Mendaki Gunung Hallasan

Mendaki Gunung Hallasan

Aktivitas
Olahraga 

Gunung Hallasan adalah gunung tertinggi di Korea, menjulang 1.947 meter dari pusat Pulau Jeju, dan dinobatkan sebagai Warisan Alam Dunia UNESCO pada tahun 2007. Gunung ini awalnya adalah gunung berapi, dan menampilkan banyak formasi geologi dan flora. Kawah di puncak terisi air, yang kemudian menciptakan Danau Baengnokdam dengan lingkar 3 kilometer. Gunung ini menjadi daya tarik pendaki sepanjang tahun dalam segala cuaca.


1. Pilih jalur yang diinginkan
Ada banyak titik awal dan jalur pendakian di sepanjang Gunung Hallasan, tetapi hanya dua yang akan membawa Anda ke puncak, jalur Seongpanak dan Gwaneumsa. Kebanyakan orang Korea memulai dari Seongpanak di sisi timur dan mendaki ke bawah menuju Kuil Gwaneumsa di sisi utara. Anda dapat memulai lewat jalur lain dan beralih ke salah satu jalur ini, jika ingin melihat lebih banyak pemandangan. Namun karena luasnya kawasan pegunungan, Anda mungkin tidak dapat mencapai puncak jika tidak terburu-buru.
Meskipun Taman Nasional Hallasan beroperasi dengan sistem reservasi, mulai 13 Februari 2020, pendakian terbuka untuk semua pengunjung.

2. Menggapai puncak
Dimulai dari Pusat Informasi Seongpanak, Jalur Seongpanak melewati Lapangan Sokbat, pintu masuk ke Kerucut Vulkanik Saraoreum, pos di padang azalea, dan masih banyak lagi lokasi menarik sebelum mencapai puncak. Jalur ini adalah yang terpanjang dari semua jalur di Hallasan, membentang sepanjang 9,6 kilometer, dan memakan waktu sekitar 4 jam 30 menit sekali jalan. Demi keselamatan semua pendaki, Anda harus menuju pos di lapangan azalea pada pukul 12:30 untuk melanjutkan perjalanan, dan mencapai Danau Baengnokdam selambat-lambatnya pukul 14:00. Titik awal di Pusat Informasi ditutup untuk pendaki baru setelah pukul 12:30. Jika terjadi cuaca buruk, jalur mungkin ditutup seluruhnya, jadi kami menyarankan Anda untuk memeriksa situs web (www.jeju.go.kr/hallasan) terlebih dahulu.

Saat menuju ke bawah, Anda dapat kembali dari jalur Anda sebelumnya, atau menuju ke Kuil Gwaneumsa untuk melihat sesuatu yang baru. Jalur sepanjang 8,7 kilometer melewati Samgakbong Shelter, Tamnagyegok Valley, dan Gua Guringul di tengah jalan. Pendakian turun memakan waktu sekitar 5 jam.

3. Dapatkan sertifikat
Untuk mendapatkan sertifikat yang membuktikan bahwa Anda telah mencapai puncak, Anda harus menunjukkan foto yang diambil di puncak pada hari yang sama. Sertifikat dapat dibeli seharga 1.000 won (hanya tunai) dari Pusat Informasi di awal Jalur Seongpanak dan Jalur Gwaneumsa.

Tip Bermanfaat
Cara aman menikmati Taman Nasional Hallasan:

  • Cuaca di gunung bisa sering berubah. Anda harus bersiap diri jika hujan deras dan tiba-tiba sering terjadi.

  • Waktu penutupan jalur dapat berubah tergantung situasi dan kondisi terkini; semua pendaki harus mematuhi pemberitahuan dan pengumuman.

  • Gunung Hallasan memiliki lereng yang relatif bertahap. Meski tampak mudah, jalurnya panjang. Jadi, atur diri Anda dan luangkan waktu untuk menikmati pemandangan yang indah dan beragam.,

Klik di Sini untuk Sumber Artikel 

Share This Article

Related Post