Segigit Rasa Manis, Penganan Tradisional Korea

Segigit Rasa Manis, Penganan Tradisional Korea

 

Biasa disajikan dengan teh untuk menyegarkan para tamu, penganan tradisional Korea dibuat dengan penampilan warna yang ceria dan bentuk unik. Apalagi, ini adalah penganan sehat yang dibuat dengan bahan-bahan bernutrisi seperti kacang merah, tepung beras, berbagai macam kancang, biji-bijian, dll. Beberapa tahun ini, penganan lokal Korea sedang populer di antara turis internasional. Berbagai macam penganan rasa manis yang menjadi penganan tradisional Korea ini menawarkan rasa unis bagi para traveler di Korea dan juga menjadi oleh-oleh bagi mereka.

 

 

Berikut ini beberapa penganan tradisional Korea.

 

Gangjeong

 

 

 

Gangjeong adalah penganan yang biasa disajikan pada upacara spesial seperti ritual sembahyang untuk nenek moyang atau perayaan. Dibuat dengan campuran gelatin tepung beras bersama air, kemudian adonan dipotong persegi lalu dikeringkan sebelum akhirnya digoreng dan dilumuri dengan madu dan hiasan seperti biji-bijian.

 

Gangjeong juga dapat dibuat tanpa gelatin tepung beras dengan mengeraskan potongan kacang-kacangan atau biji-bijian dengan menggunakan jocheong (sirup gandum). Faktanya, gangjeong memiliki banyak jenis tergantu tipe bahan yang dipakai seperti kacang, biji wijen, serbuk sari pinus, kayu manis, dan masih banyak lagi. Rasa manis dan asam ini juga dapat dinikmati oleh orang-orang segala usia.

Tteok

 

Tteok, atau kue beras tradisional Korea, dibuat dari tepung gandum, seperti gelatin tepung beras. Sudah menjadi kebiasaan orang-orang Korea penganan ini disajikan dan dimakan saat upacara tertentu seperti hari ulang tahun atau pernikahan. Ada beragam jenis tteok tergantung bahan yang ditambahakan, metode pembuatannya, bentuk, dan daerah asalnya. Singkatnya, tteok memiliki karakteristik rasa kenyal dalam segi teksturnya.

 

Tipe yang paling populer dan biasa ditemukan termasuk songpyeon, injeolmi, baekseolgi, dan jeolpyeon. Songpyeon dibuat dari adonan tepung beras dengan madu, selai kacang, chestnut, dan berbagai isian lainnya, meski madu adalah isian yang paling banyak dinikmati karena rasa manisnya. Injeolmi dibuat dari gelatin beras dan dilumuri dengan bubuk kacang. Rasanya yang enak kenyal dan nikmat. Sementara, jeolpyeon adalah pilihan terbaik untuk mereka yang tidak terlalu suka rasa manis.

 

Akhir-akhir ini, jenis modern tteok menjadi sangat populer. Beberapa diantaranya menggabungkan gaya penganan barat untuk membuat tteok dan cokelat yang melumuri pie gelatin beras dikenal juga sebagai chaltteok pie

Share This Article

Related Post