Rekomendasi Rencana Perjalanan: Pesta Budaya di Suwon & Yongin

Rekomendasi Rencana Perjalanan: Pesta Budaya di Suwon & Yongin

Wilayah     Suwon-si Gyeonggi-do
 
Durasi        2 HARI/1 MALAM

 【 Foto: Benteng Hwaseong 】

SEKILAS PANDANG

Suwon dan Yongin adalah dua kota terdekat yang populer yang menarik banyak pengunjung karena beberapa tempat wisata dan situs warisan budayanya yang menyenangkan. Kamu tidak hanya dapat menemukan situs bersejarah seperti Warisan Dunia UNESCO Benteng Hwaseong di Suwon, kota tetangga Yongin juga merupakan rumah bagi beberapa taman hiburan termasuk Everland, Desa Rakyat Korea, dan banyak lagi. Ikuti jadwal perjalanan ini agar bisa dengan puas menghabiskan waktu di Suwon dan Yongin!

Hari 1

10:00 AM    Benteng Hwaseong & Istana Haenggung Hwaseong
1:00 PM    Pasar Motgol
3:00 PM    Desa Rakyat Korea

10:00 AM, Benteng Hwaseong & Istana Haenggung Hwaseong

【 Foto: Benteng Hwaseong 】

【 Foto: Trolley Wisatawan Benteng Hwaseong (Sumber: Fotobank Kota Suwon) 】

Benteng Hwaseong dibangun pada masa Dinasti Joseon, di bawah pemerintahan Raja Jeongjo (1752-1800). Tembok benteng, dengan ketinggian 4 hingga 6 meter, membentang total 5,74 kilometer di sekitar kota, termasuk daerah Jangan-gu dan Paldal-gu.

Benteng Hwaseong dibangun dengan sangat metodis, dengan kombinasi elemen artistik dan pengetahuan ilmiah paling maju saat itu. Oleh karena itu, pendirian benteng mendapatkan banyak pujian pada awal zaman modern dan dengan demikian ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tahun 1997. Saat ini, Benteng Hwaseong tetap terpelihara dengan baik dalam keadaan aslinya, memungkinkan pengunjung untuk menghargai dan menikmati situs sejarah ini.

Meskipun berjalan-jalan santai di sepanjang Benteng Hwaseong rasanya menyenangkan, pengunjung yang ingin berkeliling benteng dengan cara yang lebih nyaman dapat memilih untuk naik Trolley Wisatawan Benteng Hwaseong. Trolley wisata ini berjalan antara Paldalsan dan Yeonmudae, memungkinkan penumpang untuk menikmati pemandangan indah Benteng Hwaseong dalam sekilas. Desain trolley ini terinspirasi oleh tandu kerajaan dan kendaraan yang biasa digunakan Raja Sunjong, raja ke-27 Dinasti Joseon.

 【 Foto: Istana Haenggung Hwaseong 】

Istana haenggung mengacu pada istana sementara yang dapat dikunjungi raja dan keluarga kerajaan untuk beristirahat. Istana Haenggung Hwaseong yang terletak di dalam Benteng Hwaseong adalah yang paling besar, paling indah dan paling sering dikunjungi oleh keluarga kerajaan. Tempat ini kadang disebut sebagai Istana Gyeongbokgung Hwaseong. 

Mirip dengan bangunan balai kota modern pada masanya, tempat ini berubah menjadi tempat tinggal sementara setiap kali raja berkunjung. Meskipun tempat ini hampir sepenuhnya hancur selama Perang Imjin, istana tersebut kemudian dipugar pada tahun 1996 dan dibuka kembali untuk umum pada tahun 2003.

Benteng Hwaseong
Alamat:
190, Yeonmu-dong, Jangan-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do (경기도 수원시 장안구 연무동 190)
Jam operasional: Maret-Oktober 09:00-18:00 / November-Februari 09:00-17:00
Biaya masuk
Biaya masuk umum Dewasa 1,000 won / Remaja 700 won / Anak-anak 500 won 
Tiket terusan Dewasa 3,500 won / Remaja 2,000 won / Anak-anak 800 won
* Tiket terusan termasuk biaya masuk ke Benteng Hwaseong, Istana Haenggung Hwaseong, Museum Suwon, Museum Hwaseong
Tarif Trolley Wisatawan Benteng Hwaseong: Dewasa 4,000 won / Remaja 2,500 won / Anak-anak 1,500 won
Situs web: www.swcf.or.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Istana Haenggung Hwaseong
Alamat:
825, Jeongjo-ro, Paldal-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do (경기도 수원시 팔달구 정조로 825)
Jam operasional: Maret-Oktober 09:00-18:00 / November-Februari 09:00-17:00
Biaya masuk: Dewasa 1,500 won / Remaja 1,000 won / Anak-anak 700 won

1:00 PM, Pasar Motgol

 【 Foto: Pasar Motgol 】

Pasar Motgol adalah salah satu dari sembilan pasar di sekitar Gerbang Paldalmun Benteng Hwaseong yang membentuk Pasar Tradisional Nammun yang lebih besar.

