Melihat Daegu yang Sesungguhnya

Melihat Daegu yang Sesungguhnya

Wilayah    Daegu

Durasi    2 HARI/1 MALAM

【 Foto: Gereja Katolik Gyesan 】

SEKILAS PANDANG
Daegu, sebuah kota yang hanya berjarak satu jam dan 40 menit dari Seoul dengan KTX, adalah perwujudan hidup dari budaya dan pesona tradisional Korea. Kota ini populer sebagai pusat industri tekstil nasional, dan rumah bagi peninggalan sejarah modern Korea. Pengunjung Daegu dapat menikmati liburan yang memuaskan semua indera melalui makanan lokal, pengalaman budaya, dan pemandangan indah! Mari kita berangkat dalam perjalanan dua hari untuk menemukan Daegu yang sesungguhnya.

Hari 1

11:00 AM    Kereta Gantung Palgongsan
1:30 PM    Kuil Donghwasa
4:00 PM    Museum Tekstil DTC 
6:20 PM    Jalan Dongseongno Daegu 
8:00 PM    Pasar Seomun (Pasar malam)

11:00 AM, Naik Kereta Gantung Palgongsan sebelum makan siang

【 Foto: Kereta Gantung Palgongsan 】

Pemberhentian pertama adalah Kereta Gantung Palgongsan, sebuah objek wisata yang disukai semua orang. Berada di Kompleks Fasilitas Donghwa, kereta gantung ini berjalan bolak-balik ke puncak gunung setinggi 820 meter di atas laut, menawarkan pemandangan alam yang indah dan artistik. Nikmati hijaunya gunung, sambil menikmati sensasi yang sama seperti melihat ke bawah dari atas rollercoaster yang tinggi. Ketika tiba di puncak gunung, kamu dapat melihat seluruh kota dan sekitarnya terhampar di depan mata. Zona foto untuk mengambil foto kenang-kenangan yang hebat ditempatkan di seluruh area pendaratan, serta jalur menuju berbagai arah bagi pengunjung yang ingin berjalan kaki singkat. Ambil foto-foto baru dengan alam yang murni sebagai latar belakang, atau nikmati pengalaman ‘bermandikan hutan' saat kamu menghirup udara bersih hutan.

Alamat: 51, 185-gil, Palgongsan-ro, Dong-gu, Daegu (대구광역시 동구 팔공산로 185길 51)
Jam operasional: Selasa-Jumat 09:30-17:10 / Akhir pekan & libur nasional 09:30-17:10
* Waktu yang tercantum adalah untuk bulan November. Jam berganti setiap bulan; periksa situs web sebelum berkunjung.
* Buka sepanjang tahun.
Biaya
Pulang-pergi: Dewasa 11,000 won / Anak-anak 6,000 won
Satu arah: Dewasa 7,500 won / Anak-anak 4,000 won
* Biaya orang dewasa berlaku untuk murid sekolah menengah ke atas
Situs web: www.palgongcablecar.com (Bahasa Korea, Inggris)

1:30 PM, Mengunjungi Kuil  Donghwasa Temple

【 Foto: Patung Buddha batu terbesar di dunia, Tongil-yaksayeoraedaebul 】

Kuil Donghwasa, terletak di dekat Kereta Gantung Palgongsan, adalah kuil Budha dengan sejarah lebih dari 1.500 tahun. Kuil ini mendapatkan namanya selama masa rekonstruksi, ketika pohon permaisuri berbunga, menandakan keberuntungan. Lahan kuil memiliki banyak tempat wisata terkenal, tetapi yang paling terkenal tidak diragukan lagi adalah Buddha Tongil-yaksayeoraedaebul. Patung ini adalah patung batu Buddha terbesar di dunia, dengan ketinggian hampir 33 meter. Jika berdiri di depan patung, bahkan orang yang paling tinggi pun akan merasa kecil. Di kedua sisi patung Buddha terdapat dua pagoda batu dengan ketinggian sekitar 17 meter, menjadikan keduanya yang terbesar di Korea.

【 Foto: Aula Daeungjeon 】

Setelah melihat Tongil-yaksayeoraedaebul, pergilah ke Aula Daeungjeon, aula utama kuil. Terdaftar sebagai Harta Karun No. 1563, Aula Daeungjeon berada di tengah-tengah halaman kuil, dengan sempurna mencerminkan keindahan alam.

