Awali Tahun 2019 dengan Energi di Tempat Melihat Matahari Terbit di Korea

Awali Tahun 2019 dengan Energi di Tempat Melihat Matahari Terbit di Korea

Banyak dari kita mengucapkan halo dan selamat tinggal setiap hari saat kita menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Tempat-tempat melihat (matahari terbit maupun terbenam) di seluruh negeri mengadakan perayaan pada Malam Tahun Baru dan pada hari Tahun Baru untuk menyambut acara setahun sekali ini. Meskipun matahari terbenam terakhir di tahun lalu dan matahari terbit pertama di tahun baru pastinya terasa istimewa, cuaca buruk atau terlalu cepat tertidur bisa menghambat rencana untuk menyaksikan keduanya. Untungnya, kamu punya kesempatan untuk melihat matahari terbit setiap hari! Kalau kamu mencari cara untuk memulai tahun dengan energi positif, pergilah ke salah satu tempat melihat matahari terbit yang kami rekomendasikan!

Seoul - Haneul Park di World Cup Park
 

Matahari terbit dari Haneul Park

Dengan pemandangan Seoul yang menyegarkan dan luas, Haneul Park, yang berarti "taman langit" dalam bahasa Korea, merupakan tempat yang terkenal untuk mencari matahari terbenam dan matahari terbit. Berjalan menaiki tangga ke Haneul Park saat fajar tepat sebelum matahari terbit memberikan suasana tenang dengan nuansa biru dan merah tua di sekitarnya. Event Matahari Terbit Haneul Park diadakan setiap tahun pada Hari Tahun Baru untuk memperingati kedatangan Tahun Baru.


☞ Alamat: 95, Haneulgongwon-ro, Mapo-gu, Seoul (서울특별시 마포구 하늘공원로 95)
☞ Petunjuk Arah: Jalan sekitar 15 menit dari Stasiun World Cup Stadium (Seoul Subway Line 6), Pintu Keluar 1


Seoul - Matahari terbit kota dari Gunung Maebongsan

Seoul di pagi hari dari Gunung Maebongsan

Paviliun segi delapan di atas Maebongsan Park di Jung-gu, Seoul terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang indah. Pada minggu-minggu sebelum dan sesudah Hari Tahun Baru, taman ini dipenuhi oleh fotografer yang mencari bidikan sempurna. Dari sini, kamu bisa melihat hutan kota pencakar langit yang dilintasi Sungai Hangang yang luas, dan bahkan Lotte World Tower & Mall di kejauhan.


☞ Alamat: Maebongsan Park, Sindang-dong, Jung-gu, Seoul (서울특별시 중구 신당동 매봉산공원)
☞ Petunjuk Arah: Jalan sekitar 25 menit dari Stasiun Botigogae (Seoul Subway Line 6), Pintu Keluar 3


Gwangju, Gyeonggi-do – Keheningan Pagi di Benteng Namhansanseong

Matahari terbit di Benteng Namhansanseong

Benteng Namhansanseong, yang terletak di Gwangju-si, Gyeonggi-do, adalah Situs Warisan Dunia yang ditunjuk oleh UNESCO dari Dinasti Joseon. Mudah diakses dengan kendaraan pribadi dan angkutan umum, benteng ini adalah tujuan popular trekking musim dingin. Pemandangan fajar menerobos dinding benteng tradisional dan bangunan akan membuat kamu menyadari mengapa Korea disebut "Tanah Keheningan Pagi."


☞ Alamat: Namhansanseong-ro, Namhansanseong-myeon, Gwangju-si, Gyeonggi-do (경기도 광주시 남한산성면 남한산성로)
☞ Petunjuk Arah: Stasiun Sanseong (Seoul Subway Line 8), Pintu Keluar 2 → Naik Bus No. 9 atau 52 dari Stasiun Sanseong∙Halte Sinheung APT → Turun di halte Namhansanseong Fortress


Incheon - Matahari terbit di balik kincir angin Sorae Ecology Park (Taman Ekologi Sorae)

Matahari terbit di Sorae Ecology Park

Kalau kamu mencari lebih banyak pemandangan matahari terbit yang eksotis, pergilah ke Sorae Ecology Park Incheon. Matahari terbit di balik kincir angin di padang rumput akan membuat kamu merasa seolah-olah sedang ada di Belanda. Di pagi hari musim dingin, seluruh taman dipenuhi dengan kabut yang naik dari rawa-rawa, memberikan difraksi cahaya lebih banyak lagi untuk matahari terbit yang fantastis.


