Jalan-Jalan ke Cheongju

Jalan-Jalan ke Cheongju

Vila Presidensial Cheongnamdae

Cheongju, kota pertama di Chungcheongbuk-do, penuh dengan objek wisata tersembunyi yang sama mengejutkannya seperti menemukan mutiara di lumpur. Dari kafe di atap dan mural di Desa Suamgol hingga Jalan Seongan-gil, wisatawan akan dapat menemukan tempat wisata yang menawarkan perpaduan yang baik antara sejarah dan tren saat ini. Pecinta makanan wajib mencoba samgyeopsal (perut babi) berbahan dasar kecap karena hidangan ini hanya tersedia di Cheongju. Siagakan semua indramu dan ikuti kami dalam perjalanan ke Cheongju!

Pusat transportasi utama

Bandara Internasional Cheongju

Bandara Internasional Cheongju (Sumber: Bandara Internasional Cheongju)

Sebagai satu-satunya bandara internasional di Provinsi Chungcheong, Bandara Internasional Cheongju adalah bandara tersibuk keenam di Korea setelah Incheon, Gimpo, Jeju, Gimhae, dan Daegu. Penerbangan internasional utama bandara menyediakan layanan ke dan dari Cina dan Jepang, dan wisatawan dapat menggunakan Wi-Fi gratis sambil menunggu penerbangan mereka. Metode transportasi utama ke kota adalah bus dan taksi, dengan bus antar kota di Gate 1, bus lokal di Gate 3 dan taksi di Gate 2. Pusat transportasi utama lainnya di dekat pusat kota Cheongju termasuk Stasiun Bandara Internasional Cheongju, Stasiun Ogeunjang, dan Terminal Bus Ekspres Cheongju.

Bandara Internasional Cheongju
☞ Alamat:
980, Ochang-daero, Cheongwon-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 청원구 내수읍 오창대로 980)
☞ Fasilitas: Restoran, toko serba ada, toko bebas pajak, Pusat Informasi Wisatawan Chungcheongbuk-do, ruang mengasuh anak, ruang perawatan, bank, tempat parkir, dll.
☞ Informasi: +82-1661-2626 (Bahasa Korea, Inggris)

Rekomendasi objek wisata di Cheongju

Desa Suamgol

Desa Suamgol

Setelah tampil dalam drama “Bread, Love and Dreams (2010),” desa bukit Suamgol menjadi tujuan populer. Desa ini pertama kali didirikan ketika para pengungsi Perang Korea menetap di daerah tersebut. Lingkungan kuno ini mengalami renovasi pada awal 2000, yang mengubah daerah tersebut menjadi desa mural, dan menjadikannya lokasi syuting populer untuk film dan drama. Baru-baru ini, kafe-kafe di puncak gedung dengan pemandangan panorama kota dibuka, menjadikan desa ini tempat yang trendi untuk mengambil foto. Untuk pecinta seni, ikuti tur seni Desa Suamgol, tempat pengunjung bisa melihat gambar dan mural menarik yang selaras dengan lingkungan sekitar.

Tip) 3 objek wisata terbaik Desa Suamgol

1. Observatorium Desa Suamgol:
Terletak di tengah-tengah Desa Suamgol, pengunjung dapat berjalan atau naik mobil ke observatorium. Pemandangan kota yang indah dari Gunung Uamsan dapat dilihat dengan pemandangan utama seperti Munam Eco Park, Kantor Cheongwon-gu, Cheongju International Craft Biennale (Gedung Kerajinan Internasional Dua Tahunan Cheongju), Kompleks Industri Budaya Teknologi Tinggi Cheongju, dan gerbang belakang Universitas Cheongju.

2. Jalan Kafe:
Jalan Kafe dibentuk oleh kafe-kafe unik yang memenuhi jalan satu per satu. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati minuman yang lezat, tetapi juga melihat pemandangan kota yang menakjubkan. Dengan berbagai konsep kafe yang berfokus pada tema-tema seperti liburan, hewan, pengambilan foto, dan banyak lagi, kamu akan terkejut dengan keragaman yang ada.

3. Tur Seni:
Mural dilukis di sepanjang jalan-jalan Desa Suamgol selama proyek seni publik pada tahun 2007. Dengan mural berbeda yang menghiasi dinding di setiap sudut, kamu akan lupa waktu saat melihat semua karya seni tersebut. Jangan lupa untuk menemukan semua patung bintang hallyu dan lokasi syuting yang ditampilkan dalam drama Korea sambil melihat-lihat desa.

