Wisatawan Indonesia ke Korea pada Semester I 2016 Mengalami Peningkatan

Wisatawan Indonesia ke Korea pada Semester I 2016 Mengalami Peningkatan

 

Gambar: Grafik peningkatan wisatawan ke Korea dari Asia Tenggara

Di semester pertama tahun 2016, wisatawan dari Asia Tenggara ke Korea mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menurut data Statistik Pariwisata Korea yang dikeluarkan oleh Korea Tourism Organization (KTO), wisatawan dari enam negara utama di Asia Tenggara yang berkunjung ke Korea di semester pertama tahun 2016 mengalami peningkatan sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan semester pertama di tahun 2015. Jika diurutkan sesuai peningkatan wisatawannya, Vietnam mengalami peningkatan sekitar 40 persen, Indonesia sekitar 37 persen dan Malaysia sekitar 29 persen.

Beberapa alasan peningkatan ini diantara adalah sebagai berikut. Pertama, tidak adanya bencana alam seperti MERS pada tahun ini; kedua, adanya perubahan destinasi wisata ke negara-negara di Asia yang lebih aman karena kasus-kasus terorisme yang sering terjadi di beberapa negara di Eropa; ketiga, adanya pengaruh Hallyu (Korean Wave) yang kembali melanda negara-negara Asia Tenggara seperti drama Descendants of the Sun dan drama Korea lainnya.

Direktur KTO Jakarta (OH Hyonjae) mengatakan Drama Descendants of the Sun sudah mulai ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional di Indonesia. Dan mulai bulan Agustus sampai bulan September nanti video promosi pariwisata Korea yang dibintangi oleh Song Joong Ki akan sering muncul di beberapa stasiun televisi di Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat semakin menarik minat wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Korea.

Share This Article

Related Post