Kayuh Sepeda Relmu Menuju Alam yang Memukau

Kayuh Sepeda Relmu Menuju Alam yang Memukau

Pemandangan musim gugur di Jalur Sepeda Rel Jeongseon

Kamu dapat menikmati keindahan alam Korea sekaligus melakukan aktivitas seru dalam satu waktu! Mengayuh sepeda rel merupakan kegiatan menyenangkan sambil menikmati pemandangan sekitar. Kayuh sepeda rel melalui jalur yang disediakan untuk merasakan kegiatan olahraga ringan sekaligus menikmati pemandangan indah Korea. Cari tahu lebih lanjut untuk mendapatkan informasi fasilitas lainnya selama menikmati pemandangan gunung, lautan, dan sungai di Korea.

Perjalanan melalui hutan dan ladang

Taman Sepeda Rel Gangchon

Taman Sepeda Rel Gangchon & Sepeda Rel

Taman Sepeda Rel Gangchon yang berlokasi di dekat Seoul ini awalnya merupakan sebuah stasiun kereta api terbengkalai, namun sekarang digunakan sebagai objek wisata yang menghubungkan dua stasiun, yakni Stasiun Gimyujeong dan Stasiun Gangchon. Pada musim gugur, telusuri jalur kereta Gangchon untuk melihat daun warna-warni di ladang dan hutan. Kamu juga akan melalui Terowongan Bubble, Terowongan Musik, serta Sungai Bukhangang di sisi rel! Jalur rel ini kira-kira membentang sejauh 6 km, dengan sisanya sepanjang 2,5 km yang diisi dengan kereta romantis. Ketika kamu tiba di Stasiun Gangchon, kamu dapat melanjutkan aktivitas selanjutnya atau bahkan kembali lagi ke Stasiun Gimyujeong dengan bus shuttle yang disediakan.

Alamat: 1383, Gimyujeong-ro, Sindong-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do
Petunjuk arah: Stasiun Gimyujeong (Jalur Gyeongchun), pintu keluar 1.
Jam operasional: Musim panas 09.00-17.30 / Musim dingin 09.00-17.00 *tutup 16.00 Desember-Januari / Waktu operasional dapat berubah sewaktu-waktu
Tarif: Sepeda rel 2 tempat duduk 30.000 won / Sepeda rel 4 tempat duduk 40.000 won (tarif per sepeda rel)
Situs web: www.railpark.co.kr (Korean only)

 

Sepeda Rel Jeongseon

Pemandangan musim gugur di jalur rel Jeongseon

Jalur sepeda rel Jeongseon memiliki jalur yang relatif mudah tanpa jalur menanjak, kecuali pada 1 km terakhir. Ikuti jalur sepeda rel ini dan nikmati hutan yang menenangkan, hamparan bunga cosmos, serta hamparan ladang yang keemasan di musim gugur. Scenery Train akan berangkat setelah semua sepeda rel tiba. Semua pengunjung yang ingin kembali ke stasiun keberangkatan dapat naik kereta ini secara gratis.

Alamat: 745, Nochusan-ro, Yeoryeang-myeon, Jeongseon-gun, Gangwon-do
Petunjuk arah: 
•    (Seoul-Jeongseon): Terminal Bus Dong Seoul -> Terminal Bus Antarkota Jeongseon (Tarif dewasa 19.300 won/waktu perjalanan sekitar 3 jam 20 menit)
•    (Terminal Bus Antarkota Jeongseon -> Jalur Rel Jeongseon): Sekitar 30 menit menggunakan taksi
Jam operasional: 5 keberangkatan setiap harinya (08.40, 10.30, 13.00, 14.50, 16.40)  *pemberangkatan terakhir tidak tersedia pada bulan November-Februari
Tarif: Sepeda rel 2 tempat duduk 25.000 won / Sepeda rel 4 tempat duduk 35.000 won (tarif per sepeda rel)
Situs web: www.railbike.co.kr (Korean only)


