Bergabunglah dalam Eco-Tour Kota Suncheon!

Bergabunglah dalam Eco-Tour Kota Suncheon!

Taman Nasional Teluk Suncheonman

Suncheon merupakan kota yang paling terawat di Korea, jika dilihat dari dua aspek alam dan budaya. Untuk sepenuhnya menikmati pesona Suncheon, yuk daftar di Program Tur Suncheon! Wisatawan dapat menikmati perjalanan di sekitar kota tersebut menggunakan bus dengan 3 program tur yang berbeda, yaitu Kuil Seonamsa, Kuil Songgwangsa, serta program kegiatan mengelilingi kota. Menggunakan bus merupakan cara yang cukup nyaman untuk para backpacker karena bus berhenti hampir di setiap wisata utama Suncheon.

Program Kegiatan Kuil Seonamsa dan Kuil Songgwangsa sama-sama berisi wisata alam perwakilan Suncheon, seperti Taman Nasional Teluk Suncheonman, Cadangan Lahan Basah Teluk Suncheonman dan Desa Rakyat Naganeupseong. Selain itu, program kegiatan keliling kota akan membawa penumpang mengunjungi wisata populer seperti lokasi syuting drama dan Pasar Utjang. Tidak seperti bus pada program yang menuju kuil, bus keliling kota dijadwalkan akan melakukan perjalanan keliling kota dengan melakukan pemberhentian di banyak titik. Nah, di artikel ini, kamu dapat melihat lebih rinci lokasi wisata apa saja yang terdapat pada Program Tur Kuil Seonamsa.

Peta Program Tur Seonamsa di Suncheon

Stasiun Suncheon: Tempat Perjalanan Dimulai

 

Stasiun Suncheon

Program Tur Suncheon memulai keberangkatannya di Stasiun Suncheon yang dapat di akses dari Seoul menggunakan KTX. Di stasiun ini kamu dapat menemukan pusat informasi turis di dalam maupun di luar stasiun, pusat informasi ini dapat membantu turis awam selama menjelajahi Suncheon. Bahkan, mereka yang tidak tertarik dengan tur kota dapat mengajukan pertanyaan serta mendapatkan buku panduan Suncheon, jadwal bus, peta perjalanan, bahkan mereka dapat menyimpan barang-barang mereka di pusat informasi ini. Jika kamu tiba di stasiun ini tanpa rencana, kamu bisa langsung mengunjungi pusat informasi yang terdapat di Stasiun Suncheon.

Informasi lebih lanjut

[Tur Kota Suncheon - Program Tur Kuil Seonamsa]
Program Tur Kuil Seonamsa:
Stasiun Suncheon -> Kuil Seonamsa (Berhenti di Suncheon Wild Tea House) -> Desa Rakyat Naganeupseong -> Taman Nasional Teluk Suncheonman -> Cadangan Lahan Basah Teluk Suncheonman -> Stasiun Suncheon
Hari operasional: Rabu, Jumat, Minggu
*Tidak termasuk tahun baru, liburan Seollal (Tahun Baru Korea) dan Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
Titik & waktu keberangkatan: Boarding platform Tur Bus Kota di dekat Suncheon
*Jam operasional dapat berubah sesuai musim yang berlangsung atau pada masa periode festival, periksa situs resmi untuk melakukan pemesanan
Tarif: Dewasa 15.700 won / Remaja 11.200 won / Anak-anak 6.800 won (termasuk tarif bus dan tiket masuk ke beberapa wisata)
*Suncheon Wild Tea House, makanan, serta asuransi perjalanan tidak termasuk
Pembelian tiket: Lakukan pembelian tiket di supir bus saat keberangkatan
Situs web: main.suncheon.go.kr (Korean only)
Pertanyaan: +82-1544-7788 (Korean only)

Kuil Seonamsa: Sandarkan Tubuh untuk Bersantai Sejena

 

 

Kuil Seonamsa


 

Pemberhentian pertama setelah berangkat dari Stasiun Suncheon adalah Kuil Seonamsa. Selama perjalanan menuju kuil ini, kamu akan melewati Jembatan Seungseongyo yang disebut-sebut menjadi jembatan terindah di Korea. Saat kamu tiba di kuil ini, ambil sedikit air untuk mendapatkan kesegaran alami sebelum menelusuri kuil. Kuil Seonamsa merupakan monastery yang menawan serta memiliki sebutan sebagai “Sebuah arboretum yang dihasilkan alam” berkat kehadiran hutan lebat dan bunga warna-warninya. Bangunan-bangunan di sekitar kuil memiliki keindahan leluhur karena tidak pernah tersentuh kecuali pada saat program perbaikan.

