Yuk, Ikuti Keseruan Festival Musim Dingin di Korea (Desember – Februari)

Yuk, Ikuti Keseruan Festival Musim Dingin di Korea (Desember – Februari)

Festival Es Sancheoneo Hwacheon

Musim dingin di depan mata? Itu artinya beragam kemeriahan akan datang, mulai dari perayaan Natal hingga Tahun Baru. Pada akhir Desember menjelang awal tahun, orang-orang berkumpul di lokasi Festival Matahari Terbit untuk menyaksikan matahari yang terbit pertama kalinya di awal tahun. Januari dan Februari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati cuaca musim dingin dengan mengunjungi beragam festival es dan salju. Setiap wilayah memiliki budaya unik dan produk spesialnya masing-masing agar semua orang dapat merasakan kesempatan yang tidak ada habisnya dalam menikmati musim dingin secara aktif di Korea.

Festival Cahaya Bulan Desember

Festival Cahaya di The Garden of Morning Calm

 

Credit: The Garden of Morning Calm

Periode: 5 Desember 2018 – 24 Maret 2019
Lokasi: The Garden of Morning Calm, 432, Sumogwon-ro, Sang-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do

Menjadi salah satu festival terbesar di Korea, Festival Cahaya ini akan menghiasi sekitar 330.000 m2 luas dari The Garden of Morning Calm dengan cahaya yang berkilauan. Festival ini menghadirkan tema berbeda setiap tahunnya, lampu yang berkilau juga akan menambah kemeriahan dalam keindahan alami taman ini saat musim dingin tiba.

Festival Cahaya Perkebunan Teh Hijau Boseong

Peiode: 14 Desember 2018 – 13 Januari 2019
Lokasi: Area sekitar Taman Budaya Teh Korea dan Perkebunan Teh Boseong
Korea Tea Culture Park, 775, Nokcha-ro, Boseong-eup, Jeollanam-do

Daya tarik magis dari Boseong Green Tea Field muncul 10x lebih besar pada musim dingin, yaitu saat lampu-lampu natal berkilau dan membentang di lahan yang luas. Area bertema dan pameran ini seakan menjadi “Dekorasi Natal” yang lain dari biasanya.

Festival Matahari Terbit pada Momen Tahun Baru

Festival Matahari Terbit Seongsan

Periode: 30 Desember 2018 – 1 Januari 2019
Lokasi: Seongsan Ilchulbong Peak
284-12, Ilchul-ro, Seongsan-eup, Seogwipo-si, Jeju-do

Ikuti keseruan hitung mundur dan sambut tahun baru di lokasi terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit Pulau Jeju, yakni di Seongsan Ilchulbong Peak (dikenal juga sebagai “puncak matahari terbit”). Selain menampilkan pemandangan matahari terbit yang begitu indah, festival ini juga menghadirkan keseruan parade, pertunjukan, pesta kembang api, menikmati kuliner tteokguk (sup kue beras), dan acara menarik lainnya.

Festival Matahari Terbit Ganjeolgot

 

Credit: Ulsan-si

Periode: 31 Desember 2018 – 1 Januari 2019
Lokasi: Area sekitar Taman Tanjung Ganjeolgot
Daesong-ri, Seosaeng-myeon, Ulju-gun, Ulsan

Tanjung Ganjeolgot menjadi lokasi populer untuk mengamati matahari terbit yang paling awal di Korea. Pengunjung dari segala penjuru dunia berkumpul untuk merayakan dan menyaksikan matahari yang terbit untuk pertama kalinya di awal tahun. Perayaan tahun baru ini juga menghadirkan acara lain, seperti pesta kembang api, menikmati kuliner tteokguk, dan beragam pertunjukan menarik. Terdapat pula daya tarik wisata terdekat, yakni rumpun pohon pinus yang tebal, formasi bebatuan yang unik, dan Desa Onggi Oegosan.

