Jalan-Jalan ke Gangwon-do

Jalan-Jalan ke Gangwon-do

Hutan Birch Wondae-ri

Ada sesuatu yang ajaib tentang Gangwon-do di musim dingin, aura khusus yang membantunya menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018. Lanskap dan pengalaman penuh salju yang tersedia di gunung dan tempat wisata pantai menarik perhatian semua orang yang mendengar panggilan alam tersebut. Jika Anda mencari pulau dongeng musim dingin, Gangwon-do-lah tempatnya!

Pusat transportasi utama

Stasiun Gangneung

Stasiun Gangneung

Stasiun Gangneung dibuka pada 22 Desember 2017, tepat sebelum Olimpiade Musim Dingin. Stasiun ini berfungsi sebagai perhentian terakhir dari Jalur Gangneung, yang beroperasi antara Gangneung dan Seoul hanya dalam 1 jam 40 menit. Stasiun ini berlokasi di pusat kota, dengan gerai mobil sewaan di luar Exit 2 dan Taksi Turis Gangneung tersedia dari Pusat Informasi Turis di dekat Exit 1.

Stasiun Gangneung
☞ Alamat:
176, Yongji-ro, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 용지로 176)
☞ Fasilitas: Toko serba ada, penjualan makanan & minuman, gerai mobil sewaan, pusat informasi wisata, dll.
☞ Pertanyaan: +82-1544-7788 (Bahasa Korea, Inggris)

Tip) Menggunakan Taksi Turis Gangneung

Pusat Informasi Turis di Stasiun Gangneung telah menyediakan layanan Taksi Turis Gangneung sejak April 2019. Layanan ini memudahkan wisatawan internasional untuk melakukan perjalanan keliling kota. Tarif dasarnya adalah 20.000 won untuk tiga jam, dan 10.000 won dibebankan untuk setiap jam tambahan. Tarifnya sama terlepas dari jumlah penumpang, meskipun jumlah maksimum adalah empat orang per taksi. Untuk menggunakan layanan taksi turis ini, mendaftarlah di pusat informasi wisata. Pengunjung harus menunjukkan paspor mereka dan mengisi formulir permintaan (tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang & Mandarin) dengan mencantumkan data pribadi dan objek wisata yang ingin mereka kunjungi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi pusat informasi di +82-33-640-4534 atau +82-33-640-4538 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin).

Stasiun Jinbu (Odaesan)

Stasiun Jinbu (Odaesan)

Stasiun Jinbu (Odaesan) terletak di Pyeongchang di Jalur Gangneung, dan dibuka khusus untuk Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018, dan ada banyak tempat yang mudah diakses dari stasiun ini. Tempat-tempat menarik terdekat termasuk Peternakan Domba Daegwallyeong, Taman Nasional Odaesan dan Kuil Woljeongsa.

Stasiun Jinbu (Odaesan)
☞ Alamat:
120, Songjeong-gil, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원도 평창군 진부면 송정길 120)
☞ Fasilitas: Toko serba ada, penjualan makanan & minuman, loker, tempat parkir, dll.
☞ Pertanyaan: +82-1544-7788 (Bahasa Korea, Inggris)

Stasiun Donghae

Stasiun Donghae

Stasiun Donghae pertama kali dibuka pada 1 Agustus 1940 sebagai Stasiun Bukpyeong, tetapi kemudian dibuka kembali sebagai Stasiun Donghae pada 1 Juni 1984. Stasiun tersebut saat ini hanya melayani kereta Mugunghwa dan Kereta Laut, tetapi direncanakan untuk melayani kereta KTX pada tahun 2020. Tempat wisata terdekat termasuk Jalan Nongoldam-gil, Pelabuhan Mukhohang, Batu Chotdaebawi Chuam, dan masih banyak lagi.

