Panduan Festival Musim Semi (Maret – Mei)

Panduan Festival Musim Semi (Maret – Mei)

Jalan Sakura Hwagae 10-ri

Pada bulan Maret, perubahan bisa dirasakan di udara. Dingin mereda dan tanaman mulai bangun dan mekar, menciptakan aroma manis yang hanya bisa digambarkan sebagai musim semi. Kata itu sendiri membawa energi dan pergerakan untuk menembus dinginnya musim dingin. Di Korea, beragam acara merayakan musim semi dapat ditemukan di seluruh negeri. Kembalinya cuaca yang lebih hangat membawa bunga-bunga indah yang mekar tak terhitung jumlahnya, sekaligus memberi keluarga kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama melalui berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di luar rumah. Baca terus untuk melihat daftar festival perayaan musim semi yang indah di Korea.


Keindahan datangnya musim semi!

Dari awal Maret ketika udara masih dingin, musim semi mengumumkan kedatangannya di Korea dengan selimut bunga putih dan kuning yang tersebar di seluruh negara. Musim yang lebih hangat ini menyaksikan sejumlah festival berlangsung di Korea di mana pengunjung dapat berjalan-jalan di antara bunga-bunga musim semi yang mekar dan melihat hal-hal terbaik di negara ini.

Festival Maehwa Gwangyang

Festival Maehwa Gwangyang

Periode: 8-17 Maret, 2019
Tempat: 55, Jimak1-gil, Daab-myeon, Gwangyang-si, Jeollanam-do (전라남도 광양시 다압면 지막1길 55)

Festival Maehwa Gwangyang adalah salah satu tujuan pertama di Jeollanam-do untuk menyambut musim semi. Selama waktu ini, jalur bunga di sepanjang Desa Maehwa menyerupai aliran Sungai Seomjingang dan bunga aprikot memenuhi halaman festival dengan aroma manisnya. Setelah melintasi Jembatan Maehwagyo yang indah, duduklah di bawah naungan salah satu pohon yang berjejer di jalan. Festival ini juga menawarkan berbagai suguhan lezat, termasuk kerang, chamgetang (semur kepiting pedas), dan hidangan yang dibuat dengan maesil (prem hijau).

Festival Sansuyu Gurye

Festival Sansuyu Gurye (Sumber: Kantor Gurye-gun)

Periode: 16-24 Maret, 2019
Tempat: 45, Sanggwan 1-gil, Sandong-myeon, Gurye-gun, Jeollanam-do (전라남도 구례군 산동면 상관1길 45)

Berlangsung di area resort sumber air panas di Gunung Jirisan, pengunjung Festival Sansuyu Gurye dapat menikmati rasa musim semi yang semarak dengan bunga sansuyu (sakura cornelian) kuning. Tema festival ini adalah "Menemukan Cinta Abadi" dan jadwal festival termasuk pertunjukan dan kembang api, serta pengalaman langsung. Jangan lupa mencoba makanan dan minuman yang dibuat dengan sansuyu.

Festival Sakura Jeju

Festival Sakura Jeju

Periode: Akan diumumkan kemudian berdasarkan perkiraan mekar
Tempat: Jeonnong-ro, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 전농로)

Festival Sakura Jeju adalah tempat di mana bunga sakura pertama di negara ini dapat dilihat. Festival ini menawarkan zona foto bunga sakura serta berbagai program lain untuk dinikmati. Selain itu, festival ini dapat dinikmati sepanjang siang dan malam hari dengan menggunakan sistem pencahayaan yang luas. Selama periode festival, Jalan Jeonnong-ro ditutup untuk semua lalu lintas kendaraan sehingga pengunjung dapat dengan aman menikmati bunga-bunga

Festival Sakura Hwagae

Festival Sakura Hwagae

Periode: 29–31 Maret, 2019
Tempat: Area Stasiun Pemadam Kebakaran, Hwagae-myeon, Hadong-gun, Gyeongsangnam-do (경상남도 하동군 화개면 119지역대 앞)

Festival Sakura Hwagae diadakan di sekitar Pasar Hwagae, pasar terbuka tradisional yang terletak di perbatasan antara Hadong di Gyeongsangnam-do dan Gurye di Jeollanam-do. Secara khusus, pohon sakura di sepanjang jalan 6 kilometer dari pasar ke Kuil Ssanggyesa adalah pemandangan yang fantastis untuk dilihat. Dipercayai bahwa jika pasangan berjalan di jalan ini sambil berpegangan tangan, mereka akan menjadi tua bersama dalam suatu hubungan yang abadi. Karena alasan tersebut, jalan inig kadang-kadang disebut "jalan pernikahan".