Jalur Sepeda Rel Hanok Jeonju

 

Jalur warna-warni dari Jalur Sepeda Rel Hanok Jeonju dan Old-school Café

Jika kamu berencana mengunjungi Desa Hanok Jeonju, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati Pemandangan di Jalur Sepeda Rel Hanok Jeonju yang berlokasi sekitar 10 menit dari Desa Hanok Jeonju. Jalur sepeda rel yang membentang sejauh 3,4 km secara bolak balik ini memiliki pemandangan warna-warni yang dapat mengesankan para pengunjung. Rute dimulai dengan jalur menanjak yang bertahap dan berlanjut sampai menemui titik baliknya, hal ini membuat para wisatawan merasakan kecepatan lebih selama perjalanan kembali berkat jalur yang menurun.

Alamat: 420, Dongbu-daero, Deokjin-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do
Petunjuk arah:
•    (Seoul -> Jeonju): Stasiun Yongsan -> Stasiun Jeonju (Tarif dewasa 34.400 won / waktu perjalanan sekitar 1 jam 40 menit)
•    (Stasiun Jeonju -> Jalur Sepeda Rel Hanok Jeonju): Sebrangi jalan dari Stasiun Jeonju menuju Halte Stasiun Jeonju. Kemudian gunakan bus No. 100 lalu turun di Halte Stasiun Ajung
Jam operasional: Senin-Jumat 09.00-18.00 / Akhir pekan & hari libur nasional 09.00-18.30 (loket terakhir dibuka pukul 18.00)
Tarif: Sepeda rel 2 tempat duduk 20.000 won / Sepeda rel 3 tempat duduk 25.000 won / Sepeda rel 4 tempat duduk 30.000 won (tarif per sepeda rel)
Situs web: jeonju-railbike.kr (Korean only)

Kayuh Sepedamu menelusuri Pesisir Laut

Jalur Sepeda Rel Jeongdongjin

Sepeda rel Jeongdongjin (Credit: Sepeda Rel Jeongdongjin)

Ingin melihat laut timur yang luas dari dekat? Yuk, datang ke Jalur Sepeda Rel Jeongdongjin. Tak seperti wisata sepeda rel pada umumnya, sepeda rel di sini menggunakan mesin, lho! Kamu hanya perlu mengontrol kecepatan yang diinginkan menggunakan tuas setelah menginjak pedal saat waktu keberangkatan. Jalur sepeda rel ini dimulai dari Stasiun Jeongdongjin, kemudian berbalik arah ketika menemui titik baliknya. Angin laut sepoi-sepoi akan menemani wisatawan selama perjalanan.

Alamat: 17, Jeongdongyeok-gil, Gangdong-myeon, Gangneung-si, Gangwon-do
Petunjuk arah:
(Seoul -> Gangneung): Stasiun Cheongnyangni -> Stasiun Jeongdongjin (Dewasa 21.100 won / sekitar 5 jam)
Gunakan Kereta Mugunghwa menuju Stasiun Jeongdongjin
Jam operasional: Maret-Oktober 09.00-17.00 / November-Februari 09.00-16.00 (interval keberangkatan setiap 1 jam)
Tarif: Sepeda rel 2 tempat duduk 20.000 won / Sepeda rel 4 tempat duduk 30.000 won (tarif per sepeda rel)
Situs web: www.sunbike.kr (Korean only)

Jalur Sepeda Rel Laut Samcheok

Pemandangan Jalur Sepeda Rel Laut Samcheok

Jalur Sepeda Rel Laut Samcheok merupakan salah satu objek wisata yang direkomendasikan karena keindahan pemandangan lautnya, pohon pinus yang menyegarkan, serta kehadiran terowongan yang memiliki lampu-lampu cantik. Jalur ini memiliki panjang 5,4 km antara Stasiun Gungchon dan Stasiun Yonghwa, masing-masing stasiun dapat kamu pilih sebagai titik keberangkatan. Terdapat area istirahat di tengah-tengah jalur, di mana wisatawan dapat berhenti sejenak untuk membeli minuman ringan. Sepeda rel ini dilengkapi dengan mesin elektrik yang bisa digunakan saat jalur menanjak, sehingga perjalananmu tidak akan terlalu melelahkan.

