Menikmati Musim Gugur di Chuncheon

Menikmati Musim Gugur di Chuncheon

Jalan Metasequoia (Kayu Merah Fajar) Pulau Namiseom

Chuncheon, yang terkenal sebagai kota tepi danau, adalah tempat perjalanan romantis. Kota ini hanya berjarak satu jam perjalanan singkat dengan Kereta ITX-Cheongchun dari Stasiun Cheongnyangni di Seoul. Meskipun memiliki makna indah "air yang mengalir ketika musim semi datang," Chuncheon juga indah jika dikunjungi di musim gugur. Pada periode ini, dedaunan musim gugur yang berwarna-warni menciptakan pemandangan yang indah. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari perjalanan ke Chuncheon, jadwal dua hari yang santai lebih baik dibandingkan perjalanan satu hari yang terburu-buru.


Mulai perjalananmu di Pulau Namiseom


Pulau Namiseom di Chuncheon adalah lokasi syuting film drama terkenal "Winter Sonata (2000)." Tempat ini awalnya bukan pulau, tetapi kemudian terbentuk karena dikelilingi oleh air ketika Bendungan Cheongpyeong dibangun. Meskipun cukup kecil untuk dijelajahi dalam setengah hari, pulau ini tetap menjadi salah satu objek wisata utama Chuncheon bagi para pengunjung internasional. Terdapat banyak jalan setapak tempat pengunjung bisa menikmati keindahan musim, dan banyak tempat wisata lain di pulau ini membuat pengunjung dari segala usia terhibur.

Jalur Pohon Ginkgo Songpa

Jalan Metasequoia dan Jalur Pohon Ginkgo Songpa adalah dua objek wisata paling populer di Pulau Namiseom dan sering ditampilkan dalam drama, film, dan iklan. Keindahan Jalur Pohon Ginkgo Songpa khususnya mencapai puncak pada akhir Oktober dan awal November. Seluruh area menjadi berwarna kuning, memberikan pemandangan musim gugur yang indah.

Hal-hal untuk dilihat dan dilakukan di Pulau Namiseom

Pulau Namiseom tidak hanya terkenal karena alamnya, tetapi juga karena ada berbagai hal untuk dilihat dan dicoba di sini. Ada tempat-tempat yang tak boleh dilewatkan seperti UNICEF Hall dan Song Museum, dan pengunjung bahkan dapat melihat berbagai binatang termasuk burung unta, kelinci, dan tupai. Pengunjung yang mencari perjalanan yang lebih aktif dapat menyewa sepeda dari pusat sepeda. Udara musim gugur yang segar sangat bagus untuk dinikmati sambil berkeliling pulau menggunakan sepeda.

Pulau Namiseom
☞ Alamat: 1, Namiseom-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 남산면 남이섬길 1)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 4 menit dari Stasiun Gapyeong ke Dermaga Namiseom dan naik feri ke Pulau Namiseom
☞ Jam operasional (Feri): 07:30-21:40
* 07:30-09:00 (Interval 30 menit) / 09: 00-18: 00 (Interval 10-20 menit) / 18: 00-21: 40 (Interval 30 menit)
☞ Tiket masuk: Dewasa 13,000 won / Remaja 10,000 won / Anak-anak 7,000 won
* Dewasa (usia 19-69 tahun) / Remaja (usia 13-18 tahun) / Anak-anak (usia 3-12 tahun)
* Tiket masuk gratis untuk anak-anak prasekolah (usia 3 tahun ke bawah)
* Tiket masuk termasuk tiket naik feri
☞ Situs web: namisum.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)


Tempat wisata utama Chuncheon


Arboretum Alam Taman Giok

Taman bergaya Eropa (atas, kiri) & Jalur pohon maple (kanan)

Arboretum Alam Taman Giok dikenal sebagai lokasi syuting film "You Are My Pet (2011)" dan drama "That Winter, the Wind Blows (2013)" dan "Angels Last Mission: Love (2019)." Dibuat dengan tema "Eropa Kecil di Hutan," sebuah bangunan indah berdiri tepat di pintu masuk. Didesain dengan gaya Tuscan, arsitektur ini memberikan sentuhan klasik pada lingkungan sekitarnya. Taman ini memiliki Tree Scent Trail (Jalur Aroma Pohon), Maple Tree Trail (Jalur Pohon Maple), Forest Breeze Trail (Jalur Hutan Angin Sepoi), dan jalan setapak menarik yang menampilkan sekitar 24 taman bertema yang indah.

