Pyeongchang & Jeongseon yang Bersih

Pyeongchang & Jeongseon yang Bersih

Wilayah    Pyeongchang-gun Gangwon-do
 
Durasi        2 HARI/1 MALAM

【 Foto: Peternakan Domba Daegwallyeong 】

SEKILAS PANDANG
Gangwon-do dikenal memiliki lingkungan terbersih di Korea, dengan udara segar dan ekosistem yang berkembang. Kota-kota di Pyeongchang dan Jeongseon menerima banyak wisatawan setiap tahun yang datang mencari lingkungan yang bebas polusi untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Pyeongchang, tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018, menawarkan banyak resort tempat orang-orang dapat menikmati berbagai olahraga musim dingin serta situs-situs alami seperti Taman Nasional Odaesan dan Peternakan Domba Daegwallyeong, yang terbukti tampak indah sepanjang tahun. Belakangan ini, kota terdekat Jeongseon, yang dikenal sebagai "Kota Arirang" (Arirang adalah lagu rakyat khas Korea), juga berada di radar liburan karena lingkungannya yang menyegarkan. Di bawah ini adalah rencana perjalanan dua hari untuk menemukan lebih banyak tempat wisata menarik yang ditawarkan kota-kota ini.

Tip) Transportasi di Pyeongchang & Jeongseon
Transportasi umum di Pyeongchang dan Jeongseon tidak berkembang dengan baik seperti kota-kota besar sehingga bepergian dengan bus bisa jadi sangat merepotkan. Kami sarankan untuk menyewa mobil di Seoul sebelum memulai perjalanamu. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam berkendara dari Seoul ke Pyeongchang.

* Halaman terkait 
Penyewaan Mobil

HARI 1

9:00 AM    Perjalanan ke Pyeongchang
11:00 AM    Desa Budaya & Aula Peringatan Lee Hyo-seok
1:00 PM    Alpensia Resort
3:00 PM    Peternakan Domba Daegwallyeong
5:00 PM    Kuil Woljeongsa
7:00 PM    Perjalanan ke Jeongseon

11:00 AM, Desa Budaya Lee Hyo-seok & Aula Peringatan Lee Hyo-seok

【 Foto: Soba yang mekar di Desa Budaya Lee Hyo-seok 】

【 Foto: Mie soba dingin 】

Bongpyeong-myeon di Pyeongchang terkenal karena soba, yang tumbuh subur di sini. Tempat ini sangat indah di awal musim gugur, ketika ladang yang mengelilingi daerah Desa Budaya Lee Hyo-seok diselimuti oleh bunga soba putih kecil. Desa ini dinamai dengan nama penulis Korea Lee Hyo-seok, yang besar di sini, dan merupakan latar dari novelnya yang terkenal "When Buckwheat Flowers Bloom" (Ketika Bunga Soba Mekar). Untuk memperingati sang penulis dan karya sastranya, Festival Budaya Hyoseok diadakan di sini setiap tahun di bulan September. Festival ini menawarkan berbagai acara yang menyenangkan, termasuk program sastra, berjalan melalui ladang soba, membuat makanan dengan soba, mewarnai kuku dengan bunga, memainkan permainan tradisional dan banyak lagi.

Ketika mengunjungi Bongpyeong, kamu pastinya harus mencoba makanan soba! Dari memil-guksu (mie soba dingin) hingga buchimgae (pancake goreng) dan jeonbyeong (crepe), jumlah makanan lezat di sini sangat mencengangkan. Untuk menemukan variasi terbanyak, pergilah ke Jalan Makanan Soba Desa Budaya Hyo-seok, tempat puluhan restoran soba berbaris, menunggu untuk melayanimu.

【 Foto: Patung Lee Hyo-seok 】

【 Foto: Tempat lahir Lee Hyo-seok 】

Jika kamu tertarik dengan budaya Korea, maka mengunjungi LAula Peringatan Lee Hyo-seok adalah suatu keharusan. Aula ini dirancang untuk menunjukkan lini masa kehidupan sastra Lee Hyo-seok. Area aula peringatan ini populer dengan jalan setapaknya yang indah. Untuk menikmati desa sepenuhnya, kami sarankan berjalan-jalan santailah di kota mulai dari aula peringatan dan berlanjut sampai kamu mencapai Tempat Kelahiran of Lee Hyo-seok.