Stasiun Donghae
☞ Alamat:
69, Donghaeyeok-gil, Donghae-si, Gangwon-do (강원도 동해시 동해역길 69)
☞ Fasilitas: Tempat penjualan tiket, tempat parkir, dll.
☞ Pertanyaan: +82-1544-7788 (Bahasa Korea, Inggris)

Rekomendasi objek wisata

Hutan Pohon Birch Wondae-ri

Hutan Birch Wondae-ri

Mengunjungi Hutan Birch Wondae-ri di Inje-gun seperti bepergian ke dunia lain. Perjalanan Anda dimulai dengan pencarian pohon birch; tidak ada satu pun yang terlihat dari pintu masuk di kaki gunung. Perjalanan mencari harta tidak pernah mudah dan jalur dari pintu masuk ke hutan membentang sekitar 3,2 kilometer di sisi gunung. Semua pengunjung harus berjalan kaki, tetapi Anda dapat membuatnya lebih mudah jika Anda memiliki peralatan yang tepat, seperti cleat es dan tongkat pendakian. Pusat informasi juga menyediakan tongkat jalan untuk digunakan secara gratis. Dengan persiapan dan kegigihan yang cukup, setiap langkah akan membawa Anda menemukan satu atau dua pohon birch lain, sedikit saja dari harta karun sebenarnya yang menunggu.

Setelah kira-kira satu jam mendaki, Anda akan menemukan papan tanda yang menyambut Anda di Hutan Birch Wondae-ri, tempat pemandangan yang menakjubkan terbentang di depan mata Anda. Hampir 410.000 pohon birch putih memenuhi lembah di bawah. Selama musim dingin, salju sering kali menyelimuti daerah itu, menciptakan pemandangan yang bahkan lebih fantastis daripada yang Anda lihat di film. Jika Anda ingin membintangi film Anda sendiri di sini, pastikan untuk mengambil beberapa foto di dalam gubuk yang terbuat dari pohon birch, saat menyusuri jalan setapak, atau ketika sedang memandang keluar dari ruang kelas hutan.

Hutan Birch Wondae-ri
☞ Alamat: 760, Jajaknamusup-gil, Inje-gun, Gangwon-do (강원도 인제군 인제읍 자작나무숲길 760)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 1 jam 30 menit dari Stasiun Gangneung
☞ Jam operasional
- 15 Desember - 31 Januari: 09:00-17:00 (Kunjungan terakhir jam 14:00)
- 4 Mei - 31 Oktober 09:00-18:00 (Kunjungan terakhir jam 15:00)
* Jalan licin di musim dingin; diperlukan peralatan keamanan (tongkat pendakian, cleat es, dll)
☞ Tiket masuk: Gratis
☞ Fasilitas: Ruang kelas hutan, dek observasi, pondok, dll.
☞ Pertanyaan: +82-33-461-9696 (Khusus bahasa Korea)

Pantai Gangmun

Pantai Gangmun

Laut Timur yang terlihat dari Gangwon-do dikenal bersih dan jernih - intinya, sempurna! Karena itu, orang datang ke pantai ini tanpa pandang musim. Ada banyak pantai terkenal untuk dikunjungi, tetapi Pantai Gangmun di Gangneung adalah tempat terbaik untuk mengambil foto.

Meskipun agak kecil, pantai ini dipenuhi dengan tempat-tempat berfoto, mulai dari tanda GANGMUN hingga bingkai dan cincin foto raksasa. Bingkai lukisan mungkin merupakan tempat foto paling populer, memungkinkan pengunjung untuk mengambil foto-foto keren dengan latar belakang Laut Timur yang biru. Setelah mencoba setiap tempat foto, jangan lupa untuk pergi ke Jembatan Gangmun Sotdae, yang menghubungkan Pantai Gangmun dengan Pantai Gyeongpo yang lebih besar di sebelah utara. Dengan lengkungan putihnya yang besar, jembatan ini sendiri dapat dijadikan sebagai tempat berfoto lainnya!