Arboretum Alam Taman Giok
☞ Alamat: 80, Haetgol-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 남산면 햇골길 80)
☞ Petunjuk arah: Naik bus antar-jemput gratis (sistem siapa cepat dia dapat) dari Stasiun Gulbongsan (Gyeongchun Line), Exit 1
* Layanan bus antar-jemput beroperasi 11 kali sehari (10:45, 11:55, 12:45, 13:45, 14:45, 15:45, 16:45, 17:45, 18:45, 19:45, 20: 45); perjalanan tambahan akan dioperasikan bila perlu.
☞ Jam operasional: 09:00-19:30 / perpanjangan jam operasional 09:00-22:00
* Perpanjangan jam operasional: Jumat-Minggu, hari libur nasional, periode liburan musim panas & dingin; lihat situs web untuk detailnya
* Jam tutup dapat berubah tergantung cuaca
☞ Tiket masuk: Dewasa 9,500 won / Remaja 7,000 won / Anak-anak 6,000 won
* Dewasa (usia 19 tahun ke atas) / Remaja (usia 13-18 tahun) / Anak-anak (usia 3-12 tahun)
* Tiket masuk gratis untuk anak-anak prasekolah (usia 3 tahun ke bawah)
☞ Situs web: www.hanwharesort.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)

Sepeda Rel Gyeonggang

Sepeda Rel Gyeonggang (Sumber: Taman Rel Gangchon)

Stasiun Gyeonggang, lokasi syuting film "The Letter (1997)," adalah stasiun kereta api yang terbengkalai di perbatasan Gyeonggi-do dan Gangwon-do. Stasiun kecil ini telah berubah menjadi lokasi untuk mengendarai sepeda rel. Taman Rel Gangchon menawarkan wisata bolak-balik selama 50 menit dari Stasiun Gyeonggang ke Jembatan Jalur Kereta Api Gapyeong dan sebaliknya. Pengunjung dapat mengayuh sepeda di sepanjang rel kereta api tua sambil menikmati lingkungan pedesaan yang tenang. Sepeda Rel Gyeonggang adalah salah satu dari tiga wisata sepeda rel di Taman Rel Gangchon; wisata lain berangkat dari Stasiun Gimyujeong dan Stasiun Gapyeong.

Sepeda Rel Gyeonggang
☞ Alamat:
57, Seobaek-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 남산면 서백길 57)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 2 menit dari Stasiun Gulbongsan (Gyeongchun Line), Exit 1
☞ Jam operasional: Maret-Oktober 09:00-17:00 / November-Februari 09:00-15:30
* Sepeda Rel Gyeonggang beroperasi dalam interval 1 jam 30 menit, dengan enam keberangkatan per hari di musim semi (09:00, 10:30, 12:00, 14:00, 15:30, 17:00) dan lima keberangkatan per hari di musim dingin (09:00, 10:30, 12:00, 14:00, 15:30)
☞ Biaya: Sepeda 4-kursi 35,000 won
☞ Situs web: www.railpark.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Mandarin)

Jalan Myeongdong Chuncheon

Jalan Dakgalbi (atas, kanan) / Jalan Myeongdong Chuncheon (kiri)

Jalan Myeongdong Chuncheon, jalan tersibuk di kota ini, dipenuhi toko-toko yang menjual pakaian, sepatu, dan aksesoris, juga bioskop. Jalanan yang ramai menyerupai versi miniatur Myeong-dong di Seoul, yang merupakan asal mula penamaan tempat ini. Jalan Dakgalbi, salah satu objek wisata terkenal Chuncheon, juga berada di sini, bersama dengan patung dan cetakan tangan aktor utama dari drama populer "Winter Sonata."

Jalan Myeongdong Chuncheon
☞ Alamat:
55, Jungang-ro, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 중앙로 55)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 11, 12, 31, 83, atau 150 dari Halte Bus Stasiun Chuncheon ke Halte Bus Kantor Pos Soyang-ro dan jalan kaki sekitar 4 menit.

Pasar Romantis Chuncheon

Pasar Romantis Chuncheon (Sumber: Pasar Romantis Chuncheon (atas, kanan), Balai Kota Chuncheon (kiri)

Pasar Romantis Chuncheon adalah pasar kota terkenal yang penuh dengan kehidupan manusia biasa dan suasana hangat. Nama tempat ini diubah dari Pasar Chuncheon Jungang (Pusat) menjadi Pasar Romantis Chuncheon pada tahun 2010, dan lingkungan pasar pun diubah agar sesuai dengan namanya. Di dalam pasar terdapat bangunan-bangunan yang telah berdiri selama 30 hingga 50 tahun, dan setiap toko dihiasi dengan gambar-gambar yang menghadirkan suasana toko yang berbeda. Di sudut-sudut lorong yang berbeda, ada berbagai patung dan lukisan dinding, menambah kesenangan saat melihat-lihat pasar.

Pasar Romantis Chuncheon
☞ Alamat:
34, Myeongdong-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 명동길 34)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 11, 18-1, 31, 83, atau 150 dari Halte Bus Stasiun Chuncheon ke Pasar Jungang / Halte Bus Sekolah Dasar Jungang dan jalan kaki sekitar 2 menit

Jalan Kafe Observatorium Gunung Gubongsan

Kafe dengan skywalk (atas, kanan) / Menara lonceng harapan di Kafe Santorini (kiri)

Observatorium Gunung Gubongsan adalah salah satu wisata berkendara paling indah di Chuncheon, dengan pemandangan pusat kota yang menakjubkan. Menariknya, tempat ini tidak menampilkan dek observasi biasa. Sebagai gantinya, Jalan Kafe Observatorium Gunung Gubongsan didirikan, dengan barisan kafe-kafe yang pas untuk menikmati pemandangan. Dengan kata lain, kafe di sini adalah observatorium. Setiap kafe didekorasi dengan berbagai tema dan gaya, tetapi semuanya menawarkan tempat untuk memandang keindahan Chuncheon.

