-gu, Seoul, Taman Olimpiade, yang mewah baik dari segi ukuran maupun nama, merupakan tempat penyelenggaraan Asian Games 1986 Summer Olympics 1988. Taman ini luasnya 1.4 juta meter persegi dan perlu waktu sekitar 3 jam untuk berjalan mengelilingi seluruh taman. Untuk membuat jalan-jalanmu lebih mudah, kami sarankan untuk pergi ke pusat informasi di sebelah World Peace Gate untuk mendapatkan peta jalan taman. Di antara 9 tempat utama di taman ini, kami sangat merekomendasikan air mancur musikal di Mongchon Trench!

Taman Olimpiade

Ada banyak cara untuk menikmati taman yang luas ini. Pilihan yang ada termasuk mengambil gambar dengan patung-patung di luar dan berseluncur di taman seluncur Peace Plaza. Kursi-kursi juga dipasang di sepanjang jalan setapak, jadi kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah.

Bukit Satu Pohon di Taman Olimpiade

Saat mengunjungi Taman Olimpiade, jangan lewatkan Bukit Satu Pohon, satu lagi tempat utama di taman ini. Berdirinya sebuah pohon di tengah padang rumput yang luas menciptakan pemandangan yang menyerupai lukisan dan merupakan tempat yang pas untuk berfoto. Tempat ini sangat populer sebagai tempat pengambilan foto pernikahan, meskipun kamu juga akan melihat banyak keluarga dan pasangan berfoto di sini.

☞ Alamat: 424, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul (서울특별시 송파구 올림픽로 424)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 10 menit dari Stasiun Mongchontoseong (Seoul Subway Line 8), Pintu Keluar 1
☞ Situs web: www.olympicpark.co.kr (Bahasa Korea, Inggris)

Taman Pyeonghoa-nuri di Imjingak Resort

Taman Pyeonghoa-nuri (Sumber: Balai Kota Paju)

Taman paling utara di Gyeonggi-do, Taman Pyeonghoa-nuri di Imjingak Resort dibuat pada tahun 2005 sebagai bagian dari World Peace Festival (Festival Perdamaian Dunia). Meskipun perang dan pemisahan setelahnya merupakan momen menyakitkan dalam sejarah Korea, taman ini berfungsi untuk mempromosikan perdamaian dan rekonsiliasi. Tempat utama di taman ini adalah Hill of Music (Bukit Musik), sebuah padang rumput luas untuk tempat konser; dan Hill of Wind (Bukit Angin), yang menyediakan zona foto dengan lebih dari 3000 kincir angin yang berputar bebas.

Taman Pyeonghoa-nuri

Atmosfer piknik sederhana beralaskan selimut di sini lebih baik daripada makan di restoran. Kincir angin warna-warni yang berputar tertiup angin menciptakan latar belakang yang menakjubkan bercampur dengan suara orang-orang yang sedang menikmati suasana. Pengunjung yang membawa anak-anak disarankan untuk mengunjungi Peaceland, sebuah taman hiburan yang terkenal dengan wahana Viking Ride, komidi putar dan atraksi menarik lainnya.

☞ Alamat: 148-53, Imjingak-ro, Munsan-eup, Paju-si, Gyeonggi-do (경기도 파주시 문산읍 임진각로 148-53)
☞ Petunjuk arah: Jalan ke Halte Bus Stasiun 1cha▪Munsan Hanjin dari Stasiun Munsan (Gyeongui-Jungang Line), Pintu Keluar 1 → Naik Bus No. 58 atau 93-9 ke Halte Bus Stasiun Imjingang → Jalan sekitar 15 menit
☞ Situs web: imjingak.co.kr (Hanya Bahasa Korea)

Taman terbaik untuk berfoto

Taman Seonyudo

Taman Pilar Hijau di Taman Seonyudo

Jembatan Yanghwadaegyo, yang menghubungkan Hapjeong-dong dan Dangsan-dong, dibangun melintasi Taman Seonyudo, sebuah pulau di tengah Sungai Hangang. Pulau ini aslinya disebut Puncak Seonyubong, yang berarti sebuah bukit kecil tempat arwah bermain. Juga disebut sebagai “Taman Air,” taman ekologi ini dibentuk dengan merenovasi sebuah pabrik penyaringan air tua.

Taman Seonyudo

Taman ini dibagi ke dalam berbagai taman bertema, seperti Taman Waktu, Taman Pilar Hijau, sebuah rumah kaca dan banyak lagi. Di seantero juga terdapat kursi-kursi dan tempat-tempat sunyi untuk duduk. Yang paling utama, taman ini sempurna bagi keluarga dan pasangan untuk menciptakan memori dan berfoto dengan setting unik.

☞ Alamat (Seonyudo Park Office) : 343, Seonyu-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul (서울특별시 영등포구 선유로 343)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 20 menit dari Stasiun Seonyudo (Seoul Subway Line 9), Pintu Keluar 4
☞ Jam operasional: 06:00-24:00
☞ Situs web: parks.seoul.go.kr (Hanya Bahasa Korea)

Taman Noeul di Taman Piala Dunia

Tempat perkemahan di Taman Noeul Park

Tempat paling terkenal untuk melihat matahari terbenam di Seoul adalah Taman Noeul Park, bagian dari Taman Piala Dunia yang lebih besar. Hal lain yang membuat taman ini menarik adalah padang rumput yang luas dan tempat berkemah. Lokasi taman ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah, sama seperti Taman Haneul, yang kemudian diubah menjadi tempat wisata yang indah untuk Piala Dunia FIFA 2002 Korea/Jepang.

