Bucket List: Objek Wisata Korea Paling Populer Tahun 2019

Bucket List: Objek Wisata Korea Paling Populer Tahun 2019

Walau ini kali pertama atau keseratus kalinya Anda ke Korea, tak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi salah satu dari daftar objek wisata ini. Sepuluh objek wisata teratas ini adalah yang paling dicari di situs web VisitKorea pada tahun 2019 dan sangat cocok untuk ditambahkan dalam jadwal Anda! Jika memungkinkan, Anda dapat mengikuti perjalanan 3 hari kami ke seluruh objek wisata. Apa pun pilihan Anda, jangan lewatkan artikel ini untuk mendapatkan tips perjalanan setiap objek wisata yang membuat kunjungan Anda menjadi lebih menyenangkan. 

TIP) Rekomendasi Perjalanan Wisata
1 Hari Perjalanan Bertema
• Tradisional: Istana Gyeongbokgung atau Istana Changdeokgung dan Huwon → Insa-dong → Bukchon Hanok Village
• Modern: Lotte World & Lotte World Mall → Namsan Seoul Tower
• Belanja: Myeong-dong → Hongdae
• Alam: Pulau Namiseom 

3 Hari Perjalanan
• Hari Pertama: Istana Gyeongbokgung → Insa-dong → Bukchon Hanok Village → Myeong-dong → Namsan Seoul Tower
• Hari Kedua: Istana Changdeokgung dan Huwon → Lotte World & Lotte World Mall → Hongdae
• Hari Ketiga: Pulau Namiseom atau Busan Gamcheon Culture Village


No. 1 Istana Gyeongbokgung

Malam dan Siang di Istana Gyeongbokgung (atas, kiri) dan Paviliun Gyeonghoeru (kanan)

Istana Gyeongbokgung adalah tempat tinggal utama dari keluarga kerajaan selama Dinasti Joseon. Membawa arti “tempat di mana raja baru dapat menikmati kemakmuran dari berkat yang besar”, ini merupakan istana pertama yang dibangun semasa Dinasti Joseon. Istana ini unik karena tata letak bangunannya di area yang luas dan satu-satunya istana yang empat gerbang utamanya masih tersisa hingga hari ini. 

Di dalam area istana, Anda dapat melihat banyak bangunan yang telah dipugar. Pengunjung dapat menikmati variasi di antara bangunan, masing-masing memiliki tujuan yang unik. Tentu saja, sebelum memasuki istana, para turis berkumpul di Gerbang Gwanghwamun untuk melihat Upacara Pertukaran Pengawal Kerajaan; pastikan waktu kunjungan Anda termasuk penampilan ini di jadwal perjalanan Anda. Istana Gyeongbokgung juga menawarkan malam spesial, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati suasana malam di halaman istana jika jadwal Anda memungkinkan. 

Istana Gyeongbokgung
Alamat: 161, Sajik-ro, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 사직로 161)
Petunjuk Arah: Berjalan sekitar 5 menit dari Stasiun Gyeongbokgung (Seoul Subway Line 3), Exit 5 
Jam Operasional: November-Februari 09.00-17.00/Maret-Mei, September-Oktober 09.00-18.00/Juni-Agustus 09.00-18.30 (Masuk terakhir 1 jam sebelum ditutup)
* Selasa Tutup
Biaya Masuk: Dewasa 3.000 won/Anak-anak 1.500 won
* Dewasa (usia 19-64)/Anak-anak (usia 7-18)
* Gratis biaya masuk: Preschoolers (usia di bawah 6 tahun), manula (usia 65 tahun ke atas), pengunjung yang menggunakan hanbok, semua pengunjung pada Rabu terakhir setiap bulan. 
Websitewww.royalpalace.go.kr (Bahasa Korea, Inggris)


No. 2 Namsan Seoul Tower

Pemandangan dari Namsan Seoul Tower dan kunci hati

Objek wisata penunjuk di Seoul tidak lain adalah Namsan Seoul Tower, terletak di puncak Gunung Namsan di tengah kota. Menara ini menarik pengunjung sepanjang tahun dan paling terkenal karena pemandangan kota di malam hari. Bagi fans hallyu, menara ini merupakan objek wisata yang harus dikunjungi, karena telah banyak tampil dalam drama, seperti “My Love From the Star (2013)” dan “Legend of the Blue Sea (2016)”. 

