Keindahan Pesisir Yeosu & Suncheon

Keindahan Pesisir Yeosu & Suncheon

【 Foto: Pemandangan malam Jembatan Dolsandaegyo Yeosu 】

SEKILAS PANDANG

Tidak ada wisata melalui Jeollanam-do yang lengkap tanpa mampir ke kota Yeosu dan Suncheon. Yeosu, kota yang menggelar World Expo (Pameran Dunia), adalah kota yang indah yang menunjukkan keseimbangan antara alam dan arsitektur. Pengunjung Yeosu dapat menikmati pemandangan samudra biru pekat di siang hari dan pemandangan malam yang fantastis setelah matahari terbenam. Kota terdekat Suncheon, pusat ekologi Korea, ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2018 sebagai cagar biosfer.

Ikuti panduan perjalanan ini, yang penuh dengan pemandangan malam yang menakjubkan dan pemandangan alam yang indah di Yeosu dan Suncheon.

DAY 1 Yeosu

9:00 AM    Perjalanan ke Yeosu
1:00 PM    Expo Ocean Park (Taman Samudra Expo)
2:00 PM    Hanhwa Aqua Planet Yeosu (Planet Air Hanhwa Yeosu)
4:00 PM    Pulau Odongdo
6:00 PM    Kereta Gantung Maritim Yeosu

1:00 PM, Expo Ocean Park

【 Foto: Panorama Expo Ocean Park 】

【 Foto: Menara Langit 】

【 Foto: Big-O 】

Hal pertama yang akan kamu lihat ketika keluar dari Stasiun Yeosu-Expo adalah Expo Ocean Park berskala besar di pantai. Situs ini dibuka sebagai tempat untuk Yeosu World Expo 2012, dan sekarang berfungsi sebagai situs pameran dan acara yang menawarkan berbagai olahraga air.

Dari banyak fasilitas taman, dua yang paling menonjol adalah Big-O dan Menara Langit, yang pada awalnya merupakan tempat penyimpanan semen. Eksterior Menara Langit dilengkapi dengan organ pipa raksasa, yang dimasukkan dalam Guinness World Records pada 2011 sebagai organ pipa paling nyaring di dunia. Melihat keluar dari jendela observatorium membuatmu bisa melihat pemandangan Expo Ocean Park yang indah dan samudra biru pekat yang membentang hingga jauh ke cakrawala.

Pertunjukan Big-O adalah salah satu atraksi terbaik taman ini. Pada siang hari, struktur tersebut hanyalah sebuah patung yang unik, tetapi pada malam hari lampu dan pertunjukan air mengubah cincin besar ini menjadi pertunjukan yang fantastis. Harap catat bahwa organ pipa dan pertunjukan BIG-O tidak berlangsung pada hari Senin dan selama musim dingin.

Alamat: Area Bangnamhoe-gil, Yeosu-si, Jeollanam-do (전라남도 여수시 박람회길 일대)
Menara Langit 
Jam operasional: 10:00-20:00 (Kunjungan terakhir pukul 19:00)
Biaya masuk: Dewasa 2,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 1,000 won

2:00 PM, Hanhwa Aqua Planet Yeosu

【 Foto: Tank utama 】

【 Foto: Terowongan bawah air 】

【 Foto: Penguin Afrika 】

Hanhwa Aqua Planet Yeosu yang terletak di dalam Expo Ocean Park adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Di sini kamu dapat melihat paus beluga langka, anjing laut Baikal, penyu tempayan, penguin Afrika dan banyak lagi.

Ada juga program pemberian makan untuk berbagai hewan, dari rakun dan penguin hingga anjing laut, piranha, paus beluga, dan banyak lagi. Yang menjadi sorotan adalah program makan di tangki utama, rumah bagi lebih dari 3.000 hewan di lebih dari 280 spesies, di mana seorang penyelam memberi makan ikan pari raksasa dengan tangan.

Alamat: 61-11, Odongdo-ro, Yeosu-si, Jeollanam-do (전라남도 여수시 오동도로 61-11)
Jam operasional: 10:00-19:00 (Kunjungan terakhir pukul 18:00, buka sepanjang tahun)
Biaya masuk: Dewasa 23,000 won / Remaja 21,000 won / Anak-anak 19,000 won
Situs web: www.aquaplanet.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

4:00 PM, Pulau Odongdo

【 Foto: Pulau Odongdo terhubung dengan pemecah gelombang 】

Pulau Odongdo adalah objek wisata yang paling mewakili Yeosu. Pulau ini sendiri cukup kecil, tetapi memiliki banyak hal untuk ditawarkan, termasuk lebih dari 190 spesies pohon langka dan tebing unik dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Seluruh pulau dihiasi oleh pohon camelia, cukup banyak sehingga seluruh pulau bisa disebut hutan camelia. Bunga-bunga bermekaran pada pertengahan hingga akhir Maret, tepat waktu untuk Festival Bunga Camellia tahunan.