Jalan Kafe Observatorium Gunung Gubongsan
☞ Alamat:
1154-113, Sunhwan-daero, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 동면 순환대로 1154-113)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 20 menit dari Stasiun Namchuncheon

Pusat Kesenian KT&G Sangsangmadang Chuncheon

Toko Design Square (Sumber: Pusat Kesenian KT&G Sangsangmadang Chuncheon)

Kompleks budaya KT&G Sangsangmadang membuka ruang seni ketiganya di Chuncheon, setelah Hongdae dan Nonsan. Fasilitas yang ada termasuk galeri dengan berbagai karya seni, ruang pertunjukan luar ruangan, dan kafe, yang dapat membuat pengunjung terhibur. Barang-barang yang dibuat oleh desainer lokal dapat dibeli di Design Square.

Pusat Kesenian KT&G Sangsangmadang Chuncheon
☞ Alamat:
25, Sports town-gil 399beon-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 스포츠타운길 399번길 25)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 5 menit dari Stasiun Namchuncheon (Gyeongchun Line), Exit 1
☞ Jam operasional
Galeri: 10:00-19:00
Design Square: Hari kerja 11:00-20:00 / Akhir pekan 11:00-21:00
Dancing Caffeine Café: 09:00-22:00
* Jadwal operasi dapat berbeda untuk Gallery dan Design Square
☞ Situs web: www.sangsangmadang.com (Khusus bahasa Korea)

Skywalk Danau Uiamho

Skywalk Danau Uiamho Chuncheon (atas, kanan) / Jalur ke skywalk (kiri)

Skywalk Danau Uiamho Chuncheon merupakan objek wisata yang lumayan baru. Dek observasi dengan pemandangan indah ini terletak di tengah jalur sepeda dan merupakan tempat yang tepat untuk berfoto. Skywalk ini dibangun dengan lantai kaca transparan sekitar 12 meter di atas air. Pengunjung yang berjalan mengelilingi geladak bisa merasakan perasaan berjalan di atas awan dan rasa khawatir akan terjatuh ke air setiap saat.

Skywalk Danau Uiamho
☞ Alamat:
253-41, Yetgyeongchun-ro, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 옛경춘로 253-41)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit dari Stasiun Namchuncheon (Gyeongchun Line), Exit 1
☞ Jam operasional: 09:00-18:00
* Skywalk mungkin tidak tersedia selama kondisi cuaca buruk
☞ Tiket masuk: Gratis

Mulle-gil Chuncheon

Mulle-gil Chuncheon sangat cocok untuk perjalanan romantis di alam

Untuk pengalaman unik, kelilingilah Danau Uiamho dengan kano di Mulle-gil. Banyak wisatawan datang ke sini mencari pengalaman naik kano setelah tempat ini diperkenalkan di acara TV Korea populer seperti "Two Days, One Night" dan "Running Man." Beberapa paket wisata ditawarkan di Mulle-gil, seperti Wisata Skywalk, Wisata Pulau Bungeoseom, dan Wisata Pulau Jungdoseom. Wisata Pulau Bungeosoeom, wisata paling populer, menawarkan pemandangan indah Danau Uiamho dan membutuhkan waktu 1 jam 30 menit untuk diselesaikan.

Mulle-gil Chuncheon
☞ Alamat:
113-1, Sports town-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 스포츠타운길 113-1)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit dari Stasiun Namchuncheon (Gyeongchun Line), Exit 1
* Minta supir taksi untuk pergi ke "Chuncheon Songam Leports Town Mulle-gil (춘천송암레포츠타운 내 춘천 물레길)"
☞ Jam operasional: 09:00-18:00
* Oktober-November 09:00-17:00
* Jam dapat berubah tergantung pada musim; layanan tidak tersedia selama musim dingin (Desember-Februari).
☞ Biaya: 15,000 won per orang
* Kano dapat memuat dua orang; biaya tambahan sebesar 10.000 won untuk setiap orang dewasa tambahan (5.000 won untuk anak-anak)
☞ Situs web: mullegil.com (Bahasa Korea, Inggris)

Info Lebih Lanjut
☞ Jadwal perjalanan yang disarankan untuk Chuncheon (perjalanan 2 hari)
Hari 1: Pulau NamiseomJade Garden Arboretum → Sepeda Rel Gyeonggang
Hari 2: Jalan Myeongdong ChuncheonPasar Romantis ChuncheonJalan Kafe Observatorium Gunung Gubongsan → KT&G Sangsangmadang → Skywalk Danau Uiamho
☞ Situs web: tour.chuncheon.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)
☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada September 2019, dan oleh karenanya informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post