Keindahan Pemandangan Gangwon-do

Keindahan Pemandangan Gangwon-do

Wilayah Gangwon-do | Durasi 3 HARI/2 MALAM

 【 Foto: Matahari terbit di Jeongdongjin 】

SEKILAS PANDANG

Terletak di sebelah timur Seoul, Gangwon-do adalah daerah yang menawan, dipenuhi dengan keindahan alam. Tujuan populer termasuk Chuncheon, sebuah kota dengan banyak danau; Sokcho, tempat kamu dapat menikmati makanan lezat satu demi satu; dan Gangneung, penuh dengan berbagai pengalaman dan pemandangan fantastis untuk dilihat. Gangwon-do juga mendapat banyak perhatian karena pertandingan musim dingin Olimpiade 2018 yang diadakan di Pyeongchang dan daerah lain di Gangwon-do.
Nikmati gunung dan laut, dan rasakan pemandangan baru dan unik dengan pergantian musim! Karena Gangwon-do adalah tujuan dengan begitu banyak pemandangan untuk dilihat dan hal-hal untuk dicoba, kami sarankan untuk berkunjung setidaknya 3 hari untuk melakukan perjalanan ke seluruh wilayah.

Hari 1

8:00 AM      Pulau Namiseom
11:30 AM    Jalan Dakgalbi Myeongdong Chuncheon
12:30 PM    Pasar Romantis Chuncheon
5:00 PM      Seorak Waterpia
8:00 AM,     Pulau Namiseom

【 Foto: Pemandangan Pulau Namiseom 】

Pulau Namiseom awalnya bukanlah sebuah pulau, tetapi menjadi seperti sekarang sejak mulai dikelilingi oleh air akibat pembangunan Bendungan Cheongpyeong di selatan. Nama pulau tersebut berasal dari Jenderal Angkatan Darat Nami, yang dimakamkan di sini pada masa Dinasti Joseon.

Seluruh pulau dapat dianggap sebagai zona foto raksasa karena keindahannya dan keberadaan tempat wisata yang menawarkan banyak kesempatan berfoto. Dua tempat wisata yang wajib dikunjungi saat mendatangi Pulau Namiseom pastinya adalah Metasequoia Lane dan Songpa Ginkgo Tree Lane. Kedua jalur ini sering muncul dalam film, drama, dan iklan. Pulau ini menawarkan pemandangan menakjubkan khususnya di musim gugur dengan dedaunan berwarna kuning cerah, emas dan oranye.

Alamat: 1, Namiseom-gil, Namsan-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do 
(강원도 춘천시 남산면 남이섬길 1)
Jam operasional (Kapal Feri): 07:30-21:40
Biaya masuk: Dewasa 13,000 won / Remaja 10,000 won / Anak-anak 7,000 won (Tiket pulang-pergi kapal feri sudah termasuk)
Situs web: namisum.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

11:30 AM, Makan siang di Jalan Dakgalbi Myeongdong Chuncheon

【 Foto: Jalan Dakgalbi Myeongdong Chuncheon & dakgalbi 】

Saat menjelajahi Pulau Namiseom, kamu mungkin merasa lapar. Pergilah ke Chuncheon untuk memenuhi kebutuhanmu! Jalan Dakgalbi Myeongdong Chuncheon adalah gang terkenal yang dipenuhi dengan restoran yang telah menyajikan dakgalbi pedas (ayam goreng tumis pedas) selama lebih dari 50 tahun. Dakgalbi adalah hidangan yang terdiri dari potongan besar ayam yang direndam dalam saus pedas dan ditumis dengan kubis, ubi jalar, tteok (kue beras) dan banyak lagi. Jangan lupa memesan nasi goreng setelahnya, jika kamu masih belum kenyang!