Festival Bunga Musim Semi Yeouido Yeongdeungpo 

Festival Bunga Musim Semi Yeouido Yeongdeungpo

Periode: Akan diumumkan kemudian berdasarkan perkiraan mekar
Tempat: Area Yeouiseo-ro (di belakang Gedung Majelis Nasional), Yeongdeungpo-gu, Seoul (서울특별시 영등포구 여의서로)

Festival Bunga Musim Semi Yeouido Yeongdeungpo adalah festival yang representatif di Seoul, berlangsung setiap bulan April. Yeouiseo-ro, jalan di belakang Gedung Majelis Nasional, dipagari dengan pohon sakura dan merupakan jalan sakura yang paling terkenal di Seoul. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang Sungai Hangang melalui terowongan pohon-pohon megah ini. Bunga musim semi lainnya yang mekar di bawah pohon termasuk azalea dan forsythias. Ada juga pertunjukan jalanan budaya, pameran dekorasi bunga, dan pameran foto yang berlangsung sepanjang periode festival.

Festival Gunhangje Jinhae

Stasiun Gyeonghwa selama Festival Gunhangje Jinhae

Periode: 1-10 April, 2019
Tempat: Tongsin-dong, Jinhae-gu, Changwon-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 창원시 진해구 통신동)

Berlangsung pada bulan April, Festival Gunhangje Jinhae menarik lebih dari 2 juta wisatawan setiap tahun. Banyaknya pohon sakura menciptakan terowongan fantastis untuk dilalui. Kelopak bunga sakura yang jatuh seperti salju merah muda akan membawamu ke dunia yang seperti mimpi! Ada berbagai acara yang tidak boleh dilewatkan, seperti Festival Band & Penghormatan Militer Internasional Jinhae dan pertunjukan kembang api.

Kolom terkait: Romansa di Festival Gunhangjae Jinhae, perjalanan bunga sakura musim semi

Festival Bunga Sansuyu Baeksa Icheon

Festival Bunga Sansuyu Baeksa Icheon (Sumber: Kantor Icheon-si)

Periode: Akan diumumkan kemudian berdasarkan perkiraan mekar
Tempat: 17, Wonjeok-ro 775beon-gil, Baeksa-myeon, Icheon-si, Gyeonggi-do (경기도 이천시 백사면 원적로 775번길 17)

Merupakan rumah bagi pohon-pohon sansuyu liar berusia 100 tahun, tempat Festival Bunga Sansuyu Baeksa Icheon adalah area produksi pohon sansuyu terkemuka di Korea. Di musim semi, bunga sansuyu mekar sepenuhnya dan menghiasi seluruh desa dengan warna kuning sementara di musim gugur, buah merahnya menandakan perubahan musim. Pohon-pohon di sini dikatakan berasal dari para cendekiawan yang menanamnya sejak lama, dan mendapat julukan "Bunga Cendekia." Selama periode festival, berbagai pertunjukan dan program langsung yang berhubungan dengan buah cornus ditawarkan kepada semua pengunjung.

Festival Sakura Cheongpungho Jecheon

Festival Sakura Cheongpungho Jecheon (Sumber: Departemen Budaya & Pariwisata Jecheon)

Periode: Akan diumumkan kemudian berdasarkan perkiraan mekar
Tempat: 2048, Cheongpungho-ro, Cheongpung-myeon, Jecheon-si, Chungcheongbuk-do (충청북도 제천시 청풍면 청풍호로 2048)

Festival Sakura Cheongpungho Jecheon berlangsung di sepanjang tepi danau Cheongpungho, tempat ribuan pohon sakura dewasa berdiri tegak dan bangga. Berbagai pertunjukan dijadwalkan, termasuk konser di jalan sakura dan parade tari. Pengunjung juga dapat mencicipi beberapa teh herbal dan berpartisipasi dalam kegiatan kerajinan. Tempat wisata terdekat termasuk Kompleks Warisan Budaya Cheongpung dan situs lompat bungee.

