Menjelajahi Seoul Menggunakan Hanbok

Menjelajahi Seoul Menggunakan Hanbok

Pintu Masuk Istana Changdeokgung

 

Hanbok mampu mendapatkan perhatian di seluruh dunia, menggunakan hanbok merupakan sebuah kegiatan yang harus dicoba ketika kamu mengunjungi Korea. Beberapa penyewaan hanbok dan pemandangan wisatawan yang menggunakan hanbok merupakan pemandangan umum di Korea, terutama di kawasan istana. Di toko penyewaan hanbok pengunjung juga dapat menyewa pita rambut, dompet, ikat kepala, topi dan aksesoris lainnya. Waktu sewa biasanya selama 2 jam atau hingga 2 hari. Simak terus untuk mengetahui tips tentang cara menggunakan hanbok di Seoul.

 

 

 

TIPS PENGGUNAAN HANBOK 

- Pemilihan rok terlebih dahulu

Begitu anda datang ke penyewaan hanbok, anda akan dibingungkan oleh berbagai hanbok berwarna-warni yang dipajang. Jika kamu bingung harus memulai dari mana, kamu bisa memulai dengan memilih rok atau bawahan hanbok terlebih dahulu, kamu bisa memilih desain klasik atau dengan sentuhan renda. Rok yang dipilih harus berukuran lebih panjang, misalnya ukuran yang menyentuh lantai untuk tampilan terbaik, setelah memilih rok, padu padankan dengan jeogori yang cocok (Bagian atas dari hanbok).

 

 

 

 

 

 

Menggunakan Hanbok

 

?

- Gunakan aksesoris tambahan

Menggunakan aksesoris tambahan akan memberikan tampilan hanbok kamu lebih menarik. Untuk tampilan tradisional, kepang rambut kamu atau sanggul dan hias menggunakan aksesoris bunga. Jika rambut kamu tidak cukup panjang, kamu bisa menggunakan ikat kepala. Sempurnakan tampilan kamu menggunakan tas yang cocok untuk membawa barang-barang kamu. Beragam jenis topi dan sepatu juga tersedia untuk mempercantik penampilan kamu. 

 

 

 

 

 

 

Jepit Rambut

 

-        - Petticoat merupakan sebuah keharusan

Untuk bentuk rok yang lebih menarik, menggunakan petticoat merupakan sebuah keharusan, petticoat akan membuat tampilan rok kamu menjadi lebih berisi, ukuran petticoat baiknya 2-3 cm lebih pendek dibanding rok itu sendiri. 

 

 

 

 

 


Toko Penyewaan Hanbok

 

?

Warisan Dunia Korea, Istana Changdeokgung

 

 

?Istana Changdeokgung

 

 

Sebagai sisa periode Joseon, Istana Changdeokgung dapat dibagi menjadi 2 wilayah yaitu istana dan taman. Wilayah istana termasuk bagian tempat tinggal keluarga kerajaan dan ruang administrasi raja, sementara taman berfungsi sebagai tempat beristirahat bagi keluarga kerajaan. Taman di Istana Changdeokgung terdiri dari hutan lebat dengan kolam dan paviliun yang menyajikan pemandangan harmoni alam terbaik.

 

 

?Istana Changdeokgung

 

 

?

 

 

 

Ditunjuk sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Istana Changdeokgung memiliki nilai mendalam dari segi sejarah dan arsitektur. Bangunan tradisional yang indah menjadi latar belakang yang sempurna untuk berfoto menggunakan hanbok.

 

?

Alamat: 99, Yulgok-ro, Jongno-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun Jongno 3-ga (Kereta bawah tanah Seoul line 1, 3, 5) pintu keluar 6. Berjalan kira-kira 10 menit.

Jam operasional: Februari – Mei 09:00 – 18:00 / Juni – Agustus 09:00 – 18:30 / September – Oktober 09:00 – 18:00 / November – Januari 09:00 – 17:30 (Jam masuk terakhir 1 jam sebelum tutup) *Senin tutup

Tiket masuk: Dewasa 3,000 won / Anak-anak 1,500 won

*Masuk gratis jika menggunakan Hanbok dan Rabu terakhir di akhir bulan

Pertanyaan: 82-2-3668-2300 (Hanya Korea)

 

 

Desa Hanok yang Terkenal di Seoul, Bukchon Hanok Village

 

Hanok di Bukchon

 

Tempat yang harus dikunjungi ketika menggunakan Hanbok adalah Desa Bukchon, terdiri sepenuhnya dari hanok (rumah tradisional Korea) yang dibangun dengan genteng, desa kelas atas ini pernah ditinggali keluarga kerajaan pada periode Joseon. Ada lebih dari 1,400 hanok yang tersisa di desa ini dan menyajikan pemandangan indah Seoul dari atas bukit.?

 

 

Desa Bukchon

 

 

?

