Bunsik Favorit Semua Orang, Sudah Coba Semua?

Bunsik Favorit Semua Orang, Sudah Coba Semua?

Bunsik, secara harfiah berarti "makanan yang terbuat dari tepung", adalah istilah yang mengacu pada kudapan Korea yang biasa dijaja. Bunsik yang paling disukai termasuk gimbap, tteokbokki dan eomuk (kue ikan). Bunsik dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, pedagang kaki lima, dan di sekitar tempat wisata populer atau kawasan perbelanjaan. Berikut adalah bunsik yang paling terkenal dan disukai baik oleh masyarakat Korea maupun wisatawan asing. Apakah kalian sudah pernah mencoba semuanya? Beberapa kudapan juga telah menjadi jajanan hits di Indonesia.

1. Gimbab

Gimbap atau nasi gulung dibuat dari nasi yang dibumbui dengan cuka, gula dan garam. Nasi kemudian diletakkan di atas cetakan Gimbab. Potongan telur, eomuk, wortel, bayam dan acar lobak kemudian diletakan di tengah nasi untuk digulung menjadi satu bentuk silinder. Gulungan kemudian dipotong-potong. Gimbap adalah pilihan makanan yang sempurna saat untuk bekal atau piknik.

2. Buchimgae/Jeon

Buchimgae dan jeon mengacu pada hidangan seperti panekuk dalam masakan Korea. Daging, seafood, sayur mayur, dan telur dicampur dengan adonan tepung lalu ditumis dengan minyak. Setiap jeon mendapatkan namanya dari bahan utama yang digunakan, seperti pajeon (pancake bawang hijau), kimchi jeon (pancake kimchi), dan bindaetteok (pancake kacang hijau). Kombinasi jeon dan makgeolli (anggur beras Korea) adalah makanan favorit orang Korea saat hujan datang.

3. Tteokbokki

Tteokbokki adalah salah satu kudapan paling umum yang dijual oleh pedagang kaki lima. Kue beras dengan eomuk dan sayuran dimasak dengan kuah cabai merah yang pedas tetapi ada rasa manisnya. Beragam tteokbokki fusion juga bisa ditemukan, termasuk tteokbokki yang dibuat menggunakan jjajang (saus kacang hitam) atau dengan topping bawang putih.

4. Sundae

Sundae adalah sosis tradisional yang terbuat dari lapisan usus babi yang diisi dengan campuran tahu, sayuran, dan glass noodle. Biasanya dicelupkan ke dalam garam berbumbu dan di beberapa daerah disajikan dengan ssamjang, pasta campuran gochujang dan doenjang (pasta kedelai yang difermentasi). Sundae juga bisa dibuat menggunakan cumi-cumi sebagai pengganti usus babi atau glass noodle-nya diganti dengan beras ketan.

5. Eomuk

Bahan utama Eomuk terdiri dari daging ikan giling. Biasanya ditusuk dan direbus dalam kaldu lobak dan daun bawang. Eomuk sangat populer sebagai camilan musim dingin.

6. Twigim

Twigim adalah istilah umum untuk gorengan yang dilapisi dengan adonan tepung dan telur. Cumi-cumi, siomay, kentang, udang, dan berbagai macam sayuran menjadi bahan utamanya. Rasanya lebih enak dicelupkan ke dalam kecap asin atau saus tteokbokki.

7. Hotteok

Hotteok adalah panekuk yang kenyal, biasanya diisi dengan berbagai kombinasi gula dan kenari atau kacang pinus. Beberapa hotteok diisi dengan sayuran atau keju. Makanan jalanan populer yang kebanyakan ditemukan di musim dingin.

8. Jwipo/Cumi-cumi Kering

Jwipo terbuat dari ikan thread-sail filefish yang diratakan dan dicelupkan ke dalam saus kemudian dikeringkan. Jwipo dan cumi-cumi kering biasanya dipanggang di atas api sebelum dikonsumsi untuk menambah rasa manis dan gurihnya.

9. Kkochi

Kkochi mengacu pada memasak sate (daging tusuk). Kkochi yang paling umum adalah dak kkochi, atau sate ayam. Potongan kecil ayam dan sayuran ditusuk, dilapisi saus, lalu dipanggang. Sosis, kue ikan, dan tteokgalbi (kue beras dan iga panggang) juga sering dijadikan bahan membuat kkochi untuk menambah variasi kkochi.

10. Bungeo PPang/Gukhwa Ppang/Gyeran Ppang

Bungeo ppang, kudapan musim dingin favorit, mendapatkan namanya dari bentuknya yang seperti ikan. Kudapan manis ini dibentuk menjadi ikan mas, yang dalam bahasa Korea disebut bungeo. Adonan panekuk diisi dengan pasta kacang merah, krim atau keju dan kemudian dipanggang. Gukhwa ppang berbentuk seperti bunga dan sedikit lebih kecil dari bungeo ppang yang rasanya serupa. Gyeran ppang juga terbuat dari adonan panekuk dan di atasnya terdapat isian telur dengan rasa gurih dan memiliki tekstur lembut.

11. Hoppang

Hoppang atau bakpao Korea ini adalah salah satu camilan hangat paling populer di musim dingin. Ini adalah bola tepung beras yang sudah dimasak dengan berbagai isian, seperti pasta kacang merah, sayuran, daging cincang dan lainnya. Hoppang biasanya dikukus agar tetap hangat dan dijual di jalanan dan di toko serba ada.

Informasi mengenai wisata Korea dapat diakses melalui www.visitkorea.or.id, IG: @ktoid)

Share This Article

Related Post