Desa Suamgol
☞ Alamat:
646, Cheongnamdae-gil, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 청남대길 646)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 25 menit atau bus kota sekitar 50 menit dari Bandara Internasional Cheongju
☞ Informasi: +82-43-201-0916 (Khusus bahasa Korea)

Observatorium Desa Suamgol 
☞ Alamat:
2, Sudong-ro 5beon-gil, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 수동로5번길 2)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus kota sekitar 1 jam dari Bandara Internasional Cheongju
☞ Jam operasional: Buka 24 jam

Jalan Kafe Suamgol
☞ Alamat:
Area Sudong-ro 5beon-gil, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 수동로5번길 일대)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus kota sekitar 50 menit dari Bandara Internasional Cheongju
☞ Jam operasional: Bervariasi berdasarkan toko

Museum Pencetakan Kuno Cheongju

Museum Pencetakan Kuno Cheongju

Jikji, Memori Dunia UNESCO dan buku tertua di dunia yang dicetak pada logam yang bisa dipindahkan, terletak di Museum Pencetakan Awal Cheongju. Diterbitkan pada tahun 1377 di Situs Kuil Heungdeoksa Cheongju, salinan buku tersebut dapat dilihat di museum ini. Pencetakan kuno mencakup buku dan dokumen yang dibuat sebelum 1910. Museum ini terdiri dari empat lantai ruang pameran dari lantai dasar sampai lantai tiga yang berisi artefak cetak yang dibuat menggunakan berbagai jenis metode pencetakan selama periode Silla, Goryeo, dan Joseon. Pamflet informasi dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin dapat ditemukan di pintu masuk museum demi kenyamanan para pengunjung.

Museum Pencetakan Awal Cheongju
☞ Alamat:
713, Jikji-daero, Heungdeok-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 흥덕구 직지대로 713)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus kota sekitar 1 jam dari Bandara Internasional Cheongju
☞ Jam operasional: 09:00-18:00
* Tutup Senin
☞ Tiket masuk: Gratis
☞ Informasi: +82-43-201-4266 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.cheongju.go.kr/jikjiworld (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)

Jalan Seongan-gil

Jalan Seongan-gil

Seongan-gil Cheongju, dengan Taman Jungang di tengah, memberikan pengunjung gambaran mode dan budaya historis di masa lalu sekaligus tren saat ini. Nama Seongan-gil, yang berarti jalan di dalam dinding benteng, diberikan karena jalan ini dulunya dikelilingi oleh Benteng Cheongjueupseong. Rute perjalanan dimulai dari Tiang Bendera Besi Situs Kuil Yongdusa, warisan budaya yang ditetapkan sebagai Harta Nasional No. 41, kemudian melintasi Taman Jungang dan berakhir di dekat pusat kota. Ketika melewati Taman Jungang, jangan lewatkan warisan budaya yang signifikan seperti pohon ginkgo berusia 1.000 tahun dan Paviliun Mangseollu, kantor pemerintah selama periode Joseon yang sekarang disebut sebagai Warisan Budaya Berwujud Chungcheongbuk-do No. 110. Bagi mereka yang tertarik dengan tren fashion terkini, kunjungilah Jalan Rodeo, tempat budaya dan fashion remaja hidup berdampingan.

Tip) Rute Jalan Seongan-gil yang wajib dikunjungi

1. Tiang Bendera Besi Situs Kuil Yongdusa:
Dibuat selama dinasti Goryeo, tiang bendera besi ini berdiri tinggi selama lebih dari 1.000 tahun. Digunakan untuk mengibarkan bendera untuk menunjukkan martabat dan niat baik Buddha, tiang bendera besi ini dapat dilihat di depan berbagai kuil. Kamu bisa menemukan tiang bendera situs Kuil Yongdusa di depan Lotte Young Plaza dekat Taman Jungang.

2. Peta Benteng Cheongjueupseong:
Saat kamu berjalan di sepanjang jalan utama Jalan Seongan-gil, kamu akan melihat gambar besar peta di tanah. Ini adalah peta Cheongju di masa lalu dengan dinding bentengnya, mengirimmu kembali ke masa lampau dan menunjukkan bagaimana kota itu dulu terlihat.

