Gamjatang

Gamjatang

Korean Food
Level 3

Gamjatang atau sup tulang punggung babi adalah hidangan yang disukai oleh turis dan juga penduduk setempat karena kuahnya yang gurih, tidak terlalu pedas, dan daging babi yang meleleh di mulut. Meski menggiurkan, Anda mungkin akan sedikit repot untuk mengeluarkan daging dari tulangnya. Bahkan beberapa orang Korea pun mengalami kesulitan. Jika Anda bertanya-tanya tentang cara terbaik makan gamjatang, ikuti saja lima langkah mudah dari kami!


Cara Menikmati 

1. Tergantung pada restorannya, gamjatang dapat disajikan dalam satu porsi di dalam stone hot pot atau dalam wajan besar yang dapat dinikmati dua orang atau lebih. Meskipun kedua opsi tersebut tidak masalah, kami merekomendasikan versi berbagi, karena Anda dapat menambahkan lebih banyak bahan tambahan dan kaldu.

2. Jika Anda memesan gamjatang versi berbagi, bahan-bahannya akan dimasak di kompor di atas meja. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menaikkan suhu setinggi mungkin. Hal ini nantinya akan membuat sayuran dan daging matang dengan sempurna. Saat hidangan sudah cukup mendidih, gunakan penjepit untuk mengambil tulang punggungnya.

3. Letakkan tulang di piring Anda lalu tuangkan sedikit kaldu ke atasnya agar tetap lembab dan beraroma. Biarkan dingin sebelum Anda menikmatinya. Anda juga dapat meniupnya, tetapi berhati-hatilah karena daging yang baru matang bisa saja membakar lidah Anda. Sebagian besar daging akan mudah rontok dari tulang, tetapi Anda dapat menggunakan sumpit untuk menghilangkan bagian yang tak mudah rontok.

4. Coba satu gigitan dagingnya, lalu celupkan ke dalam saus mustard yang tersedia. Paduan keduanya akan terasa lezat dan beberapa orang menganggap, aroma tajam dari daging yang dicelupkan ke dalam saus mustard justru membuat ketagihan. 

5. Anda mungkin mengira hidangan ini sudah selesai setelah semua daging dan sayuran habis, tetapi Anda salah. Ini merupakan waktunya Anda menikmati bokkeumbap (nasi goreng). Tidak peduli seberapa kenyang Anda, Anda tidak bisa mengatakan bahwa Anda telah menikmati gamjatang jika Anda belum mencoba nasi goreng di akhir. Nasi goreng yang dicampur keju, bejana asin, dan kimchi, lalu dimasak bersama kuah kental, menjadi salah satu alasan orang menyantap gamjatang. Sebagian besar restoran menyiapkan nasi goreng tepat di meja Anda. Anda bisa menikmatinya perlahan atau menaikkan panasnya dan menikmati versi nasi gosong yang renyah; pilihan terserah pada Anda.


Tip Bermanfaat 

Semakin Anda tahu, semakin Anda menikmatinya!

Dimana kentangnya?!
- Karena gamja berarti kentang dalam bahasa Korea, sering terjadi kesalahpahaman bahwa gamjatang adalah rebusan kentang. Gamjatang dibuat dengan tulang punggung babi, daun lobak kering, kol kering, daun perilla, daun bawang, dan bawang putih. Tidak ada kentang yang terlihat. Jadi bagaimana dengan namanya? Gamja juga bisa berarti sumsum tulang belakang babi, itulah kenapa diberikan kepada rebusan tersebut. Jika Anda mengharapkan kentang lunak dalam rebusan Anda, Anda selalu dapat memesannya sebagai tambahan, tersedia di sebagian besar restoran gamjatang.

Harga gamjatang
- Harga rata-rata gamjatang adalah 10.000 won untuk satu porsi dan mulai dari 15.000 won hingga 30.000 won untuk porsi dua sampaai tiga orang. Harganya juga bervariasi tergantung bahan tambahan yang Anda pesan. 


Klik di Sini untuk Sumber Artikel 
 

Share This Article

Related Post