Alamat: 73-25, Hyoseokmunhak-gil, Changdong-ri, Bongpyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (Lee Hyo-seok Memorial Hall) (강원도 평창군 봉평면 창동리 효석문학길 73-25)
Jam operasional: Mei-September 09:00-18:30 / Oktober-April 09:00-17:30 
* Tutup tiap Senin, Tahun Baru & hari Seollal (Tahun Baru Imlek) dan Chuseok (Thanksgiving Korea)
* Kunjungan terakhir 30 menit sebelum tutup
Biaya masuk: Dewasa 2,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 1,000 won
Situs web: www.hyoseok.net (Hanya bahasa Korea)

1:00 PM, Alpensia Resort

【 Foto: Lereng ski jump 】

【 Foto: Pemandangan dari atas ski jump 】

【 Foto: Pemandangan dari dek observasi 】

Terletak di antara pegunungan Daegwallyeong yang indah, Alpensia Resort adalah tempat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 PyeongChang. Sebagai pusat dari olahraga musim dingin di Korea, resort ini menawarkan lereng ski jump di samping lereng ski standar dan fasilitas olahraga lainnya, termasuk lapangan golf, pusat konvensi, dan taman air empat musim, Alpensia Ocean 700.

Bagian atas menara juga berfungsi sebagai dek observasi yang dapat diakses oleh semua pengunjung melalui monorel. Selain tiket masuk umum, terdapat tiket masuk khusus. Dengan harga sedikit lebih mahal, pengunjung dapat merasakan sensasi yang dirasakan oleh para pemain ski jump dengan berdiri di atas lereng dan melihat ke bawah dari ketinggian yang membuat kepala pusing.

Wahana lain yang mendebarkan di Alpensia Resort adalah Alpine Coaster, rollercoaster menuruni bukit yang mencapai kecepatan hingga 40 km per jam. Naiklah untuk melihat lingkungan indah Alpensia yang terbang melewatimu saat kamu melesat menuruni gunung!

Alamat: 325, Solbong-ro, Daegwallyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do 
(강원도 평창군 대관령면 솔봉로 325)
Menara Ski Jump (Dek Observasi)
Jam operasional: 09:25 (Kereta pertama naik) - 17:55 (Kereta terakhir turun)
Fare
Tiket masuk umum: Dewasa 2,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 1,000 won
Tiket masuk khusus: Dewasa 6,000 won / Remaja 4,000 won / Anak-anak 3,000 won
* Tiket masuk khusus hanya tersedia tiap Senin dan Selasa
Alpine Coaster
Jam operasional: 10:00-18:00
* Jam dapat berubah sesuai tanggal dan musim 
Biaya: Dewasa & Remaja 20,000 won / Anak-anak 17,000 won /Tandem 2 orang 32,000 won
Situs web: www.alpensiaresort.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

3:00 PM, Peternakan Domba Daegwallyeong 

【 Foto: Domba memakan rumput 】

Pemandangan padang luas Peternakan Domba Daegwallyeong yang dihiasi dengan domba yang sedang merumput sangatlah menakjubkan. Lapangan ini dikelilingi oleh jalan setapak sepanjang 1,2 km yang akan memakan waktu sekitar 40 menit untuk disusuri. Namun, kebanyakan orang menghabiskan setidaknya satu jam di sini, memberi makan jerami kepada domba dan mengambil foto dengan pemandangan yang indah. Kabin tunggal yang terletak di tengah padang rumput secara khusus menjadi titik fokus banyak foto yang diambil wisatawan. Sebelum pergi, jangan lupa naik ke atas bukit peternakan domba; pemandangan dari puncak terbentang hingga mencakup kota pesisir Gangneung dan Laut Timur.

Alamat: 5721, Gyeonggang-ro, Daegwallyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do 
(강원도 평창군 대관령면 경강로 5721)
Jam operasional: Mei-Agustus 09:00-18:30 / April, September 09:00-18:00 / Maret, Oktober 09:00-17:30 / November-Februari 09:00-17:00
Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup
Tiket masuk: Dewasa 5,000 won / Remaja & Anak-anak 4,000 won
Situs web: www.yangtte.co.kr (Hanya bahasa Korea)

5:00 PM, Kuil Woljeongsa

【 Foto: Kuil Woljeongsa 】

Kuil Woljeongsa adalah peninggalan budaya representatif Pyeongchang. Kuil ini diketahui dibangun selama Dinasti Silla (57 SM - 935 M), membuatnya berusia lebih dari seribu tahun. Bangunan saat ini dibangun kembali setelah aslinya hancur selama Perang Korea. Meskipun baru-baru ini diperbarui, semangat dan martabat Kuil Woljeongsa masih hadir selaras dengan sifat Gunung Odaesan.