Meskipun merupakan pulau, pengunjung dapat berjalan ke pulau di atas pemecah gelombang sepanjang 768 meter yang menghubungkan Pulau Odongdo dengan daratan. Kereta Camellia juga tersedia bagi pengunjung untuk pergi ke pulau dengan biaya yang murah.

Ada empat jalur untuk mencapai puncak gunung di Pulau Odongdo, semuanya dimulai di berbagai titik yang bertemu di Mercusuar Odongdo. Setelah mendaki, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dan melihat laut sebelum menapaki jalan turun.

Alamat: 242, Odongdo-ro, Yeosu-si, Jeollanam-do (전라남도 여수시 오동도로 242)
Kereta Camellia
Jam operasional: 09:30-18:00 (November-Februari 09:30-17:00) 
Biaya (satu arah): Dewasa 800 won / Remaja 600 won / Anak-anak 500 won

6:00 PM, Kereta Gantung Maritim Yeosu

【 Foto: Kereta Gantung Maritim Yeosu, berjalan melintasi lautan 】

Kereta Gantung Maritim Yeosu membentang 1,5 kilometer di atas laut terbuka dari Taman Jasan di daratan ke Taman Dolsan, di pulau terdekat. Bergerak dengan kecepatan 5 kilometer per jam, perjalanan satu arah membutuhkan waktu sekitar 13 menit dan perjalanan bolak-balik membutuhkan waktu 25 menit. Dengan adanya stasiun di Taman Jasan (Platform Haeya) dan Taman Dolsan (Platform Nora), para wisatawan dapat memilih lokasi terdekat demi kenyamanan mereka. Jika pengunjung berangkat dari Pulau Odongdo, disarankan untuk naik dari Platform Haeya di Jasan Park.

Kereta gantung dibagi menjadi kabin reguler dan kabin Crystal khusus. Kabin Crystal direkomendasikan untuk pencari sensasi, karena memiliki lantai tembus pandang. Jika kamu cukup berani, lihat langsung ke bawah dan lihat bahwa tidak ada apa pun di antara kaki dan lautan jauh di bawah. Operasional berjalan hingga 21:30, sehingga pengunjung disarankan untuk pergi pada malam hari untuk melihat pemandangan malam Yeosu yang fantastis.

Alamat: 39, Jasan 4-gil, Yeosu-si, Jeollanam-do  (전라남도 여수시 자산4길 39 )
Jam operasional: Minggu-Jumat & hari libur 09:00-21:30 / Sabtu 09:00-22:30
Biaya
Kabin reguer: Dewasa & Remaja pulang pergi 15,000 won, satu arah 12,000 won / 
Anak-anak pulang pergi 11,000 won, satu arah 8,000 won
Kabin Crystal (pulang pergi): Dewasa & Remaja 22,000 won / Anak-anak 17,000 won
Situs web: yeosucablecar.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Hari 2 Suncheon

9:00 AM    Perjalanan ke Suncheon
10:00 AM    Lokasi Film Terbuka Suncheon
1:00 PM    Taman Nasional Teluk Suncheonman
4:00 PM    Cagar Alam Lahan Basah Teluk Suncheonman

10:00 AM, Lokasi Film Terbuka Suncheon

【 Foto: Replika lingkungan Daldongnae tua di Seoul 】

Lokasi Film Terbuka Suncheon dibuka pada bulan Februari 2006 di lokasi yang dulunya adalah pangkalan militer. Set ini mewujudkan lingkungan Daldongnae di Gwanak-gu, Seoul dari tahun 1960 hingga 1980-an. Tempat ini telah digunakan sebagai lokasi syuting lebih dari 700 program televisi dan film Korea, dari drama seperti "East of Eden (2008)" dan "King of Baking, Kim Takgu (2010)" sampai berbagai program seperti "Running Man" dan film "A Werewolf Boy (2012)" dan "Love, Lies (2015)."