Festival Tulip Internasional Taean

Festival Tulip Internasional Taean

Periode: 13 April – 12 Mei, 2019
Tempat: 400, Kkotjihaean-ro, Anmyeon-eup, Taean-gun, Chungcheongnam-do (충청남도 태안군 안면읍 꽃지해안로 400)

Dipilih sebagai salah satu dari lima festival tulip top dunia, Festival Tulip Internasional Taean memamerkan tulip, lupine, foxglove, bunga lili dan jenis bunga musim semi lainnya. Kegiatan festival tambahan termasuk memberi makan hewan, melukis wajah, dan menggambar karikatur.


Festival makanan lezat

Makanan adalah cerminan budaya bangsa, dan musim semi adalah musim yang sempurna untuk mencicipi makanan lezat di Korea yang terbuat dari sayuran liar dan sayuran segar, yang semuanya cerah dan penuh nutrisi. Beberapa hidangan lokal, seperti makanan laut yang ditangkap di daerah pantai, hanya tersedia di musim semi. Selama waktu ini, banyak festival makanan berlangsung di seluruh negeri, merayakan spesialisasi lokal yang unik dan lezat.

Festival Kepiting Salju Uljin

Festival Kepiting Salju Uljin

Periode: 28 Februari – 3 Maret, 2019
Tempat: Hupo-ri, Hupo-myeon, Uljin-gun, Gyeongsangbuk-do (경상북도 울진군 후포면 후포리)

Festival Kepiting Salju Uljin adalah perayaan spesialisasi lokal Uljin, kepiting salju dan kepiting salju merah. Penjualan dan pengambilan sampel kepiting salju tersedia, bersama dengan berbagai program langsung seperti rekreasi tari kepiting salju, pengalaman berperahu pesiar, pertunjukan jalanan, lelang kepiting salju, dan banyak lagi.

Festival Kepiting Salju Yeongdeok

Festival Kepiting Salju Yeongdeok (Sumber: Komite Promosi Festival Kepiting Salju Yeongdeok)

Periode: 21-24 Maret, 2019
Tempat: Donghae-daero, Ganggu-myeon, Yeongdeok-gun, Gyeongsangbuk-do (경상북도 영덕군 강구면 동해대로)

Yeongdeok telah lama dikenal karena banyaknya kepiting salju. Selama Dinasti Goryeo (918-1392), wilayah ini menyajikan kepiting salju sebagai penghargaan kepada raja. Festival Kepiting Salju Yeongdeok diadakan di Pelabuhan Gangguhang dan program acara yang ada termasuk parade jalanan, mencicipi kepiting salju, lelang produk, kontes menyanyi, dan banyak lagi.


Festival penuh seni budaya 

Orang Korea menghargai sejarah panjang dan warisan budaya mereka yang kaya. Musim semi menghadirkan serangkaian festival untuk merayakan budaya Korea dan memastikannya diwariskan kepada generasi mendatang. Festival-festival ini mencakup beragam genre, dan pengunjung dapat memanfaatkan kesempatan untuk menonton dan berpartisipasi dalam budaya hidup yang dipamerkan di festival-festival tersebut.

Festival Api Jeju

Festival Api Jeju

Periode: 7-10 Maret, 2019
Tempat: San59-8, Bongseong-ri, Aewol-eup, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 애월읍 봉성리 산59-8)

Festival Api Jeju adalah upacara pembakaran lapangan tradisional untuk berdoa bagi kesehatan dan panen yang baik di tahun mendatang. Festival ini menawarkan program berbagai genre untuk semua pengunjung untuk berpartisipasi dan belajar tentang budaya tradisional Jeju. 