Di tengah halaman yang luas berdiri sebuah warisan budaya berharga Kuil Woljeongsa, sebuah pagoda batu berlantai delapan yang dibangun pada masa Dinasti Goryeo (918-1392). Tepat di luar pagoda terdapat sebuah batu Bodhisattva berlutut dengan tangan bersatu. Selain itu, harta nasional yang terkait dengan agama Buddha saat ini dipajang di Museum Woljeongsa.

【 Foto: Jalur hutan pohon cemara di Kuil Woljeongsa 】

Untuk mencapai Kuil Woljeongsa, pengunjung harus berjalan sekitar 1 km dari Jembatan Geumganggyo melalui hutan pohon cemara. Hutan ini dihuni oleh sekitar 1.800 pohon dan memiliki usia rata-rata lebih dari 80 tahun. Aroma jarum pinus dan tanah lunak di bawah kakimu pasti akan mengangkat semangatmu.

Berkendara selama 20 menit dari Kuil Woljeongsa akan membawamu ke tempat Festival Trout Pyeongchang tahunan yang diadakan di musim dingin. Pengunjung dari segala usia dapat bersenang-senang memancing ikan trout di es, naik kereta luncur dan sebagainya dalam berbagai kegiatan menarik di sini. Jika kamu mengunjungi Pyeongchang di musim dingin, pastikan untuk mampir ke tempat festival!

Alamat: 374-8, Odaesan-ro, Jinbu-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do
(강원도 평창군 진부면 오대산로 374-8)
Tiket masuk: Dewasa 3,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 500 won
Situs web: woljeongsa.org (Bahasa Korea, Inggris)

Hari 2

9:00 AM    Byeongbangchi Skywalk
10:00 AM    Ararichon
12:00 PM    Makan siang
1:00 PM    Gua Hwaamdonggul
4:00 PM    Tambang Seni Samtan
6:00 PM    High1 Resort

9:00 AM, Byeongbangchi Skywalk

【 Foto: Byeongbangchi Skywalk dan zip line 】

Dinamai seperti bentuk semenanjung Korea dalam bentuk mini, Byeongbangchi Skywalk menawarkan pemandangan indah lingkungan yang menakjubkan dari ketinggian 583 meter di udara. Melalui lantai kaca, kamu bisa melihat bukit terbentang jauh di bawah kakimu. Terlepas dari sensasi mengambang di atas ketiadaan, tidak perlu takut jatuh, karena kaca yang digunakan sangat tebal dan ditopang dengan saksama. Untuk melindungi kaca dari goresan, kamu harus mengenakan sepatu khusus yang terbuat dari kain terlebih dahulu sebelum masuk.

Jika berdiri di atas ketinggian tidak cukup menggetarkan, tantang dirimu untuk naik zip line! Membentang sekitar 330 meter dan mencapai kecepatan 100 km per jam, zip line menawarkan pengalaman terbang. Lebih bagusnya lagi, zip line di dekat Byeongbangchi Skywalk dapat mengakomodasi kelompok berjumlah hingga empat orang!

Alamat: 225, Byeongbangchi-gil, Jeongseon-eup, Jeongseon-gun, Gangwon-do
(강원도 정선군 정선읍 병방치길 225)
Byeongbangchi Skywalk
Jam operasional: Musim panas 09:00-18:00 / Musim dingin 09:00-17:00
Biaya: Dewasa 2,000 won / Remaja & Anak-anak 1,000 won

Zip Line
Jam operasional: 09:00-18:00
* Jam dapat berubah mengikuti waktu matahari terbenam saat musim dingin 
Biaya: 40,000 won
Situs web: www.ariihills.co.kr (Hanya bahasa Korea)
Informasi: +82-33-563-4100

10:00 AM, Ararichon

【 Foto: Pintu masuk Ararichon 】

【 Foto: Patung kehidupan sehari-hari di masa lalu 】

【 Foto: Voucher Jeongseon Arirang 】

Ararichon menawarkan kilasan ke masa lalu, dengan rumah-rumah beratap genteng, rumah-rumah beratap batu tulis tradisional dari Jeongseon, dan lima gaya rumah tradisional lainnya, serta barang-barang dan patung-patung langka lainnya yang menggambarkan pemandangan kehidupan di Dinasti Joseon. Pengeras suara yang ditempatkan secara tidak mencolok di seluruh Ararichon memainkan lagu daerah tradisional di daerah itu, "Jeongseon Arirang." Lagu ini mungkin terdengar asing, tetapi kamu akan segera ikut bersenandung bersama dengan melodi. Pastikan untuk mencoba banyak pengalaman yang tersedia saat berada di sini, seperti membuat tembikar atau cloisonné.