Menara ini tak hanya menampilkan dek observasi, tetapi juga kafe dan restoran di antara fasilitas lainnya. Namsan Seoul Tower adalah tempat terbaik untuk menghabiskan malam yang menyenangkan bersama teman-teman atau orang tercinta sambil menikmati pemandangan malam yang indah dengan menyeruput kopi.  

Namsan Seoul Tower
Alamat: 105, Namsangongwon-gil, Yongsan-gu, Seoul (서울특별시 용산구 남산공원길 105)
Petunjuk Arah: Mengacu pada website resmi
Jam Operasional (observatorium): 10.00-22.00
Biaya Masuk (observatorium): Dewasa 11.000 won/Anak-anak&manula 9,000 won 
* Dewasa (usia 13-64)/Anak-anak (usia 3-12)/manula (usia 65 tahun ke atas)
TIP) Rahasia warna Menara Namsan Seoul: Lampu pada pilar Menara Namsan Seoul tidak acak; lampu berubah untuk mencerminkan konsentrasi debu mikro di udara. Lampu biru menunjukkan udara jernih dengan sedikit debu, hijau menunjukkan jumlah rata-rata debu, sementara lampu merah menandakan sejumlah besar debu mikro di atmosfer.
Websitewww.nseoultower.com (Bahasa Korea, Inggris)


No. 3 Bukchon Hanok Village

Pemandangan dari Bukchon Hanok Village

Sebuah objek wisata representatif di Seoul, Bukchon Hanok Village menunjukkan pesona dari bangunan tradisional Korea. Sebelumnya menjadi lingkungan tempat kerabat keluarga kerajaan tinggal, hanok di sini megah, memberikan pemandangan indah di setiap jalur. Untuk memaksimalkan kunjungan Anda, kami sarankan untuk menemukan "Delapan Tempat Indah Bukchon." Kedelapan lokasi ini masing-masing unik tetapi memiliki kesamaan dengan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Foto-foto Anda akan menjadi sangat bagus dengan tempat-tempat ini menjadi latarnya!

Bukchon Hanok Village
Alamat: 37, Gyedong-gil, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk Arah: Berjalan sekitar 5 menit dari Stasiun Anguk (Seoul Subway Line 3), Exit 2 
TIP) Tur dengan hormat:  Tidak seperti Namsangol Hanok Village, Bukchon adalah lingkungan pribadi tempat orang benar-benar tinggal. Karena itu, penting untuk menghormati penghuni dengan tidak berteriak atau membuat suara keras.
Websitehanok.seoul.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina) 


No. 4 Pulau Namiseom

Pulau Namiseom saar musim gugur dan musim semi

Pulau Namiseom menjadi objek wisata populer setelah muncul dalam drama Korea “Winter Sonata (2002).” Awalnya hanya sebuah puncak bukit, Pulau Namiseom menjadi sebuah pulau dengan pembangunan Bendungan Cheongpyeong, yang mengangkat permukaan air di sekitarnya. Pulau ini agak kecil, memungkinkan pengunjung untuk menyelesaikan tur dalam waktu setengah hari. Upaya pulau untuk melestarikan alam dan menggunakan kembali barang-barang yang dapat didaur ulang patut diperhatikan. 

