Liburan Tepi Pantai di Tongyeong & Geoje

Liburan Tepi Pantai di Tongyeong & Geoje

Wilayah    Gyeongsangnam-do
Durasi         2 HARI/1 MALAM

 【 Foto: Laut yang indah di Tongyeong 】

SEKILAS PANDANG
Tongyeong dan Geoje adalah dua kota paling favorit di Gyeongsangnam-do. Kota-kota ini tidak hanya bagus untuk mereka yang mencari liburan di tepi laut, tetapi juga tempat yang sempurna untuk bertamasya dan mencoba makanan lezat selama perjalanan di sekitar pantai selatan Korea. Tempat-tempat ini khususnya dipuja oleh pasangan yang suka mengambil foto romantis di beberapa tempat ideal di kota. Kunjungi kota Tongyeong dan Geoje yang indah untuk membuat kenangan yang tak terlupakan!

Tip) Transportasi di Tongyeong & Geoje
Transportasi umum di Tongyeong dan Geoje tidak berkembang sebaik kota-kota besar sehingga bepergian dengan bus akan sangat merepotkan. Kami sarankan untuk menyewa mobil atau naik taksi. 

* Halaman terkait
Penyewaan Mobil
Taksi

HARI 1

8:00 AM    Berangkat ke Tongyeong
10:00 AM    Desa Dongpirang
12:00 PM    Makan siang di Pasar Jungan Tongyeong
2:00 PM    Hallyeosudo Viewing Ropeway
4:00 PM    Wisata Kapal Pesiar Hansan Marina Hotel & Resort

10:00 AM, Desa Dongpirang 

【 Foto: Mural di Desa Dongpirang 】

【 Foto: Mural di Desa Dongpirang 】

【 Foto: Minuman unik di sebuah kafé 】

Desa Dongpirang, dinamai karena lokasinya di tebing timur (“dong” berarti timur dalam bahasa Korea), terkenal dengan lukisan muralnya. Pengunjung dapat melihat pemandangan luar biasa Pelabuhan Gangguan, dan di jalan, berfoto di antara segudang mural indah yang menghiasi daerah sekitar.

Desa ini dulunya hampir dihancurkan. Namun, masyarakat setempat dan penduduk Tongyeong memutuskan untuk melukis mural di dinding desa ini dan segera menarik wisatawan dari seluruh negari. Sejak itu, desa ini telah berubah menjadi desa mural, serta objek wisata Tongyeong yang wajib dikunjungi. Desa ini masih berfungsi sebagai rumah bagi penduduk lokal sehingga pengunjung diperingatkan untuk berhati-hati saat berkeliling daerah tersebut.

Selain itu, ada beberapa kafe cantik dan nyaman yang tersembunyi di dalam Desa Dongpirang. Setelah berjalan-jalan dan menjelajahi desa, beristirahatlah sejenak di salah satu kafe menarik yang mungkin kamu lewati!

Alamat: 6-18, Dongpirang 1-gil, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 통영시 동피랑1길 6-18)

12:00 PM, Makan siang di Pasar Jungang Tongyeong

【 Foto: Buah musiman segar 】

【 Foto: Roti madu yang baru dipanggang】

【 Foto: bibimbap bulu babi 】

Setelah menjelajahi Desa Dongpirang di pagi hari, pergilah ke Pasar Jungang Tongyeong untuk makan siang. Pasar ini terletak di dekat desa dan merupakan cara yang bagus untuk secara bersamaan menikmati makanan lezat dan suasana pasar lokal tradisional. Kombinasi sederhana gimbap kecil, seukuran gigitan dengan ojingeo muchim (salad cumi pedas) dan kimchi lobak sangat membuat kecanduan. Makanan pinggir jalan representatif lainnya yang harus ditemukan di Pasar Jungang adalah roti madu Tongyeong yang terkenal. Berbagai isi tersedia untuk dipilih, termasuk kacang merah klasik, ubi jalar, krim keju, sitron dan banyak lagi. Selain makanan ringan ini, Tongyeong juga populer dengan bibimbap bulu babi, yaitu telur bulu babi yang ditambahkan ke dalam mangkuk bibimbap. Hidangan ini tidak pedas karena tidak menggunakan gochujang (pasta cabai merah) dan memberikan aroma yang kaya berkat bulu babi dan minyak wijen.