Festival Budaya Wangin Yeongam

Festival Budaya Wangin Yeongam (Sumber: Panitia Penyelenggara Festival Budaya Wangin Yeongam)

Periode: 4-7 April, 2019
Tempat: 440, Wangin-ro, Gunseo-myeon, Yeongam-gun, Jeollanam-do (전라남도 영암군 군서면 왕인로 440)

Festival Budaya Wangin Yeongam merayakan pencapaian Dr. Wangin dari Korea, yang melakukan perjalanan ke Jepang lebih dari 1.600 tahun yang lalu untuk menyebarkan pengetahuan, budaya dan seni. Festival berlangsung pada bulan April ketika bunga sakura mekar sepenuhnya. Di antara banyak pertunjukan dan kegiatan tradisional untuk berpartisipasi, acara utama dari festival ini adalah parade jalanan, terbuka untuk semua pengunjung dan warga untuk ikut serta.

Festival Pengalaman Daegaya Goryeong

Festival Pengalaman Daegaya Goryeong (Sumber: Asosiasi Budaya Goryeong-gun)

Periode: 11-14 April, 2019
Tempat: 1216, Daegaya-ro, Daegaya-eup, Goryeong-gun, Gyeongsangbuk-do (경상북도 고령군 대가야읍 대가야로1216)

Festival Pengalaman Daegaya Goryeong memberi pengunjung kesempatan untuk belajar tentang sejarah dan budaya kerajaan kuno Daegaya (42-562). Festival ini menawarkan berbagai kegiatan, termasuk program seni dan kerajinan seperti pembuatan tembikar. Pengunjung juga dapat mengalami gaya hidup zaman ini melalui desa replika dari Kerajaan Daegaya.

Yeon Deung Hoe (Festival Lentera Teratai)

Yeon Deung Hoe (Festival Lentera Teratai)

Periode: 3-5 Mei, 2019
Tempat: 55, Ujeongguk-ro, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 우정국로55)

Yeon Deung Hoe (Festival Lentera Teratai)  diadakan setiap tahun pada Ulang Tahun Buddha (hari kedelapan bulan keempat kalender lunar). Acara diadakan di kuil-kuil Buddha di beberapa distrik di Seoul. Acara-acara besar termasuk pameran lentera tradisional dan parade lentera untuk sebuah festival yang akan bertahan lama di ingatan seseorang untuk waktu yang lama.

Kolom terkait: Pesona & Kegembiraan Tradisional Bertemu di Festival Lentera Teratai!

Festival Chasabal Tradisional Mungyeong

Festival Chasabal Tradisional Mungyeong

Periode: 27 April – 6 Mei, 2019
Tempat: 36, Saejae 2-gil, Mungyeong-eup, Mungyeong-si, Gyeongsangbuk-do (경상북도 문경시 문경읍 새재2길 36)

Festival Chasabal Tradisional Mungyeong bertujuan untuk meningkatkan budaya daerah dan mempromosikan keramik Mungyeong sebagai merek nasional. Terletak indah di kaki pegunungan Baekdudaegan, Mungyeong dipenuhi tanah berpasir dan kayu bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang-barang keramik yang bagus dan relatif terjangkau. Program festival meliputi pengalaman pembuatan tembikar yang dipimpin oleh pengrajin lokal.

Festival Budaya Obat Herbal Yangnyeongsi Daegu

Festival Budaya Obat Herbal Yangnyeongsi Daegu

Periode: 2–6 Mei, 2019
Tempat: 51-1, Namseong-ro, Jung-gu, Daegu (대구광역시 중구 남성로 51-1)

Pasar Obat Herbal Yangnyeongsi Daegu memiliki sejarah panjang budaya dan tradisi. Festival Budaya Obat Herbal Yangnyeongsi Daegu adalah festival obat herbal yang representatif di seluruh Asia, menampilkan penggunaan ramuan tradisional dan obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit. Pengunjung festival dapat menikmati daya tarik sejarah dan kesempatan luar biasa untuk merasakan budaya pengobatan tradisional.

