Panduan untuk Menikmati Pesisir Timur Pulau Jeju

Panduan untuk Menikmati Pesisir Timur Pulau Jeju

Sebagai wisata yang kerap dikunjungi, popularitas Pulau Jeju selalu mengalami peningkatan. Akhir-akhir ini wisatawan mulai melakukan kegiatan liburan panjang di pulau ini. Walapun beberapa objek wisata Pulau Jeju telah melakukan kegiatan pemasaran, namun masih banyak surga tersembunyi yang tersebar di pulau ini, mulai dari keberadaan pantai yang tidak terlalu luas dengan menghadirkan menu lokal khas Pulau Jeju, serta keberadaan toko suvenir yang menggemaskan. Bersiaplah untuk mencari harta karun tersembunyi pulau ini dengan melakukan perjalanan yang akan merevitalisasi fikiran dan jiwamu!

Telusuri jalan pesisir untuk menemukan objek wisata menarik di Pulau Jeju bagian timur


Pantai Hamdeok Seoubong – Pantai Gimnyeong Seonsegi – Pantai Woljeongri – Pyeongdae-ri & Jongdal-ri

 

Titik awal untuk menjelajahi pesisir timur Pulau Jeju, Pantai Hamdeok Seoubong

Pantai Hamdeok Seoubong


 

Pantai Hamdeok Seoubong dapat dicapai sekitar 40 menit berkendara dari Bandara Internasional Jeju, menuju Puncak Seongsan Ilchulbong. Pulau kecil ini memiliki air laut biru kehijauan yang seakan menyerupai Maladewa. Pantai ini sempurna bagi perenang pemula ataupun bagi keluarga, karena memiliki air yang dangkal. Pada musim semi, kamu dapat melihat harmonisasi mengaggumkan dari bunga canola di dekat pantai dengan lapangan yang menguning, ditambah pemandangan lautan biru akan menciptakan pemandangan yang luar biasa. Selain itu, wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dengan menelusuri jalan setapak, kemudian melalui jembatan gantung menuju Puncak Seoubong. Pantai Seoubong merupakan salah satu dari beberapa pantai di Pulau Jeju yang tetap dibuka pada malam hari selama musim panas. Jangan lewatkan kesegaran angin sore yang ditawarkan Pulau Jeju!

 

Menikmati sajian makanan dan minuman di pinggir pantai, Mooger Burger dan Delmoondo

 

Kafe Delmoondo dan Mooger Burger



Dengan keberadaan ombak yang sempurna untuk berselancar serta kegiatan kayak laut, Pantai Hamdeong Seoubong merupakan surga bagi para penggemar aktivitas air. Melakukan banyak kegiatan air memang begitu menyenangkan, namun hal ini cepat memicu rasa lapar, nah, kehadiran Kafe Delmoondo dapat menjadi tempat sempurna untuk bersantai maupun mengembalikan energi karena lokasinya yang tepat di pinggir pantai. Meneguk minuman dingin sambil menikmati pemandangan laut dari Kafe ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kesejukan angin laut terasa menyegarkan dan mampu membuatmu melupakan udara panas musim panas.

Jika kamu ingin menikmati makanan mengenyangkan, Mooger Burger merupakan pilihan terbaik. Mooger Burger menyediakan roti burger handmade yang terbuat dari sayuran lokal seperti wortel, bayam, dan bawang. Roti ini tidak hanya terasa lezat, namun juga lebih sehat dari roti burger pada umumnya, karena tidak menggunakan bahan pengawet. Satu gigitan dari burger ini yang ditambah dengan bir dingin mampu membuat kombinasi sempurna sebagai santapan musim panas.

 

Pantai Hamdeok Seoubong
Alamat:
525, Johamhaean-ro Jocheon-eup, Jeju-si, Jeju-do
Pertanyaan: +82-64-728-3394 (Korean, English)

Café Delmoondo
Alamat:
519-10, Johamhaean-ro Jocheon-eup, Jeju-si, Jeju-do
Jam operasional: 07.00-24.00 (Pesanan terakhir pukul 23.30)
Menu khas: Americano 6.000 won (500 won untuk tambahan es) / Ade 7.000 won
Pertanyaan: +82-64-101-0007 (Korean only)

Mooger Burger
Alamat:
356, Johamhaean-ro, Jocheon-eup, Jeju-si, Jeju-do
Jam operasional: 11.00-19.00 (waktu istirahat 15.00-16.00, pesanan terakir 18.50) / Hari Rabu tutup
Menu khas: Hamburger & French Fries meal 9.500 won / Soft drink 2.000 won / Bir 8.000 won

