Keindahan Musim Semi di Jeollanam-do

Keindahan Musim Semi di Jeollanam-do

Desa Maehwa Gwangyang

Musim semi di Korea pertama dimulai di selatan, menjadikan Jeollanam-do tujuan perjalanan yang sempurna untuk melihat bunga musim semi yang indah. Dari sansuyu (buah cornus) yang menutupi Gunung Jirisan dengan warna kuning hingga putih murni maehwa (bunga plum) dan terowongan merah muda cherry blossom, bunga memenuhi seantero provinsi ini. Saat berada di daerah tersebut, pastikan untuk singgah di Ssangsanje, lokasi syuting acara populer "Youn's Stay."

Sansuyu: Melukis Gunung Jirisan dengan warna kuning

Desa Sansuyu Gurye

Desa Sansuyu Gurye

Salah satu tempat pertama yang melihat datangnya musim semi adalah Desa Sansuyu Gurye. Rumah bagi lebih dari 70% dari semua pohon sansuyu di negara ini, seluruh desa dicat kuning pada saat Maret bergulir. Desa ini sebagian besar dapat dibagi menjadi Desa Atas, Desa Bawah, dan Desa Bangok. Dari desa atas, Anda bisa melihat panorama seluruh kawasan. Di desa bagian bawah, berjalanlah melewati pepohonan yang bermekaran di sepanjang Jalur Pemandangan di dekat Batu Byeorakbawi dan Lembah Gaksigyegok. Taman Cinta Sansuyu di pintu masuk desa adalah tempat yang tepat untuk berfoto, dengan patung dan zona foto bertema sansuyu.

Desa Sansuyu Gurye
Alamat: Area Wian-ri, Gurye-gun, Jeollanam-do (전라남도 구례군 산동면 위안리 일대)
Petunjuk arah
- Dari Stasiun Gurye: Naik taksi sekitar 30 menit
- Dari Terminal Bus Gurye: Naik taksi sekitar 25 menit
Jam operasional: Buka 24 jam
* Jam dapat berbeda berdasarkan fasilitas; tanyakan terlebih dahulu
Situs web: www.sansuyoo.net (Bahasa Korea)

Habitat Sansuyu Desa Bangkok

Habitat Sansuyu Desa Bangkok (sumber: Kantor Gurye-gun)

Desa Bangok, yang terletak di pintu masuk Desa Sansuyu Gurye, adalah rumah bagi habitat pohon sansuyu yang luas. Habitat ini khususnya adalah tujuan musim semi yang populer karena pemandangan indah yang tercipta dari bunga kuning yang tumbuh di samping sungai yang mengalir di atas bebatuan datar yang besar.

Habitat Sansuyu Desa Bangkok

Ada beberapa jalur yang melintasi desa, tapi yang terbaik sejauh ini adalah Jalur 1, Jalan Bunga. Seperti namanya, jalur ini melewati banyak bunga, serta tempat wisata utama di desa, seperti Taman Cinta Sansuyu, Balai Budaya Sansuyu, dan Pasar Nadeuri Jirisan. Jalur ini panjangnya sekitar 3.6 kilometer, dan membutuhkan waktu sekitar satu jam 10 menit untuk dilalui dengan berjalan kaki.

Habitat Sansuyu Desa Bangkok
Alamat: 
Area Daepyeong-ri, Gurye-gun, Jeollanam-do (전라남도 구례군 산동면 대평리 일대)
Petunjuk arah
- Dari Stasiun Gurye: Naik taksi sekitar 30 menit
- Dari Terminal Bus Gurye: Naik taksi sekitar 20 menit
* Waktu berdasarkan perjalanan ke Balai Desa Bangok
Jam operasional: Buka 24 jam
* Jam dapat berbeda berdasarkan fasilitas; tanyakan terlebih dahulu

Maehwa: Hamparan bunga putih bak awan

Desa Maehwa Gwangyang

Desa Maehwa Gwangyang

Desa Maehwa Gwangyang mendapatkan namanya dari koloni besar pohon maehwa yang tumbuh di daerah Daap-myeon di Gwangyang. Bunga-bunga putih yang indah melapisi pemandangan desa setiap musim semi, dan juga menyediakan sumber daya untuk Perkebunan Cheongmaesil, perkebunan plum terbesar di Korea.

Desa Maehwa Gwangyang

Di Perkebunan Cheongmaesil, Anda bisa menemukan berbagai produk plum, termasuk jeli, lauk, dan bahkan bantal! Selama Festival Maehwa Gwangyang tahunan, perkebunan ini juga menawarkan banyak program langsung seperti membuat makanan dari plum, dan menggunakan plum sebagai pewarna alami. Hampir 2.000 pot onggi tradisional juga dipajang di sini.

Desa Maehwa Gwangyang

Saat mengunjungi Desa Maehwa Gwangyang, pastikan untuk mencoba es krim maehwa yang tersedia di toko-toko di seluruh desa. Meski tampak seperti es krim susu biasa, es krim maehwa memiliki rasa manis dan lembut seperti buah plum hijau. Hanya satu gigitan dan Anda akan merasa seolah-olah sedang makan bunga maehwa!