Pulau Namiseom
Alamat: 1, Namiseom-gil, Namsan-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 남산면 남이섬길 1)
Petunjuk Arah (dermaga Namiseom): Naik taksi sekitar 5 menit dari Stasiun Gapyeong (Gyeongchun Line) * Pulau Namiseom mudah diakses dengan feri dari Dermaga Namiseom (buka sepanjang tahun) 
Jam Operasional (feri): 07.30-21.40
Biaya Masuk: Dewasa 13.000 won/Remaja&manula 10.000 won/Anak-anak 7.000 won
* Dewasa (usia 19-69)/Remaja (usia 13-18)/Manula (usia di atas 70 ke atas)/Anak-anak (usia 3-12)
* Biaya termasuk tiket feri pulang pergi. 
TIP) Tempat foto kenang-kenangan: Tempat terbaik untuk mengunjungi Pulau Namiseom adalah Metasequoia Lane dan Ginkgo Tree Lane. Sering ditampilkan dalam drama dan film, dua jalur pejalan kaki ini berada di daftar teratas saat mengunjungi Pulau Namiseom.
Websitenamisum.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina) 


No. 5 Lotte World

Lotte World (atas, kiri) dan Lotte World Mall (kanan)

Jika Anda mencari tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu seharian, kunjungilah Lotte World! Taman hiburan ini buka sepanjang tahun, penuh dengan acara dan pertunjukan yang dinamis. Yang lebih menarik lagi, taman ini terletak di pusat kota Seoul dan mudah diakses dengan transportasi umum. Taman ini sebagian besar dibagi menjadi dua area: Arena Petualangan dalam ruangan dan ada Pulau Ajaib di bagian luar. Arena Petualangan memiliki sejumlah atraksi, carousel, Spanish pirate ship, flume ride, dan masih banyak lagi, sementara Magic Island memiliki wahana menegangkan, seperti Gyro Drop dan Gyro Spin. Lotte World Tower Seoul Sky dan Lotte World Shopping Mall terletak di dekatnya, jadi pastikan untuk melihat-lihat saat Anda di sini.

Lotte World
Alamat: 240, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul (서울특별시 송파구 올림픽로 240)
Petunjuk Arah: Berjalan sekitar 5 menit dari Stasiun Jamsil (Seoul Subway Line 2, 8) Exit 4 
Jam Operasional: 10.00-21.00
* Jam operasional dan ketersediaan arena dapat berubah 
Biaya Masuk (Lotte World) One-day Pass: Dewasa 56.000 won/Remaja 50.000 won/Anak-anak&manula 46.000 won
Setelah pukul 16.00: Dewasa 45.000 won/Remaja 40.000 won/Anak-anak&manula 35.000 won
* Dewasa (usia 19-64)/Remaja (usia 13-18)/Anak-anak (usia 3-12)/Manula (usia 65 tahun ke atas)/Bayi (usia di bawah 2 tahun)
* Mengacu pada website untuk informasi tiket tambahan
TIP) Nikmati lebih banyak keseruan dengan Magic Pass! Magic Pass dapat digunakan untuk reservasi perjalanan, mengurangi waktu tunggu untuk atraksi, dan bisa digunakan hingga tiga kali untuk pemegang pass perjalanan. Untuk menggunakan Magic Pass, cari kios "Magic Pass" di taman. Setelah memeriksa wahana yang tersedia di kios, lakukan pemesanan! Jika Anda ingin menggunakan Magic Pass lebih dari tiga kali, Anda dapat meningkatkan menjadi lima kali pass (47.000 won) atau pass tak terbatas (85.000 won).
Websitewww.lotteworld.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina) 


No. 6 Istana Changdeokgung dan Huwon

Aula Injeongjeon Istana Changdeokgung (atas), Pavilion Aeryeonjeon (kiri), dan Pavilion Gwallamjeon (kanan)

Istana Changdeokgung dibangun pada awal periode Joseon dan dari semuanya, paling banyak menjadi kediaman kerajaan. Istana ini menawarkan keharmonisan yang agung dengan alam di sekitarnya karena setiap bangunan dibangun dengan pertimbangan geografis dan lingkungan di daerah tersebut. Secara khusus, gabungan dari paviliun istana, kolam, dan formasi batuan adalah pemandangan yang cukup indah dilihat. Keagungan Istana Changdeokgung diakui secara internasional dan ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997. Jika Anda mencari istana yang menawan dan ramah dengan alam, pergilah ke Istana Chandeokgung!

