Tur Cahaya Bulan di Istana Changdeokgung

Tur Cahaya Bulan di Istana Changdeokgung

Balai Injeongjeon Istana Changdeokgung

Salah satu hal yang harus dilakukan di Seoul tidak lain adalah mengunjungi salah satu istana kuno kota -Istana Gyeongbokgung, Istana Gyeonghuigung, Istana Deoksugung, Istana Changgyeonggung dan Istana dan Huwon Changdeokgung. Arsitektur berharga ini tidak hanya merupakan tempat tinggal raja dan ratu, tetapi juga pusat pemerintahan dan kehidupan kota selama dinasti Joseon (1392-1910).

Ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1997, Istana Changdeokgung dikatakan sebagai yang paling tradisional dan otentik dari lima istana Seoul. Istana ini dipuji karena kepekaan arsitekturnya terhadap alam di sekitarnya dan disanjung sebagai mahakarya representatif Arsitektur Istana Asia Timur. Istana ini juga diyakini memiliki lokasi geografis yang sempurna menurut filosofi kuno seperti Feng Shui. Istana ini bahkan lebih ajaib jika dilihat di bawah bulan purnama. Ikutilah Tur Cahaya Bulan di Istana Changdeokgung untuk jalan-jalan malam yang menyenangkan di dalam istana kerajaan.

* Rute Tur Cahaya Bulan Changdeokgung:
Donhwamun (Titik mulai) → Jembatan Geumcheongyo dan Gerbang Jinseonmun → Balai Injeongjeon → Balai Nakseonjae → Paviliun Sangnyangjeong (penampilan solo Daeguem) → Kolam Buyongji → Gerbang Bullomun → Paviliun Aeryeonjeong → Balai Yeongyeongdang (pertunjukan dan makanan ringan) → Jalur Taman Huwon → Gerbang Donhwamun (akhir tour) (Seluruh program membutuhkan sekitar 90 menit)

Informasi yang akan membuat perjalanan istanamu lebih menyenangkan!

1. Gerbang Donhwamun: Gerbang istana utama tertua

Gerbang Donhwamun (Sumber: Yayasan Warisan Budaya Korea)

Gerbang Donhwamun adalah yang tertua dari semua gerbang utama istana. Pertama kali dibangun pada 1412, gerbang ini dibakar saat periode konflik dan kemudian dipugar pada 1608. Gerbang setinggi dua lantai ini diberi nama Donhwa, yang berarti "mengajar dan mencintai rakyat dengan kasih sayang." Di sinilah peserta dapat mengambil foto kenang-kenangan dengan kepala penjaga gerbang dengan seragam tradisional sebelum tur. Tur Cahaya BUlan secara resmi dimulai dengan cheongsachorong (lentera lilin tradisional dari dinasti Joseon yang ditutupi dengan sutra merah dan biru) yang menerangi jalan.

2. Balai Injeongjeon: Tempat upacara kerajaan

Balai Injeongjeon di malam hari

Bangunan utama istana, Balai Injeongjeon digunakan sebagai tempat penerimaan diplomat asing serta untuk upacara kerajaan seperti penobatan. Di dalam ruangan bergengsi ini, pengunjung dapat melihat tahta raja dan layar lipat di belakang, yang disebut Ilwoloakdo byeongpung, disulam dengan gambar matahari, bulan, dan lima puncak gunung. Balai ini sendiri cukup indah saat menyala di malam hari, tetapi jangan lupa luangkan waktu sejenak untuk mengamati bulan purnama dan lanskap kota modern yang menjulang sebagai latar belakang.

3. Balai Nakseonjae: Tempat tinggal raja

Balai Nakseonjae

Balai Nakseonjae dibangun sebagai tempat belajar dan sarangchae (tempat tinggal kepala rumah tangga) Raja Heonjong (raja Joseon ke-24, 1827-1849). Secara harfiah berarti "menikmati kebajikan," Nakseonjae menyiratkan bahwa seorang raja harus melayani rakyatnya dengan kebajikan sehingga rakyat dan raja itu sendiri akan bahagia. Setelah Raja Heonjong meninggal, kompleks ini digunakan oleh Raja Gojong (raja ke-26 Joseon, 1852-1919) dan Raja Sunjong (raja ke-27 Joseon, 1874-1926) untuk menjalankan urusan negara.

4. Paviliun Sangnyangjeong: Tempat yang sempurna untuk melihat bulan purnama

Paviliun Sangnyangjeong (Sumber: Administrasi Warisan Budaya)

Merupakan sebuah paviliun heksagonal yang terletak di bukit yang menghadap ke taman belakang Nakseonjae, Paviliun Sangnyangjeong menyediakan pemandangan daerah sekitarnya yang indah. Peserta tur akan dapat menikmati suasana malam yang diterangi cahaya bulan diiringi oleh pertunjukan daegeum (seruling bambu besar) di sini.

