Korea, Duduki Peringkat ke 2 Kategori Penyelenggara Kongres Global Menurut UIA

Korea, Duduki Peringkat ke 2 Kategori Penyelenggara Kongres Global Menurut UIA

 

Gambar: Korea MICE Bureau
 

Sesuai dengan laporan terbaru Statistik Pertemuan Internasional (International Meetings Statistic) yang dikeluarkan oleh Union of International Association (UIA), Korea saat ini menduduki peringkat ke-2 sebagai tujuan utama penyelenggaraan kongres global yang diadakan pada tahun 2015.

Temuan ini menunjukan Korea meraih peringkat ke-2 dibawah Amerika dengan jumlah 891 pertemuan, naik sebanyak 40 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini juga mejadikan Korea sebagai peringkat ke-1 di Asia dengan menyumbang 7.5 persen dari seluruh pertemuan yang diadakan di seluruh dunia di periode yang sama. Hasil ini mencerminkan minat berkelanjutan terhadap Korea, ditandai dengan adanya kenaikan tujuan pertemuan di daerah yang beragam.

Seoul, sebagai ibu kota negara, juga terlihat memperbaiki peringkat top 5 UIA yang sudah lama didudukinya, naik dari peringkat ke-5 menjadi peringkat ke-3 dengan penyelenggaran 494 pertemuan di tahun 2015, naik 98.4 persen dibandingkan tahun 2014 yang hanya melenggarakan 249 pertemuan. Sementara itu, Busan, kota terbesar kedua di Korea, meraih peringkat ke-11 kota global dengan 150 pertemuan. Selain itu, Pulau Jeju, yang dikenal sebagai tempat bagi berbagai macam Warisan Dunia UNESCO menduduki peringkat ke-19 dengan 112 pertemuan di tahun 2015.

Executive Director Korea MICE Bureau (KMB), Kee Hun Kim, mengatakan Temuan UAI ini menunjukan daya tarik Korea untuk kegiatan bisnis dan wisata, yang didukung oleh daya tarik budaya dan kemampuan MICE yang terus tumbuh. Kami tentu saja akan terus bekerja secara aktif untuk membuat Korea menjadi tuan rumah berbagai kongres global, dan menjadi negara dengan kekayaan destinasi yang menampilkan atraksi dan venue dengan ciri khasnya sendiri.

Pertumbuhan infrastruktur Korea telah memainkan peran penting dalam meningkatkan daya saing MICE Korea, termasuk perluasan fasilitas untuk Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 di provinsi Gangwon, dan ekspansi tuan rumah Korea MICE Expo terbaru yaitu Songdo Convensi A di International Business District, Incheon. Selain itu, terdapat fasilitas konvensi regional terbaru, termasuk Asia Culture Center di Gwangju dan Hwabaek International Convention Center (HICO) di area yang kaya dengan warisan dunia UNESCO, Gyeongju.

Profil konvensi tahunan Korea secara teratur meliputi berbagai kongres internasional, yang masing-masing mendapatkan keuntungan dari berbagai program dukungan khususnya katering untuk pertemuan skala besar, dari divisi KMB Korea Tourism Organization (KTO). Selain itu, termasuk juga tur kota gratis untuk delegasi, pesan sambutan selamat datang di bandara, spanduk dan suvenir, stan pengalaman budaya di venue, dan masih banyak lagi perangkat tambahan lainnya. 

Acara besar terbaru yang di dukung oleh KMB diantaranya adalah 2015’s INC Conference & CNR, 7th World Water Forum, 25th World Road Congress Seoul, dan bulan lalu ada Rotary International Convention yang dihadiri oleh 50.000 peserta, yang 21.000 diantaranya adalah peserta asing.

Untuk laporan lengkap terkait Statistik Pertemuan Internasional UIA dapat diakses di laman resmi berikut www.uia.org

 

###

 

Tentang Korea MICE Bureau

 

Korea MICE Bureau (KMB), berada di bawah naungan Korea Tourism Organization, bertujuan untuk membangun Korea sebagai tujuan utama bagi wisatawan, delegasi konvensi, dan business travelers.

 

Sebagai lembaga MICE terkemuka pemerintah Korea, KMB telah bekerja selama hampir 30 tahun untuk menyediakan berbagai macam bantuan dan dukungan bagi mereka yang mempertimbangkan untuk menyelenggarakan pertemuan di Korea. Untuk infomasi terkait, silahkan kirim email ke [email protected] atau akses laman resmi KMB di www.koreaconvention.org

 

Share This Article

Related Post