Festival Matahari Terbit Homigot

Periode: 31 Desember – 1 Januari 2019
Lokasi: Homigot Sunrise Plaza
136, Hamaji-ro, Homigot-myeon, Nam-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do

Tanjung Homigot dan area pantainya merupakan lokasi dari Homigot Sunrise Plaza, lokasi ini menjadi salah satu yang begitu populer untuk menikmati pemandangan matahari terbit karena memiliki pemandangan warna keemasan yang begitu mempesona. Orang-orang yang datang juga bisa menikmati beragam pertunjukan dan pesta kembang api untuk merayakan tahun baru yang begitu spesial.

Festival Matahari Terbit Jeongdongjin

Periode:  31 Desember 2018 – 1 Januari 2019
Lokasi: Area sekitar Taman Sandglass di Pantai Jeongdongjin
990-1, Heonhwa-ro, Gangdong-myeon, Gangneung-si, Gangwon-do

Landmark dari Jeongdongjin dapat dilihat dari jam pasir besar yang terletak di dekat pantai. Jam pasir ini butuh waktu setahun penuh untuk membuat pasir di bagian atasnya benar-benar jatuh ke bagian bawah. Saat malam pergantian tahun, kamu dapat menyaksikan langsung sisa pasir terakhir yang jatuh, serta acara pembalikan jam pasir yang dinilai menjadi momen menarik kala pergantian tahun berlangsung.

Festival Matahari Terbit Gyeongpo

Periode: 31 Desember 2018 – 1 Januari 2019
Lokasi: Area sekitar Pantai Gyeongpo
San1-1 Anhyeon-dong, Gangneung-si, Gangwon-do

Pantai Gyeongpo dikenal karena keindahannya, menampilkan pemandangan dengan arah cahaya yang berbeda sepanjang tahun. Pada momen pergantian tahun, orang-orang berkumpul untuk mengikuti perayaan besar dengan melakukan hitung mundur saat tahun berganti, serta bersama-sama mengikuti pesta kembang api dan berpartisipasi dalam beragam program kegiatan maupun acara budaya.

Festival Matahari Terbit Hyangiram Yeosu

Periode: 31 Desember 2018 – 1 Januari 2019
Lokasi: Area sekitar Desa Impo dan Hyangiram Hermitage
Yullim-ri, Dolsan-eup, Yeosu-si, Jeollanam-do

Festival Matahari Terbit Hyangiram merupakan festival tahunan malam hari yang dihadiri oleh orang-orang penikmat matahari terbit di tahun baru. Hadir pula beragam acara menarik, seperti acara lampion dan upacara lilin yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Tetap Hangat dengan Ikut Keseruan Festival

Festival Trout Pyeongchang

 

Credit: Pyeongchang-gun

Periode: 22 Desember 2018 – 27 Januari 2019
Lokasi: Area sekitar aliran Odaecheon
3562, Gyeonggang-ro, Jinbu-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do

Festival Trout Pyeongchang yang diselenggarakan setiap tahun berlangsung di Pyeongchang-gun, lokasi ini dikenal sebagai penghasil ikan trout terbesar di Korea. Ikan Trout yang dibudidayakan di perairan Pyeongchang ini terkenal dengan teksturnya yang kenyal. Saat festival berlangsung, pengunjung dapat menikmati kegiatan memancing di atas es bersamaan dengan kegiatan menyenangkan lainnya, seperti memancing menggunakan tangan kosong dan juga sledding. Lokasi festival ini berdekatan dengan Resor Ski Alpensia dan Resor Ski Yongpyong yang menjadi tempat perhelatan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018.

Festival Musim Dingin Singsing Jaraseom

Periode: 14 Desember 2018 – 17 Februari 2019
Lokasi: Area sekitar aliran Gapyeongcheon
60, Jaraseom-ro, Gapyeong-eup, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do

Festival Musim Dingin Singsing Jaraseom terkenal dengan kegiatan memancing ikan trout di atas es, selanjutnya tangkapan ikan tersebut dapat langsung kamu nikmati secara mentah atau dipanggang terlebih dahulu. Kamu juga bisa menikmati aktivitas lain seperti seluncuran es, mengendarai mobil bemper di atas salju, kegiatan tradisional, dan masih banyak lagi. Sangat mudah untuk mengunjungi Gapyeong dengan menggunakan kereta ITX Cheongchun dari Stasiun Yongsan. Kamu juga bisa mengunjungi wisata terdekat, seperti Pulau Namiseom, The Garden of Morning Calm, serta Petite French.