5. Kolam Buyongji dan Paviliun Aeryeonjeong: Halaman belakang kerajaan yang megah

Pemandangan indah Kolam Buyongji (Sumber: Administrasi Warisan Budaya)

Area di sekeliling Kolam Buyongji adalah area paling indah dan tenang di dalam Istana Changdeokgung dan merupakan salah satu contoh lanskap terbaik yang dirancang selama periode Joseon. Taman tempat raja berjalan-jalan santai di masa lalu ini terdiri dari Kolam Buyongji yang kecil tapi menyenangkan dan pohon-pohon di sekitarnya yang telah bertahan ratusan tahun, menciptakan pemandangan yang nyaman dan elegan. Area ini adalah tempat untuk jamuan perayaan bagi para cendekiawan yang lulus ujian negara selama dinasti Joseon.

Kolam Aeryeonji dan Paviliun Aeryeongjeong (Sumber: Yayasan Warisan Budaya Korea)

Mengikuti satu langkah di belakang keindahan Kolam Buyongji terdapat Kolam Aeryeonji. Di sisi utara kolam terletak Paviliun Aeryeongjeong, sebuah paviliun kecil yang setengah bagiannya berada di atas air dan dikenal menawarkan pemandangan kolam yang indah.

6. Balai Yeongyeongdang: Sebuah panggung yang pas untuk keluarga kerajaan

Balai Yeongyeongdang (Sumber: Administrasi Warisan Budaya)

Balai Yeongyeongdang adalah rumah kayu yang dibangun dengan gaya yang sama dengan rumah para bangsawan pada masa dinasti Joseon. Gedung ini dibangun pada abad ke-19 dan digunakan sebagai tempat untuk mengadakan upacara dan pertunjukan untuk keluarga kerajaan oleh para penampil terbaik pada zaman tersebut. Selama perjalananmu yang diterangi cahaya bulan, Balai Yeongyeongdang akan menjadi tempat berbagai pertunjukan gugak (musik tradisional Korea). Halaman bangunan yang luas dilengkapi dengan kursi yang cukup untuk penonton. Teh dan makanan ringan Korea juga disajikan.

7. Jalan-jalan di Taman Huwon: Jelajahi Seoul masa lalu dan masa kini

Jalur hutan Taman Huwon (Sumber: Yayasan Warisan Budaya Korea)

Setelah pertunjukan, pengunjung akan dibawa ke hutan Istana Changdeokgung, yang dikenal sebagai Huwon. Selama berabad-abad aksesnya sangat terbatas hanya untuk keluarga kerajaan. Sekarang terbuka untuk umum, pemandu berpakaian hanbok mengarahkan pengunjung melalui pepohonan menggunakan cahaya cheongsachorong. Dipandu oleh cahaya lembut dari lentera tradisional ini dan cahaya bulan purnama yang tenang, pengunjung dijamin akan mengalami malam yang unik dan tak terlupakan.

Info Lebih Lanjut

Tur Cahaya Bulan di Istana Changdeokgung (Putaran kedua)
☞ Alamat:
99, Yulgok-ro, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 율곡로 99)
☞ Periode acara: Sesi 1 22 Agu – 22 Sep, Sesi 2 26 Sep – 27 Okt / Tur eksklusif orang asing tersedia pada hari Minggu
☞ Jam tur
- Sesi 1: 20:00-22:00 
- Sesi 2: Kelompok 1 19:00-21:00 / Kelompok 2 20:00-22:00
☞ Jumlah partisipan: 100 orang per tur
☞ Program Utama 
- Jalan-jalan Malam Istana Changdeokgung: Tur berpemandu (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin) di sekitar istana, sekitar 90 menit.
- Pertunjukan Tradisional (Termasuk ke dalam tur)
• Pertunjukan solo Daegeum: Paviliun Sangnyangjeong
• Pansori, pertunjukan bayangan, tari tradisional, makanan penutup tradisional: Balai Yeongyeongdang
☞ Tiket masuk: 30,000 won
☞ Reservasi tiket (Untuk putaran kedua)
- Reservasi online: ticket.auction.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)
• Penjualan tiket dibuka 14 Agustus (Rabu), pukul 14:00 KST
* Hanya dapat diakses melalui komputer (Tidak mendukung perangkat seluler)
* Setelah mendaftar, anggota dapat memesan hingga dua tiket per ID
- Reservasi & informasi melalui telepon: +82-1566-1369 (Bahasa Korea, Inggris)
• Hari kerja 09:00-18:00 (Tidak tersedia di akhir pekan dan hari libur nasional)
- Tiket dapat diambil mulai dari 40 menit sebelum tur dimulai di meja registrasi di depan loket tiket (Harus memberikan kartu identifikasi, ID situs web, dan nomor atau informasi reservasi)
* Tur dibatalkan dengan pengembalian uang penuh jika turun hujan deras (lebih dari 5mm sebelum pukul 11:00 pada hari tur).
☞ Situs web 
Istana Changdeokgung:  www.cdg.go.kr (Bahasa Korea, Inggris)
Yayasan Warisan Budaya Korea:  www.chf.or.kr (Bahasa Korea, Inggris)

☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Agustus 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post