 

Ikuti turbin angin untuk mencapai Pantai Gimnyeong Seongsegi

Pantai Gimnyeong Seogsegi (atas&kiri bawah) dan Tur Kapal Pesiar Gimnyeong (credit kanan bawah: Jeju-si)


 

Berkendara sekitar 20 menit dari Pantai Hamdeok Seoubong akan mengantarkanmu menuju Pantai Seongsegi di Gimnyeong. Saat kamu menuju Pantai Seongsegi di jalan yang menghubungkan Gimnyeong dan Woljeong-ri, kamu akan segera menyadari keberadaan turbin angin besar yang berjejer di sisi jalan. Ikuti jalur di sisi turbin angin untuk mencapai Pantai Seongsegi yang menjadi titik akhir keberadaan turbin angin tersebut. Laut biru yang berkilau ditambah dengan kehadiran turbin angin, sukses menghadirkan pemandangan yang memukau. Terdapat dua cara untuk menikmati Pantai Gimnyeong Seongsegi, yang pertama adalah dengan naik ke atas kapal pesiar untuk melihat lebih dekat keindahan laut ini, sekaligus melakukan kegiatan memancing, dan jika beruntung kamu akan melihat segerombol ikan lumba-lumba sedang berenang. Nah, cara lain untuk menikmati Pantai Gimnyeong Seongsegi adalah dengan melakukan kegiatan berkemah sepanjang malam. Lokasi kemah terletak di dekat pantai Pantai Gimnyeong Seongsegi, dan merupakan tempat sempurna untuk merasakan kesejukan udara pantai. Habiskan malam dengan suara ombak yang seolah menjadi lagu pengantar tidurmu!

 

Pantai dengan kafe-kafe serta perahu kayak di Pantai Woljeongri

Kegiatan naik perahu di atas air sebening kristal (Credit atas: Jeju-si) & Kafe Munui (bawah) di Woljeong-ri


 

Dengan nama yang memiliki arti “Sebuah tempat istirahat sang rembulan”, Pantai Woljeongri begitu menarik karena mampu menghadirkan kejernihan air lautnya, bahkan kamu dapat melihat dasar lautan ini. Berkat air yang menawan di Pantai Woljeongri, mengarungi pantai dengan kehadiran air jernih merupakan salah satu aktivitas populer di Pantai ini.

Objek wisata lain di Pantai Woljeongri yang harus kamu kunjungi adalah Kafe Munui, yaitu sebuah kafe unik dengan latar Instagramable. Kafe ini diisi dengan perabotan dan barang antik yang dikumpulkan dari seluruh dunia oleh pemilik kafe tersebut.
Salah satu menu rekomendasi kafe ini adalah handmade latte yang dibuat dengan jeruk hijau lokal dan kopi susu kental manis untuk meningkatkan energimu. Kafe ini juga menawarkan Sandwhich Banh Mi khas Vietnam untuk menghilangkan rasa lapar para pengunjung.

Pantai Gimnyeong Seongsegi
Alamat:
9, Haemajihaean-ro, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do
Pertanyaan: +82-64-728-3394 (Korean, English)

Pantai Woljeongri
Alamat:
480-1, Haemajihaean-ro, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do
Pertanyaan: +82-64-728-3394 (Korean, English)

Tur Pesiar Gimnyeong
Alamat:
229-16, Gujwahaean-ro, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do
Tarif (Tur lumba-lumba 60 menit): Dewasa 60.000 won, Anak-anak (umur 3-19 tahun) 40.000 won *Anak-anak di bawah 36 bulan gratis dengan pengawasan orang tua
Jam operasional: 09.00-19.00 Waktu tutup dapat berubah setiap bulannya berdasarkan perubahan waktu matahari tenggelam / Tur diselenggarakan setiap 1 jam 10 menit / buka sepanjang tahun *pemesanan awal disarankan karena kemungkinan perubahan waktu yang disebabkan oleh cuaca
Pertanyaan: +82-64-782-5271~3 (Korean only)
Situs web: www.gnytour.com (Korean only)

Lokasi Kemah Pantai Gimnyeong
Alamat:
7-6, Haemajihaean-ro, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do
Tarif: Penyewaan tenda ukuran sedang 10.000 won / besar  20.000 won / tarp 10.000 won
*penggunaan tenda pribadi diperbolehkan
Jam operasional: Buka sepanjang tahun
Pertanyaan: +82-10-6679-7171 (Korean only)

