Pesona & Kegembiraan Tradisional yang Bertemu di Festival Lentera Lotus

Pesona & Kegembiraan Tradisional yang Bertemu di Festival Lentera Lotus

Pameran Tradisional Lotus (Foto: Yeon Deung Hoe)
 

Yeon Deung Hoe (Festival Lentera Lotus) adalah acara tahunan yang mewarnai Korea dengan lentera terang dalam perayaan kelahiran Buddha. Dimulai sebagai festival keagamaan pada masa Dinasti Silla (57 SM – 935 M), festival tradisional ini mulai dinikmati oleh ribuan orang setiap tahun, terlepas dari latar belakang, kebangsaan atau agama.

 

Sogan untuk festival tahun 2017 adalah “Kita Bisa Membuat Dunia Tanpa Diskriminasi,” yang diciptakan demi menyebarkan rasa hormat dan kebaikan dengan mengundang warga untuk berkumpul. Berbagai program dan acara sudah terjadwal, mulai dari parade lentara yang menampilkan lentara berbenuk patung Buddha hingga konser bincang-bincang diadakan oleh para biksu di plaza kebudayaan Buddhisme.

Mengintip ke Festival Lentera Lotus

Pengunjung internasional yang datang ke Korea pada akhir April pastinya tidak boleh melewatkan kesempatan bagus ini! Festival Lentera Lotus adalah acara besar yang hanya berlangsung menjelang akhir April. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang berragam aktivitas dan hal-hal yang harus di lihat di festival ini!?

1. Parade Lentera Lotus

 

Parade Lentera Lotus. (Foto: Yeon Deung Hoe)

 

Acara utama dari Festival Lentera Lotus adalah parade lentera! Melintasi Gerbang Heunginjimun dan lewati Jongno Avenue serta Jogyesa Temple, parade skala besar ini benar-benar satu acara yang tidak boleh dilewatkan. Mengikuti tema di tahun ini, parade akan menyuguhkan lentera besar dengan bentuk Empat Dharma dari ajaran Buddha yang menggambarkan petunjuk untuk semua makhluk yang hidup di darat, bawah tanah, udara, dan air. Keempat bentuk dari ajaran ini akan menunjukkan betapa kuatnya ajaran Buddha dan mengajak semua makhluk hidup untuk hidup harmonis satu sama lain tanpa diskriminasi.

 

Turis internasional yang hadir ke acara ini juga bisa ikut mempelajari gerakan ritmis yang ada di dalam parade lewat bantuan dari kelompok sukarelawan Global Supporters. Sebagai tambahan, parade tahun ini juga akan lebih terasa spesial, karena adanya partisipasi dari beberapa negara sahabat yang ikut mempersembahkan lentera yang merepresentasikan negeri mereka, seperti Thailand dan Taiwan.

 

??? Tanggal: 29 April 2017, pukul 19:00-21:30 KST

?? Lokasi: Area di sekitar Jongno Avenue (Gerbang Heunginjimun -> Kuil Jogyesa)

?? Petunjuk Arah (start point dari parade): Stasiun Dongdaemun (Seoul Subway jalur 1, 4), exit 6 atau 9. Jalan kaki sekitar 1-2 menit untuk mencapai lokasi festival.

?? Pertanyaan: (International Pogyo +82-2-722-2206 (bahasa Korea, Inggris) / [email protected]

*Pengunjung yang ingin berpartisipasi dalam acara ini harus menghubungi lewat telepon atau email terlebih dulu untuk menerima formulir.

 

2. Pertunjukan Lentera Tradisional

 

Pertunjukan lentera tradisional di sepanjang Perairan Cheongyecheon. (Foto: Yeon Deung Hoe)

 

Untuk mengenang kelahiran Sang Buddha, pertunjukan dari lentera tradisional akan digelar selama 10 hari di berbagai lokasi di Seoul termasuk Taman Ujeong, Kuil Jogyesa, Kuil Bongeunsa, dan Perairan Cheongyecheon. Pertunjukan ini akan mempersembahkan keindahan dan pesona kertas tradisional Korea (hanji) yang diubah menjadi lentera berbagai bentuk. Nantinya Perairan Cheonggyecheon akan menampilkan lentera berkualitas dengan tema 'yeomcheon' yang memiliki arti 'memikirkan langit'.