Pantai Gangmun
☞ Alamat:
352, Changhae-ro, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 창해로 352)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau naik bus sekitar 35 menit dari Stasiun Gangneung
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
☞ Tiket masuk: Gratis
☞ Pertanyaan: +82-33-660-3865 (Khusus bahasa Korea)

Jembatan Sotdae Gangmun
☞ Alamat:
248-4, Gangmun-dong, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 강문동 248-4)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 15 menit atau bus sekitar 35 menit dari Stasiun Gangneung
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
☞ Tiket masuk: Gratis

Jalan Nongoldam-gil

Jalan Nongoldam-gil

Saat menyusuri jalan-jalan sepi di sekitar Pelabuhan Mokhohang, Anda mungkin tiba-tiba menemukan tanda-tanda menunjuk Jalan Nongoldam-gil terlukis di jalan. Tidak ada pintu masuk atau jalur yang tepat ke objek wisata ini; Anda hanya harus mengikuti kaki Anda ke mana pun mereka pergi. Daripada takut tersesat, coba susuri lorong yang berbeda untuk melihat apa yang mungkin Anda temukan. Tanpa sadar, Anda akan secara ajaib menemukan jalan kembali ke tempat Anda datang. Di akhir perjalanan, Anda akan mencapai puncak, tempat pemandangan kota Donghae dan Laut Timur yang fantastis terbentang di sekitar Anda.

Sejarah Jalan Nongoldam-gil sangat terkait dengan pembukaan Pelabuhan Mukhohang di tahun 1941. Dinding desa menceritakan sejarah ini melalui mural dan foto, yang disediakan oleh seniman dan penduduk setempat. Setelah menjelajahi tiga jalur utama, beristirahatlah di salah satu kafe atau galeri, masing-masing memiliki pemandangan laut yang sangat indah.

Mercusuar Mukho

Banyak jalan menuju Roma, atau Mercusuar Mukho jika sedang membicarakan Jalan Nongoldam-gil. Mercusuar ini telah melindungi kapal yang datang ke Pelabuhan Mukhohang sejak 8 Juni 1963. Berdiri setinggi 93 meter di atas permukaan laut, mercusuar ini berfungsi sebagai suar untuk pelabuhan dan dek observasi kota. Area di sekitar pangkalan mercusuar ditetapkan sebagai Ruang Budaya Laut, dan direncanakan akan menjadi lebih baik tahun depan dengan penciptaan skywalk tiga titik dan berbagai fasilitas pengalaman.

Jalan Nongoldam-gil
☞ Alamat:
Wilayah Nongol3-gil, Donghae-si, Gangwon-do (강원도 동해시 논골3길 일대)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau bus sekitar 45 menit dari Stasiun Donghae
* Kereta KTX direncanakan beroperasi di Stasiun Donghae mulai Februari 2020
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
* Jam operasional kafe, galeri, dll bervariasi di setiap toko; periksa sebelum berkunjung
☞ Tiket masuk: Gratis
☞ Courses: Nongol 1-gil, Nongol 2-gil, Nongol 3-gil, Deungdae Oreum-gil
☞ Pertanyaan: +82-33-530-2231 (Khusus bahasa Korea)

Mercusuar Mukho
☞ Alamat:
300, Haemaji-gil, Donghae-si, Gangwon-do (강원도 동해시 해맞이길 300)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau bus sekitar 45 menit dari Stasiun Donghae
* Kereta KTX direncanakan beroperasi di Stasiun Donghae mulai Februari 2020
☞ Jam operasional
- Dek observasi mercusuar: November-Maret 09:00-17:00 / April-Oktober 09:00-17:30 (Tutup jika cuaca buruk)
- Ruang Budaya Kelautan: November-Maret 07:00-18:00 / April-Oktober 06:00-20:00
☞ Tiket masuk: Gratis
☞ Pertanyaan: +82-33-531-3258 (Khusus bahasa Korea)