Festival Teh Hijau Boseong

Festival Teh Hijau Boseong

Periode: 18–22 Mei, 2019
Tempat: 775, Nokcha-ro, Boseong-eup, Boseong-gun, Jeollanam-do (전라남도 보성군 보성읍 녹차로 775)

Boseong adalah produsen teh hijau terbesar di negara ini, dan ladang teh di sini menciptakan pemandangan indah yang sering muncul dalam drama Korea. Di Festival Teh Hijau Boseong, beberapa acara festival paling populer adalah program pengalaman langsung seperti memetik daun teh, membuat teh, dan mencicipi camilan teh hijau. Acara lain termasuk belajar budaya upacara minum teh tradisional dan pameran foto yang dikirimkan.

Festival Pantomim Chuncheon

Festival Pantomim Chuncheon (Sumber: Panitia Penyelenggaraan Festival Pantomim Chuncheon)

Periode: 26 Mei – 2 Juni, 2019
Tempat: 112, Chuncheon-ro, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 춘천로 112)

Sebagai salah satu festival seni pertunjukan terkemuka di Korea, Festival Pantomim Chuncheon terus mendapat pengakuan internasional. Festival ini menampilkan berbagai genre pertunjukan oleh kelompok pantomim dan seniman dari Korea dan luar negeri, termasuk pantomim, musik, tarian, seni instalasi, dan film pendek. Beberapa program yang akan dinanti adalah Bubble Road dan Coloring Road.


Festival lainnya

Setelah cuaca dingin selama berbulan-bulan, tubuhmu mungkin mulai terasa kaku. Bantu pecahkan kebekuan dan buat tubuhmu bergerak melalui festival-festival aktif dan acara-acara fantastis ini.

Maraton Internasional Seoul

Maraton Internasional Seoul (Sumber: Kantor Maraton Internasional Seoul)

Periode: 17 Maret 2019
Tempat: Gwanghwamun Square, 172, Sejong-daero, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 세종대로 172) to Kompleks Olahraga Seoul, 25, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul (서울특별시 송파구 올림픽로 25)

Maraton Internasional Seoul menarik perhatian peserta dari seluruh dunia setiap tahun. Jalur 42,2 kilometer melintasi jantung kota, dari Gwanghwamun Square, di sepanjang Cheonggyecheon Stream, ke Stadion Olimpiade di Kompleks Olahraga Seoul. Maraton ini juga mencakup Seoul Challenge 10k, maraton 10 kilometer terpisah yang dimulai dari Taman Olimpiade sampai Kompleks Olahraga Seoul.

Festival Jalan Laut Keajaiban Jindo

Festival Jalan Laut Keajaiban Jindo

Periode: 21-24 Maret 2019
Tempat: Hoedong-ri, Gogun-myeon, Jindo-gun, Jeollanam-do (전라남도 진도군 고군면 회동리)

Karena penumpukan kerikil dan lumpur yang unik, pada titik terendah pasang surut, jalur sepanjang 3 kilometer muncul di dasar laut antara Pulau Modo dan Pulau Jindo di Hoedong-ri. Fenomena perpisahan laut ini terkenal baik di dalam negeri maupun internasional, menarik banyak pengunjung selama periode Festival Jalan Laut Keajaiban Jindo untuk melihat pemandangan menakjubkan ini. Jalan ajaib ini hanya dapat dilihat selama satu jam sehari. Sambil menunggu pasang surut, pengunjung dapat mengambil bagian dalam keragaman program budaya dan program langsung.

Festival Bambu Damyang

Festival Bambu Damyang (Sumber: Panitia Festival Bambu Damyang)

Periode: 1-6 Mei, 2019
Tempat: 119, Jungnogwon-ro, Damyang-eup, Damyang-gun, Jeollanam-do (전라남도 담양군 담양읍 죽녹원로 119)

Terletak di dalam hutan bambu yang luas, Festival Bambu Damyang penuh dengan kegiatan merayakan keindahan dan fungsi tanaman bambu. Berbagai program acara dan kegiatan langsung merupakan bagian dari festival. Nikmati udara dan suasana segar dengan berjalan-jalan di hutan bambu. Setelah meningkatkan nafsu makan, pengunjung dapat menikmati beberapa masakan lokal yang terkenal.

* Tanggal dan jadwal festival dapat berubah sewaktu-waktu.

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Februari 2019, dan karena itu informasi mungkin berbeda dari apa yang tertulis di sini. Kami menyarankan Anda untuk mengkonfirmasi detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post