Informasi lebih lanjut

Alamat: 450, Seonamsa-gil, Seungju-eup, Suncheon-si, Jeollanam-do
Petunjuk arah: Dari Stasiun Suncheon, gunakan taksi sekitar 35 menit
Jam operasional: Maret-Mei, Oktober-November 07.00-19.00 / Juni-September 06.00-19.30 / Desember-Februari 07.00-18.00
Tiket masuk: Dewasa 2.000 won / Remaja 1.500 won / Anak-anak 1.000 won
Pertanyaan: +82-61-754-5247 (Korean only)
Situs web: www.seonamsa.net (Korean only)

Kegiatan upacara teh di Suncheon Wild Tea House

Dalam perjalanan balik dari Kuil Seonamsa, kamu dapat berhenti di Wild Tea House untuk berpartisipasi dalam kegiatan upacara teh. Kegiatan ini merupakan cara terbaik untuk mempelajari etika dasar serta adat istiadat dari Darye Korea, upacara teh, melalui demo langsung maupun kegiatan yang diadakan. Darye merupakan bagian penting dari budaya Korea karena orang-orang Korea telah mendedikasikan waktu mereka untuk menikmati secangkir teh sejak berabad-abad lalu. Gunakan kesempatan ini untuk membersihkan tubuh dan fikiran sambil mempelajari penghormatan Korea terhadap teh. 

Kegiatan Upacara The di Wild Tea House


 

Pertama, air panas dituang ke dalam mangkuk, lalu dibiarkan sampai mencapai suhu yang pas untuk menyeduh daun teh. Saat airnya hangat, tuanglah ke dalam teko bersamaan dengan daun teh yang siap diseduh. Setiap proses penyeduhan dan teaware, termasuk alat spesial yang digunakan untuk mengambil daun teh, masing-masing memiliki makna dan pesona tersendiri. Teh biasanya disajikan dengan dasik, yaitu sajian makanan penutup tradisional yang membawa cita rasa mendalam. 

Informasi lebih lanjut

Alamat: 450, Seonamsa-gil, Seungju-eup, Suncheon-si, Jeollanam-do
Petunjuk arah: Dari Stasiun Suncheon, gunakan taksi sekitar 35 menit
Jam operasional: 09.00-18.00 (masuk terakhir 17.00)
*Tutup hari Senin (hari berikutnya jika Hari Libur Nasional pada hari Senin), pada hari Seollal (Tahun Baru Lunar) & Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
Tarif: Kegiatan Darye 3.000 won / Kegiatan Dasik 5.000 won
*kegiatan Darye/Dasik tidak termasuk dalam biaya tur, demonstrasi hanya tersedia dalam bahasa Korea
Pertanyaan: +82-61-749-4500

Desa Rakyat Naganeupseong: Ketika Waktu Seakan Terhenti

 

Pemandangan dari Desa Rakyat Naganeupseong


 

Tujuan kedua dari program tur Seonamsa adalah Desa Rakyat Naganeupseong. Desa ini merupakan sisa peninggalan dari masa lalu dan terus dilestarikan sejak Dinasti Joseon. Meskipun bertahun-tahun telah berlalu, tembok batu yang kuat di sekitar area ini telah teruji waktu untuk menjaga desa tradisional ini, bahkan terhadap serangan perang. Desa Rakyat Naganeupseong masih dihuni bahkan sampai hari ini, dengan beberapa lokasi yang digunakan untuk penginapan wisatawan.

Informasi lebih lanjut

Alamat: 30, Chungmin-gil, Nagan-myeon, Suncheon-si, Jeollanam
Petunjuk arah: Dari Stasiun Suncheon, gunakan taksi sekitar 40 menit
Jam operasional:
Desember-Januari: 09.00-17.00
Februari-April, November: 09.00-18.00
Mei-Oktober: 08.30-18.30
Tarif: Dewasa 4.000 won / Remaja 2.500 won / Anak-anak 1.500 won
Situs web: www.suncheon.go.kr/nagan (Korean only)
Pertanyaan: +82-61-749-8831 (Korean only)

Taman Nasional Teluk Suncheonman: Surga Dunia

 

Taman Nasional Teluk Suncheonman


 