Alamat: 11-1, Geumgang-ro 62beon-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do 
(강원도 춘천시 금강로62번길 11-1)
Menu khas: Dakgalbi, pesanan ekstra (keju/kue beras/mie/dll.), nasi goreng / Kisaran harga 24,000~30,000 won untuk dua orang (Harga bervariasi berdasarkan toko)

12:30 PM, Pasar Romantis Chuncheon

【 Foto: Lukisan-lukisan lucu menghiasi Pasar Romantis Chuncheon 】

Pasar Romantis Chuncheon adalah pasar permanen representatif kota, diisi dengan romansa dan gaya hidup masyarakat setempat. Awalnya bernama Pasar Jungang Chuncheon, namanya berubah pada tahun 2010, diikuti oleh renovasi untuk mengimbangi nama baru. Setiap toko di pasar diberi gambar untuk menunjukkan ciri khas dan keunikan toko yang bisnisnya telah dikembangkan selama 30-50 tahun. Setiap jalan di pasar ini dipenuhi dengan mural dan patung yang berfungsi sebagai latar belakang yang sempurna untuk berfoto.

Alamat: 34, Myeongdong-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 명동길 34)
Jam operasional: 10:00-22:00 / Hari tutup bervariasi berdasarkan toko

5:00 PM, Seorak Waterpia

【 Foto: Seorak Waterpia (Sumber: Seorak Waterpia) 】

Seorak Waterpia adalah taman air empat musim yang menggunakan mata air alami di area rekreasi spa dan air. Taman ini buka sepanjang tahun tetapi sangat populer di musim panas, ketika banyak wisatawan datang untuk mengunjungi Laut Timur. Nikmati keindahan Gunung Seoraksan saat kamu berendam di spa, atau nikmati aktivitas air bersama keluarga dan teman.

Alamat: 88, Misiryeong-ro 2983beon-gil, Sokcho-si, Gangwon-do (강원도 속초시 미시령로 2983번길 88)
Jam operasional: 06:00-20:30 (Bervariasi berdasarkan musim) 
※ Beberapa fasilitas mungkin tidak tersedia tergantung kondisi cuaca selama musim dingin.
Biaya masuk: Dewasa 75,000 won / Anak-anak 58,000 won (tiket satu hari penuh)
Situs web: www.hanwharesort.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Hari 2

09:00 AM    Taman Nasional Seoraksan
12:00 PM    Pelabuhan Daepohang
1:40 PM    Desa Abai
4:00 PM    Kuil Naksansa

9:00 AM, Olahraga pagi di Taman Nasional Seoraksan

【 Foto: Berbagai pemandangan di Taman Nasional Seoraksan 】

Gunung Seoraksan, gunung paling representatif di Korea, terletak di bagian timur laut Gangwon-do, membentang di atas kota-kota dan wilayah Sokcho, Yangyang, Goseong dan Inje. Barisan gunung ini sangat luas dan megah sehingga dipisahkan menjadi Seorak Dalam di barat dan Seorak Luar di timur, dengan titik pemisah adalah puncak tertinggi, Puncak Daecheongbong.

Banyak pengunjung ke Taman Nasional Seoraksan berangkat dari Sokcho terdekat, mendaki di jalur menuju Batu Ulsanbawi, Benteng Gwongeumseong dan Air Terjun Biryongpokpo. Kesulitan dan waktu yang dibutuhkan berbeda-beda di setiap jalur, dan sebagian besar pemula memilih jalur Benteng Gwongeumseong. Jalur ini unik dibandingkan yang lain karena kamu bisa naik Kereta Gantung Seorak ke atas dan saat turun, cara yang lebih mudah untuk menikmati pemandangan pegunungan yang indah.

Kereta Gantung Seorak
Alamat: 1085, Seoraksan-ro, Sokcho-si, Gangwon-do (강원도 속초시 설악산로 1085)
Jam operasional: 08:30-18:00 (Bervariasi berdasarkan musim dan kondisi cuaca, cek situs web sebelum berkunjung) 
* Kereta gantung tidak beroperasi selama cuaca buruk untuk alasan keamanan.
Biaya (Pulang-pergi): Dewasa & Remaja 10,000 won / Anak-anak 6,000 won

Situs web
Taman Nasional Seoraksan: seorak.knps.or.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina) 
Kereta Gantung Seorak: www.sorakcablecar.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Cina)