Alamat: 14-16, Jungangsijang 1-gil, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 통영시 중앙시장 1길 14-16)

2:00 PM, Hallyeosudo Viewing Ropeway

【 Foto: Kereta gantung Hallyeosudo Viewing Ropeway 】

Hallyeosudo Viewing Ropeway membawa pengunjung ke dekat puncak Gunung Mireuksan, dengan jarak sekitar 1.975 meter, menjadikannya kereta gantung wisata di negara ini. Saat kereta gantung berjalan di sepanjang gunung, para penumpang mungkin merasa seolah-olah sedang dalam perjalanan yang mengasyikkan di sebuah taman hiburan. Begitu kamu turun dari kereta gantung, kamu bisa melihat panorama Taman Nasional Hallyeohaesang, tempat wisata utama laut selatan. Untuk pemandangan yang lebih indah, berjalanlah sekitar 15 menit menaiki tangga ke puncak.

Alamat: 205, Balgae-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 발개로 205)
Jam operasional: Oktober-Maret 09:30-16:00 / April & September 09:30-17:00 / 
Mei-Agustus 09:30-18:00
Biaya 
Pulang pergi: Dewasa & Remaja 11,000 won / Anak-anak 7,000 won
Satu arah: Dewasa & Remaja 7,500 won / Anak-anak 5,000 won
Situs web: cablecar.ttdc.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

4:00 PM, Wisata Kapal Pesiar Hansan Marina Hotel & Resort

【 Foto: Kapal Pesiar Hansan Marina Hotel & Resort 】

【 Foto: Interior Kapal Pesiar (Sumber: Hansan Marina Hotel & Resort) 】

Bagi pengunjung yang bepergian ke Tongyeong, cobalah berlayar di laut dalam wisata kapal pesiar. Jika kamu bepergian dengan orang yang dicintai, kamu bisa mendapatkan kenangan yang tak terlupakan seperti dalam film romantis klasik. Hansan Marina Hotel & Resort menyediakan kapal pesiar mewah bergaya Eropa. Kapal pesiar ini bagus untuk pesta di kapal dan bahkan berenang di laut. Jika kamu mencari alternatif yang lebih murah, kamu dapat mengumpulkan beberapa teman untuk bergabung dengan program pengalaman kapal pesiar reguler yang berlangsung sekitar 2 jam. Untuk pengalaman yang lebih tenang dan romantis, disarankan untuk menyewa kapal pesiar. Akomodasi juga tersedia di atas kapal pesiar, membuatnya populer di kalangan pasangan yang ingin merayakan hari jadi atau melamar.

Alamat: 820, Samchingilhaean-gil, Sanyang-eup, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 통영시 산양읍 삼칭이해안길 820)
Biaya
Lagoon 400 S2 Wisata Kapal Pesiar Hansando (program pengalaman reguler): Dewasa & Remaja 60,000 won / Anak-anak 30,000 won
Penyewaan Kapal Pesiar: 600,000~2,500,000 won (Bervariasi berdasarkan jam sewa & jenis kapal pesiar)
Situs web: www.hansanmarina.co.kr (Hanya bahasa Korea)
Informasi & Pemesanan:+82-55-648-3332 (Hanya bahasa Korea) / E-Mail [email protected]

HARI 2

7:00 AM    Berangkat ke Geoje
9:00 AM    Taman Laut Jangsado
1:00 PM    Windy Hill
2:00 PM    Oedo Botania
6:00 PM    Pantai Mongdol Hakdong

9:00 AM, Taman Laut Jangsado

【 Foto: Pemandangan di Taman Laut Jangsado 】

Taman Laut Jangsado, yang terletak di Pulau Jangsado, terkenal dengan bunga camellia indah yang mekar di musim dingin, dan bunga hydrangea yang mekar di musim panas. Tempat ini diubah sesedikit mungkin untuk melestarikan keindahan alam taman laut, sehingga patung dan karya seni yang dapat ditemukan ditata dengan cermat di seluruh taman. Ada juga teater pertunjukan luar ruangan yang mengadakan konser untuk dinikmati pengunjung. Akan memakan waktu sekitar 2 jam untuk menjelajahi seluruh pulau, dan jadwal feri disesuaikan

【 Foto: Melihat ke dalam Sekolah Cabang Bonsai Jangsado melalui jendela 】

【 Foto: Jembatan pelangi 】

Setelah tiba di Pulau Jangsado, peta informasi gratis tersedia di dekat dermaga feri. Peta  ini menunjukkan tempat-tempat wisata dalam urutan logis, panduan yang bagus untuk memulai perjalananmu di sekitar pulau.

