Korea Permudah Aplikasi Visa

Korea Permudah Aplikasi Visa

02 Juli 2015
 

Korea Permudah Aplikasi Visa

 

Kementerian Kehakiman Korea memberi dukungannya untuk industri pariwisata Korea yang semakin lesu akibat munculnya wabah MERS melalui berbagai kebijakan, termasuk pembebasan biaya aplikasi visa agar wisatawan asing dapat lebih mudah dan nyaman mengunjungi Korea. Berikut adalah kebijakan yang akan dilaksanakan:
 

Kementerian Kehakiman Korea juga memperpanjang masa berlaku visa grup yang diterbitkan sebelum dan sesudah wabah MERS merebak (periode 1 Maret – 30 Juni 2015) dari 3 bulan menjadi 6 bulan. Pemilik visa diperbolehkan memasuki Korea melalui bandara walaupun masa berlalu visa sudah berlalu karena Kementerian Kehakiman Korea berencana tidak mewajibkan pemilik melalui langkah-langkah rumit seperti mengunjungi kantor terkait untuk memperpanjang visa dan lainnya.
 

Lalu, sejak awal bulan Juni kemarin Korea juga telah memperpanjang masa berlaku multiple visa ke Korea bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung ke sana. Setiap warga negara Indonesia yang sudah pernah mengunjungi negara anggota OECD (Organization for Economic Cooperation & Development) atau Korea sebanyak lebih dari sekali dapat mengajukan aplikasi untuk multiple visa ini. Jika aplikasi disetujui, wisatawan dapat menggunakan visa tersebut sejak hari diterbitkan dengan masa tinggal maksimal selama 30 hari di Korea. Dulu masa berlaku multiple visa dianggap rumit karena dipisahkan menjadi tiga jenis, yakni 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun. Namun, mulai tanggal 20 April tahun ini masa berlaku multiple visa diseragamkan menjadi 5 tahun. Biaya aplikasi multiple visa adalah 90 dolar dan hanya bisa dibayarkan dengan mata uang lokal.
 

Kebijakan kali ini merupakan dukungan terhadap menurunnya industri pariwisata Korea akibat MERS, serta untuk menghilangkan kekhawatiran masyarakat dan agar wisatawan asing dapat mengunjungi Korea dengan mudah dan nyaman. Oleh karena itu, Kementerian Kehakiman berharap langkah ini dapat membantu revitalisasi industri pariwisata dan ekonomi Korea.  

Share This Article

Related Post