☞ Alamat: 77, Sorae-ro 154beon-gil, Namdong-gu, Incheon (인천광역시 남동구 소래로 154번길 77)
☞ Petunjuk Arah: Jalan sekitar 20 menit dari Stasiun Soraepogu (Suin Line), Pintu Keluar 2


Donghae, Gangwon-do - desa nelayan yang tertutup salju, Mukho Port (Pelabuhan Mukho)

Pemandangan pagi bersalju di Mukho Port

Dari sekian banyak pelabuhan di sepanjang pantai Gangwon-do, Mukho Port mungkin yang paling cantik, dengan desa nelayannya yang kecil dan menawan. Pengunjung tidak bisa tidak jatuh cinta dengan mural-mural ceria di sepanjang Jalan Nongondam-gil, dan pemandangan matahari terbit pantai yang diperoleh dari Mukho Portside Park dan Mukho Lighthouse. Kalau kamu ingin menghilangkan stres dari kehidupan sehari-hari di kota, bertandanglah ke Donghae!


☞ Alamat (Mukho Lighthouse): 289, Haemaji-gil, Donghae-si, Gangwon-do (강원도 동해시 해맞이길 289)
☞ Petunjuk Arah: Terminal Bus Donghae Express → Naik Bus No. 21-4 atau 32-1 dari Halte Terminal Bus Express → Turun di Halte Galmaegi Hoetjip untuk pergi ke Mukho Lighthouse, atau di Halte Woori untuk pergi ke Mukho Port


Gangneung, Gangwon-do - Tempat matahari terbit No. 1 Korea, Pantai Gyeongpo

Matahari terbit di Pantai Gyeongpo

Pantai Gyeongpo di Gangneung adalah salah satu tempat melihat matahari terbit paling top bagi orang Korea. Setiap tahun pada tanggal 1 Januari, area di sekitar pantai dipenuhi dengan orang-orang yang menikmati festival matahari terbit. Matahari yang terbit di atas laut memenuhi langit, membantu menjernihkan pikiran dan fokus pada pikiran positif untuk tahun yang akan datang.


☞ Alamat: San 1-1, Gangmun-dong, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 강문동 산 1-1)
☞ Petunjuk Arah: 
- Keberangkatan Terminal Bus Express Gangneung: Naik Bus No. 202 dari Halte Bus Terminal Gangneung → Turun di Halte Bus Pantai Gyeongpo
- Keberangkatan Stasiun KTX Gangneung: Sekitar 15 menit dengan taksi.


Boseong, Jeollanam-do - Matahari terbit di atas perkebunan teh di Daehan Dawon

Matahari terbit musim dingin di perkebunan teh

Boseong telah menjadi rumah bagi produksi teh Korea selama bertahun-tahun, menghasilkan hampir 40% dari semua daun teh di negara ini. Di antara semua perkebunan teh di sini, Daehan Dawon mungkin yang paling terkenal. Garis-garis panjang tanaman teh bundar berbaris di lereng bukit yang curam sering muncul dalam iklan dan film. Untuk melihat matahari terbit, kamu harus datang sebelum fajar; tiket dapat dibeli dari mesin tiket otomatis di pintu masuk.


☞ Alamat: 763-67, Nokcha-ro, Boseong-eup, Boseong-gun, Jeollanam-do (전라남도 보성군 보성읍 녹차로 763-67)
☞ Petunjuk Arah: Sekitar 15 menit dengan taksi dari Terminal Bus antarkota Boseong
☞ TIket masuk: Dewasa 4,000 won / Anak-anak 3,000 won / Gratis untuk anak-anak di bawah 6 tahun


Jeju-do - Matahari terbit istimewa di atas Akkeundarangswi Oreum

Matahari terbit di Akkeundarangswi Oreum

Akkeundarangswi Oreum adalah kawah gunung berapi yang terletak di Sehwa-ri, Gujwa-eup, Jeju. Nama tempat ini berasal dari dialek Jeju yang berarti kecil, "akkeun," dengan nama Darangswi Oreum yang lebih besar ke tenggara. Tempat indah yang sebelumnya agak tersembunyi ini telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Kawah gunung berapi kecil ini mudah didaki, menjadikannya lokasi melihat matahari terbit yang bagus bagi orang-orang yang ingin dikelilingi oleh alam.


☞ Alamat: 2593, Sehwa-ri, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 구좌읍 세화리 2593)
☞ Petunjuk Arah: Sekitar 1 jam dengan mobil dari Bandara Internasional Jeju


Info Lebih Lanjut
☞ 1330 Hotline Wisata Korea:
+82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)


* Kolom ini terakhir diperbarui pada bulan Desember 2018, dan karenanya informasi mungkin berbeda dari apa yang tertulis di sini. Kami menyarankan Anda untuk mengkonfirmasi detail sebelum berkunjung.
 

 

Share This Article

Related Post