Jika Tidak Tahu Jalan di Bandara Incheon, Tanyakanlah pada Robot Ini!

Jika Tidak Tahu Jalan di Bandara Incheon, Tanyakanlah pada Robot Ini!

Gambar: bentuk robot informasi yang akan beroperasi di bandara Incheon

 

Mulai akhir tahun 2016 nanti, tamu bandara internasional Incheon bisa mendapatkan informasi terkait fasilitas dan petunjuk arah di bandara dengan hanya meminta tolong pada robot yang dapat berbicara dengan 4 bahasa. Selain robot tersebut, akan ada juga robot lainnya yang melayani pengantaran bagasi dan robot pembersih lantai.

Pihak bandara internasional Incheon mengemukakan, “Pada akhir 2016 nanti, kami berencana untuk menghadirkan 15 robot yang melayani informasi, pembersih lantai dan pengantar bagasi. Selain robot-robot tersebut, kedepannya kami berencana akan menghadirkan beberapa robot lainnya yang melayani pemeriksaan keamanan, proses check-in, lounge bandara dan lainnya. Ada 15 robot yang akan diperkenalkan terlebih dahulu, yakni 5 robot yang melayani informasi fasilitas dan arah di bandara, 5 robot pengantar bagasi, dan 5 robot pembersih lantai.

Robot-robot tersebut dilengkapi dengan autonomous function yang dapat mendeteksi lokasi yang diperlukan sehingga dia mobile untuk menghindari tabrakan dengan wisatawan. Selain itu dilengkapi juga dengan voice recognition dan response function yang memungkinkan mereka mengerti 4 bahasa, yaitu bahasa Korea, bahasa Inggris, bahasa China, dan bahasa Jepang. Contohnya, jika ada yang bertanya dengan bahasa China, maka robot ini akan mengerti dan akan memberikan informasi dengan menggunakan bahasa China. Untuk itu, berbagai pertanyaan dan keluhan yang pernah ada dari tahun 2001 akan dimasukan ke dalam sistem robot tersebut.

Perwakilan bandara Incheon mengatakan, Jika ada pertanyaan selain dari data yang sudah di input, untuk sementara robot akan menjawab tidak tahu. Kemudian, tim informasi bandara Incheon akan menerima pertanyaan tersebut dan memberikan jawabannya. Pertanyaan dan jawaban tersebut akan langsung disebarkan ke robot-robot lainnya agar dapat menyajikan informasi bagi wisatawan di bandara. Beberapa bandara besar di dunia pun pelan-pelan mulai memperkenalkan robot bandara semacam ini.

 

Share This Article

Related Post