 

??Tanggal: 28 April--7 Mei 2017

??Lokasi: Area Perairan Cheonggyecheon, Kuil Jogyesa, dan Kuil Bongeunsa

??Petunjuk Arah:

- Perairan Cheonggyecheon (Cheonggye Plaza): Stasiun Gwanghwamun (Seoul Subway jalur 5), Exit 5. Jalan kaki sekitar 5 menit.

- Kuil Jogyesa: Stasiun Anguk (Seoul Subway jalur 3), Exit 6. Jalan kaki sekitar 6 menit. / Stasiun Jonggak (Seoul Subway jalur 1), Exit 2. Jalan kaki sekitar 6 menit.

- Kuil Bongeunsa: Stasiun Bongeunsa (Seoul Subway jalur 9), Exit 1. jalan kaki sekitar 2 menit. / Stasiun Samseong (Seoul Subway jalur 2), Exit 6. Jalan kaki sekitar 12 menit.?

 

3. Acara Budaya Tradisional


 

Pengunjung Internasional Membuat Lentera (Foto: Yeon Deung Hoe)


Zona Budaya Tradisional akan disiapkan di depan Jogyesa Temple, yang menampilkan sekitar 130 stan yang dijalankan oleh organisasi Budha dan kuil dari seluruh penjuru negeri. Stan-stan ini menyediakan sebuah kesempatan bagi pengunjung untuk belajar dan lebih memahami tentang budaya Budha. Pengunjung internasional secara khusus akan menikmati kesempatan untuk mencoba makanan kuil dan kerajinan tangan.

Salah satu kegiatan terpopuler adalah kontes lentera teratai (tersedia pra-pemesanan) karena para peserta bisa membuat lentera pribadi mereka. Ada banyak kegiatan langsung dan hal lain untuk dilihat di zona budaya. Pertunjukkan yang berkaitan dengan Budha, makanan kuil, dan berbagai pengalaman juga disiapkan untuk peserta lokal dan internasional untuk menikmati dan belajar tentang budaya lokal ini menggunakan kelima panca indra.

? Tanggal: 12:00-19:00 30 April 2017
? Tempat: Area Jogyesa Temple
? Petunjuk Arah: Stasiun Jonggak (Seoul Subway Jalur 1), Exit 2. Jalan sekitar 6 menit. / Stasiun Anguk (Seoul Subway Jalur 3), Exit 6. Jalan sekitar 6 menit.
? Pertanyaan (kontes lentera teratai): International Pogyo +82-2-722-2206 (bahasa Korea, Inggris) / [email protected]
? Meskipun pendaftaran di tempat juga tersedia, disarankan untuk melakukan pra-pendaftaran karena terbatasnya tempat. Peserta yang tertarik harus menghubungi atau mengirim email untuk menerima formulir pendaftaran.


4. Yeondeungnori (Perayaan Terakhir)


 

Parade Anak-Anak Jogyesa Temple selama Yeondeungnori (Foto: Yeon Deung Hoe)


Dari jalanan Insa-dong sampai jalan sebelum Jogyesa Temple dan seluruh area sekitar Jongno, Festival Lentera Teratai akan diakhiri dengan sebuah parade dengan lentera raksasa dan musik dari rombongan pertunjukan jalanan. Para penampil, pengunjung, dan lentera akan bersatu dalam sebuah waktu yang menyenangkan penuh tarian dan tawa di jalanan.


? Tanggal: 19:00-21:00 30 April 2017
? Tempat: Jalanan sebelum Jogyesa Temple (Persimpangan Gongpyeong), Insa-dong
? Petunjuk Arah (Jogyesa Temple): Stasiun Jonggak (Seoul Subway Jalur 1), Exit 2. Jalan sekitar 6 menit. / Stasiun Anguk (Seoul Subway Jalur 3), Exit 6. Jalan sekitar 6 menit.


Info Lebih Lanjut
Yeon Deung Hoe (Festival lentera Teratai)
? Periode: 28-30 April 2017
? Tempat: Jalan Raya Jongno (Gerbang Heunginjimun ? Kuil Jogyesa), jalan di depan Kuil Jogyesa
? Yeon Deung Hoe website: www.llf.or.kr (bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Perancis, Jerman, Spanyol)
? Pertanyaan: +82-2-2011-1744 (bahasa Korea), +82-2-2011-1746 (bahasa Inggris)
? 1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (bahasa Korea, Inggris, jepang, Mandarin)

*Kolom ini terakhir diperbaharui pada bulan April 2017, dan karena itu informasi bisa berbeda dari apa yang disajikan di sini. Kami sarankan untuk mengecek rincian dari website resmi sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post