Desa Maehwa Gwangyang
Alamat:
 Area 1563-1, Seomjingangmaehwa-ro, Gwangyang-si, Jeollanam-do (전라남도 광양시 다압면 섬진강매화로 1563-1 일대)
Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 35 menit dari Terminal Bus Gwangyang
Jam operasional: 09:00-18:00, buka sepanjang tahun
Tiket masuk: Gratis
Situs web: maehwa.invil.org (Bahasa Korea)

Maehwa merah Kuil Hwaeomsa

Kuil Hwaeomsa (sumber gambar atas: Kuil Hwaeomsa)

Meskipun kebanyakan bunga maehwa berwarna putih, pohon maehwa berwarna merah di Kuil Hwaeomsa di Gurye mekar dengan warna merah muda cerah setiap musim semi! Selain warnanya yang lebih cerah, wangi bunganya juga lebih kuat. Bunga-bunga merah muda aromatik selaras dengan Balai Gakwangjeon dari kayu, dan pohonnya cukup istimewa untuk ditetapkan sebagai Monumen Alam No. 485.

Kuil Hwaeomsa
Alamat: 
539, Hwaeomsa-ro, Gurye-gun, Jeollanam-do (전라남도 구례군 마산면 화엄사로 539)
Petunjuk arah
- Dari Stasiun Gurye: Naik taksi sekitar 30 menit
- Dari Terminal Bus Gurye: Naik taksi sekitar 25 menit
Jam operasional: 08:00-18:00, buka sepanjang tahun
Tiket masuk: Dewasa 3,500 won / Remaja 1,800 won / Anak-anak 1,300 won
* Remaja (siswa sekolah menengah pertama & atas) / Anak-anak (siswa sekolah dasar)
* Gratis: Anak-anak prasekolah (usia 7 tahun ke bawah), warga lanjut usia (usia 65 tahun ke atas)
Situs web: www.hwaeomsa.com (Bahasa Korea)

Cherry Blossom: Warna merah muda yang manis

Jalur Bunga Cherry Blossom Seomjingang

Jalur Bunga Cherry Blossom Seomjingang

Jalur Bunga Cherry Blossom Seomjingang membentang hampir 40 kilometer dan dipenuhi dengan bunga cherry blossom di sepanjang jalan. Jalan ini bisa dinikmati dengan mobil, sepeda, atau pun dengan berjalan kaki. Jalan tersebut juga dapat digabungkan dengan Jalan Daesup Seomjingang dan Wisata Ekologi Penyembuhan jika dilalui sepenuhnya. Untuk melihat jalan yang sedang mekar sepenuhnya, sebaiknya kunjungi tempat ini pada akhir Maret atau awal April.

Pohon cherry Higan di Kuil Hwaeomsa

Pohon cherry Higan di Kuil Hwaeomsa (Sumber: Kuil Hwaeomsa)

Meskipun maehwa merah di Kuil Hwaeomsa cenderung menjadi penarik perhatian utama, kuil ini juga merupakan rumah bagi pohon cherry Higan yang indah, yang terdaftar sebagai Monumen Alam No. 38. Pohon cherry Higan cenderung mekar lebih awal daripada varietas pohon cherry lainnya. Pohonnya cukup besar, sudah tumbuh selama bertahun-tahun. Untuk melihat pohon besar ini mekar sepenuhnya, berkunjunglah pada bulan April!

Jalur Bunga Cherry Blossom Seomjingang
Alamat:
 Area Muncheok-myeon, Gurye-gun, Jeollanam-do (전라남도 구례군 문척면 일대)
Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 5 menit dari Stasiun Gurye atau Terminal Bus Gurye
Jam operasional: Buka 24 jam

Ssangsanje: Berjalanlah perlahan dan nikmati wangi bunga

Ssangsanje

Sambil menikmati bunga musim semi di Jeollanam-do, mampirlah ke Ssangsanje untuk istirahat. Ssangsanje adalah kumpulan rumah tradisional yang baru-baru ini digunakan untuk program reality Korea "Youn's Stay", tempat orang asing yang baru tinggal di Korea dapat tinggal untuk merasakan budaya Korea.

Ssangsanje

Dibangun pada Era Joseon Akhir, bangunan-bangunan ini dengan indah melestarikan suasana studi ilmiah di depan taman, tata letak yang biasanya ditemukan di rumah-rumah tradisional Korea. Tersebar di lahan seluas 16.500㎡, kompleks ini memiliki 15 bangunan dengan berbagai ukuran, dan lebih dari 100 spesies tanaman di taman. Saat ini, akomodasi tidak tersedia, tetapi Anda masih dapat menikmati keindahan bangunan dan musim semi dengan secangkir teh hangat.

Ssangsanje
Alamat:
 3-2, Jangsu-gil, Gurye-gun, Jeollanam-do (전라남도 구례군 마산면 장수길 3-2)
Petunjuk arah
- Dari Stasiun Gurye: Naik taksi sekitar10 menit
- Dari Terminal Bus Gurye: Naik taksi sekitar 8 menit
Jam operasional: 11:00-16:30 (Kunjungan terakhir pukul 16:00)
Tiket masuk: 10,000 won (termasuk secangkir teh sambutan gratis) * Anak-anak prasekolah (usia 7 tahun ke bawah) tidak diperbolehkan masuk
Situs web: www.ssangsanje.com (Bahasa Korea)

Info Lebih Lanjut

1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Maret 2021, dan karenanya informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami menyarankan Anda untuk mengonfirmasi detail sebelum berkunjung.


Klik di Sini untuk Sumber Artikel
 

Share This Article

Related Post