Sekolah Cabang Bonsai Jangsado, salah satu tempat wisata dalam tur ini, adalah lokasi syuting drama Korea populer "My Love from the Star (2013)." Berjalan lebih jauh, kamu akan menemukan jembatan pelangi, yang merupakan lokasi syuting K- drama “Uncontrollably Fond (2016).” Selain menjadi lokasi syuting yang populer untuk film dan drama, tempat ini juga sangat dicari di kalangan pasangan muda yang ingin menghabiskan waktu bersama bersama seperti mengambil foto pernikahan.

Karena pintu masuk dan keluar dari Pulau Jangsado adalah dua dermaga yang terpisah, semua pengunjung harus memperhatikan bahwa tidak akan ada feri yang meninggalkan pulau di dermaga tempat kamu pertama kali tiba. Juga, karena adanya beberapa operator feri di Pulau Jangsado, pengunjung sangat disarankan untuk mengingat nama feri mereka karena mereka harus menaiki feri yang sama saat kembali. Untuk membantu pengunjung mengingat nama feri, tiket dibagikan saat naik ke feri. Harap simpan tiketmu dan serahkan kepada staf ketika akan keluar dari pulau.

Alamat: 55, Jangsado-gil, Hansan-myeon, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 통영시 한산면 장사도길 55)
Jam operasional: April-September 08:00-19:00 / Oktober-Maret 08:30-17:00 
* Kunjungan terakhir 2 jam sebelum waktu tutup
Biaya masuk: Dewasa 10,500 won / Remaja 8,000 won / Anak-anak 5,000 won (Feri tidak termasuk)
Situs web: www.jangsado.co.kr (Bahasa Korea, Cina)

Tip) Feri menuju Pulau Jangsado
Pulau Jangsado hanya dapat diakses melalui feri. Ada empat dermaga feri utama yaitu Dermaga Tongyeong, Dermaga Gabae, Dermaga Geunpo, dan Dermaga Daepo. Karena jarak ke Pulau Jangsado bervariasi berdasarkan dermaga, durasi dan biaya sedikit berbeda satu sama lain. Menurut peraturan feri Korea, formulir harus diisi dan diberikan saat pembelian tiket feri dan tiket masuk. Saat naik, semua penumpang harus menunjukkan formulir yang sudah diisi dan identifikasi, seperti paspor.

Dermaga Tongyeong: 269-38, Donam-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 통영시 도남로 269-38)
Dermaga Gabae: 2271-1, Geojenamseo-ro, Dongbu-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 동부면 거제남서로 2271-1)
Dermaga Daepo: 82, Daepo-gil, Nambu-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do
(경상남도 거제시 남부면 대포길 82)
Dermaga Geunpo: 58, Geunpo 1-gil, Nambu-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 남부면 근포1길 58

1:00 PM, Windy Hill

【 Foto: Pemandangan Windy Hill 】

Windy Hill adalah tempat yang harus dikunjungi di Geoje. Bukit ini menampilkan pemandangan menakjubkan samudra biru dan lapangan hijau seperti lukisan yang indah. Lokasi ini adalah tempat wisata yang sangat disukai di kalangan pasangan yang dapat ditemukan mengambil foto di seluruh bukit. Saat kamu berjalan ke atas bukit, kamu akan disambut oleh pemandangan indah dari laut Geoje yang terbentang tepat di depan matamu.

Alamat: San 14-47, Galgot-ri, Nambu-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 남부면 갈곶리 산14-47)

2:00 PM, Oedo-Botania

【 Foto: Pemandangan romantic di Oedo-Botania 】

Oedo-Botania adalah kebun raya laut, yang terkenal dengan pemandangan indah laut biru kristal dan pemandangan sekitarnya. Pulau ini dibeli secara pribadi pada akhir 1960-an oleh pasangan dan kini telah berubah menjadi objek wisata yang terkenal. Di sepanjang jalan setapak sekitar 1,3 kilometer, berbagai spesies tanaman langka yang diklasifikasikan berdasarkan tema dapat ditemukan. Daya tarik representatif dari pulau ini adalah Taman Venus di mana patung-patung diletakkan di seluruh taman. Secara keseluruhan, pulau ini memiliki suasana romantis, menjadikannya tujuan populer di kalangan pasangan yang bepergian.

Di observatorium, pengunjung juga dapat menikmati kopi atau makanan ringan dengan pemandangan perairan biru jernih di sekitar Pulau Haegeumgang Geoje.

【 Foto: Pulau Haegeumgang 】

Saat membeli tiket menuju Oedo, kamu juga dapat mengikuti wisata mengelilingi Pulau Haegeumgang. Terletak di sisi tenggara Geojedo, nama pulau ini berasal dari kemiripannya dengan Gunung Geumgangsan di Gangwon-do. Dikenal sebagai pulau batu, pulau ini juga terkenal dengan gua Sipjadonggul, Batu Sajabwai, Batu Chotdaebawi dan pemandangan indah lainnya.

