Lokasi Wisata di Sekitar Ulleng-do

Lokasi Wisata di Sekitar Ulleng-do

Pulau Ulleng-do dan Pulau Dokdo dikenal dengan lingkungan alam menakjubkannya. Terbentuk dari erupsi gunung api dengan pemandangan alam geografis uniknya.

Pulau Jukdo 

Foto: Kebun bunga canola yang sedang mekar

 

Jukdo merupakan pulau kecil yang berbatasan dengan Pulau Ulleng-do, dan merupakan pulau terluas di area tersebut. Karena ada banyak bambu di dalam pulau, sehingga diberi nama juk yang menunjuk pada bambu dalam bahasa Korea. Untuk menuju area tertinggi di Pulau Jukdo, pengunjung terlenih dahulu harus mendaki sebuah tangga spiral yang memiliki 364 anak tangga. Setelah menaiki tangga, muncul sebuah area pemantauan yang menawarkan sebuah pemandangan di sekitar Pulau Ulleng-do dengan fasilitas-fasilitas seperti bangku kayu, dua area berteduh, lahan perkemahan, area piknik, dan juga terdapat restoran-restoran makanan lokal.

Dari area pemantauan terlihat pegunungan di sebelah timur laut Pulau Ulleng-do, jurang-jurang, Pulau Gwaneum-do, dan Batuan samseonam. Wisatawan lebih sering mengunjungi Pulau Jukdo dalam perjalanan pulang dari Pulau Ulleng-do, pulau utama, dengan naik kapal feri yang berangkat dari Pelabuhan Dodonghang. Jasa penyeberangan hanya beroperasi selama puncak liburan musim panas (dari Pelabuhan Dodong ke Pelabuhan Juk-do). Dari Pelabuhan Penumpang Dodong membutuhkan waktu sekitar 20 menit utnuk satu kali perjalanan menuju Pulau Jukdo.

 Alamat: Jeodong-ri, Ulleung-eup, Ulleung-gun, Gyeongsangbuk-do
 Petunjuk Arah: Naik kapal penumpang dari Pelabuhan Dodonghang ke Pulau Juk-do
 Biaya: Kapal penumpang (pulang-pergi) 15.000 won / Tiket masuk Pulau Jukdo 2.000 won 

 


Area Pemantau Matahari Terbit Naesujeon 

 

Foto: Pemandangan Pelabuhan Jeodong dari Area Pemantau Matahari Terbit Naesujeon

 

Area Pemantau Matahari Terbit Naesujeon menawarkan pemandangan luas yang memungkinkan seseorang untuk melihat hampir seluruh Pulau Ulleng-do.Dari pelabuhan membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai area pemantauan dengan mengikuti jalan pendakian sempit. Selain melimpahnya bunga kamelia dan pohon rowan (dikenal juga dengan ash gunung) yang memenuhi sepanjang jalan setapak; dipasang juga lampu untuk pengunjung yang berkumpul untuk menangkap pemandangan matahari terbit dan nelayan-nelayan lokal yang sedang bekerja.

 Alamat: Jeodong-ri, Ulleung-eup, Ulleung-gun, Gyeongsangbuk-do
 Petunjuk Arah: Dari Pelabuhan Dodonghang, jalan sekitar  200m ke Halte Dodong ? Naik bus yang menuju Cheonbu-Jeodong dan turun di Halte Naesujeon ? jalan sekitar 1km untuk sampai ke Area Pemantau matahari Terbit 

 


Air Terjun Bongnae 

Photo: Bongnae Waterfall 

Foto: Air Terjun Bongnae

 

Dikenal sebagai salah satu pemandangan terbaik di Ulleng-do, air terjun Bongnae merupakan air terjun bertingkat 3 dengan tinggi sekitar 30m. Saat volume air yang turun melimpah ruah sepanjang tahun, air itu juga disediakan sebagai sumber air minum utama bagi penduduk lokal di selatan.

Jalanan untuk pengobatan di hutan Redwood yang berlokasi di dalam air terjun Bongnae yang bisa sedingin angin sepoi-sepoi lebih dingin daripada AC. Rumah-rumah beratap sirap tradisional nostalgia dari penghuni pertama Pulau Ulleng-do bisa ditemukan di dekatnya, dan berfungsi sebagai area berteduh bagi wisatawan-wisatawan yang berkunjung.

 Alamat: Jeodong-ri, Ulleung-eup, Ulleung-gun, Gyeongsangbuk-do
 Petunjuk Arah: Dari Pelabuhan Dodonghang, jalan sekitar 200m ke Halte Dodong ? Naik bus yang menuju ke air terjun Dodong-Bongnae dan turun di Halte air terjun Bongnae  Jalan sekitar 850m untuk mencapai air terjun Bongnae

Share This Article

Related Post