Salah satu wisata yang harus dikunjungi di Suncheon tidak lain dan tidak bukan adalah surga tanamannya di Taman Nasional Teluk Suncheonman. Kunjungi taman nasional ini dan kamu akan mendapatkan pemandangan alam yang memukau sepanjang tahunnya, mulai dari hydrangeas yang cantik, warna cerah bunga matahari di musim panas, daun warna-warni, serta kehadiran rumput yang sekan berubah menjadi perak saat musim gugur. Taman ini juga memiliki taman bertema yang didedikasikan untuk tanaman dari berbagai negara, selain itu tempat ini juga sukses menyajikan tempat menarik bagi para pasangan yang berkencan sekaligus tempat berkumpul bagi keluarga dan teman.

Bus keliling di Taman Nasional Teluk Suncheonman

Jika taman terasa sangat luas untuk dijelajahi dengan hanya berjalan kaki, kamu dapat menikmati wisata taman menggunakan bus keliling yang disediakan. Bus ini menggunakan daya listrik yang begitu ramah lingkungan. Nikmati pemandangan sekitar taman dan rasakan angin lembut yang menyentuh kulit saat naik di dalam bus keliling ini.

Informasi lebih lanjut

Alamat: 47, Gukgajeongwon 1ho-gil, Suncheon-si, Jeollanam-do
Petunjuk arah: Dari Stasiun Chuncheon, gunakan taksi sekitar 10 menit
Jam operasional: 
November-Februari >> 08.30-18.00 (Masuk terakhir pukul 17.00)
Maret-April, Oktober >> 08.30-19.00 (Masuk terakhir pukul 18.00)
Mei-September >> 08.30-20.00 (Masuk terakhir pukul 19.00)
Tarif: Dewasa 8.000 won / Remaja 6.000 won / Anak-anak 4.000 won
Kereta keliling: 
Jam operasional >> November-Februari 09.00-17.00 / Maret-April, Oktober 09.00-18.00 / Mei-September 09.00-19.00 
Tarif >> Dewasa 3.000 won / Anak-anak dan rang tua (65 tahun ke atas) 2.000 won (durasi tur sekitar 25 menit)
Situs web: www.garden.sc.go.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
Pertanyaan: +82-1577-2013

Cadangan Lahan Basah Teluk Suncheonman: 
Landmark Ekologi Suncheon

 

Cadangan Lahan Basah Teluk Suncheonman

Ketika telah puas mengunjungi Taman Nasional Teluk Suncheonman, lanjutkan perjalananmu menuju Cadangan Lahan Basah Teluk Suncheonman. Jika suatu hari kamu melewatkan program tur yang ditawarkan, kamu tetap dapat mencapai Cadangan lahan basah Teluk Suncheonman ini dengan menggunakan transportasi lain seperti Monorail Sky Cube maupun Bus Kota.

Taman Nasional Teluk Suncheonman dan Cadangan Lahan Basah Teluk Suncheonman hanya berjarak sekitar 5 km, namun keduanya memiliki pemandangan yang benar-benar berbeda. Hal yang mencolok dari Taman Nasional Teluk Suncheonman adalah kehadiran taman dengan ragam bunga warna-warninya, sedangkan Cadangan Lahan Basah Teluk Suncheonman berhasil menghadirkan pemandangan lahan basahnya yang luas, ladang ilalang, bahkan keberadaan hewan liar di area tersebut. Cadangan lahan basah Teluk Suncheonman merupakan salah satu landmark yang menonjol di Suncheon dan ditetapkan menjadi kota cagar biosfer oleh UNESCO. Banyak yang mengatakan bahwa kamu belum benar-benar mengunjungi Suncheon sebelum datang ke Cadangan Lahan Basah Teluk Suncheonman.

Informasi lebih lanjut

Alamat: 513-25, Suncheonman-gil, Suncheon-si, Jeollanam-do
Petunjuk arah: Dari Taman Nasional Teluk Suncheonman gunakan The Sky Cube sekitar 12 menit
Jam operasional:
November-Januari >> 08.00-17.00
Februari >> 08.00-17.30
Maret, September-Oktober >> 08.00-18.00
April >> 08.00-18.30
Mei-Agustus >> 08.00-19.00
*Waktu tutup dapat berubah berdasarkan waktu terbenamnya matahari
Tiket masuk: Gratis jika membeli tiket Taman Nasional Teluk Suncheonman
Situs web: www.suncheonbay.go.kr (Korea, English, Japanese, Chinese)
Pertanyaan: +82-61-749-4723