Alamat: 17, Oedo-gil, Irun-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 일운면 외도길 17)
Jam operasional: Musim panas 08:00-19:00 / Musim dingin 08:30-17:00 
* Diperlukan sekitar 1 jam 30 menit untuk berwisata mengelilingi seluruh pulau
Biaya masuk: Dewasa 11,000 won / Remaja 8,000 won / Anak-anak 5,000 won (Feri tidak termasuk)
Situs web: www.oedobotania.com (Hanya bahasa Korea)

Tip) Feri menuju Pulau Oedo
Sebanyak 7 dermaga memiliki feri yang beroperasi ke Pulau Oedo. Setiap dermaga memiliki rute feri menuju Pulau Oedo, serta pilihan untuk melakukan perjalanan di sekitar Pulau Haegeumgang. Karena jarak ke Pulau Oedo bervariasi berdasarkan dermaga, durasi dan biaya sedikit berbeda satu sama lain. Untuk perjalanan khusus ini, Dermaga Dojangpo paling pas untuk bepergian ke Pulau Oedo. Menurut peraturan feri Korea, formulir harus diisi dan diberikan saat pembelian tiket feri dan tiket masuk. Saat naik, semua penumpang harus menunjukkan formulir yang sudah diisi dan identifikasi, seperti paspor. Tiket dibagikan untuk membantu pengunjung mengingat feri mereka ketika meninggalkan pulau. Dengan demikian, semua penumpang diharapkan untuk menyimpan tiket dan menyerahkannya kepada staf saat naik feri.

Dermaga Jangseungpo: 138, Jangseung-ro, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 장승로 138)
Dermaga Jisepo: 72, Jisepohaean-ro Irun-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 일운면 지세포해안로 72)
Dermaga Wahyeon: 46, Wahyeonhaebyeon-gil, Irun-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 일운면 와현해변길 46)
Dermaga Gujora: 81-2, Gujora-ri, Irun-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do
(경상남도 거제시 일운면 구조라리 81-2)
Dermaga Dojangpo: 53, Dojangpo 1-gil, Nambu-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 남부면 도장포 1길 53)
Dermaga Haegeumgang: 270, Haegeumgang-ro, Nambu-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 남부면 해금강로 270)
Dermaga Dadae: 46-1, Dadae 5-gil Nambu-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 남부면 다대5길 46-1)

6:00 PM, Berjalan di sepanjang Pantai Mongdol Hakdong & makan malam

【 Foto: Pemandangan di Pantai Mongdol Hakdong 】

【 Foto: Batu kerikil Mongdol yang ditemukan di pantai 】

Alih-alih pasir, Pantai Mongdol Hakdong memiliki kerikil kecil, juga dikenal sebagai mongdol, dan pantai ini adalah pantai terbesar di negeri yang ditutupi oleh kerikil tersebut. Hutan camellia liar, yang mekar di sepanjang pantai sekitar pertengahan Februari, menciptakan pemandangan yang indah. Ada juga beberapa kegiatan rekreasi air, restoran, dan bahkan fasilitas akomodasi yang tersedia di sekitarnya. Lebih dari segalanya, berjalan di atas kerikil terasa menenangkan dan suara ombak terasa menyegarkan.

【 Foto: Sup mie seafood 】

【 Foto: Chungmu gimbap 】

Banyak penjual makanan, terutama yang menjual makanan laut, dapat ditemukan di sekitar Pantai Mongdol Hakdong, dan mereka biasanya buka sejak pagi. Di antara pilihan makanan laut, haemul kalguksu (sup mie seafood) dan chungmu gimbap adalah kombinasi makanan paling populer di kalangan wisatawan.

Alamat: 18-1, Hakdong 6-gil, Dongbu-myeon, Geoje-si, Gyeongsangnam-do 
(경상남도 거제시 동부면 학동6길 18-1)

Info Lebih Lanjut

Transportasi
(Seoul→Tongyeong) Terminal Bus Ekspres Seoul → Terminal Bus Tongyeong (Durasi: sekitar 1 jam 40 menit)
(Tongyeong→Geoje) Terminal Bus Tongyeong → Terminal Bus Gohyeon (Durasi: sekitar 30 menit)

Situs web
Informasti Pariwisata Tongyeong: tour.tongyeong.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)
Informasi Pariwisata Geoje: tour.geoje.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada 7 November 2018, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.


 

Share This Article

Related Post