Perjalanan Musim Semi Berjalan Kaki di Pulau Geojedo

Harum bunga yang menggelitik ujung hidung mulai menggairahkan hati juga. Musim semi sedang mekar penuh, dan saya dipenuhi dengan keinginan untuk berjalan sepanjang hari tanpa arah sambil menikmati warna musim yang lembut. Tidak ada yang bisa duduk dan membiarkan musim yang indah ini berlalu. Pada suatu hari musim semi yang cerah ketika angin musim semi bertiup lembut, saya mengambil ransel saya dan memulai perjalanan. Saya menuju ke selatan di mana saya mengharapkan untuk mengalami kepenuhan musim semi. Berjalan lebih jauh ke selatan, saya mencapai Pulau Geojedo di bagian paling akhir. Bahkan musim dingin terasa hangat di Pulau Geojedo tempat musim semi tiba paling awal di Korea.

Sonanggoo, Penginapan Hanok di Musim Semi yang Hijau

Pada hari pertama bulan April, Seoul masih terasa dingin karena hawa dingin yang terakhir. Namun, keadaan berbeda di Penginapan Sonanggoo. Bunga sakura mekar penuh dan daffodil kuning dapat ditemukan di mana-mana. Bunga-bunga musim semi ini selaras dengan warna biru Laut Selatan, membuat semua orang yang melihatnya merasa seperti melangkah ke dalam lukisan. Apa yang akan menjadi akomodasi yang sempurna untuk tempat seperti ini? Tidak butuh waktu lama untuk menemukan jawaban atas pertanyaan ini. Saya persembahkan untuk Anda Sonanggoo, bangunan hanok tradisional yang diselimuti aroma tanah.

Photo_Sonanggoo

Penginapan Sonanggoo, bangunan hanok tradisional berskala besar yang terkenal, terletak di pintu masuk Universitas Koje. Setibanya di penginapan, dengan naik Bus No. 20 di Terminal Bus Gohyeon, mata saya terbuka lebar karena terkejut. Di atas lahan seluas 19.835 m2, bunga liar dan bunga sakura telah dirawat oleh pemiliknya, menciptakan harmoni yang indah dengan bangunan hanok tradisional yang terbuat dari tanah liat merah dan pohon pinus. Musim semi sepenuhnya terkandung di dalamnya. Saya pikir cukup menikmati musim semi hanya dengan tinggal di sini tanpa pergi keluar.

Sonanggoo terbagi menjadi Penginapan Sonanggoo, Penginapan Yenmasil, dan Paviliun Sonanggoo. Penginapan Sonanggoo memiliki kamar untuk dua orang seluas 43 m2, kamar keluarga seluas 60 m2, dan kamar keluarga besar seluas 100 m2. Karena saya bepergian sendirian, saya menginap di “Haesongjeong,” kamar seluas 43 m2. Ruangan tersebut terdiri dari kamar tidur, kamar kecil, dan ruang tamu, sehingga cukup luas untuk digunakan sendiri. Berkat pohon pinus yang mengelilingi rumah, saya merasa seperti telah memasuki pelukan ibu pertiwi bahkan di dalam ruangan. Dapur memiliki perangkat memasak termasuk panci masak dan microwave, dan barbekyu luar ruangan yang juga tersedia.

Saya menuruni tangga dari gedung tempat saya menginap sampai saya mencapai kedai teh yang disebut "Byeoljeongmasil". Di sana, saya minum secangkir teh jujube hangat yang diseduh oleh pemiliknya untuk saya. Berkat istirahat singkat yang saya nikmati sambil minum secangkir teh, saya dapat sepenuhnya melepaskan diri dari rasa lelah yang disebabkan oleh perjalanan jauh dari Seoul ke Geoje. Mulai April 2022, Byeoljeongmasil hanya tersedia hingga pukul 17.00.

Photo_Sonanggoo

Setelah bersantai sambil minum teh, saya keluar dari kamar dan naik ke lantai dua di mana saya bisa melihat ke bawah ke seluruh Penginapan Sonanggoo dan Pelabuhan Jisepo. Di sini, saya menghabiskan waktu cukup lama. Setelah matahari perlahan terbenam, lautan dengan cepat menjadi gelap dan lampu kuning dinyalakan di berbagai titik di sepanjang Penginapan Sonanggoo. Pemandangan itu mengingatkan saya pada sebuah adegan dari film animasi Miyazaki Hayao, Spirited Away. Saya menghabiskan malam musim semi pertama di Pulau Geojedo mengagumi pemandangan ini untuk waktu yang lama.

Pada pukul 6.30 pagi, waktu di mana saya biasanya tertidur lelap, mata saya terbuka lebar. Hal itu mungkin karena musim semi terasa di udara. Saya berpakaian ringan dan berjalan keluar pintu. Saya menuruni tangga dari Haesongjeong untuk mencapai Taman Sonanggoo yang luasnya sekitar 6.600 m2. Saya berjalan menuju sisi kanan taman untuk mencapai ayunan yang dibuat oleh pemiliknya, yang diberi nama “Geoje Swing” sesuai dengan tujuan wisata “Bali Swing” di Bali. Saya mendengarkan lagu di ayunan, yang menawarkan pemandangan laut, dan menikmati pagi hari di Geoje.