3. Jalan Rodeo:
Sebuah jalan yang populer di Cheongju, menyerupai Myeong-dong Seoul dengan toko-toko dan restoran. Dari pakaian hingga aksesoris serta berbagai restoran, kamu bisa bersenang-senang sambil berbelanja dan makan.

Jalan Seongan-gil
☞ Alamat:
Area Sangdang-ro 59beon-gil, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 상당로 59번길 일대)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus kota sekitar 40 menit dari Bandara Internasional Cheongju
☞ Informasi: +82-43-223-5200 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: seongangil.com (Bahasa Korea, Inggris)

Tiang Bendera Besi Situs Kuil Yongdusa
☞ Alamat:
Area Nammun 2-ga, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 남문로2가)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus kota sekitar 40 menit dari Bandara Internasional Cheongju

Taman Jungang
☞ Alamat:
33, Sangdang-ro 55beon-gil, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 상당로55번길 33)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus kota sekitar 40 menit dari Bandara Internasional Cheongju
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
☞ Informasi: +82-43-200-2815 (Khusus bahasa Korea)

Jalan Samgyeopsal Pasar Seomun

Samgyeopsal Pasar Seomun

Ada jalan unik di Pasar Seomun di pusat kota Cheongju. Cheongju terkenal dengan daging babi, dan menurut Sejong Sillok Jiri (Catatan Geografis dalam Sejarah Raja Sejong), tercatat bahwa daging babi digunakan sebagai persembahan. Mengikuti sejarahnya, jalan bertema samgyeopsal ini menawarkan perut babi yang lezat yang dicelupkan ke dalam saus kecap spesial yang dibuat dengan bahan herbal. Hanya ditemukan di Cheongju, samgyeopsal dengan kecap harus kamu coba karena menawarkan rasa yang unik namun menggiurkan.

Jalan Samgyeopsal Pasar Seomun
☞ Alamat:
Area 214, Seomun-dong, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 서문동 214일대)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus kota sekitar 40 menit dari Bandara Internasional Cheongju
☞ Jam operasional: Bervariasi berdasarkan toko

Vila Presidensial Cheongnamdae

Vila Presidensial Cheongnamdae

Terpilih tiga kali sebagai salah satu dari 100 Tempat Wisata Paling Harus Dikunjungi di Korea, Vila Presidensial Cheongnamdae memiliki makna "Cheong Wa Dae dari selatan." Dengan pemandangan Danau Daecheongho yang tenang, vila ini menawarkan kesempatan untuk merasakan dan mengalami kehidupan seorang presiden. Pengunjung dapat memanfaatkan taman yang terawat baik serta berbagai jalur pejalan kaki di depan bangunan utama. Bangunan utama dua lantainya memiliki atap ubin biru seperti Cheong Wa Dae dan halaman depan yang penuh dengan pohon pinus. Lingkungan alami di sekitar kawasan tersebut telah dilestarikan dengan baik, berfungsi sebagai rumah bagi satwa liar, termasuk lebih dari 143 spesies bunga liar dan 124 spesies pohon serta beberapa spesies yang terancam punah.

Vila Presidensial Cheongnamdae
☞ Alamat:
646, Cheongnamdae-gil, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 청남대길 646)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus kota sekitar 50 menit dari Bandara Internasional Cheongju
* Pemesanan dan pembelian izin akses kendaraan tersedia melalui situs web Korea
* Pengunjung yang tidak memiliki izin akses kendaraan atau menggunakan transportasi umum harus membeli tiket masuk dan naik Bus No. 302 dari Kantor Tiket Cheong Nam Dae di Munui-myeon
- Kantor Tiket Cheong Nam Dae: 6, Munuisinae-ro, Sangdang-gu, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 청주시 상당구 문의시내로 6)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Musim dingin 09:00-17:00)
* Kunjungan terakhir 1 jam 30 menit sebelum tutup
* Tutup hari Senin, Hari Tahun Baru, Hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
☞ Tiket masuk: Dewasa 5,000 won / Remaja 4,000 won / Anak-anak • Warga senior 3,000 won
☞ Fasilitas: Fasilitas Presiden, jalan setapak dan tempat istirahat, pusat pendidikan dan pengalaman, fasilitas nyaman, dll.
☞ Informasi: +82-43-257-5080 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: chnam.chungbuk.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)

Info Lebih Lanjut

☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Agustus 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post