Menjelajahi Ikseon-dong, sebuah harta karun di pusat kota

Menjelajahi Ikseon-dong, sebuah harta karun di pusat kota

Pemandangan di Ikseon-dong

Ikseon-dong mulai menjadi pusat perhatian wisatawan saat menjadi sebuah wisata baru di Seoul. Akhir-akhir ini Ikseon-dong menjadi tren saat artisan muda dan para pengusaha mulai membuka bisnis seperti kafe, restoran, dan toko kerajinan tangan dengan konsep dan desain yang unik. Temukan keseruan menjelajahi Ikseon-dong saat melalui jalan yang berliku untuk merasakan pengalaman mencari harta karun!

Pesona dari sejarah 100 tahun di Ikseon-dong Hanok Alley

 

Ikseon-dong Hanok Alley

Pedesaan Hanok di Ikseon-dong pertama kali didirikan tahun 1920, dengan berjalannya waktu, modernisasi pelan-pelan melebur dengan tradisi tradisional dan membawa keunikan tersendiri. Walaupun akhir-akhir ini Ikseon-dong menjadi salah satu wisata populer, namun desa ini tetap menjadi tempat tinggal bagi penduduk setempat.

Kamu mungkin akan melihat beberapa belokan dan persimpangan di Ikseon-dong nampak sama, namun tiap gang diisi dengan toko-toko menarik dan kafe yang dihiasi dengan karakter unik masing-masing. Tak heran apabila gang-gang yang ada di Ikseon-dong dijadikan sebagai sebuah lokasi foto dengan kehadiran toko berwarna-warni. Tak ada petunjuk jalan ataupun peta perjalanan, jadi pastikan untuk memerhatikan toko atau mural yang menonjol sebagai penanda jalan kamu. 

 Vintage Bonnie

Salah satu dari toko unik di Ikseon-dong adalah Vintage Bonnie. Toko ini khusus menjual barang-barang handmade dengan desain retro seperti halnya pakaian, peralatan dapur, dan barang rumah tangga lainnya. Di Vintage Bonnie kamu dapat menemukan jejeran peralatan dapur warna-warni yang tersusun rapi di salah satu sudut, sementara bagian pakaian vintage dapat kamu temukan di sudut lainnya. Beragam jenis produk dapat kamu temukan dengan harga yang terjangkau, termasuk aksesoris buah-buahan yang menggemaskan serta boneka binatang yang lucu.

Informasi lebih lanjut

Ikseon-dong Hanok Alley
Alamat: Area Supyo-ro 28-gil, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah:  Stasiun Jongno 3(Sam)-ga (kereta bawah tanah Seoul jalur 5), pintu keluar 4. -> Menyebrang jalan kemudian jalan kaki 300 meter sepanjang Jalan Donghwamun-ro 11-gil (sekitar 3 menit)

Vintage Bonnie
Alamat: 21-17 , Supyo-ro 28-gil. Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Stasiun Jongno 3(Sam)-ga (kereta bawah tanah Seoul jalur 5), pintu keluar 4. -> Menyebrang jalan kemudian jalan kaki 300 meter sepanjang Jalan Donghwamun-ro 11-gil. -> Belok kanan kemudian jalan menuju gedung pink
Jam operasional: 12.00-21.00
Situs web Vintage Bonnie: www.vintagebonnie.com (Korean Only)

Bergaya ala warga Korea di Kukminhanbok Chabim!

Penyewaan Hanbok di Kukminhanbok Chabim

Untuk momen yang tak terlupakan, kamu bisa menyewa pakaian tradisional Korea yang disebut Hanbok! Penyewaan hanbok di Ikseon-dong berada di Kukminhanbok Chabim yang berlokasi hanya sekitar 15 menit dari Hanok Alley. Toko penyewaan ini menyediakan beragam jenis hanbok dengan berbagai desain untuk dipilih, termasuk hanbok tradisional maupun modern. Kamu bisa mencoba menggunakan hanbok berwarna-warni untuk menghasilkan foto yang mengaggumkan pada hari yang cerah. Selain penyewaan hanbok, Kukminhanbok Chabim juga menyediakan pelayanan tata rias rambut serta menyediakan beragam aksesoris untuk membuat penampilan ala warga korea kamu semakin memukau.