Taman Noeul

Hal paling memikat dari Taman Noeul tentu saja adalah kesempatan untuk berpiknik di tengah lingkungan yang tenang. Pengunjung bisa berjalan di sepanjang jalur di taman, dan berhenti untuk berfoto dengan berbagai patung yang ada di seantero taman. Karena taman ini terkenal akan pemandangan matahari terbenamnya, dan nama taman ini juga berarti “matahari terbenam” dalam Bahasa Korea, kami sarankan untuk berkunjung ke sini sekitar jam 4 atau 5 sore supaya kamu bisa mengakhiri piknikmu dengan melihat langit kemerahan yang indah.

☞ Alamat: 243-60, World cup-ro, Mapo-gu, Seoul (서울특별시 마포구 월드컵로 243-60)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 10 menit dari Stasiun World Cup Stadium (Seoul Subway Line 6), Pintu Keluar 1
☞ Jam operasional:
- Kunjungan terakhir Taman Noeul: Jan 20:00 / Feb & Okt 20:30 / Mar & Sep 21:00 / Apr-Mei 21:30 / Jun-Agu 22:00 / Nov-Des 19:30
* Taman buka jam 05:00 setiap hari
* Untuk melindungi taman dan seluruh pengunjung, dilarang untuk masuk ke taman di malam hari.
- Kereta Listrik Maengkkongi: Mar-Nov 10:00-19:00 / Des-Feb 10:00-18:00
☞ Rute Kereta Listrik Maengkkongi: Tempat Parkir Nanji ↔ Taman Haneul, Taman Noeul ↔ Tempat Parkir Nanji, Tempat Parkir Noeul ↔ Tempat Perkemahan Noeul
☞ Biaya (Kereta Listrik Maengkkongi): Dewasa – Pulang pergi 3,000 won, Satu arah 2,000 won / Anak-anak – Pulang pergi 2,200 won, Satu arah 1,500 won
* Dewasa (usia 13 tahun ke atas) / Anak-anak (usia 4-12)
☞ Situs web: parks.seoul.go.kr (Hanya Bahasa Korea)

Taman Haneul di Taman Piala Dunia

Taman Haneul

Paling dekat dengan langit dibandingkan lima taman lainnya di Taman Piala Dunia, taman ini pantas dinamai Taman Haneul, karena “haneul” berarti langit dalam Bahasa Korea. Dulunya tempat pembuangan sampah, taman ini telah didekorasi dengan indah untuk menghapus masa lalunya yang memalukan. Taman ini diharapkan tetap alami, dengan cara memanfaatkan energi alami angin melalui penggunaan lima turbin angin besar, dan juga menyediakan amat sedikit struktur buatan tangan. Karena tidak ada toko di taman ini, sebaiknya siapkan makanan kecil dan minuman sebelum berkunjung.

Taman Haneul

Taman Haneul paling indah di bulan Oktober, ketika gelombang keemasan rumput eulalia memenuhi padang dan bunga kosmos berwarna merah muda dapat ditemukan di jalan setapak. Meskipun begitu, musim semi tidak kekurangan daya pikatnya; taman ini memiliki banyak zona foto yang bagus tempat pengunjung bisa mengabadikan kunjungan mereka di bawah langit biru. Jangan lupa untuk melihat pemandangan Seoul yang membentang di hadapanmu dari salah satu kursi yang mengelilingi pinggir taman!

☞ Alamat (Pusat Pengunjung): 95, Haneulgongwon-ro, Mapo-gu, Seoul (서울특별시 마포구 하늘공원로 95)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 30 menit dari World Cup Stadium (Seoul Subway Line 6), Pintu Keluar 1
* Kereta Listrik Maengkkongi tersedia di tempat parkir
☞ Jam operasional: 10:00-29:00 (Mar-Nov), 10:00-18:00 (Des-Feb)
- Kunjungan terakhir Taman Haneul: Jan 20:00 / Feb & Okt 20:30 / Mar & Sep 21:00 / Apr-Mei 21:30 / Jun-Agu 22:00 / Nov-Des 19:30
* Taman buka jam 05:00 setiap hari
* Untuk melindungi taman dan seluruh pengunjung, dilarang untuk masuk ke taman di malam hari.
- Kereta Listrik Maengkkongi: Mar-Nov 10:00-19:00 / Des-Feb 10:00-18:00
☞ Rute Kereta Listrik Maengkkongi: Tempat Parkir Nanji ↔ Taman Haneul, Taman Noeul ↔ Tempat Parkir Nanji, Tempat Parkir Noeul ↔ Tempat Perkemahan Noeul
☞ Biaya (Kereta Listrik Maengkkongi): Dewasa – Pulang pergi 3,000 won, Satu arah 2,000 won / Anak-anak – Pulang pergi 2,200 won, Satu arah 1,500 won
* Dewasa (usia 13 tahun ke atas) / Anak-anak (usia 4-12)
☞ Situs web: parks.seoul.go.kr (Hanya Bahasa Korea)

Info Lebih Lanjut
☞ Situs web Visit Seoul: www.visitseoul.net (Bahasa Korea, Inggris Jepang, Cina)
☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Maret 2019, dan karena itu informasi mungkin berbeda dari apa yang disajikan di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post