【 Foto: Toko pada tahun 1970-1980 】

【 Foto: Alat peraga membuat jalanan menjadi hidup 】

【 Foto: Pasangan berpose mengenakan seragam sekolah lama 】

Lokasi Film Terbuka Suncheon sangat populer di kalangan pengunjung dari segala usia, karena bagi orang Korea yang lahir sebelum tahun 70-an ini adalah lokasi yang nostalgia, dan bagi pengunjung yang lebih muda ini adalah kesempatan untuk mengalami kehidupan tahun 60an hingga 80an. Pengalaman yang paling populer adalah kesempatan untuk memakai seragam sekolah masa lampau. Dengan hanya 2.500 won, kamu dapat menyewa seragam sekolah tua selama 50 menit dan mengambil foto di seluruh lokasi, membintangi kisah fotomu sendiri.

Alamat: 24, Biryegol-gil, Suncheon-si, Jeollanam-do (전라남도 순천시 비례골길 24)
Jam operasional: 09:00-18:00 (Kunjungan terakhir 17:00)
Biaya masuk: Dewasa 3,000 won / Remaja 2,000 won / Anak-anak 1,000 won

1:00 PM, Taman Nasional Teluk Suncheonman

【 Foto: Taman Nasional Teluk Suncheonman 】

Taman Nasional Teluk Suncheonman adalah satu-satunya dan merupakan taman buatan terbesar di Korea. Di musim semi, padang tulip yang luas dan bunga kanola emas menarik perhatian wisatawan. Orang-orang juga berduyun-duyun ke taman dan teluk untuk Festival Alang-Alang Teluk Suncheonman tahunan yang diadakan di akhir musim gugur setiap tahun. Taman ini memiliki dua pintu masuk; dekat gerbang timur terdapat Taman Danau Suncheon dan Taman Dunia dan di sebelah gerbang barat terdapat Taman Tradisional Korea dan Pusat Lahan Basah Internasional Teluk Suncheon.

【 Foto: Taman Danau Suncheon 】

Taman Danau Suncheon ditandai oleh lanskap bukit-bukit kecil di sekitar danau. Pergilah keliling dunia dengan mengunjungi Thailand, Jepang, Inggris, Belanda, Prancis, Cina, dan lebih banyak lagi melalui taman tradisional berbagai negara di bagian taman dunia di sini. Tamannya sangat besar, dan akan membutuhkan beberapa jam untuk bisa melihat semuanya. Agar perjalananmu sesuai jadwal, disarankan untuk mengambil peta gratis dari loket tiket dan mengikuti salah satu dari paket perjalanan yang telah ditentukan.

Tip) Perjalanan dari Taman Nasional Teluk Suncheonman ke Cagar Alam Lahan Basah Teluk Suncheonman

Naik SkyCube dari Taman Nasional Teluk Suncheonman ke Cagar Alam Lahan Basah Teluk Suncheonman! Monorel ini membentang dari Stasiun Kebun di taman ke Stasiun Museum Sastra di dekat cagar alam.

Alamat: 47, Gukgajeongwon 1ho-gil, Suncheon-si, Jeollanam-do 
(전라남도 순천시 국가정원1호길 47)
Jam operasional: November-Februari 08:30-17:00 / Maret-April & Oktober 08:30-18:00 / 
Mei-September 08:30-19:00
Biaya masuk: Dewasa 8,000 won / Remaja 6,000 won / Anak-anak 4,000 won 
* Biaya masuk ke Taman Nasional Teluk Suncheonman dan Cagar Alam Lahan Basah Teluk Suncheonman termasuk dalam satu tiket
Tarif SkyCube
- Pulang pergi: Dewasa & Remaja 8,000 won / Anak-anak 6,000 won 
- Satu arah: Dewasa & Remaja 6,000 won / Anak-anak 6,000 won
Situs web: www.scgardens.or.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

4:00 PM, Cagar Alam Lahan Basah Teluk Suncheonman

 【 Foto: Pemandangan Teluk Suncheonman dari Observatorium Yongsan 】

Teluk Suncheonman dikembangkan di pantai selatan sebagai lahan basah pesisir, dan memiliki padang alang-alang dan koloni-koloni sea-blite. Cagar Alam Lahan Basah Teluk Suncheonman adalah rumah bagi lebih dari 200 spesies burung, termasuk 11 spesies langka seperti hooded crane (bangau bertudung) dan bangau berkepala hitam. Karena nilai biologis yang tinggi dari cagar alam ini, tempat ini masuk dalam daftar Ramsar untuk lahan basah yang dilindungi pada tahun 2006.