Di pintu masuk, kamu akan diberikan voucher Jeongseon Arirang senilai 3.000 won sebagai ganti tiket masuk seharga 3.000 won. Voucher ini dapat digunakan di kafe atau untuk program pengalaman di dalam Ararichon serta dapat digunakan seperti uang tunai di akomodasi, restoran, pasar tradisional, dan lainnya di seluruh Jeongseon.

Alamat: 37, Aesan-ro, Jeongseon-eup, Jeongseon-gun, Gangwon-do 
(강원도 정선군 정선읍 애산로 37)
Jam operasional: 09:00-18:00 
* Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup
Tiket masuk: 3,000 won (Dapatkan voucher Jeongseon Arirang senilai 3,000 won sebagai gantinya)

12:00 PM, Makan siang!

【 Foto: Makanan tradisional Jeongseon 】

【 Foto: Gondeure namul-bap 】

Ada banyak restoran yang berkumpul di pintu masuk Gua Hwaamdonggul, terutama yang berspesialisasi dalam gondeure namul-bap, makanan terkenal Jeongseon yang dibuat dari campuran daun thistle liar dan bumbu dengan nasi. Thistle liar yang digunakan dalam makanan tumbuh berlimpah di pegunungan, dan memberikan rasa gurih ketika dicampur dengan nasi putih. Untuk melengkapi hidangan, pesanlah gamja-jeon (panekuk kentang) atau gamja-tteok (kue beras kentang), makanan populer lainnya di Gangwon-do.

1:00 PM, Gua Hwaamdonggul

【 Foto: Jalan curam memasuki Gua Hwaamdonggul dengan tangga 】

Gua Hwaamdonggul awalnya dioperasikan sebagai tambang emas dari tahun 1922 hingga 1945, sampai stalaktit alami ditemukan setelah dinding gua digali untuk mencari emas. Gua ini sekarang beroperasi sebagai objek wisata dengan slogan, "di mana emas dan alam bertemu." Wisata ini panjangnya 1.803 meter dan dibagi menjadi lima bagian dengan tema unik, membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menyelesaikannya. Karena pintu masuk dan keluar terletak jauh satu sama lain, kamu harus ikut sampai selesai sejak masuk ke gua. Namun, setelah berjalan menuruni tangga yang curam, keseluruhan perjalanan akan menyenangkan karena jalur berjalan yang mudah akan memandumu ke pemandangan baru di setiap sudut.

【 Foto: Stalagmit alami di dalam Gua Hwaamdonggul 】

【 Foto: Interior gua berdekorasi unik 】

Di antara lima area bertema gua, Ruang Sejarah menampilkan gua yang digunakan sebagai tambang emas. Pengunjung dapat melihat suasana misterius gua saat mereka berpindah dari jalur tambang lurus ke jalur berliku alami yang disebut 365 Steps Along the Gold Vein. Fantasy Land (Pulau Fantasi) menggunakan karakter kartun untuk dengan mudah menjelaskan perkembangan penambangan emas dan nilai emas. Gold World (Dunia Emas) menampilkan batang emas seberat 185 kg dan video yang menjelaskan segala hal tentang emas. Bagian terakhir dari gua ini didedikasikan untuk tema Mysterious Mother Nature (Ibu Pertiwi yang Misterius) dan menampilkan formasi gua yang fantastis dari flowstone hingga stalaktit, stalagmit, dan pilar batu yang dibentuk oleh pertemuan kedua formasi.

Pintu masuk gua berjarak sekitar 20 menit berjalan kaki dari tempat parkir. Pengunjung dapat naik monorel untuk sampai dengan lebih nyaman dan mudah.