Istana Changdeokgung
Alamat: 99, Yulgok-ro, Jongno-gu, Seoul (서울 특별시 종로구 율곡로 99)
Petunjuk Arah: Berjalan sekitar 5 menit dari Stasiun Anguk (Seoul Subway Line 3), Exit 3
Jam Operasional (istana): Februari-Mei, September-Oktober 09.00-18.00/Juni-Agustus 09.00-18.30/November-Januari 09.00-17.30 (Penerimaan terakhir 1 jam sebelum penutupan)
* Huwon (Taman Rahasia): Maret-Mei, September-Oktober 10.00-17.30/Juni-Agustus 10.00-18.00/Februari&November 10.00-17.00/Desember-Januari 10.00-16.30 (Tiket tersedia hingga 1 jam 30 menit sebelum penutupan; disarankan reservasi online)
* Senin tutup
Biaya Masuk (istana): Dewasa 3.000 won/Anak-anak 1.500 won
- Tur Huwon (Taman Rahasia): Dewasa&manula 5.000 won/Anak-anak 2.500 won
* Tiket masuk gratis ke istana: Anak-anak prasekolah, manula, pengunjung yang mengenakan hanbok
* Tiket masuk gratis ke tur Huwon: Anak-anak prasekolah
* Dewasa (usia 19-65)/Anak-anak (usia 7-18)/Manula (usia 65 tahun ke atas)/Anak-anak prasekolah (usia 6 tahun ke bawah)
TIP) Pemesanan Huwon: Diperlukan reservasi sebelumnya untuk tur ke Huwon. Reservasi online tersedia dalam bahasa Inggris.
Website: www.cdg.go.kr (Bahasa Korea, Bahasa Inggris)
* Pemesanan dapat dilakukan melalui situs web di atas.


No. 7 Hongdae

Pemandangan Jalanan Hongdae (atas, kiri) dan tteokbokki (kanan)

Sebagai pusat budaya dari energi muda, Hongdae merujuk ke daerah dekat Stasiun Universitas Hongik (Seoul Subway Line 2). Jalanan dipenuhi dengan kafe, restoran, bar, dan toko yang didominasi oleh kaum muda dan penuh suasana menarik dari kafe dan klub di dalamnya. Pengaruhnya baru-baru ini diperluas untuk memasukkan Taman Hutan Gyeongui Line Yeongnam-dong, yang menyediakan jalur pejalan kaki yang santai dan toko-toko unik di dalam lingkungan perkotaan Yeongnam-dong. Banyak tempat wisata termasuk Trick Eye Museum dan KT&G Sangsangmadang juga terletak di sini.

Hongdae
Alamat: Area of 20, Hongik-ro, Mapo-gu, Seoul (서울특별시 마포구 홍익로 20 일대)
Petunjuk Arah: Stasiun Universitas Hongik (Seoul Subway Line 2, Gyeongui-Jungang Line, Airport Railroad)
TIP) Konten terkait
- Tur Yeonnam-dong, Seoul’s Hippest Neighborhood


No. 8 Insa-dong

Pemadangan Ssamzigil (atas, kiri) dan Jalanan di Insa-dong (kanan)

Insa-dong sering disebut sebagai "Jalan Budaya Tradisional Korea." Jalan utama dipenuhi dengan toko-toko yang menjual kerajinan tangan dan suvenir tradisional, sementara banyak jalan-jalan menampilkan restoran dan kafe yang menyajikan makanan dan teh tradisional dalam bangunan hanok. Ada banyak hal menarik untuk dilihat di sini, tetapi Ssamzigil menempati urutan teratas. Struktur bangunan itu sendiri unik, dibangun dalam bentuk persegi simbolis dari huruf Korea ‘ㅁ’ dengan jalur tunggal yang tersambung perlahan-lahan dengan bangunan dari lantai dasar ke lantai empat. Di sepanjang jalan, Anda dapat melihat galeri seni, toko yang menjual kerajinan tangan tradisional, perabot, dan banyak lagi. Lantai keempat terbuka ke sky garden yang menawarkan pemandangan jalanan Insa-dong yang indah.

