Panduan Pemula Pergi ke Dongdaemun

Panduan Pemula Pergi ke Dongdaemun

Pemandangan malam di DDP

Dongdaemun merupakan salah satu daya tarik wisata yang kerap kali dikunjungi oleh wisatawan internasional, wisatawan biasanya hanya menghabiskan waktu selama satu atau dua jam di sini, namun sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan dan membutuhkan waktu seharian untuk menikmati Dongdaemun. Beberapa wisata yang mewakili daerah ini salah satunya adalah harta karun milik negara yang pertama kali ditemukan, Gerbang Heunginjimun, Sungai Cheonggyecheon, serta landmark yang telah dikenal publik yaitu Dongdaemun Design Plaza (DDP).

Daerah Dongdaemun sebenarnya sangat luas dibanding dengan yang telah diketahui oleh wisatawan, beberapa wisata menarik sering tak terjamah. Yuk, Cari tahu lebih lanjut cara untuk menikmati Dongdaemun selama seharian penuh dengan waktu yang produktif.

Gerbang Heunginjimun & Taman Dongdaemun Seonggwak

Gerbang Heunginjimun

Gerbang Heunginjimun merupakan sebuah nama resmi, namun karena terletak di sisi timur dinding luar Benteng Soul, gerbang ini sering disebut sebagai Gerbang Dongdaemun. Pada zaman dahulu, empat gerbang besar dan empat gerbang kecil dibangun di Benteng Seoul yang mengelilingi kota. Empat gerbang utama di sisi timur, barat, selatan, utara masing-masing memiliki karakter Hangeul yang sangat melekat dan memiliki makna kebajikan, kebenaran, kesopanan, dan kebijaksanaan. Gerbang timur di benteng itu sebelumnya memiliki nama ‘Gerbang Heunginmun’ tetapi kemudian berubah nama menjadi ‘Gerbang Heunginjimun’ dengan penambahan hangeul “ji” yang diharapakan dapat menjadi energi baik.

Gerbang Heunginjimun merupakan gerbang terbesar di Seoul, bahkan melebihi Gerbang Sungnyemun yang memiliki ongsung berbentuk setengah lingkaran (tembok kecil yang dibangun di depan gerbang untuk melengkapi perlindungan) yang membedakannya dari gerbang-gerbang lainnya.

Dongdaemun yang terlihat dari Taman Seonggwak

Kamu bisa menemukan jalan menanjak yang ada dibelakang Gerbang Heunginjimun yang  mengarah ke Taman Dongdaemun Seonggwak. Karena kehadiran wisata lain yang lebih menarik minat pengunjung, mereka melewatkan kesempatan mengunjungi permata tersembunyi di sini. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menawan, yaitu perpaduan antara arsitektur tradisional yang menyatu dengan gedung-gedung pencakar langit modern.

TIPS) Menikmati pemandangan malam dari Taman Dongdaemun Seonggwak
Taman Dongdaemun Seonggwak terkenal karena pemandangan malamnya, nikmati pemandangan malam luar biasa dengan cahaya lembut yang keluar dari Gerbang Heunginjimun, kamu juga bisa melihat pemandangan gemerlap lampu yang dipancarkan dari bangunan modern sebagai latar belakang, ditambah dengan pancaran lampu lampu kendaraan di jalan menambah kesan dinamis yang memukau.

Alamat Gerbang Heunginjimun: 288, Jong-ro, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Stasiun Dongdaemun (kereta bawah tanah Seoul line 1, 4) pintu keluar 6 atau 7. Berjalan kaki kira-kira 2 – 3 menit.
                         *Taman Dongdaemun Seonggwak terletak di belakang Gerbang Heunginjimun


Sungai Cheonggyecheon 

Sungai Cheonggyecheon

Sungai ini mengalir melalui distrik Jongno-gu dan Jung-gu. Sungai Cheonggyecheon merupakan tempat favorit sepanjang masa bagi siapa saja yang ingin bersantai atau sekedar  berkumpul dengan teman-teman, sungai ini berlokasi di jantung ibu kota.