Alamat: 12, Hwaamdonggul-gil, Hwaam-myeon, Jeongseon-gun, Gangwon-do 
(강원도 정선군 화암면 화암동굴길 12)
Jam operasional: 09:00-17:00
Tiket masuk
Gua Hwaamdonggul: Dewasa 5,000 won / Remaja 3,500 won / Anak-anak 2,000 won
Monorail: Dewasa 3,000 won / Remaja 2,000 won / Anak-anak 1,500 won
Situs web: www.jsimc.or.kr (Hanya bahasa Korea)
Informasi: +82-33-560-3410

4:00 PM, Tambang Seni Samtan

【 Foto: Pemandangan di Tambang Seni Samtan 】

Tambang Seni Samtan adalah ruang seni budaya yang dibuat di lokasi tambang yang terbengkalai. Pintu masuk berada di lounge di lantai empat dan jalur pandang bergerak turun lantai demi lantai. Lantai tiga berfungsi sebagai museum dan menghidupkan sejarah dengan tampilan berbagai bahan tambang. Di lantai tiga juga terdapat CAM, sebuah museum seni modern tingkat tinggi. Di lantai dua terdapat koleksi lebih dari 100.000 karya seni dari seluruh dunia di area penyimpanan dan kamar mandi yang digunakan oleh para penambang, yang dipertahankan seperti sekarang, dan digunakan sebagai ruang galeri. Galeri ini menjadi popular setelah kemunculannya dalam drama terkenal “Descendents of the Sun (2016).”

Setelah keluar dari museum seni, pergilah ke gedung Rail by Museum di samping halaman belakang. Halaman belakang, dengan conveyor, rel dan bahan industri lainnya, menciptakan suasana yang unik, menjadikannya populer sebagai tempat syuting. Tempat ini juga pernah tampil dalam program variety "Running Man."

Alamat: 1445-44, Hambaeksan-ro, Gohan-ri, Gohan-eup, Jeongseon-gun, Gangwon-do
(강원도 정선군 고한읍 고한리 함백산로 1445-44)
Jam operasional: Musim panas 09:00-18:00 / Musim dingin 09:30-17:30 (Tutup tiap Senin)
Tiket masuk: Dewasa 13,000 won / Remaja 12,000 won / Anak-anak 11,000 won
Situs web: samtanartmine.com (Hanya bahasa Korea)

6:00 PM, High1 Resort

【 Foto: Pemandangan High1 Resort 】

【 Foto: Zona foto di depan casino 】

【 Foto: Unamjeong 】

High1 Resort menawarkan kasino, lereng ski, lapangan golf, dan fasilitas hiburan lainnya, menarik wisatawan sepanjang empat musim. Di antara banyak tempat wisata di dalam resort, Kangwon Land Casino, kasino terbesar di Korea, terbuka untuk pengunjung Korea dan internasional. Selain itu, fasilitas populer lainnya termasuk gondola wisata, yang menawarkan pemandangan pegunungan yang ditutupi bunga liar dari musim semi hingga musim gugur; Casa Cinema yang memiliki pertunjukan langsung, dan Unamjeong, sebuah restoran yang menyajikan makanan Korea.

Alamat: 265, High1-gil, Sabuk-eup, Jeongseon-gun, Gangwon-do
(강원도 정선군 사북읍 하이원길 265)
Kangwon Land Casino
Jam operasional: 10:00-04:00 (Hari berikutnya)
Tiket masuk: 9,000 won (Hanya menerima uang tunai)
* Harus memiliki ID yang valid
Gondola Wisata 
Jam operasional: 09:00-17:00 
* Jam dapat berubah berdasarkan tanggal dan musim 
Biaya: Dewasa & Remaja 15,000 won / Anak-anak 12,000 won
Casa Cinema
Waktu pertunjukan: 16:30 / 19:30 (Tutup tiap Senin)
Tiket masuk
Dewasa 14,000 won (Diskon 50% untuk pengunjung High1 Resort)
Murid SD, SMP, SMA 4,000 won (diskon tidak berlaku)
Unamjeong
Jam operasional: Makan siang 12:00-15:00 / Makan malam 18:00-20:00 (Tutup tiap Senin)
Informasi: +82-1588-7799 (Bahasa Korea, Inggris, Cina)
Situs web: www.high1.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Info Lebih Lanjut

Situs web
Pariwisata Pyeongchang: tour.pc.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Jerman, Perancis) 
Pariwisata Jeongseon: www.jeongseon.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Kolom terkait 
Kota Alam & Olahraga Musim Dingin, Pyeongchang

Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada 17 September 2018, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post

Pasar Wonju Jungang

Times Square

Restoran Sanchon

Toko Gucci

Jinan Red Ginseng Spa

Restoran Gaya Samgyetang

Pantai Samcheok