Unknown Coffee Service: Sebuah Kafe yang insta-worthy

 

Unknown Coffee Service


 

Ingin merasakan kesegaran minuman setelah seharian mengelilingi Teluk Suncheonman? Datang saja ke Unknown Coffee Service, kafe ini dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki dari area Taman Nasional Teluk Suncheonman. Ambilah tempat duduk di dekat jendela untuk merasakan cahaya matahari yang mampu menghilangkan letih. Rekomendasi menu yang ditawarkan kafe ini adalah sajian Lemonade dan Apple Cinnamon Crumble. Kafe ini juga menyediakan informasi menu musiman terbaru pada akun Instagramnya, lho!

Informasi lebih lanjut

Alamat: 31, Ocheon 2-gil, Suncheon-si, Jeollanam-do
Petunjuk arah: Dari Taman Nasional Teluk Suncheonman gunakan taksi sekitar 3 menit atau berjalan kaki sekitar 10 menit dari gerbang barat Taman Nasional Teluk Suncheonman
Jam operasional: 11.00-22.00
Menu khas: Lemonade 5.500 won / Apple Cinnamon Crumble 5.500 won
Instagram: @unknowncoffeeservice

Pantai Waon: Menyelami Matahari Terbenam
yang Memukau

 

Pemandangan Matahari Terbenam Pantai Waon

Jika kamu ingin lebih lama menikmati pesona Suncheon setelah menikmati program tur, datanglah ke Pantai Waon. Tibalah di sana sebelum gelap dan dapatkan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Area ini awalnya hanya populer di kalangan warga lokal Suncheon, namun akhirnya mendapat perhatian wisatawan domestik setelah banyak dibicarakan di media sosial. Pantai Waon juga begitu terkenal sebagai lokasi kencan bagi para pasangan, berkat keindahan langit serta kilauan cantik air lautnya yang membuat pantai ini begitu romantis. Panorama matahari terbenam di pantai ini juga diakui sebagai salah satu dari 20 pemandangan laut terindah di pantai selatan Korea.

Informasi lebih lanjut

Alamat: Waon Tourism & Culture Center, 133, Waon-gil, Haeryong-myeon, Suncheon-si, Jeollanam-do
Petunjuk arah: Dari Stasiun Suncheon, gunakan taksi sekitar 30 menit
Waktu matahari terbenam: Informasi terbaru dapat dilihat di Situs Resmi Pariwisata Suncheon
Pertanyaan: +82-61-749-31070

Youth Store: Area yang Dipenuhi Dengan
Semangat Antusias/strong>

 

Youth Store

Youth Store merupakan tempatnya energi muda Suncheon. Tempat ini awalnya digunakan sebagai lumbung selama 80 tahun, sampai pada akhirnya direnovasi menjadi ruang bisnis bagi para pengusaha muda. Lantai pertama diisi dengan beragam restoran dan kafe, sedangkan lantai dua terdapat toko seni dan kerajinan, di mana para pengunjung dapat berbelanja sambil menikmati kegiatan kerajinan tangan seperti keramik dan kerajinan kertas.

Youth Store

Youth Store juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk istirahat sejenak sebelum meninggalkan kota ini, mengingat jaraknya yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Stasiun Suncheon. Kembalikan energimu dengan semangat muda yang dipancarkan toko-toko di area ini setelah seharian melakukan perjalanan yang melelahkan!

Informasi lebih lanjut

Alamat: Suncheon Nonghyeop, 34, Yeokjeon-gil, Suncheon-si, Jeollanam-do
Petunjuk arah: Dari Stasiun Suncheon lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit
Jam operasional: 11.30-22.00
*tutup pada hari Senin
Situs web: chungchunbox.allplaces.kr (Korean only)
Instagram: @youthstore_sc (waktu tutup dan jadwal kegiatan akan diperbarui pada media sosialnya)
Pertanyaan: +82-61-746-9697
1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)

*Kolom ini terakhir diperbarui pada Agustus 2018, maka dari itu informasi yang ditampilkan dapat berbeda. Kami menyarankan untuk memeriksa langsung ke situs resmi.

Share This Article

Related Post

Air Terjun Jiktang

Restoran Masan Agujim

Benteng Mongchontoseong

Restoran Piyangkong Halmani

Jalan Buku Bosu-dong

Everland