12:00 PM, Makan siang di Pelabuhan Daepohang

【 Foto: Potret Pelabuhan Daepohang 】

Salah satu tempat wisata terdekat dari Taman Nasional Seoraksan adalah Pelabuhan Daepohang, pelabuhan nelayan utama di Laut Timur. Alih-alih kapal penangkap ikan besar, pelabuhan dan laut dipenuhi dengan perahu kecil yang dioperasikan oleh masing-masing nelayan. Hasil tangkapan hari ini dijual di pasar yang membentang dari pintu masuk ke tepi air. Berjalan dan melihat-lihat vendor akan menyenangkan, tetapi kesenangan terbesar dari pasar ini adalah makanannya! Dari cumi-cumi dan udang goreng hingga hoe (irisan ikan mentah) segar, pilihannya tidak terbatas. Jangan lewatkan kesempatan untuk memilih makanan laut yang kamu sukai dan nikmatilah!

Alamat (Pasar Ikan Daepohang): 59, Daepohang-gil, Sokcho-si, Gangwon-do 
(강원도 속초시 대포항길 59)
Menu khas: Udang goreng, sundae cumi-cumi, sundae Abai, etc. / Kisaran harga 7,000~10,000 won untuk dua orang (Bervariasi berdasarkan toko)

1:40 PM, Naik kapal feri ke Desa Abai

【 Foto: Kapal feri & pemandangan Desa Abai】

Desa Abai adalah salah satu tempat wisata utama di Sokcho. Abai berarti kakek dalam dialek Hamgyeong-do, sebuah wilayah di bagian timur laut semenanjung Korea. Desa ini didirikan pada tahun 1950 oleh para pengungsi Perang Korea yang menetap di sini dan nama "Desa Kakek" datang kemudian. Desa ini dapat diakses dengan naik Kapal Feri Desa Abai dari pusat kota Sokcho, yang terletak hanya 50 m dengan perahu. Ketika tiba di Desa Abai, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat-lihat! Mural yang tersebar di seluruh desa bisa jadi latar belakang yang bagus untuk foto kenang-kenangan.

Alamat: 122, Cheongho-ro, Sokcho-si, Gangwon-do (강원도 속초시 청호로 122)
Tarif (Kapal Feri): (One way) Dewasa 550 won / Anak-anak 300 won
Situs web: www.abai.co.kr (Hanya Bahasa Korea)

4:00 PM, Kuil Naksansa

【 Foto: Kuil pesisir, Kuil Naksansa 】

Nikmati keindahan salah satu dari delapan pemandangan indah Laut Timur Gangwon-do di Kuil Naksansa, yang dibangun oleh Uisang (625-702 M), seorang Guru Buddha pada masa Dinasti Silla Bersatu. Kuil ini menyimpan banyak harta karun untuk dinikmati, termasuk patung Avalokitesvara Bodhisattva yang agung dan patung Kwanseum Bodhisattva di Hongryeonam Hermitage. Pemandangan di sekitarnya luar biasa, menarik banyak seniman Korea untuk mencoba mereproduksi adegan ini baik dalam tulisan maupun gambar.

Alamat: 100, Naksansa-ro, Ganghyeon-myeon, Yangyang-gun, Gangwon-do 
(강원도 양양군 강현면 낙산사로 100)
Jam operasional: November-Februari 06:30-17:00, Maret-Oktober 05:30-18:00
 * Kuil Naksansa buka dari matahari terbit sampai matahari terbenam; oleh karena itu, jam operasional akan bervariasi berdasarkan musim.
Biaya masuk: Dewasa 3,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 1,000 won
Situs web: www.naksansa.or.kr (Bahasa Korea, Inggris)

Hari 3

10:00 AM    Taman Hiburan Sun Cruise
11:30 AM    Pantai Jeongdongjin atau Jalan Kopi Gangneung
3:00 PM    Ojukheon
4:30 PM    Rumah Seongyojang
6:00 PM    Paviliun Gyeongpodae

10:00 AM, Berjalan mengelilingi Taman Hiburan Sun Cruise

【 Foto: Pemandangan Jeongdongjin 】

Sun Cruise Resort berada di tebing di atas Pantai Jeongdongjin. Resort ini terkenal dengan arsitekturnya yang berbentuk kapal pesiar dan termasuk dalam daftar CNN tentang akomodasi paling unik di Korea pada tahun 2014. Pemandangan malamnya indah, tetapi matahari yang terbit di atas lautan juga pemandangan yang tidak boleh dilewatkan.