Sungai Cheonggyecheon di malam hari

Meskipun Gwanghwamun merupakan pintu masuk utama menuju Sungai Cheonggyecheon, namun pengunjung dapat melalui Stasiun Dongdaemun. Ada total sebanyak 22 jembatan yang menyebrangi sungai ini, jembatan di Dongdaemun menjadi Jembatan Ogansugyo. Jembatan ini terletak di titik yang dulunya menjadi lokasi Gerbang Ogansu, dimana terdapat 5 sungai mengalir namun karena pembangunan perkotaan, gerbang lama tersebut tidak dapat terlihat, namun ingatan atas gerbang tersebut hidup di atas nama jembatan yang ada.

Alamat (Jembatan Ogansugyo): Area Jong-ro 6-ga, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Stasiun Dongdaemun (kereta bawah tanah Seoul line 1, 4) pintu keluar 8. Berjalan kira-kira 3 – 5 menit. 

Kompleks perbelanjaan Dongdaemun & Pyounghwa Fashion Town

Kota Mode Dongdaemun

Mode dan belanja adalah dua kata yang menggambarkan Dongdaemun. Daerah ini ditetapkan sebagai ‘Lokasi Khusus Wisata Kota Mode Dongdaemun’ pada tahun 2002 dan memberikan suasana berbeda dari kebanyakan pusat perbelanjaan. Di Dongdaemun pengunjung dapat merasakan pengalaman yang unik dari merasakan berbelanja di flea market tradisional sekaligus berbelanja di kompleks perbelanjaan modern.

Kompleks Perbelanjaan Dongdaemun

Walaupun wisatawan internasional cenderung mengunjungi pusat perbelanjaan yang modern, namun keberadaan Kompleks Perbelanjaan Dongdaemun dan Pyounghwa Fashion Town juga sangat direkomendasikan. Pengunjung dapat merasakan suasana berbeda dari kebanyakan pusat perbelanjaan serta dapat merasakan sensasi belanja di pasar loak tradisional. Kompleks perbelanjaan Dongdaemun mengutamakan penjualan kain, kancing dan material lain yang serupa sementara komoditas yang berhubungan dengan fashion dapat kamu temukan di Pyounghwa Fashion Town.

Alamat:
•    Kompleks Perbelanjaan Dongdaemun: 266, Jong-ro, Jongno-gu, Seoul
•    Pyounghwa Fashion Town: 274, Cheonggyecheon-ro, Jung-gu, Seoul
Petunjuk arah:
•    Kompleks Perbelanjaan Dongdaemun: Stasiun Dongdaemun (kereta bawah tanah Seoul line 1, 4) pintu keluar 9. Berjalan kaki kira-kira 2 – 3 menit.
•    Pyounghwa Fashion Town: Stasiun Dongdaemun (kereta bawah tanah Seoul line 1, 4) pintu keluar 8. Berjalan kaki kira-kira 3 – 5 menit.
Waktu operasional:
•    Kompleks Perbelanjaan Dongdaemun: Kain 08.00 -18.00 / Aksesoris 09.30 – 19.00 / Perlengkapan pernikahan 08.00 – 19.00
     *Waktu operasional tergantung dari tiap toko. Tutup lebih awal pada hari sabtu
     *Tutup pada hari libur Seollal & Chuseok
•    Pyounghwa Fashion Town: 22.00 – 18.00
Situs web:
•    Kompleks Perbelanjaan Dongdaemun: ddm-mall.com (Korean, English, Japanese, Chinese)
•    Pyounghwa Fashion Town: pyounghwa.com (Korean, English, Japanese, Chinese)

Dongdaemun Design Plaza (DDP)

Dongdaemun Design Plaza

Landmark dari Dongdaemun ini dirancang oleh arsitek terkenal di dunia, Zaha Hadid. DDP berbentuk spiral yang berputar-putar, desain ini mewakili dinamika Dongdaemun Fashion Town. 

Interior Dongdaemun Design Plaza

Fitur luar biasa dari DDP terletak pada kurva dan arsitektur atipikal yang dimilikinya. Kamu tidak akan menemukan garis lurus serta sudut kanan di seluruh bagian gedung ini. Ada tujuh lantai di gedung ini (3 lantai bawah dan 4 lantai atas) tapi yang mengejutkan adalah keberadaan lantainya yang tidak dapat dibedakan dari luar. 

