Kunjungi 10 Destinasi Pantai ini di Musim Panas!

Kunjungi 10 Destinasi Pantai ini di Musim Panas!

Pantai Haeundae

Kamu sudah berencana mengunjungi Korea pada musim panas tahun ini? Yuk, kunjungi salah satu pantai yang ada di bawah ini! Korea memiliki pesisir pada ke tiga sisinya, hal ini membuat Korea Selatan memiliki banyak pantai dengan berbagai bentuk dan ukuran untuk sekedar melepas penat. Karena sebagian besar pantai di Korea dibuka sekitar bulan Juni-Juli dan ditutup pada penghujung bulan Agustus, pengunjung hanya memiliki waktu beberapa bulan untuk menikmati kesegaran air pantai serta pancaran sinar matahari. Tapi jangan khawatir, jika kamu melewati wisata pantai yang resmi dibuka pada musim panas, masih banyak ativitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan sepanjang tahun!

Peta dari sebagian besar pantai di Korea

Garis pantai yang indah di Pesisir Timur Korea

Kejernihan air serta hamparan pasir putih yang luas membuat pantai di pesisir timur menjadi salah satu tujuan populer untuk liburan musim panas. Wisatawan datang dari jauh untuk sekedar melihat pemandangan matahari terbenam yang memukau, bahkan sebagian dari pantai di laut timur kerap menyelenggarakan festival matahari terbit setiap tahunnya. Walaupun festival ini hanya diselenggarakan pada tahun baru, kamu dapat melihat pemandangan matahari terbit yang luar biasa setiap hari.

Pantai Guryongpo di Pohang-si, Gyeongsangbuk-do

Matahari terbenam di Pantai Guryongpo

Pantai Guryongpo terletak 24 km dari Pohang dan 1,5 km dari Guryongpo-eup. Berkat pantai yang landai dan air yang jernih, pantai ini menjadi lokasi favorit untuk melakukan aktivitas berenang. Pantai ini juga terkenal di kalangan nelayan, banyak dari mereka yang memancing di garis Teluk Yeongilman.

Alamat: 6, Homi-ro 426beon-gil, Guryongpo-eup, Nam-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do
Periode waktu berenang: 23 Juni-19 Agustus 2018

Pantai Sokcho di Sokcho-si, Gangwon-do

Pantai Sokcho

Pantai Sokcho dikenal dengan pemandangan pohon pinus yang berjejer di sepanjang pantai. Keistimewaan lain dari pantai ini adalah, kamu dapat menemukan beragam wisata di sekitar area pantai ini, salah satunya Danau Yeongnangho dan Gunung Seoraksan yang cukup terkenal di Korea.

Pantai Sokcho adalah lokasi yang nyaman untuk dikunjungi pada liburan akhir pekan karena fasilitas pendukung yang dimiliki seperti tempat parkir, area kemah serta beberapa penginapan yang mudah dicapai. Hal seru lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa alat pancing untuk melakukan aktivitas memancing di Pulau Jodo, atau sekedar berjalan menuju dermaga untuk mencoba kuliner hoe (irisan ikan mentah) di salah satu pasar ikan lokal.

Selain dari fasilitas yang memadai, salah satu daya tarik terbesar pantai ini adalah karena lokasinya yang terletak di dekat Terminal Bus Sokcho Ekspress, hal ini membuat Pantai Sokcho menjadi mudah dijangkau bahkan oleh pemula sekalipun. Festival yang diadakan di pantai ini salah satunya adalah Festival Matahari Terbit yang diselenggarakan setiap 1 Januari, serta beragam acara yang diadakan pada periode waktu berenang selama bulan Juli dan Agustus.

Alamat: 190, Haeoreum-ro, Sokcho-si, Gangwon-do
Periode waktu berenang: 6 Juli-19 Agustus 2018

Pantai Gyeongpo di Gangneung-si, Gangwon-do

Matahari terbit di Pantai Gyeongpo

Pantai yang terkenal dengan keindahan matahari terbitnya ini merupakan sebuah pantai terbesar di pesisir timur, dan hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Paviliun Gyeongpodae. Karakteristik dari pantai ini ada pada tekstur pasirnya yang lembut, cocok dijadikan sebagai lokasi jalan santai di sekitar pantai. Kehadiran pohon pinus yang cantik di sekitar pantai juga turut memberikan pemandangan yang memukau. Aktivitas pantai seperti banana boat, jet ski, dan waterskiing juga menarik minat para pengunjung. Selain itu, Festival Musik Musim Panas Gyeongpo diselenggarakan setiap sore antara akhir Juli dan awal Agustus, acara ini menghadirkan band terkenal serta kehadiran grup hip-hop yang melahirkan suasana klub tepi pantai.

