[KTO Jakarta] Tanggapan Terkait MERS di Korea

[KTO Jakarta] Tanggapan Terkait MERS di Korea

Beberapa hari terakhir, KTO Jakarta Office dan Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia mulai banyak menerima pertanyaan terkait MERS dan keamanan pada saat bepergian ke Korea. Oleh karena itu, KTO Jakarta menginformasikan bahwa situasi di Korea tidaklah semencemaskan seperti yang diberitakan oleh media. Jika ada pelanggan yang bertanya terkait MERS dan keamanan pada saat bepergian ke Korea, janganlah ragu untuk meyakinkan mereka dengan memberitahukan infiormasi berikut.

1. Virus MERS memiliki tingkat kematiaan yang tinggi, mohon jelaskan kondisi di Korea.
  • ?Sampai saat ini (17 Juni 2015) 20 pasien dari 162 pasien MERS sudah meninggal dunia. 19 pasien dikatan sudah membaik. Mereka adalah pasien yang memiliki kekebalan tubuh yang kurang bagus karena menderita penyakit kronis. (Satu pasien kehilangan ginjal karena operasi kanker dan menderita pneumonia. Satu pasien lainnya adalah pasien yang memiliki riwayat asma dan radang paru-paru.

2. Cara mencegah MERS pada saat perjalanan?
  • Tidak perlu kwatir karena MERS tidak menular melalui kegiatan sehari-hari seperti berjalan-jalan (traveling).
  • ?MERS tidak ditularkan melalui udara. Walaupun penyebarannya melalui udara yang keluar pada saat batuk dan bersin, tetapi kemungkinan tertular di tempat umum, seperti bioskop dan pusat perbelanjaan, sangat kecil.
  • Anda aman apabila tetap menjaga kebersihan pribadi, speerti cuci tangan, Dan diharapkan untuk menutup mulut dan hidung pada saat batuk.

3. Dapatkah KTO menjamin bahwa tidak akan terinfeksi Virus MERS pada saat travel ke Korea?
  • ?Sebagian besar orang masih bepergian ke Korea tanpa batasan apapun san sampai saat ini belum ada kasus dimana seseorang terinfeksi oleh virus MERS saat bepergian ke Korea.

4. Apakah yang harus dilakukan oleh wisatawan asing jika menemukan gejala MERS (demam tinggi, batuk-batuk dll.) ketika bepergian ke Korea?
  • Jika wisatwan menemukan gejala MERS (deman tinggi, batuk-batuk dll.) pada saat di Korea, maka pihak berwenang akan melakukan tindakan jika mereka menghubungi Call Center KTO Tourism Information di 1330.

*Website resmi terkait MERS (Ministy of Healt an Welfare, Korea Centers for Disease Control and Prevention)

http://www.cdc.go.kr/CDC/cms/content/33/63033_view.html

Hotline MERS resmi: 043-719-7777 (dalam bahasa Korea)

5 Juni 2015,

Korea Tourism Organization Jakarta Office
Direktur Harry OH (Hyonjae)
Share This Article

Related Post