TIP) Selain banyak hal yang dapat dilihat di Kuil Donghwasa, kuil ini juga menawarkan beragam program pengalaman. Kami sarankan untuk mencoba pengalaman membuat makanan kuil (diperlukan biaya terpisah). Program ini membutuhkan reservasi, dan membuat peserta dapat menikmati makanan kuil yang dibuat secara pribadi yang biasanya sulit ditemukan. Untuk detail lebih lanjut tentang program ini, atau untuk membuat reservasi, kirim email ke [email protected].

Alamat: 1, Donghwasa 1-gil, Dong-gu, Daegu (대구광역시 동구 동화사1길 1)
Tiket masuk: Dewasa 2,500 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 1,000 won
Situs web: www.donghwasa.net (Hanya bahasa Korea)

4:00 PM, Wisata Museum Tekstil DTC

【 Foto: Museum Tekstil DTC 】

Sebagai pusat industri tekstil, Daegu adalah rumah bagi museum yang cukup unik yang didedikasikan untuk tekstil dan penggunaannya. Museum Tekstil DTC adalah satu-satunya museum tekstil komprehensif di Korea, yang terletak di Kompleks Tekstil Daegu. Museum ini memiliki total tiga lantai, dibagi menjadi industri tekstil masa lalu, sekarang, dan masa depan. Pameran dimulai di lantai dua, menampilkan karya-karya dari perancang busana, dan perubahan pakaian dan ornamen dari waktu ke waktu. Pindah ke lantai tiga, pengunjung dapat melihat sejarah industri tekstil dan mesin yang digunakan di masa lalu untuk membuatnya. Lantai empat bertujuan untuk mengajarkan pengunjung tentang bahan-bahan baru yang dibuat dengan teknologi mutakhir dan membantu untuk memahami proses pembuatan tekstil tersebut.

【 Foto: Di dalam Museum Tekstil DTC 】

Each exhibition at the DTC Textile Museum is interesting to browse. Visitors can enjoy seeing the changes in fashion by decade, and experience the feeling of visiting an art gallery in the area displaying works by fashion designers. In particular, the artwork titled “Dancing Energy” is arresting.

Alamat: 227, Palgong-ro, Dong-gu, Daegu (대구광역시 동구 팔공로 227)
Jam operasional: Selasa-Minggu 09:00-18:00 (Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup)
 * Tutup tiap Senin, 1 Januari, hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Thanksgiving Korea). Jika libur nasional jatuh pada hari Senin, museum ini akan tutup pada hari berikutnya.
Situs web: www.dtcomplex.org (Hanya bahasa Korea)

6:20 PM, Berbelanja di sepanjang Jalan Dongseongno Daegu

 【 Foto: Jalan Dongseongno 】

Di masa lalu, Daegu adalah kota benteng yang disebut Daegueupseong. Jejak-jejak masa lalu tidak dapat lagi ditemukan di dalam kota, tetapi nama-nama jalan masih mengandung sejarah. Jalan Dongseongno, misalnya, mendapatkan namanya dari jalan yang dibuat sepanjang dinding benteng timur. Jalan Dongseongno adalah distrik perbelanjaan paling populer di pusat kota Daegu, bahkan disebut "Myeong-dong-nya Daegu." Jalan ini biasanya dipenuhi orang-orang muda yang berbelanja atau berkencan.

Alamat: Area of Samdeokdong 1-ga, Jung-gu, Daegu (대구광역시 중구 삼덕동1가 일대)

8:00 PM, Menikmati pasar malam di Pasar Seomun

【 Foto: Pasar Seomun 】

Salah satu tempat trending di Daegu lainnya adalah Pasar Seomun. Spesialisasi Pasar Seomun adalah barang-barang tekstil dan merupakan pasar tradisional terbesar di Daegu. Pasar ini menawarkan banyak hal untuk dilihat, tetapi benar-benar aktif di malam hari ketika pasar malam dimulai.

Sebagai salah satu dari tiga pasar yang dibuka pada masa Dinasti Joseon, pasar malam Seomun lebih besar dari kebanyakan pasar. Jalanan dipenuhi oleh sekitar 80 toko yang berbeda, yang sebagian besar menjual makanan lezat. Para penjual menjual segala sesuatu mulai dari makanan jalanan favorit Korea seperti mandu dan tteokbokki hingga masakan Vietnam seperti cha gio dan pho untuk pengalaman bersantap yang sepenuhnya global.