Alamat: San 1,  Anhyeon-dong, Gangneung-si, Gangwon-do
Periode waktu berenang: 6 Juli-19 Agustus 2018

Pantai Naksan di Yangyang-gun, Gangwon-do

Naksansan Temple

Pantai Naksan merupakan salah satu pantai terbaik di Gangwon-do, hamparan pasir sepanjang 1.810 meter berhasil menarik minat jumlah pengunjung yang tak terhitung setiap tahunnya. Kamu juga bisa menemukan air pantai yang jernih serta kehadiran pohon pinus yang membuat pemandangan semakin asri. Pantai Naksan juga memiliki beragam aktivitas air seperti banana boat atau jet ski bagi mereka yang mendambakan petualangan.

Pantai ini juga menghadirkan aspek kebudayaan tradisional karena lokasinya yang berdekatan dengan Naksansan Temple dan Paviliun Uisangdae yang dibangun untuk memeringati Great Monk Uisang. Sebagai tambahan, paviliun ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

Alamat: 59, Haemaji-gil, Ganghyeon-myeon, Yangyang-gun, Gangwon-do
Periode waktu berenang: 6 Juli-19 Agustus 2018

Aktivitas alam di Pesisir Barat Korea

Pantai di sisi barat Korea sebagian besar mudah diakses dari Seoul dan cukup populer di kalangan wisatawan yang hanya memiliki waktu singkat untuk berlibur. Pantai di sisi barat Korea menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, bagian pantai yang mengalami pasang surut akan menghadirkan sedikit pemandangan kehidupan laut.

Pantai Daecheon di Boryeong-si, Chungcheongnam-do

 

Aktivitas olahraga air di Pantai Daecheon

Pantai Daecheon merupakan pantai terbesar di pesisir barat yang dikenal dengan airnya yang dangkal dan tenang. Pasir di area atas pantai ini terasa lembut dan mudah dibersihkan karena terdiri dari potongan kecil cangkang yang terkikis. Semakin dekat ke garis pantai, kamu akan menemukan pasir dengan tekstur yang cenderung padat. Dengan karakteristik pasir yang berbeda, kamu akan mendapatkan bermacam-macam pengalaman seperti menikmati aktivitas jalan santai, maupun melakukan lulur pasir. Pantai Dacheon juga menjadi lokasi diselenggarakannya Festival Lumpur Boryeong pada musim panas. Pada musim dingin, pantai ini menjadi sangat ramai karena kehadiran warga lokal dan turis yang ingin menikmati Festival Tahunan Matahari Terbenam.

Alamat: 123, Mud-ro, Boryeong-si, Chungcheongnam-do
Periode waktu berenang: 16 Juni-19 Agustus 2018

Pantai Eurwangni di Jung-gu, Incheon

 

Pantai Eurwangni

Pantai Eurwangni terletak di dekat Seoul serta Bandara Internasional Incheon. Pantai ini cukup populer karena pemandangan yang indah serta pasir putih yang bersih. Air pantai yang dangkal membuat tempat ini sempurna untuk lokasi berenang anak-anak. Fasilitas yang diberikan pantai ini antara lain penginapan dan restoran dengan beragam makanan laut segar. Menikmati sajian makan malam di salah satu teras restoran merupakan cara terbaik untuk melihat sinar matahari yang memudar dari cakrawala. Para wisatawan juga dapat menyewa perahu nelayan ataupun menyewa alat pancing untuk sekedar mencari ikan di pinggir dermaga. Bukan hanya itu, beberapa festival bisa kamu ikuti di Pantai Eurwangni setiap tahunnya.

Alamat: 15, Eurwang-ro 13beon-gil, Jung-gu, Incheon
Periode waktu berenang: 1 Juli-31 Agustus 2018

Pantai Muchangpo di Boryeong-si, Chungcheongnam-do

Pantai Muchangpo

Pantai Muchangpo sangat terkenal karena fenomena alamnya yang disebut “Mukjizat  Musa”, fenomena ini hanya terjadi selama beberapa jam selama 2 atau 3 hari antara tanggal 15-30 di kalender lunar. Air laut yang seakan terbelah akan membuat jalur sepanjang 1,5 km dari pantai menuju Pulau Seokdaedo. Pantai ini juga cukup dikenal karena lokasi jalan santai di sekitar pantai, deretan pohon pinus, serta pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Alamat: 10, Yeollinbada 1-gil, Ungcheon-eup, Boryeong-si, Chungcheongnam-do
Periode waktu berenang: 14 Juli-16 Agustus 2018

Laut yang berkilau di Pesisir Selatan Korea

Terdapat banyak pulau dan pantai yang terletak di pesisir Korea. Setiap pantai memiliki keunikannya tersendiri, itu berarti setiap wisatawan memiliki wisata yang tak terbatas apabila mereka rela untuk melakukan perjalanan yang sedikit agak jauh dari pusat kota. Laut selatan juga merupakan rumah dari Pulau Jeju yang menjadi wisata favorit di Korea. Pulau-pulau di pesisir selatan memberikan pengalaman yang berbeda dari pantai di pesisir timur dan barat.