Struktur yang dimiliki DDP tidak hanya unik di bagian luar, namun juga sangat menakjubkan di bagian dalamnya. Kompleks ini sangat nyaman dan membuat penjelajahan menjadi sangat menyenangkan dengan pembagian empat segmen seperti ‘Art Hall’, ‘Museum’, ‘Lab Desain’, dan ‘Oullim Square’ . kamu juga bisa menemukan mawar LED sebanyak 25.550 di taman DDP ini yang membuat pemandangan malam di sini menjadi sangat menakjubkan. Bangunan ini menjadi salah satu lokasi kencan yang sangat romantis.

TIPS) Pasar Malam Seoul Bamdokkaebi yang secara eksklusif diadakan pada hari Jumat & Sabtu

Jangan lewatkan Kemeriahan Pasar Malam Bamdokkaebi yang eksklusif, pasar malam ini berlangsung hingga minggu terakhir di bulan Oktober, setiap hari Jumat dan Sabtu mulai jam 6 sore sampai jam 11 malam. Pengunjung dapat menikmati berbagai jajanan makanan bahkan fashion show unik yang di sutradarai oleh desainer muda.

Alamat: 281, Eulji-ro, Jung-gu, Seoul
Petunjuk arah: Stasiun Dongdaemun History & Culture park (Kereta bawah tanah Seoul line 2, 5, 4), pintu keluar 1. Berjalan kaki kira-kira 4 – 5 menit. 
Waktu operasional (area interior): 
•    Museum: Hari kerja 10.00 – 19.00 / Jumat – Sabtu: 10.00 – 21:00 *senin tutup
•    Design Lab: Hari kerja 10.00 – 21.00 / akhir pekan & hari libur nasional: 10.00 – 22.00 *ditutup pada senin ketiga setiap bulannya
•    Rose Garden Lighting: 19.00 – 00.00
Situs web: www.ddp.or.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

Pasar Malam Dongdaemun (Sebit Market)

Pasar Malame Dongdaemun

Ketika malam mulai datang, pasar malam mulai terlihat di belakang Dongdaemun Design Plaza, kios-kios mulai muncul di jalan dengan tenda kuning dan mulai terlihat hidup ketika pukul 11 malam. Pada waktu lampau, pemandangan ini sering disebut sebagai “nota” kata majemuk yang terbentuk dari “noran” (yang berarti kuning dalam bahasa Korea) dan ‘tawol’ (menara jika diucapkan dalam bahasa Korea), sejak pasar malam ini terletak di depan Doosan Tower, sekarang pasar ini berubah nama menjadi Pasar Dongdaemun Sebit.

Maskot dari Pasar Dongdaemun Sebit

Di depan pintu masuk Pasar Dongdaemun Sebit, kamu akan disambut dengan maskot burung hantu yang lucu, diikuti dengan deretan kios yang menjajakan berbagai barang. Selain berbelanja, kamu juga bisa menikmati jajanan streetfood untuk menyantapnya pada malam hari seperti gimbap, tteokbokki, dan sundae.

Petunjuk arah: Stasiun Dongdaemun History & Culture park (Kereta bawah tanah Seoul line 2, 4, 5), pintu keluar 3. Berjalan kaki kira-kira 2 – 3 menit. 
Waktu operasional: 23.00 – 03.00 *Hari Sabtu tutup
*tenda kuning dipasang sekitar pukul 20.00 – 21.00 dan sebagian penjual tutup sekitar pukul 02:00 pagi. 


Informasi lebih lanjut

Situs web kebudayaan & pariwisata Seoul Jung-gu: www.junggu.seoul.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)


*Kolom ini terakhir diperbarui pada Maret 2018, maka dari itu informasi yang tersedia bisa saja berbeda dari yang tersedia di sini. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa situs web resmi sebelum mengunjungi kolom ini.

Share This Article

Related Post

Taman Alam Hueree

Restoran Trevia

Restoran Gukje Milmyeon

Kereta Hwaseong

Sokcho Expo Tower

Istana Kaca Jeju