Alamat: 
•    Stasiun Gungchon: 2, Gongyangwang-gil, Geundeok-myeon, Samcheok-si, Gangwon-do
•    Stasiun Yonghwa: 23, Yonghwahaebyeon-gil, Geundeok-myeon, Samcheok-si, Gangwon-do
Petunjuk arah:
•    (Seoul -> Samcheok): Terminal Bus Dong Seoul -> Terminal Bus Samcheok (Tarif dewasa 18.000 won / waktu perjalanan sekitar 3 jam 20 menit)
•    (Terminal Bus Samcheok -> Stasiun Gungchon): Sebrangi jalan dari Terminal Bus Samcheok menuju halte terminal -> Gunakan bus No. 24 kemudian turun di Halte Gungchon
•    (Halte Bus Samcheok -> Stasiun Yonghwa): Sebrangi jalan dari Terminal Bus Samcheok menuju halte terminal -> Gunakan bus No. 24 kemudian turun di Halte Yonghwa
Jam operasional:
•    Stasiun Gungchon: 6 keberangkatan setiap harinya, setiap 1 jam 30 menit sekali (09.00, 10.30, 13.00, 14.30, 16.00) / pemberangkatan terakhir 17.30 pada akhir pekan & hari libur nasional puncak liburan
•    Stasiun Yonghwa: 6 keberangkatan setiap harinya, setiap 1 jam 30 menit sekali (09.00, 10.30, 13.00, 14.30, 16.00) / pemberangkatan terakhir 17.30 pada akhir pekan & hari libur nasional puncak liburan
•    Tutup pada rabu kedua & keempat setiap bulannya
Tarif: Sepeda rel 2 tempat duduk 20.000 won / Sepeda rel 4 tempat duduk 30.000 won (tarif per sepeda rel)
Situs web: www.oceanrailbike.com (Korean only)

Jalur Sepeda Rel Laut Yeosu

Jalur Sepeda Rel Laut Yeosu ( Credit: Yeosu City Hall)

Jalur Sepeda Rel Laut Yeosu merupakan objek wisata sepeda rel pertama di Korea yang seluruh jalurnya berada di sisi laut. Stress seakan terasa hilang saat merasakan angin laut sepoi-sepoi ditambah dengan pemandangan laut luas yang mengesankan. Terdapat kamera pada objek wisata ini yang akan secara otomotis menangkap gambar para wisatawan pada jarak 200 meter dari titik keberangkatan, kemudian kamu dapat menebus foto tersebut sebagai suvenir yang tak terlupakan.

Alamat: 187, Mangyang-ro, Yeosu-si, Jeollanam-do
Petunjuk arah:
•    (Seoul -> Jeonju) Stasiun Yongsan -> Stasiun Yeosu Expo (Tarif KTX dewasa 47.200 won / waktu perjalanan sekitar 3 jam)
•    (Stasiun Yeosu Expo -> Jalur Sepeda Rel Laut Yeosu): Dari Halte Yeosu Pension di depan Stasiun Yeosuk Expo, gunakan bus No.6, turun di Halte Manseong-ri Army Camp (Ocean Railbike)
Jam operasional: 
•    November-Februari: 10.00-17.00
•    Maret-27 April: 09.00-17.00
•    28 April-20 Juli: 09.00-18.00
•    21 Juli-19 Agustus: 09.00-19.00
•    20 Agustus-31 Oktober: 09.00-17.00
*pemberangkatan terakhir 30 menit sebelum waktu operasional berakhir
Tarif: Sepeda rel 2 tempat duduk 26.000 won / Sepeda rel 3 tempat duduk 31.000 won / Sepeda rel 4 tempat duduk 36.000 won (tarif per sepeda rel)
Situs web: www.xn--om2b27e7rg8led7blb465i.com (Korean only)

Perjalanan mendebarkan di atas sungai!