Pantai Haeundae di Haeundae-gu, Busan

 

Pemandangan malam di Pantai Haeundae

Pantai Haeundae merupakan salah satu pantai terkenal di Korea. Dengan pantai yang dangkal dan sedikit berubah ketika pasang menjadikan pantai ini lokasi yang pas untuk aktivitas renang. Pantai ini juga dikenal memiliki pemandangan matahari terbit dan pemandangan bulan yang indah. Jalan Haeundae Dalmaji yang berlokasi di antara Pantai Haeundae dan Pantai Songjeong menjadi tempat romantis yang bisa dikunjungi untuk melihat keindahan sinar bulan yang terpancar dari permukaan air.  

Terdapat pula festival kebudayaan yang kerap diselenggarakan sepanjang tahun. Wisatawan dapat menikmati Festival Pasir Haeundae pada musim panas, Festival Film Internasional Busan pada musim gugur, serta Festival Tahun Baru & Kontes Renang Polar Bear pada musim dingin.

Alamat: 264, Haeundaehaebyeon-ro, Haeundae-gu, Busan
Periode waktu berenang: 1 Juni-31 Agustus 2018

Pantai Hyeopjae di Jeju-si, Jeju-do

 

Pantai Hyeopjae, Taman Hallim (bawah kiri) dan Pulau Biyangdo (bawah kanan)
 

Pantai Hyeopjae merupakan salah satu pantai terbaik untuk melakukan aktivitas renang karena airnya yang dangkal. Serpihan kecil dari cangkang memberikan kilauan yang indah dan menjadikannya cocok sebagai lokasi jalan santai pinggir pantai. Saat pertama kali kamu melangkahkan kaki di pantai ini, kamu akan terkejut saat mengetahui kejernihan air di pantai ini. Taman Hallim yang menjadi objek wisata utama bisa kamu capai dengan berjalan kaki selama 5 menit dari pantai ini. Taman tersebut dikelilingi dengan jenis tanaman subtropis dan topiary yang menghadirkan kesejukan saat musim panas. 

Sebuah pantai luas yang menyenangkan bertambah cantik dengan pemandangan dari batu basal hitam di salah satu sisinya serta pemandangan Pulau Biyangdo yang memukau dari kejauhan.

Alamat: 2497-1, Hyeopjae-ri, Hallim-eup, Jeju-si, Jeju-do
Periode waktu berenang: 23 Juni-31 Agustus 2018

Pantai Jungmun Saekdal di Seogwipo-si, Jeju-do

 

Resor Jungmun & Pantai Jungmun Saekdal

Pantai Jungmun Saekdal dan Resor Jeju Jungmun menjadi pantai yang unik dengan gradasi warna hitam, putih, merah, dan pasir yang berwarna abu-abu serta batuan gunung berapi hitam Pulau Jeju. Di sebelah kanan pantai ini terdapat gua alami yang diciptakan oleh erosi pantai. Tanaman langka bisa kamu temukan di sekitar gua, gua tersebut menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan alam. Gelombang air terpantau cukup besar di sekitar Jungmun, menjadikannya cocok untuk melakukan aktivitas wind surfing, jet skiing, dan aktivitas air lain yang menyenangkan. Anak-anak disarankan untuk terus berada di pinggir dan dibawah pengawasan life guard.

Resor Jungmun juga menjadi tempat untuk menikmati pemandangan akuarium, Kebun Raya Yeomiji, Air Terjun Cheonjeyeon, serta perumahan dari rumah tradisional Pulau Jeju. Selain itu, beberapa acara juga turut  diselenggarakan di sekitar pantai dan sekitar resor sepanjang tahun. 

Alamat: 3039, Saekdal-dong, Seogwipo-si, Jeju-do
Periode waktu berenang: 1 Juli-31 Agustus 2018

* 1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)
* Jadwal dan ketersediaan fasilitas dapat berubah sewaktu-waktu

*Kolom ini terakhir diperbarui pada bulan Juni 2018, karena itu informasi yang ada mungkin dapat berbeda. Kami menyarankan untuk tetap memeriksa segala informasi di situs resmi.

Share This Article

Related Post