Alamat: 45, Keunjang-ro 26-gil, Jung-gu, Daegu (대구광역시 중구 큰장로 26길 45 (건어물상가편 도로))
Jam operasional: 19:30-24:00
Situs web: www.nightseomun.com (Hanya bahasa Korea)

Hari 2

10:00 AM    Jalan Sejarah Modern Daegu 
11:00 AM    Museum Pengobatan Oriental Yangnyeongsi Daegu
2:00 PM    Taman Dalseong Daegu
4:00 PM    Menara E-World 83
6:00 PM    Kota Gopchang Anjirang
8:00 PM    Danau Suseongmot

10:00 AM, Wisata Jalan Sejarah Modern Daegu

【 Foto: Tempat-tempat wisata dalam jadwal perjalanan hari ke-2 】

Ada banyak jalan dan gang yang tidak biasa namanya di daerah Jung-gu. Setiap jalan memiliki kisah tersembunyi dan pemandangan yang unik untuk dilihat. Koleksi jalan-jalan tersebut telah berubah menjadi tempat wisata budaya, "Wisata menyusuri jalan sejarah modern." Ada total lima course berbeda untuk berjalan-jalan dan secara langsung mengalami sejarah Daegu.

Setiap perjalanan menawarkan banyak hal untuk dilihat, tetapi kami merekomendasikan Course 2, Gang Budaya Modern. Course ini meliputi sekitar 100 tahun sejarah lokal. Tempat-tempat wisata utama termasuk rumah misionaris Amerika Chamness, gedung bergaya Barat pertama di Daegu Gereja Katolik Gyesan, dan Museum Pengobatan Oriental Yangnyeongsi Daegu.

Alamat: Wilayah Dongsan-dong, Jung-gu, Daegu (대구광역시 중구 동산동 일대)
Situs web: www.jung.daegu.kr (Bahasa Korea, Inggris)

11:00 AM, Menjelajadi Museum Pengobatan Oriental Yangnyeongsi Daegu sebelum makan siang

【 Foto: Museum Pengobatan Oriental Yangnyeongsi Daegu 】

Sisihkan waktu satu jam untuk mengunjungi Museum Pengobatan Oriental Yangnyeongsi saat mengikuti Course 2 Jalan Sejarah Modern Daegu. Pelajari sejarah dan artefak pengobatan oriental melalui museum ini, yang sebagian besar dibagi menjadi pameran sejarah dan pusat pengalaman. Pameran sejarah menunjukkan asal-usul dan sejarah pengobatan oriental di Yangnyeongsi, sementara pusat pengalaman memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah memahami prinsip-prinsip di balik pengobatan oriental seperti eumyang-ohaeng (positif dan negatif dengan lima elemen) dan sasangchejil (empat tipe tubuh) melalui pengalaman pribadi . 

Selain pengalaman dan pameran dalam ruangan, plaza di depan museum juga memiliki banyak hal untuk dilihat dan dilakukan. Lepaskan sepatumu dan berjalanlah di sepanjang jalur akupresur, yang membantu menghilangkan stres dan menyembuhkan penyakit dengan memijat titik-titik tekanan pada telapak kakimu. Setelah berjalan, tenangkan kakimu di kolam pencucian kaki, yang dicampur dengan ramuan obat. Pengalaman ini gratis untuk semua dan mudah untuk berpartisipasi, menjadikan area ini tempat yang tepat untuk bersantai sejenak.

Alamat: 49, Dalgubeol-daero 415-gil, Jung-gu, Daegu (대구광역시 중구 달구벌대로 415길 49)
Jam operasional: Selasa-Minggu 09:00-18:00
* Rabu terakhir di setiap bulan 09:00-21:00 
* Tutup tiap Senin, 1 Januari, hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Thanksgiving Korea). Jika libur nasional jatuh pada hari Senin, operasional akan berjalan normal.
Situs web: dgom.daegu.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

2:00 PM, Berjalan-jalan melalui Taman Dalseong Daegu

【 Foto: Pemandangan Taman Dalseong 】

Taman Dalseong adalah taman tertua di Daegu. Dengan sejarah yang begitu panjang, taman ini memiliki banyak tempat wisata dan hal-hal untuk dilihat, berfungsi sebagai tempat piknik dan tujuan wisata keluarga yang populer bagi penduduk setempat.

