Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap

Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap

Korean Food 
Level 5

Jika Anda terbiasa dengan budaya makanan Korea, Anda mungkin pernah menemukan ungkapan "bap doduk". Secara harfiah diterjemahkan sebagai "pencuri nasi", hal ini mengacu pada makanan gurih yang meningkatkan nafsu makan dan menambah asupan nasi. Bap doduk Korea yang paling representatif adalah ganjang gejang, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah. Ganjang gejang memiliki perpaduan sempurna antara rasa manis dan asin yang membuat Anda semakin menginginkannya. Bagian terbaik dari gangjang gejang bukanlah hidangannya, tetapi bibimbap cangkang kepiting yang hadir setelah piring bersih. Seperti yang dikatakan orang Korea, "Mungkin ada orang yang belum pernah mencoba bibimbap cangkang kepiting sebelumnya, tetapi tidak ada yang hanya mencobanya sekali."


Cara Menikmati 

1. Restoran yang mengkhususkan diri pada gejang (kepiting berbumbu) menawarkan menu seperti ganjang gejang (kepiting asin kecap), yangnyeom gejang (kepiting bumbu pedas), dan agwi jjim (monkfish rebus pedas). Anda dapat menemukan banyak restoran ini di sepanjang Jalan Sinsa-dong Gangjang Gejang di Seoul. Untuk pemula, sebaiknya pilih menu yang memiliki campuran kecap asin dan kepiting pedas.

2. Menu Gejang cukup mahal, jadi cobalah menikmati setiap potongan daging kepitingnya. Alih-alih memetik daging dengan sumpit, pegang kepiting dengan kuat di tangan Anda dan makanlah. Sebagian besar restoran akan menyarankan metode makan seperti ini dan menyediakan sarung tangan plastik untuk menjaga tangan pelanggan tetap bersih. Tekniknya, pegang bagian kaki dengan cara menahan bagian tubuh kepiting, sehingga memudahkan Anda untuk menghisap daging kepiting tersebut. Yang harus Anda tahu, rasa asin yang manis akan meningkatkan selera makan Anda.

3. Setelah selesai menikmati gejang, bibimbap cangkang kepiting menanti Anda. Disebut geddakji bibimbap dalam bahasa Korea, hidangan khusus ini terdiri dari bumbu pedas dan saus usus kepiting yang disajikan dalam cangkang kepiting. Ambil dua hingga tiga sendok nasi dan campur dengan saus yang sudah disiapkan, gunakanlah cangkang sebagai mangkuk. Jumlah nasi yang ideal adalah dua pertiga dibandingkan dengan ukuran cangkang, tetapi Anda dapat mengontrol jumlahnya sesuai dengan keinginan Anda. Aduk rata sebelum dinikmati. 

4. Anda tak bisa mengatakan bahwa Anda pernah mencoba gejang gaya Korea kecuali pernah merasakan ganjang gejang dan yangnyeom gejang. Berbeda dengan ganjang gejang, yangnyeom gejang menggunakan saus merah pedas untuk menambah rasa pada kepiting, resep yang tidak ditemukan di tempat lain. Memang agak berantakan, tapi cara makannya sama seperti ganjang gejang.


Tip Bermanfaat 

Hidangan yang sepadan dengan harga yang Anda bayar
Ganjang gejang dan yangnyeom gejang cukup mahal dibandingkan dengan makanan Korea lainnya. Harga bervariasi tergantung wilayah; di Sinsa-dong Ganjang Gejang Street, harganya berkisar antara 70.000 won hingga 100.000 won untuk dua porsi.


Klik di sini untuk Sumber Artikel 

Share This Article

Related Post