Pemandangan Luar Biasa Pulau Geojedo di Pulau Haegeumgang

Ragu-ragu saat meninggalkan akomodasi saya, saya mulai melihat-lihat Pulau Geojedo setelah check-out. Setelah berjalan sekitar 30 menit dari Penginapan Sonanggoo (20 menit dengan bus dan lima menit dengan mobil), Anda akan mencapai Pelabuhan Jangseungpo di mana Anda dapat mengikuti tur kapal pesiar ke Oedo-Botania. Saya memesan produk kemasan yang menambahkan tur pelayaran Pulau Haegeumgang ke perjalanan pulang pergi ke Oedo-Botania. Saya memesan terlebih dahulu karena reservasi online ditawarkan dengan harga diskon sebesar 14.000 won dibandingkan dengan harga yang tercantum sebesar 20.000 won. Tur memakan waktu sekitar 3,5 jam. Saya sarankan naik perahu di pelabuhan lain jika ingin mengunjungi Oedo-Botania saja.

Photo_Sonanggoo

Lima menit setelah meninggalkan pelabuhan, saya sampai di Pulau Jisimdo, juga dikenal sebagai Pulau Dongbaekseom, di sebelah kiri. Segera, samar-samar saya bisa melihat Pulau Tsushima dari jauh. Dimulai dengan batu laut yang disebut Bride and Groom Rock (Batu Pengantin Wanita dan Pengantin Pria) yang berbentuk seorang wanita yang duduk di pangkuan seorang pria, pemandangan indah Pulau Haegeumgang terbentang dengan segala kemegahannya. Di atas kapal, penjelasan diberikan di berbagai tempat di pulau berbatu yang indah termasuk Batu Chotdaebawi yang berdiri berbahaya dan Batu Sajabawu yang konon paling indah saat matahari terbit. Kami sangat beruntung hari ini karena pulau kecil hanya dapat dijelajahi saat cuaca bagus. Keberuntungan ini mengangkat semangat saya.

Musim Semi yang Eksotis di Oedo-Botania

Setelah menempuh satu jam perjalanan Haegeumgang Tour, akhirnya kami tiba di tujuan akhir Oedo-Botania. Oedo-Botania adalah taman tumbuhan laut di dalam Taman Nasional Hallyeohaesang yang dikenal sebagai Surga Laut Selatan. Taman itu layak disebut surga karena ada lebih dari 740 tanaman tropis langka dan bunga serta pepohonan yang indah berjejer di berbagai lokasi termasuk Stairway to Heaven (Tangga ke Surga), Taman Venus, dan Taman Benvenuto begitu saya mendarat di pulau dan berjalan di jalan setapak.

Pulau yang menyerupai tempat di Eropa yang terletak di sepanjang Laut Mediterania ini dikenal penuh dengan bunga yang mekar sepanjang tahun. Saya pikir saya bisa kembali ke sini setelah musim hangat berakhir dan cuaca dingin tiba, untuk menikmati hari-hari musim semi setiap kali saya merindukan musim semi.

Photo_Musim Semi

Musim Semi yang Menyegarkan di Jalur Rebung Maengjong

Saya kemudian berangkat mencari jalan Geoje. Berbagai jalur pejalan kaki terbentuk di dalam Pulau Geojedo. Saya pertama kali memilih Jalur Rebung Maengjong yang memiliki rumpun bambu yang lebat. Kursus ini terdiri dari tiga bagian. Saya menyusuri seksi 1 dan 2 yang dimulai dari pintu masuk Desa Sahwan dan dilanjutkan ke Jalur Taman Maengjongjuk. Ketiga bagian tersebut bertambah hingga 8 km, tetapi siapa pun dapat berjalan di jalur ini karena jalannya diaspal dengan baik.

Pulau Geojedo memiliki jumlah maengjongjuk (sejenis pohon bambu) terbesar di Korea. Taman Maengjongjuk di bagian 2 dikemas dengan berbagai elemen yang memberi Anda pengalaman unik. Di sini, Anda akan menemukan pemandangan yang membersihkan kotoran dari tubuh dan pikiran. Saya merekomendasikan pengunjung untuk berjalan di Jalur Rebung Maengjong pada bulan April saat langit lebih cerah dari sebelumnya, untuk menikmati suasana musim semi yang menyegarkan.

Photo_Jalur Bukit Berangin

Jalur Bukit Berangin di mana Angin Musim Semi Berhembus Lembut

Setelah berjalan di jalur utara Pulau Geojedo, saya turun ke Desa Dojangpo, berpikir bahwa selanjutnya saya harus berjalan di jalur selatan. Desa ini adalah rumah bagi “Bukit Berangin”, yang terkenal dengan lanskap indahnya yang menampilkan samudra biru dan kincir angin. Anda juga dapat mengunjungi “Jalur Bukit Berangin” yang melewati Bukit Berangin. Jejak ini menghubungkan Pelabuhan Dojang ke Bukit Berangin, Observatorium Ujebong, dan Tempat Parkir Haegeumgang dan termasuk jalur pendakian yang mudah yang membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam untuk menyelesaikannya.

Sorotan dari jejak ini adalah bagian 1 dari Windy Hill. Berhentilah sejenak di sini dan duduklah di sini untuk merasakan angin sepoi-sepoi yang menyenangkan. Itu adalah jalan musim semi yang sempurna yang menampilkan lautan, gunung, dan angin musim semi Geoje.