【 Foto: Taman Dalseong 】

Begitu kamu memasuki taman, matamu akan tertarik ke padang hijau yang luas. Kamu juga dapat melihat sejumlah jalur yang dipenuhi bangku-bangku yang tersebar di seluruh taman. Taman Dalseong tidak hanya bagus untuk berjalan-jalan, tetapi juga memiliki kebun binatang di mana pengunjung dapat menghabiskan waktu beberapa jam. Taman dan fasilitasnya bagus untuk dikunjungi sepanjang tahun, tetapi kami sarankan untuk berkunjung di musim semi. Pohon-pohon cherry blossom di seluruh taman yang bermekaran sekaligus menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Alamat: 35, Dalseonggongwon-ro, Jung-gu, Daegu (대구광역시 중구 달성공원로 35)
Jam operasional: 05:00-21:00 (Kebun binatang 10:00-19:00, jam tutup bervariasi berdasarkan musim)

4:00 PM, Melihat kota dari Menara E-World 83 

【 Foto: Menara E-World 83 】

Sama seperti Menara Seoul N yang menyajikan pemandangan Seoul yang indah kepada pengunjung, Menara E-World 83 menawarkan pemandangan kota Daegu yang menakjubkan. Menara landmark Daegu ini mendapatkan namanya dari ketinggiannya, yang setara dengan bangunan 83 lantai. Dengan pemandangannya yang fantastis, dan kafe nyaman dan restoran rapi yang terletak di lantai atas, Menara E-World 83 juga merupakan tempat wisata yang populer di antara pasangan.

Bagian paling populer dari menara ini adalah dek observasi di lantai 77. Dindingnya seluruhnya terbuat dari kaca, menawarkan pemandangan panorama 360 derajat Daegu. Setelah menikmati pemandangan, pergilah ke lantai 4 untuk mengunjungi Sky Station (Stasiun Langit). Stasiun dan bus tingkat ganda berwarna merah terang yang diparkir di depan berfungsi sebagai latar belakang yang bagus untuk berfoto.

Alamat: 200, Duryugongwon-ro, Dalseo-gu, Daegu (대구광역시 달서구 두류공원로 200)
Observatorium 77F 
Jam operasional: Senin-Kamis 10:30-22:00 / Jumat-Minggu 10:00-22:00 
Tiket masuk: Dewasa & Remaja 10,000 won / Anak-anak 8,000 won
Situs web: www.83tower.kr (Hanya bahasa Korea)

6:00 PM, Makan di Kota Gopchang Anjirang

【 Foto: Kota Gopchang Anjirang 】

Kita tidak boleh melupakan lingkungan restoran representatif Daegu, Kota Gopchang Anjirang. Jalan-jalan di sini dipenuhi dengan restoran yang berspesialisasi dalam gopchang (babat daging sapi). Daerah ini belakangan direnovasi, dan toko-toko mendapatkan tanda-tanda baru untuk penampilan yang lebih seragam.

Lingkungan ini pertama kali terbentuk pada tahun 1979 ketika sebuah restoran gopchang tunggal dibuka di Pasar Anjirang, diikuti oleh restoran gopchang lainnya yang dibuka satu dan dua sekaligus di daerah sekitarnya. Seiring bertambahnya jumlah restoran, lingkungan ini mendapatkan popularitas dengan nama Kota Gopchang Anjirang. Yang paling menarik dari restoran di sini adalah harga murah untuk babat daging sapi berkualitas. Nikmati tekstur kenyal gopchang beraroma selama berkunjung ke Daegu.

Alamat: 63, Daemyeong-ro 36-gil, Nam-gu, Daegu (대구광역시 남구 대명로36길 63)

8:00 PM, Berjalan-jalan sore di sepanjang Danau Suseongmot (Suseong Resort)

【 Foto: Danau Suseongmot 】

Suseong Resort terletak di Danau Suseongmot, satu-satunya danau di Daegu. Danau ini awalnya dibuat untuk digunakan sebagai cadangan air untuk pertanian tapi sekarang danau ini digunakan untuk area beristirahat bagi warga local dan tempat wisata untuk wisatawan.

Alamat: Cheongsu-ro, Suseong-gu, Daegu (대구광역시 수성구 청수로)

Info Lebih Lanjut

Transportasi 
Seoul→Daegu 
KTX: Stasiun Seoul → Stasiun Dongdaegu (Sekitar 1 jam 40 menit)
Bus: Terminal Bus Ekspres Seoul (Gyeongbu/Yeongdong Line) → Terminal Bus Ekspres Hanjin (Sekitar 3 jam 30 menit)

Situs web 
Pariwisata Daegu: tour.daegu.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada 6 November 2018, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post