Peternakan Domba Daegwallyeong

Peternakan Domba Daegwallyeong

Generator tenaga angin menandai lanskap Daegwallyeong Pass. Jika Anda mengikuti jalan berkelok-kelok ke atas gunung sampai generator tampaknya berputar tepat di atas Anda, berarti Anda akan mencapai Daegwallyeong Rest Area. Ini bukan sembarang tempat istirahat tua; perhatikan baik-baik dan Anda akan menemukan tanda-tanda menuju Peternakan Domba Daegwallyeong. Lewati gedung-gedung dan daki bukit sedikit lebih jauh untuk mencapai peternakan. Di musim dingin, ladang berumput terselimuti salju tebal! Peternakan ini memiliki dua jalur setapak utama; Jalur 1 membawa Anda ke gubuk kayu kecil dan Jalur 2 membawa Anda lebih jauh lagi ke lereng gunung tempat Anda bisa melihat panorama lengkap peternakan. Selama musim dingin ketika angin bertiup kencang, kami menyarankan Jalur 1 yang lebih aman. Jangan lupa untuk mengambil foto dengan gubuk, yang, sama halnya dengan domba, merupakan simbol peternakan ini!

Tentu saja, kunjungan ke peternakan domba tidak akan lengkap tanpa benar-benar melihat domba! Selama musim dingin, domba-domba tetap hangat dan diberi makan dengan baik di sebuah lumbung di antara bukit-bukit. Di sini, Anda bahkan dapat membantu merawat domba dengan memberi mereka jerami! Setelah itu, jangan lupa untuk mengunjungi area istirahat. Area istirahat ini memiliki toko kecil yang menjual cinderamata dan minuman hangat, serta perapian, yang sempurna untuk menghangatkan diri dengan cepat.

Peternakan Domba Daegwallyeong
☞ Alamat:
483-32, Daegwallyeongmaru-gil, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원도 평창군 대관령면 대관령마루길 483-32)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 30 menit atau bus sekitar 1 jam 15 menit dari Stasiun Gangneung
* Sekitar 20 menit dengan taksi dari Stasiun Jinbu (Odaesan)
* Sekitar 10 menit dengan taksi dari Terminal Bus Hoenggye
☞ Jam operasional
- November-Februari: 09:00-17:00
- Mei-Agustus: 09:00-18:30
- Maret & Oktober: 09:00-17:30
- April & September: 09:00-18:00
* Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup
* Tutup pada hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
* Jam dapat berubah karena cuaca & keadaan di tempat
* Waktu penggembalaan domba bervariasi berdasarkan musim (tidak tersedia di musim dingin); periksa sebelum berkunjung
☞ Tiket masuk: Dewasa 6,000 won / Anak-anak 4,000 won / Warga senior & orang dengan disabilitas 3,000 won
* Dewasa (usia 19-64 tahun) / Anak-anak (usia 4-18 tahun) / Warga senior (usia 65 tahun ke atas)
* Bayi (usia 3 tahun ke bawah) masuk gratis
* Bukti diperlukan untuk mendapatkan diskon
☞ Fasilitas utama: Jalan setapak, gubuk, kolam, tempat beristirahat, pusat pemberian makan domba, bar makanan ringan, dll.
* Ketersediaan bervariasi berdasarkan musim
☞ Pertanyaan: +82-33-335-1966 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.yangtte.co.kr (Khusus bahasa Korea)

Hutan Pohon Cemara Woljeongsa

Hutan Pohon Cemara Woljeongsa

Jalan melalui Hutan Pohon Cemara Woljeongsa membentang sepanjang 1,9 kilometer dari Gerbang Iljumun ke lapangan utama Kuil Woljeongsa. Hutan itu juga disebut "Hutan Seribu Tahun," dan diperkirakan telah melindungi kuil ini selama itu. Pohon cemara adalah anggota keluarga pohon pinus yang dikenal dapat tumbuh sangat tinggi. Mereka juga dapat bertahan hidup dalam suhu yang sangat dingin, menciptakan pemandangan menakjubkan di musim dingin dengan salju yang melapisi jarum pinus jauh di atas.