Makanan utama seperti sayuran dan buah-buahan, serta makanan instan dijual setiap hari, sama seperti di pasar lingkungan khas lainnya. Secara khusus, pojok makanan instan menawarkan berbagai macam makanan, mulai dari camilan goreng sampai makanan yang menyenangkan. Setelah selesai berwisata mengelilingi Benteng Hwaseong, mampirlah ke Pasar Motgol untuk menikmati kalguksu (sup mie) atau nokdu jeon (pancake kacang hijau), tteokbokki (kue beras goreng), dan makanan Korea lezat lainnya!

Alamat: 10-12, Suwoncheon-ro 258beon-gil, Paldal-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do 
(경기도 수원시 팔달구 수원천로258번길 10-12)

3:00 PM, Desa Rakyat Korea

【 Foto: Desa Rakyat Korea 】

Mereproduksi pemandangan khas dan gaya hidup sehari-hari orang-orang di Dinasti Joseon, rumah-rumah dan barang-barang tradisional, serta lingkungan alami, dapat dengan mudah membuat orang merasa seolah-olah mereka baru saja bepergian ke masa lalu!

Desa Rakyat Korea adalah lokasi pembuatan film yang populer untuk berbagai film dan drama bersejarah, dan ada juga berbagai program langsung yang tersedia untuk dinikmati semua pengunjung. Lokasi wisata lainnya termasuk museum rakyat dan museum seni, yang menampilkan artefak rakyat dari seluruh dunia.

Nongak (musik petani), kegiatan berkuda, upacara pernikahan tradisional dan pertunjukan menarik lainnya juga dapat dinikmati pengunjung. Selain itu, pajeon (pancake daun bawang), buchimgae (pancake sayuran), kkochi gui (sate), gukbap (sup nasi) dan makanan local lainnya dijual di pasar. Pengunjung juga dapat membeli dongdongju (anggur beras) dari Penyulingan Desa Rakyat Korea untuk mencoba alkohol tradisional ini.

Alamat: 90 Minsokchon-ro, Giheung-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do (경기도 용인시 기흥구 민속촌로 90)
Jam operasional: Hari kerja 09:30-18:30 / Akhir pekan 09:30-19:00
* Jam tutup bervariasi tergantung musim
Tarif
Biaya masuk: Dewasa 18,000 won / Remaja 15,000 won / Anak-anak 13,000 won
Tiket Terusan: Dewasa 27,000 won / Remaja 22,000 won / Anak-anak 20,000 won 
(Termasuk biaya masuk ke taman hiburan di Desa Rakyat Korea)
Situs web: www.koreanfolk.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Hari 2

9:30 AM    Everland
2:00 PM    Caribbean Bay

9:30 AM, Everland

【 Foto: Panda World di Everland (Sumber: Everland) 】

Everland adalah taman hiburan yang mengadakan festival musiman yang menyenangkan sepanjang tahun. Taman hiburan ini dibagi menjadi berbagai zona, masing-masing dengan elemen khas seperti Petualangan Amerika, di mana wahana sensasi yang mengasyikkan dapat ditemukan; Magic Land, tempat korsel, kincir ria, dan dekorasi yang indah menciptakan pemandangan seperti dongeng; Petualangan Eropa, di mana bunga-bunga indah bermekaran sepanjang tahun; dan Zootopia, tempat berbagai binatang dapat dilihat. Oleh karena itu, Everland menjadi kompleks hiburan yang hebat dengan tempat wisata yang lebih dari cukup untuk mengisi harimu.

Jika kamu berkunjung dengan anak-anak, mampirlah ke Panda World untuk melihat panda-panda lucu. Welcome Ring 360 derajat yang terbuat dari TV layar besar adalah hal pertama yang akan dilihat pengunjung saat memasuki Panda World. Di sini, kamu dapat mencoba virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan teknik TI canggih yang diimplementasikan untuk menciptakan pengalaman yang lebih bermanfaat di Panda World. Setelah itu, temuilah panda-panda nyata, juga panda merah serta monyet emas.