Jalur Sepeda Rel Nakdonggang Gimhae

Jalur Sepeda Rel Nakdonggang Gimhae & Terowongan Wine (Credit: Jalur Sepeda Rel Nakdonggang Gimhae)

Jalur Sepeda Rel Nakdonggang Gimhae membentang sekitar 3 km, termasuk rute menyebrangi jembatan Sungai Nakdonggang. Perasaan antusias yang meledak-ledak mungkin akan kamu dapatkan saat merasakan angin sejuk di sebuah jembatan antik.
Pesona lain yang dihadirkan Jalur Sepeda Rel Nakdonggang Gimhae adalah Gua Wine, gua ini merupakan area kencan romantis dengan lampu-lampu yang berkilau. Tempat ini juga dilengkapi dengan beragam patung dan trick art kreatif untuk menjadi latar belakang foto yang menarik. Gua Wine turut menghadirkan sebuah bar di dalamnya sebagai tempat bersantai bagi wisatawan kala menikmati hasil minuman anggur lokal. Anggur di sini juga dijual menggunakan botol, cocok sebagai suvenir yang sempurna.

Alamat: Jalur Sepeda Rel Nakdonggang Gimhae, 41, Masa-ro 473beon-gil, Saengnim-myeon, Gimhae-si, Gyeongsangnam-do
Petunjuk arah: 
•    (Seoul -> Gimhae): Stasiun Seoul -> Stasiun Samnangjin (Tarif Dewasa 25.500 won / waktu perjalanan sekitar 5 jam)
•    (Stasiun Samnangjin -> Jalur Sepeda Rel Nakdonggang Gimhae): Sekitar 10 menit menggunakan taksi
Jam operasional:
•    Sepeda rel: Berangkat satu jam sekali selama Oktober-Maret 09.00-17.00 (pemberangkatan terakhir 16.00), April-September 09.00-18.00 (pemberangkatan terakhir 17.00) / Tutup hari Senin *tidak ada keberangkatan pukul 12.00            April-September untuk pemeriksaan keamanan
•    Gua Wine: 09.00-20.00 / Tutup pada hari Senin (Tutup pada hari libur nasional yang jatuh pada hari Senin)
Tarif
•    Sepeda rel: Sepeda rel 2 tempat duduk 15.000 won / Sepeda rel 3 tempat duduk 19.000 won / Sepeda rel 4 tempat duduk 23.000 won (tarif per sepeda rel)
•    Gua Wine: Dewasa 2.000 won / Remaja 1.500 won / Anak-anak 1.000 won
•    Paket (Sepeda Rel+Gua Wine): 2 orang 16.000 won / 3 orang 20.500 won / 4 orang 26.000 won (tersedia pada hari kerja)
Situs web: www.ghrp.co.kr (Korean only)


Informasi Lebih Lanjut

Situs web pariwisata
-    Pariwisata Chuncheon: tour.chuncheon.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
-    Pariwisata Jeongseon: www.jeongseon.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
-    Pariwisata Gangneung: www.gn.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
-    Pariwisata Jeonju: tour.jeonju.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
-    Pariwisata Samcheok: tour.samcheok.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese))
-    Pariwisata Gimhae: www.gimhae.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
-    Pariwisata Yeosu: tour.yeosu.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)


*Kolom ini terakhir diperbarui pada Agustus 2018, maka dari itu informasi yang ditampilkan dapat berbeda. Kami menyarankan untuk memeriksa langsung ke situs resmi.

 


 

Share This Article

Related Post