Pusat Pengalaman Sochang & Joyang Bangjik— Suara Tenun Kapas Sochang Bergema di Seluruh Pulau

Pusat Pengalaman Sochang & Joyang Bangjik— Suara Tenun Kapas Sochang Bergema di Seluruh Pulau

Sunja melihat ibunya menenun kain

Seorang gadis bernama Sunja tinggal di bagian utara Pulau Ganghwado. Setiap pagi, ia pergi ke pabrik kapas sochang untuk bekerja. Sochang, juga disebut sutra Ganghwa, adalah jenis kapas yang biasa digunakan untuk popok bayi atau lapisan selimut. Sunja memiliki tangan yang terampil seperti ibunya, yang pandai menenun tikar hwamunseok (jerami).

Jadi ketika seorang teknisi pabrik tekstil bernama Ma Jin-su membuka pabrik Pyeonghwajikmul untuk membuat kapas sochang, ia meminta Sunja untuk bekerja di pabriknya. Membuat kapas sochang memerlukan kerja keras. Setelah menghasilkan benang, kau perlu memutihkan, mengolah dan mengeringkannya.

Benang kering dililit pada gulungan, kemudian dianyam menjadi kain katun sochang. Sunja senang melihat seikat benang yang diikat di tiang panjang di luar. Menurutnya benang yang mengepak di angin terlihat seperti mie. Kain katun Sochang sangat populer dan dijual seperti hotcake. Ada beberapa pabrik sochang selain Pyeonghwajikmul. Pabrik sochang pertama adalah Joyangbangjik.

Sunja memeriksa kain katun sochang yang sudah selesai

Dikatakan pasokan listrik dan telepon dibawa ke pulau itu berkat operasi Joyangbangjik. Pabrik lain bernama Simdojikmul dibuka pada tahun 1947 dan mempekerjakan sebanyak 1.200 pekerja. Setiap tahun, sebuah kompetisi diadakan di antara lebih dari 60 pabrik kapas sochang di pulau itu, dan Sunja memenangkan kompetisi selama tiga tahun berturut-turut dan diberi julukan "Nona Sochang." Sunja sangat bangga dengan gelar itu. Pulau Ganghwado terkenal dengan kapas berkualitas terbaik di Korea, jadi terbaik di Ganghawdo berarti juga terbaik di negara ini.

Pulau Ganghwado memiliki sejarah manufaktur kain lebih dari 800 tahun. Sejarahnya dimuai pada abad ke-13 ketika Kerajaan Goryeo memindahkan ibukotanya ke pulau ini. Penduduk lokal di pulau itu bekerja siang dan malam untuk menenun tekstil dan tikar hwamunseok (spesialisasi lokal dari Pulau Ganghwado). Karena kualitasnya yang luar biasa, barang-barang lokal ini juga populer di negara-negara tetangga. Berkat industri kapas sochang, populasi pulau ini mencapai 100.000, dan kapas sochang bahkan diekspor ke AS dan Tiongkok. Setiap pagi dan sore, jalan-jalan dekat pabrik sochang dipenuhi dengan kendaraan komuter yang digunakan pekerja pabrik. Gang-gang terdekat dipenuhi dengan sauna dan penginapan karena pekerja pabrik sering mengunjungi sauna untuk membersihkan diri dari debu dan benang, beberapa pekerja bahkan tinggal di penginapan sebagai tamu jangka panjang. Namun, ketika kain buatan seperti nilon diperkenalkan dan pabrik-pabrik tekstil gaya modern berkembang di Daegu, pabrik-pabrik kapas sochang di Pulau Ganghwado menutup pintu mereka satu per satu dan pabrik-pabrik yang ditutup diabaikan begitu saja. Puluhan tahun kemudian, suara konstruksi memenuhi udara di daerah itu lagi. Pabrik Pyeonghwabangjik, tempat Sunja bekerja, dan rumah perusahaan berubah menjadi Pusat Pengalaman Kain Sochang. Selain itu, pabrik Joyangbangjik tempat sepupu Sunja bekerja telah diubah menjadi sebuah kafe. Meja kerja panjang berubah menjadi meja kopi dan dinding-dinding yang hampir runtuh direnovasi menjadi ruang galeri. Saat ini, orang-orang mengunjungi kafe bekas pabrik kapas ini untuk mengobrol sambil minum kopi dan makan kue seraya duduk di depan meja kerja. Semangat Sunja dihidupkan lagi, dan pabrik kapas sochang dilahirkan kembali.

Info Lebih Lanjut

Pusat Pengalaman Pabrik Sochang

☞ Alamat: 8, Nammunan-gil 20beon-gil Ganghwa-eup, Ganghwa-gun, Incheon
☞ Telepon: 032-934-2500
☞ Petunjuk Arah: Seberangi jalan utama di depan gerbang utama kantor Ganghwa-gun, jalan lurus sejauh 140 m lalu belok kanan dan lanjutkan sejauh 150 m sampai kamu melihat Pusat Pengalaman Kain Sochang di gang sebelah kiri.
☞ Jam Operasional: 10:00-18:00 (Tutup setiap Senin)
☞ Tiket Masuk: Gratis
☞ Tip : Pengunjung dapat bergabung dalam program kegiatan gratis untuk membuat sapu tangan stempel mereka sendiri.

Tampak depan Pusat Pengalaman Kain Sochang

Pameran alat tenun listrik di Pusat Pengalaman Kain Sochang

Aktivitas bebas - menghias sapu tangan katun sochang

Kapas, bahan utama kapas sochang

Kain katun sochang dalam berbagai warna

Joyangbangjik (cafe)
☞ Alamat:
12, Hyangnamu-gil 5beon-gil Ganghwa-eup, Ganghwa-gun, Incheon
☞ Telepon: 032-933-2192
☞ Petunjuk Arah: Berangkat dari Pasar Jungang Ganghwa, melewati Jungang Wedding Hall dan belok kiri di persimpangan Sinmun, dan kamu akan menemukan Joyangbangjik di sebelah kiri.
☞ Jam Operasional: Hari kerja 11:00-21:00, akhir pekan dan hari libur 11:00-22:00
☞ Situs Wisata Terdekat: Platform Wisata Ganghwa

Joyangbangjik, pabrik kain yang berubah menjadi kafe

Pintu masuk ke Joyangbangjik

Kafe dan galeri Joyangbangjik

Ruang luar di lantai 2

Kamar kecil wanita di kafe Joyangbangjik, tempat foto yang populer

Es teh mulberry dan kue wortel

Share This Article

Related Post