 

Ketika mengunjungi Desa Bukchon, pastikan untuk menikmati 8 pemandangan indah yang tersedia di Bukchon, Pemandangan pertama menawarkan keindahan seluruh Istana Changdeokgung. Pemandangan indah kedua datang dari pemandangan tembok batu saat menuju lingkungan warga sekitar. Cari jalan menuju pemandangan ketika menuju jalan museum Gahoe-dong dengan melihat seluruh atap yang berjejer rapi. Puncak bukit Gahoe-dong 31-bunji menjadi titik pemandangan indah yang ke empat. Pemandangan ke lima dan ke enam yaitu ketika kamu menikmati pemadangan ke bawah dan ke atas masing-masing dari jalan Gahoe-dong. Pemandangan jalan yang sempit dan damai dari ujung jalan Gahoe-dong menjadi pemandangan indah ke tujuh yang bisa kamu nikmati. Terakhir nikmati pemandangan tangga batu tua yang sangat artistik untuk melakukan aksi foto bersama teman maupun keluarga.?

 

Alamat: 37, Gyedong-gil, Jongno-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun Anguk (Kereta bawah tanah Seoul di Line 3) Pintu keluar 2 berjalan sekitar 9 menit.

Jam operasional: 00:00 – 24:00

Tiket masuk: Gratis

Pertanyaan: +82-2-2133-1372 (Korean Only)

 

 

Dongdaemun Design Plaza (DDP)

 

 

? 

DDP

 

Dongdaemun Design Plaza atau yang biasa disingkat menjadi DDP merupakan multi-kompleks budaya yang terletak di dekat Dongdaemun History dan Culture Park Station. Beberapa acara biasa di adakan di sini termasuk pameran, peragaan busana serta forum konferensi. DDP dikenal karena memiliki desain eksterior yang dirancang secara unik serta diketahui menjadi bangunan 3 dimensi terbesar di dunia. 

 

 

DDP
 

 

 

 

 

Beberapa orang mungkin masih meragukan harmonisasi yang terlihat ketika menggunakan hanbok dengan latar belakang arsitektur yang modern, namun hasil foto yang terlihat sungguh menakjubkan. Kemegahan bangunan dan warna-warna cerah dari hanbok akan sukses menjadi daya tarik bagi setiap mata yang memandang, ditambah dengan daya tarik DDP pada malam hari, dengan LED Rose Garden akan membuat foto-foto kamu semakin memesona. 

 

Alamat: 281, Eulji-ro, Jung-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun Dongdaemun History & Culture Park (Kereta bawah tanah Seoul 2, 4, 5) pintu keluar satu, berjalan kaki sekitar 3 menit.

Jam operasional: Museum> Hari Minggu, Selasa - Jumat 10:00 – 19:00, Jumat – Sabtu 10:00 – 21:00 (Tutup senin) / Lab Desain> Hari kerja 10:00 – 21:00, Akhir pekan, hari libur umum 10:00 – 22:00 (Tutup hari senin ketiga setiap bulan) / LED Rose Garden> Dimulai 19:00 – 00:00 *Jam buka lab desain dapat bervariasi berdasarkan program

Tiket masuk: Gratis

Pertanyaan: +82-2-2153-000 (hanya untuk Korea)

 

Hanok Modern di Baek In-je House

 

 

 

?Baek In-je House

 

Tidak seperti hanok pada umumnya yang biasa kita lihat di Bukchon Hanok Village yang dibentuk selama periode Joseon, Baek In-je House dibangun pada tahun 1913 selama pemerintahan Jepang. Pintu geser yang dibangun membuat rumah terpisah dari bangunan hanok lainnya yang dibuat dengan changhoji (kertas Korea tradisional yang dibuat dari pohon murbei). Rumah disini memiliki taman yang luas, ruang tamu, kamar tidur serta lampiran membuat Baek In-jo House dianggap menjadi rumah besar pada masanya. 

 

 

Baek In-jo House

 

 

? 

 

?Baek In-je House mungkin sangat familiar bagi penggemar film Korea karena tempat ini digunakan untuk tempat pengambilan gambar film “Assassination (2015).” Tempat ini dapat dinikmati untuk foto-foto atau sekedar berjalan-jalan karena seluruh bangunannya terjaga dan dikelola dengan baik. Kamu juga akan melihat bunga Forsythia yang kuning cerah sedang tergantung di dinding tembok batu pada musim semi serta beragam pot yang berjajar seakan menjadi latar belakang foto yang membuat hasil foto kamu semakin menakjubkan.

 

Alamat: 16, Bukchon-ro 7-gil, Jongno-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun Anguk (Kereta bawah tanah Seoul line 3) pintu keluar 2, berjalan kira-kira 9 menit

Jam operasional: 09:00 – 18:00 (Masuk terakhir jam 17:30) *Hari Senin tutup

Tiket masuk: Gratis

Pertanyaan: +82-2-724-0232 (Hanya Korea)?

 

 

*Kolom ini terakhir diperbarui pada Maret 2018, maka dari itu informasi yang tersedia bisa saja berbeda dari yang tersedia di sini. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa situs web resmi sebelum mengunjungi kolom ini.

 

Share This Article

Related Post

Toko ESCADA

Restoran Samihun

Jalan Sepeda Motor Daegu

Taman Daegu Dalseong

Obeservatorium Jeongdong

Seoul Eye Guest House