Festival Es Sancheoneo Hwacheon

Periode: 5 - 27 Januari 2019
Lokasi: Area sekitar Aliran Hwacheoncheon
137, Sancheoneo-gil, Hwacheon-eup, Hwacheon-gun, Gangwon-do

Festival Es Sancheoneo diselenggarakan di lingkungan alami sekitar Aliran Hwacheoncheon sebagai tempat tinggal alami bagi ikan trout dan berang-berang. Salah satu program kegiatan yang paling populer di festival ini adalah memancing di atas es, di mana pengunjung dapat membuat lubang di atas lapisan es tebal dan mencoba peruntungannya saat memancing ikan trout. Pengunjung yang berani juga dapat menangkap ikan di air yang sangat dingin dengan menggunakan tangan kosong. Hadir pula beberapa staf di area tersebut yang siap membantu para pengunjung saat mendapatkan tangkapan mereka. Ikan segar yang baru saja ditangkap dapat langsung dikonsumsi secara mentah atau dipanggang terlebih dahulu.

Festival Icefish Inje

 

Credit: Inje-gun

Periode: 19 – 27 Januari 2019
Lokasi: Area sekitar Danau Bingeoho
555-2, Bupyeong-ri, Nam-myeon, Inje-gun, Gangwon-do

Di Festival Icefish Inje pengunjung dapat menikmati kegiatan memancing dan program kegiatan menarik lainnya, seperti naik kereta luncur, naik kereta luncur ukuran besar, dan seluncuran salju. Semua icefish yang ditangkap oleh peserta dapat dinikmati sebagai sajian hoe (irisan ikan mentah) atau dengan cara digoreng sebagai sajian hangat musim dingin.

Festival Salju Gunung Taebaek

 

Credit: Taebaek-si

Periode: 18 Januari – 3 Februari 2019
Lokasi: Area sekitar Taman Nasional Taebaksan dan Kolam Hwangji, Taebaek-si, Gangwon-do
162, Cheonjedan-gil, Taebaek-si, Gangwon-do

Festival Salju Taebaksan menawarkan berbagai acara dan kegiatan yang pastinya dapat menghibur para peserta. Selain pertunjukan dan patung salju yang menawan, pengunjung dapat berpartisipasi dalam seluncuran salju sambil menikmati pemandangan Gunung Taebaek yang diselimuti salju.

Festival Api Jeju

 

Credit: Pusat 

Periode: 7 – 10 Maret 2019
Lokasi: Area sekitar Saebyeol Oreum
San 59-8, Bongseong-ri, Aewol-eup, Jeju-si

Festival Api Jeju diselenggarakan setiap tahun dengan harapan akan mendapatkan tahun baru yang damai dan diberikan kesehatan. Zaman dahulu, petani Pulau Jeju akan menghidupkan api di ladang mereka untuk memusnahkan serangga dan mendorong pertumbuhan rumput baru untuk makanan ternak mereka. Tradisi ini kemudian dihadirkan lagi dengan menyalakan api di seluruh lingkar luar gunung (oreum). Pengunjung juga dapat merasakan gaya hidup tradisional dan kegiatan para petani Korea, salah satunya upacara pernikahan tradisional yang ada dalam festival ini.

*Program festival dan jadwal dapat dapat berubah sewaktu-waktu sesuai cuaca. Mohon periksa informasi selengkapnya sebelum berkunjung

*Kolom ini terakhir diperbarui pada Oktober 2018, maka dari itu informasi yang ditampilkan dapat berbeda. Kami menyarankan untuk memeriksa langsung ke situs resmi.
 

Share This Article

Related Post