Alamat: 199, Everland-ro, Pogok-eup, Cheoin-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do 
(경기도 용인시 처인구 포곡읍 에버랜드로 199)
Jam operasional: 10:00-21:00 (Jam bervariasi tergantung hari dalam seminggu)
Tarif
Tiket Siang: Dewasa 54,000 won / Remaja 46,000 won / Anak-anak 43,000 won
Tiket Malam (after 17:00): Dewasa 45,000 won / Remaja 39,000 won / Anak-anak 36,000 won
Situs web: www.everland.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

2:00 PM, Caribbean Bay

 【 Foto: Pemandangan di Caribbean Bay (Sumber: Everland) 】

Caribbean Bay adalah taman air yang memiliki serangkaian wahana air mendebarkan, fasilitas dan motif pelabuhan Spanyol, menampilkan dekorasi seperti bangunan batu bergaya Spanyol, tanaman tropis dan bangkai kapal untuk suasana eksotis.

Taman air ini dibagi menjadi lima zona, yaitu Aquatic Center, Sea Wave, Fortress, Wild River dan Bay Slide. Spa, sauna, dan fasilitas musiman lainnya dapat ditemukan di Aquatic Centre, sementara ombak yang diproduksi secara artifisial dapat dinikmati di Wave Pool di area Sea Wave. Tempat-tempat wisata lainnya termasuk Lazy River, Adventure Pool, Kids 'Pool dan beragam fasilitas slide dipasang di zona lainnya.

Alamat: 199, Everland-ro, Pogok-eup, Cheoin-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do 
(경기도 용인시 처인구 포곡읍 에버랜드로 199)
Jam operasional: 10:00-17:00 (Jam bervariasi berdasarkan musim)
Biaya masuk: Musim sepi (Oktober 1, 2018 – Maret 3, 2019) Dewasa & Remaja 42,000 won / 
Anak-anak 33,000 won (Biaya masuk bervariasi berdasarkan musim)
* Dengan membeli Tiket Kombo kamu akan mendapatkan tiket satu hari ke Everland & Caribbean Bay dengan harga diskon.
Situs web: www.everland.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Tip. Tempat yang harus dikunjungi jika waktu mengizinkan


Taman Daejanggeum

 【 Foto: Taman Daejanggeum Yongin 】

Taman Daejanggeum di Yongin adalah set syuting drama bersejarah terbuka terbesar di Korea. Berbeda dengan set drama lainnya, Taman Daejanggeum dibangun kembali berdasarkan catatan sejarah dan penelitian, yang membuatnya secara akurat mencerminkan struktur dan budaya masa lalu. 

Taman ini telah digunakan sebagai lokasi syuting drama-drama bersejarah Korea yang sangat populer seperti "Moon Embracing the Sun (2012)" yang menampilkan Kim Soo-hyun, "Gu Family Book (2013)" yang dibintangi Lee Seung-gi dan Suzy, dan "Empress Ki (2013)" yang menampilkan Ha Ji-won dan Ji Chang-wook. Taman ini juga merupakan lokasi syuting utama drama legendaris, "Dae Jang Geum (2003)," yang kemudian digunakan sebagai nama taman. Taman ini juga digunakan untuk syuting film dan iklan, dan berfungsi sebagai latar belakang bersejarah untuk fitur internasional mengenai sejarah Korea.

Alamat: 25, Yongcheon drama-gil, Baegam-myeon, Cheoin-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do
(경기도 용인시 처인구 백암면 용천드라마길 25)
Jam operasional: Maret-Oktober 09:00-18:00 / November-Februari 09:00-17:00
Biaya masuk: Dewasa 9,500 won / Remaja 8,000 won / Anak-anak 7,000 won
Informasi: +82-31-337-3241 (Hanya Bahasa Korea)
Situs web: djgpark.imbc.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Info Lebih Lanjut

Situs web 
Yayasan Budaya Suwon www.swcf.or.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)
Pariwisata Yongin www.yongin.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Halaman terkait
Benteng Hwaseong

Kolom terkait 
Tersesatlah di Dunia Bagai Mimpi Everland!
Semua tentang rasa dan kepekaan: Yongin

Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

Halaman ini terakhir diperbarui pada 26 November 2018, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post

Restoran Sanchon

VIP Motel - Goodstay

Desa Seorae

Restoran Busanbokjip

Old Daegwallyeong Road