Perahu kayak Taboka Woljeongri
Alamat:
1440-4, Woljeong-ri, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do
Jam operasional: 09.00-18.00 (atau 30 menit sebelum matahari terbenam) / kegiatan ini akan berlangsung selama 20 menit
*waktu tutup bervariasi berdasarkan waktu matahari terbenam
Tarif: Dewasa 10.000 won / Anak-anak (12 bulan – 7 tahun) 5.000 won
*12 bulan sampai umur 15 bulan tidak dapat mengendarai sendiri
*untuk keamanan, wanita hamil dan anak-anak di bawah 12 bulan tidak diperkenankan

Kafe Munui
Alamat:
56, Woljeong 5-gil, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do
Jam operasional: 11.00-19.00 / Tutup pada Hari Jumat
Menu khas: Condensed Milk Latte 6.000 won / Green Tangerine Latte 7.000 won / Grapefruit Latte 6.000 won / Banh Mi Sandwhich 9.000 won

 

Perjalanan menuju wonderland di Daesugil Dabang dan Toko Buku Sosimhan 

 

Daesugil Dabang 

Berfoto dan membeli suvenir merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat perjalanan menjadi tak terlupakan, nah, di Daesugil Dabang, Pyeongdae-ri, kamu dapat melakukan dua kegiatan tersebut secara sekaligus, bahkan sambil menikmati minuman di kafe. Di sini kamu dapat menemukan beragam pilihan suvenir, termasuk lilin, kartu pos, maupun sebuah dreamcatcher. Selain itu, yang membuat Daesugi Dabang menjadi begitu spesial adalah dengan keberadaan lilin jeli unik yang dibuat toko ini. Lilin ini dapat kamu gunakan sebagai oleh-oleh yang begitu mewakili pulau jeju, karena lilin ini terbuat dari bahan-bahan lokal seperti kulit kerang dan kumpulan pasir Pulau Jeju. Ada beberapa macam lilin yang dapat kamu pilih, masing-masing memiliki warna dan aroma yang khas. Toko ini merupakan hasil renovasi dari rumah tradisional khas Jeju yang masing-masing areanya dirancang dengan tema berbeda. Toko ini juga berperan sebagai sebuah kafe, jadi kamu dapat menikmati minuman kafe sambil mencari suvenir-suvenir menarik.

Toko buku Sosimhan 

Kendala bahasa tidak menjadi masalah di Toko Buku Sosimhan yang berlokasi di ujung timur Pulau Jeju, Jongdal-ri. Toko ini menjual berbagai novel dan esai, namun buku ilustrasi menggemaskan menjadi yang paling populer di kalangan turis internasional.
Mungkin sangat sulit untuk tidak membeli apa-apa di toko buku ini, karena Toko Buku Sosimhan juga menyediakan barang-barang unik seperti kartu post, poster, ponsel, barang dekorasi, serta suvenir yang dibuat langsung oleh artisan lokal Pulau Jeju. Di sudut toko ini, wisatawan dapat istirahat sejenak sambil menikmati secangkir kopi atau teh. Manjakan dirimu dengan menikmati kopi sambil bersantai di sofa!

Daesugil Dabang
Alamat: 1202, Haemajihaean-ro, Jeju-si, Jeju-do
Jam operasional: 11.00-17.00 / Tutup pada hari Selasa
Menu khas dan suvenir: Strawberry Tea, Jeju Green Tea Latte, Jejubadang Candle
Situs web: jejubadang.me (Korean only)

Toko Buku Sosimhan
Alamat: 29-6, Jongdaldong-gil, Jeju-si, Jeju-do
Jam operasional: 10.00-18.00 (waktu istirahat 12.00-13.00) / buka sepanjang tahun (dapat berubah sewaktu-waktu)
Situs web: sosimbook.com (Korean only)

Informasi lebih lanjut 

Transportasi (Seoul -> Jeju) Terbang dari Bandara Internasional Gimpo (Terminal Domestik) menuju Bandara Internasional Jeju (Terminal Domestik)
Situs web Terminal Internasional Gimpo: www.airport.co.kr/gimpo (Korean, English, Japanese, Chinese)
Situs web Terminal Internasional Jeju: www.airport.co.kr/jeju (Korean, English, Japanese, Chinese)
Situs web pariwisata Jeju: www.visitjeju.net (Korean, English, Japanese, Chinese)
1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)

*Kolom ini terakhir diperbarui pada Agustus 2018, maka dari itu informasi yang ditampilkan dapat berbeda. Kami menyarankan untuk memeriksa langsung ke situs resmi.

Share This Article

Related Post

Hongsi Guesthouse

Restoran Sushigen

Hoze

Guest House Boa House

Menara Wando

Incheon Art Platform