Insa-dong
Alamat: Area 62, Insadong-gil, Jongno-gu, Seoul (서울 특별시 종로구 인사동 길 62)
Petunjuk Arah: Berjalan sekitar 5 menit dari Stasiun Anguk (Seoul Subway Line 3), Exit 6
TIP) Pengalaman budaya Korea di Insa-dong: Selain hal-hal untuk dilihat, Insa-dong menawarkan pengalaman budaya yang menyenangkan. Pengunjung yang ingin mencoba hanbok dapat mengunjungi Insa-dong PR Center dan kami merekomendasikan Museum Kimchikan untuk wisatawan yang tertarik dengan budaya makanan Korea.
TIP) Konten terkait
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kimchi!


No. 9 Busan Gamcheon Culture Village

Gamcheon Culture Village

Desa Budaya Gamcheon dibangun dengan mode tangga di sisi bukit di Busan, dan sering disebut "Santorini Korea." Gang-gang sempit memeluk lekuk lereng bukit dengan belokan acak dan belokan tersebut membawa Anda masuk lebih jauh ke desa, membuat banyak orang menyebut jalanan ini sebagai labirin. Seluruh desa adalah rangkuman warna dengan mural cerah yang menghiasi rumah-rumah dan lorong-lorong, dan setiap tempat sangat sempurna untuk pengambilan foto. Yang paling populer adalah patung Pangeran Kecil yang menghadap ke desa di bawah. Setiap tahun di bulan April, desa ini mengadakan berbagai program budaya dan seni selama Gamcheon Culture Village Alley Festival.

Busan Gamcheon Culture Village
Alamat: Area 203, Gamnae2-ro, Saha-gu, Busan (부산 광역시 사하구 감내 2 로 203 일대)
Petunjuk Arah: Berjalan sekitar 20 menit dari Stasiun Toseong (Busan Subway Line 1), Exit 10
TIP) Konten terkait
Perjalanan sehari di sekitar Busan dengan Subway
Situs web: www.gamcheon.or.kr (Bahasa Korea, terjemahan tersedia)


No. 10 Myeong-dong

Jalanan Myeong-dong dan street food

Daerah Myeong-dong dipenuhi dengan street food yang unik dan banyak hal untuk dilihat! Sebagai distrik mode dan perbelanjaan, banyak pemuda Korea dan wisatawan internasional mencari penawaran hebat dan tren terbaru. Myeong-dong membentang sekitar 1 kilometer dari Stasiun Myeong-dong (Seoul Subway Line 4) ke Eulji-ro Avenue dan Lotte Department Store. Jalanan dipenuhi dengan department store, toko duty free, dan berbagai toko bermerek. Bahkan jika berbelanja bukanlah hal yang Anda sukai, Anda masih dapat menikmati Myeong-dong dengan mencoba street food dan banyak restoran terkenal di daerah ini!

Myeong-dong
Alamat: Area 66, Eulji-ro, Jung-gu, Seoul (서울 특별시 중구 을지로 66 일대)
Petunjuk Arah: Berjalan sekitar 5 menit dari Stasiun Euljiro 1 (il) -ga (Seoul Subway Line 2), Exit 5
TIP) Kosmetik adalah keharusan di Myeong-dong! Myeong-dong telah disebut sebagai "Jalan Kecantikan" karena banyak toko kosmetik berkumpul di sana. Anda tidak hanya dapat menemukan semua merek di sini, tetapi juga beberapa toko yang menawarkan harga terbaik, diskon, dan banyak gratisan dari setiap pembelian!


Info Lebih Lanjut 

1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Malaysia) 


* Kolom ini terakhir diperbaharui pada mei 2020 dan karena itu, informasi mungkin berbeda dari apa yang disajikan di sini. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa detail sebelum berkunjung 

Share This Article

Related Post