Resep: Bulgogi Ssambap

Resep: Bulgogi Ssambap

Pelajari cara spesial untuk membuat hidangan Korea yang populer ini.

Simon Kim menyebut Cote-nya yang sangat populer di Distrik Flatiron Manhattan sebagai gogijib— "gogi" berarti daging dalam bahasa Korea, dan "jib" berarti rumah. Memang, restoran berbintang Michelin ini memadukan pengalaman barbekyu komunal Korea dengan restoran steak tradisional New York City.

Masakan sederhana koki eksekutif David Shim berfokus pada pengadaan bahan-bahan terbaik sambil memanfaatkan ruang pengeringan yang terletak di lantai bawah (sekarang bersebelahan dengan bar Undercote baru yang sangat trendi milik restoran).

“Saya suka menyajikan sesuatu yang menemani saya saat saya dibesarkan — hal-hal yang berasal dari hati dan latar belakang saya. Sebagai orang Korea yang memiliki pengalaman di dapur New York, "kata Shim. “Ini seperti pintu gerbang ke masakan Korea, karena banyak pecinta steak bisa mencoba kimchi atau acar di restoran tradisional lainnya.”

Besok, pengumuman seleksi MICHELIN Guide New York City 2019 akan dirayakan jauh di atas Manhattan di Rainbow Room yang ikonik di lantai 65 Rockefeller Center. (Tiket dapat dibeli di sini.) Untuk acara ini, Shim akan menyiapkan bulgogi klasiknya sendiri, dengan aksen iga wagyu Amerika, daun wijen, nasi, acar lobak, dan ssamjang.

Bulgogi Ssambap

Ala Koki Eksekutif David Shim, Cote, New York City

Bahan

450 milliliter kecap
250 milliliter mirin
1 liter air
250 milliliter jus pir
250 milliliter jus jeruk
60 milliliter jus bawang (dari bawang bombay parut)
25 milliliter jus bawang putih
10 milliliter jus jahe
160 milliliter minyak wijen
300 gram sirup masil (sirup plum Korea)
200 gram gula pasir
8 gram garam
10 gram lada hitam tumbuk
4 pound tulang iga, potong menjadi irisan 1/8 inci
Minyak sayur, untuk pemanggangan
Nasi putih atau selada, untuk penyajian.

Cara Memasak

1. Campur kecap, mirin, air, jus, minyak wijen, sirup masil, gula, garam dan lada hitam menjadi satu. Rendam daging dalam campuran tersebut minimal selama 1 jam, berhati-hatilah agar daging tidak koyak saat direndam.

2. Tambahkan sedikit minyak sayur ke dalam wajan tebal dengan api sedang; panggang daging sapi sampai kecokelatan dan balik, hati-hati jangan sampai gosong.

3. Sajikan di atas nasi putih atau dengan selada.

Foto berasal dari halaman Facebook Cote.

Ditulis oleh Abbe Baker
 

Klik di Sini untuk Sumber Artikel
 

Share This Article

Related Post