【 Foto: Jalur setapak kayu melalui padang alang-alang】

Berjalan-jalan melalui padang alang-alang yang luas itu indah, tetapi untuk pemandangan yang lebih indah, kamu perlu mendaki bukit kecil. Jika kamu berjalan 1 kilometer lebih jauh dari ujung boardwalk melalui alang-alang, jalan akan memandumu ke Observatorium Yongsan. Teluk Suncheonman dapat dilihat dengan sekali pandang dan pemandangan matahari terbenam tidak akan terlupakan.

Alamat: 513-25, Suncheonman-gil, Suncheon-si, Jeollanam-do (전라남도 순천시 순천만길 513-25)
Jam operasional: 08:00-matahari terbenam
Biaya masuk: Dewasa 8,000 won / Remaja 6,000 won / Anak-anak 4,000 won (Biaya masuk ke Cagar Alam Lahan Basah Teluk Suncheonman dan Taman Nasional Teluk Suncheonman termasuk dalam satu tiket)
Situs web: www.suncheonbay.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Tempat wisata tambahan

Sayangnya, karena waktu yang terbatas, tempat-tempat wisata berikut ini tidak dapat masuk dalam wisata dua hari ini. Bagi pengunjung dengan lebih banyak waktu dalam jadwal mereka, lokasi berikut sangat dianjurkan untuk wisata Jeollanam-do yang lebih lama.

Yeosu – Hyangiram Hermitage

【 Foto: Matahari terbit di Hyangiram Hermitage 】

Hyangiram Hermitage adalah sebuah kuil kecil di pantai laut selatan. Didirikan sekitar 1400 tahun yang lalu selama Kerajaan Baekje, pemandangan matahari terbit sangat indah di sini dan banyak wisatawan berkunjung pada tanggal 31 Desember untuk menyaksikan matahari terbit pertama tahun baru selama Festival Matahari Terbit Hyangiram Yeosu

Ada tujuh gua batu di sepanjang jalan menuju hermitage (pertapaan), dan dikatakan bahwa jika kamu melewati semua gua ini, keinginanmu akan terkabul. Pengunjung juga menumpuk koin atau batu kecil di atas batu yang lebih besar di area candi utama untuk mewujudkan keinginan mereka.

Alamat: 60, Hyangiram-ro, Dolsan-eup, Yeosu-si, Jeollanam-do (전라남도 여수시 돌산읍 향일암로 60)
Biaya masuk: Dewasa 2,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 1,000 won
Situs web: www.hyangiram.org (Hanya Bahasa Korea)

Suncheon – Desa Rakyat Naganeupseong

【 Foto: Taman Nasional Teluk Suncheonman 】

Kota Desa Rakyat Naganeupseong penuh sesak dengan rumah-rumah beratap ilalang dan melestarikan tradisi Korea bahkan sampai hari ini. Kastil kota atau eupseong berfungsi baik sebagai pusat pemerintahan lokal dan sebagai kekuatan pelindung bagi warga. Desa Rakyat Naganeupseong adalah salah satu kota berbenteng yang paling lengkap dan terawat baik dari Dinasti Joseon. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan dan menjelajahi pasar, toko-toko suvenir, dan toko kerajinan tradisional di seluruh desa.

Alamat: 30, Chungmin-gil, Nagan-myeon, Suncheon-si, Jeollanam-do 
(전라남도 순천시 낙안면 충민길 30)
Jam operasional: Desember-Januari 09:00-17:00 / Februari-April & November 09:00-18:00 / 
Mei-Oktober 08:30-18:00
Biaya masuk: Dewasa 4,000 won / Remaja 2,500 won / Anak-anak 1,500 won
Situs web: www.suncheon.go.kr (Hanya Bahasa Korea)

Info Lebih Lanjut

Transportasi
(Seoul→Yeosu) KTX: Stasiun Yongsan → Stasiun Expo Yeosu (Durasi sekitar 3 jam)

Situs Web
Pariwisata Yeosu: tour.yeosu.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)
Pariwisata Suncheon: tour.suncheon.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina dan terjemahan Google tersedia)

Kolom terkait 
Teluk Suncheonman, Taman & Matahari Terbenam Karunia Alam 
JBergabunglah dalam Eco-Wisata dengan Wisata Kota Suncheon!

Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

Halaman ini terakhir diperbarui pada tanggal 9 November 2018, dan karenanya informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post

Ssamzie-gil Road (???)

Kukje Guest House

Restoran Dombedon

Lembah Seni Heyri

168 Stairs

Toko Makanan Sunflower