Jalur ini diselingi dengan instalasi seni yang dinamis dan papan-papan informasi tentang fauna dan flora yang tumbuh di hutan ini; jika beruntung, Anda bahkan mungkin melihat beberapa tupai hidup berkeliaran. Salah satu karya seni yang paling mengharukan adalah Fallen Fir Tree, pohon tua yang tumbang pada malam hari tanggal 23 Oktober 2006 pada usia hampir 600 tahun. Pangkal pohon telah dilubangi dan sebagian besar batang pohon terbentang di atas tanah mengarah ke sisi jalan setapak.

Hutan Pohon Cemara Woljeongsa
☞ Alamat:
374-8, Odaesan-ro, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원도 평창군 진부면 오대산로 374-8)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 20 menit atau bus sekitar 45 menit dari Stasiun Jinbu (Odaesan)
* Sekitar 50 menit dengan taksi dari Stasiun Gangneung
* Sekitar 20 menit dengan taksi atau 50 menit dengan bus dari Terminal Bus Antarkota Jinbu
☞ Jam operasional: 07:00-21:00
☞ Tiket masuk: Dewasa 5,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 500 won
* Dewasa (usia 19-64 tahun) / Remaja (usia 13-18 tahun) / Anak-anak (usia 7-12 tahun)
* Biaya parkir dibebankan secara terpisah
☞ Pertanyaan: +82-33-339-2772 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.woljeongsa.org (Bahasa Korea, Inggris)

Desa Dubu Chodang

Dubu Chodang

Jika Anda menghabiskan waktu di Gangneung, tidak mungkin pulang tanpa mencoba satu atau dua hidangan dubu (tahu) Desa Dubu Chodang. Daerah ini memiliki sekitar 20 restoran yang semuanya menjual versi dubu Chodang klasik mereka sendiri. Nama desa Chodang berasal dari nama pena Heo Yeop, ayah dari dua penulis Korea paling terkenal yang tinggal di Gangneung. Dubu Chodang berbeda dari dubu yang dibuat di daerah lain karena menggunakan air laut untuk merendam kedelai.

Tahu gelato lembut (atas) & hidangan tahu Chodang (bawah) 

Meskipun semua restoran di Desa Dubu Chodang menyajikan hidangan asli sun dubu Chodang (tahu lembut Chodang), mereka juga menawarkan berbagai varian baru dari hidangan klasik ini. Menu paling populer, yang direkomendasikan oleh penduduk setempat Gangneung, adalah hot pot gurita & tahu lembut. Hidangan ini disajikan dalam versi sederhana atau pedas dan sangat mengenyangkan. Jangan lupa untuk menyimpan sedikit ruang untuk pencuci mulut! Kafe dan toko roti yang menjual gelato tahu lembut dan tart tahu juga dapat ditemukan di seantero desa.

Desa Dubu Chodang
☞ Alamat:
99, Chodangsundubu-gil, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 초당순두부길 99)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau bus sekitar 30 menit dari Stasiun Gangneung
☞ Jam operasional: Berbeda berdasarkan toko; periksa sebelum berkunjung
☞ Pertanyaan: +82-33-640-4414 (Khusus bahasa Korea)

Nongchon Sundubu
☞ Alamat:
108, Chodangsundubu-gil, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 초당순두부길 108)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau bus sekitar 30 menit dari Stasiun Gangneung
☞ Jam operasional: 07:30-20:00 / Tutup Kamis
☞ Menu khas: Hot pot gurita & tahu lembut (pedas / tawar) 15.000 won / menu set tahu lembut Chodang 15.000 won
* Harga untuk satu porsi
☞ Pertanyaan: +82-33-651-4009 (Khusus bahasa Korea)

☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Desember 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post

Pantai Jeongdongjin

Children Grand Park

Restoran Moom Aroi

Restoran Hanok di Seoul

Taman Pyeongsari