Sun Cruise Resort menyediakan akomodasi yang luar biasa, tetapi bahkan jika kamu tidak bermalam di sini, Taman Hiburan Sun Cruise terbuka untuk pengunjung luar. Berfoto dengan "The Hands of Blessing" (Tangan Keberkatan) dan karya seni lainnya di Sunrise Garden (Taman Matahari Terbit). Bersantailah di halaman hijau di Grass Garden (Taman Rumput) atau berjalan di atas air dengan melangkah langsung ke atas laut di Glass Observatory (Observatorium Kaca).

Alamat: 950-39, Heonhwa-ro, Gangdong-myeon, Gangneung-si, Gangwon-do 
(강원도 강릉시 강동면 헌화로 950-39)
Jam operasional: 07:00-18:00
Biaya masuk: Dewasa & Remaja 5,000 won / Anak-anak 3,000 won
Situs web: www.esuncruise.com (Bahasa Korea, Inggris)

11:30 AM, Bersantai di Pantai Jeongdongjin atau Jalan Kopi Gangneung

Untuk makan siang, kunjungi Pantai Jeongdongjin atau Jalan Kopi Gangneung. Kedua tempat ini bagus untuk dikunjungi, tetapi jika kamu ingin menghemat waktu, kunjungi salah satunya saja. Sebagian besar orang memilih Pantai Jeongdongjin di musim semi atau musim gugur dan Jalan Kopi Gangneung di musim panas atau musim dingin. Tentu saja, pilihannya terserah kamu!

【 Foto: Sepeda Rel Jeongdongjin 】

Jeongdongjin mendapatkan namanya karena tepat berada di timur ('jeongdong' dalam bahasa Korea) Gerbang Gwanghwamun di Seoul. Nikmati pemandangan pantai sambil mengendarai Sepeda Rel Jeongdongjin, berangkat dari stasiun kereta api paling dekat dengan lautan di dunia. Kegiatan ini populer terutama di musim semi karena cuacanya sangat sempurna. Sepeda rel mungkin tidak beroperasi pada hari yang sangat dingin selama musim dingin karena alasan keamanan.

【 Foto: Jalan Kopi di Pantai Anmok 】

Untuk minum kopi sambil memandangi samudra biru, pergilah ke Pantai Anmok. Dulunya merupakan jalan dengan hanya satu mesin penjual otomatis, Jalan Kopi Gangneung sekarang dipenuhi kedai kopi yang terbentuk selama bertahun-tahun. Dari toko-toko lokal yang dioperasikan secara pribadi hingga kafe berantai, pengunjung memiliki banyak pilihan. Beli kopimu dan luangkan waktu sejenak untuk menikmati keharmonisan minuman berenergi dan pemandangan ombak menenangkan yang menyapu pantai.

Alamat 
Sepeda Rel Jeongdongjin: 17, Jeongdongyeok-gil, Gangdong-myeon, Gangneung-si, Gangwon-do 
(강원도 강릉시 강동면 정동역길 17)
Jalan Kopi Gangneung: 27, Changhae-ro 14beon-gil, Gangneung-si, Gangwon-do 
(강원도 강릉시 창해로 14번길 27)
Jam operasional (Sepeda Rel Jeongdongjin): 
Berangkat dari Stasiun Jeongdongjin: November-Februari 09:00-16:00, Maret-Oktober 09:00-17:00 
Berangkat dari Taman Moresigye: November-Februari 08:50-15:50, Maret-Oktober 08:50-16:50
Biaya: 2 tempat duduk 20,000 won / 4 tempat duduk 30,000 won
Situs web: www.sunbike.kr (Hanya Bahasa Korea)

3:00 PM, Rumah Ojukheon

【 Foto: Rumah Ojukheon 】

Rumah Ojukheon mendapatkan namanya dari pohon bambu hitam yang mengelilingi bangunan. Ojukheon adalah rumah Shin Saimdang (1504-1551), figur ibu dan artis wanita Korea yang paling penting, dan tempat kelahiran putranya Yi I (1536-1584), juga dikenal dengan nama panggilan Yulgok, salah satu ulama Konfusianisme terkemuka dari Dinasti Joseon. Shin Saimdang dan Yi I sama-sama tokoh sejarah penting Korea dan masing-masing tampil dalam lembaran uang 50.000 won dan 5.000 won.

Alamat: 24, Yulgok-ro 3139beon-gil, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 율곡로 3139번길 24)
Jam operasional: November-Februari 09:00-18:00, Maret-Oktober 08:00-18:30
* Buka sepanjang tahun
Biaya masuk: Dewasa 3,000 won / Remaja 2,000 won / Anak-anak 1,000 won

4:30 PM, Rumah Seongyojang

【 Foto: Pemandangan di Rumah Seongyojang 】

Wisata selanjutnya adalah ke Rumah Seongyojang, yang terletak di dekat Rumah Ojukheon. Rumah Seongyojang adalah hanok tradisional representatif kelas atas. Rumah utama adalah yang terbesar dari semua rumah tradisional yang lain, dengan ukuran 102 kan (unit untuk ruang antara dua pilar). Mengingat fakta bahwa peraturan bangunan selama waktu rumah ini dibangun membatasi luas rumah maksimal 99 kan saja, bangunan ini benar-benar luar biasa. Hutan pohon pinus rimbun di belakang rumah yang telah bertahan selama ratusan tahun menciptakan latar belakang yang elegan dan indah untuk keindahan menawan tempat tradisional ini.

Alamat: 63, Unjeong-gil, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 운정길 63)
Jam operasional: November-Februari 09:00-17:00, Maret-Oktober 09:00-18:00
Biaya masuk: Dewasa 5,000 won / Remaja 3,000 won / Anak-anak 2,000 won
Situs web: www.knsgj.net (Hanya Bahasa Korea)

6:00 PM, Paviliun Gyeongpodae

【 Foto: Gambar di sekitar Paviliun Gyeongpodae 】

Ketika orang Korea mendengar "Gyeongpodae," yang pertama terlintas dalam pikiran mereka biasanya adalah pantai ini. Sebenarnya, nama pantai ini berasal dari Paviliun Gyeongpodae yang dibangun pada masa Dinasti Goryeo. Pemandangan indah Danau Gyeongpoho dilihat dari Paviliun Gyeongpodae sungguh menakjubkan. Paviliun Gyeongpodae tampak indah sepanjang tahun tetapi tempat ini paling populer sebagai lokasi menonton matahari terbit pada tanggal 1 Januari dan pada bulan April, selama Festival Cherry Blossom Gyeongpodae.

Alamat (Gyeongpodae): 365, Gyeongpo-ro, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 경포로 365)
Biaya masuk: Gratis untuk Paviliun Gyeongpodae & Taman Gyeongpoho (Buka sepanjang tahun)

Info Lebih Lanjut
Situs web 
Pariwisata Chuncheon: tour.chuncheon.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina) 
Pariwisata Sokcho: www.sokchotour.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia) 
Pariwisata Yangyang: tour.yangyang.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina) 
Pariwisata Gangneung Tourism: www.gntour.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Halaman terkait 
Pemandangan Murni Pyeongchang & Jeongsan

Kolom terkait
Kota Alam dan Olahraga Musim Dingin, Pyeongchang 
Menikmati Musim Gugur di Chuncheon
Liburan yang Menyembuhkan di Sokcho!
Menggali Rahasia Tersembunyi Di Dalam Uang Korea!
Membangkitkan Sensibilitas Artistik di Gangneung

Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

Halaman ini terakhir diperbarui pada 18 September 2018, dan karenanya informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post