Informasi lebih lanjut

Kukminhanbok Chabim (cabang Insa-dong)
Alamat: 4F, 16, Insadong-gil, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Stasiun Jongno 3(Sam)-ga (kereta bawah tanah Seoul jalur 5), pintu keluar 5 -> menyebrang jalan dan ikuti jalan di bawah Nagwon Music Mall -> Belok kiri ketika berada di Pertigaan -> jalan kaki sekitar 30 meter, dan posisi toko ada di sebelah kiri
Jam operasional: 10.00 – 20.00 (buka sepanjang tahun)
*jam operasional diperpanjang sampai pukul 22.00 selama periode Gyeongbokgung Palace Night
Biaya penyewaan: 
•    Hanbok Tradisional: 13.000 won untuk 4 jam / 25.000 won untuk satu hari
•    Hanbok Fusion: 20.000 won untuk 4 jam / 35.000 won untuk satu hari
Situs web: www.kukminhanbok.com (Korean, English, Japanese, Chinese)

Daging babi yang autentik di Gyeongyangsik 1920

Pemandangan luar dari Gyeongyangsik1920

Restoran Gyeongyangsik1920 menawarkan potongan daging babi Korea seperti yang disajikan pada masa lalu. Nama restoran ini berasal dari istilah gyeongyangsik, mengacu pada salah satu restoran tipe barat di Jepang yang populer di Korea pada 1970-an dan 1980-an. Interior restoran ini memiliki desain tirai retro yang berwarna merah muda serta sofa yang luas, membuat kamu seolah-olah berada di masa lampau.

Gyeongyangsik 1920

Dua menu yang paling mewakili restoran ini adalah sajian donkkaseu (potongan babi) dan steak hamburg. Menu babi di sini menggunakan daging sirloin yang lembut dan disajikan dengan kombinasi wortel, seledri, bawang, dan telur goreng. Rissoto yang dibuat dengan mentega juga disajikan pada menu utama demi sebuah sajian dengan cita rasa tinggi.

Gyeongyangsik 1920 memiliki antrean yang cukup panjang pada jam makan berlangsung. Jika kamu ingin berkunjung pada jam makan, kamu bisa mengambil nomor antrean di depan pintu masuk untuk mendapatkan pemberitahuan melalui pesan singkat saat giliran kamu datang, jadi kamu bisa berkeliling sejenak untuk menjelajahi daerah sekitar.

Informasi lebih lanjut

Gyeongyangsik 1920
Alamat: 17-30, Supyo-ro 28-gil, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Stasiun Jongno 3(sam)-ga (kereta bawah tanah Seoul jalur 5), pintu keluar 4. -> menyebrang jalan kemudian jalan kaki sekitar 200 meter sepanjang jalan Donghwamun-ro (sekitar 3 menit)
Jam operasional: 12.00 – 23.00 (waktu istirahat 15.00-17.00 / buka sepanjang tahun)

Merasakan kedamaian di Istana Kerajaan Unhyeongung

 

Pemandangan di Kerajaan Unhyeongung

Istana Kerajaan Unhyeongung awalnya merupakan rumah dari Heungseon Daewongun, ayah dari penguasa 26 Dinasi Joseon, Raja Gojong (1863-1907). Walaupun lokasinya terletak di tengah kota, istana ini tetap tenang dan damai. Harmoni bangunan tradisional yang menyatu dengan pepohonan terlihat seperti sebuah karya seni. Kebun belakang dari istana ini juga dipenuhi dengan pohon-pohon yang cocok digunakan untuk berteduh dan bersantai selama musim panas.

 

Peragaan upacara ulang upacara pernikahan dari Raja Gojong dan Empress Myeongseong (credit: Unhyeongung Royal Residence)

Beragam kegiatan dipersiapkan untuk pengunjung untuk menikmati suasana dari Istana Kerajaan Unhyeongung. Acara besar yang wajib kamu tonton adalah sebuah pertunjukan peragaan upacara pernikahan Raja Gojong dan Empress Myeongseong yang biasanya diselenggarakan dua kali dalam satu tahun. Upacara pertama pada tahun ini telah diselenggarakan, sedangkan upacara kedua akan diselenggarakan pada 20 Oktober.

Informasi lebih lanjut

Istana Kerajaan Unhyeongung
Alamat: 464, Samil-daero, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Stasiun Anguk (kereta bawah tanah Seoul jalur 3), pintu keluar 4. Jalan kaki sekitar 100 meter menuju Istana Kerajaan Unhyeongung (sekitar 2 menit)
Jam operasional
•    Awal April-akhir Oktober: 09.00-19.00 (pendaftaran terakhir 18.30)
•    Awal November-akhir Maret: 09.00-18.00 (pendaftaran terakhir 17.30)
*tutup Hari Senin (kecuali saat Senin merupakan hari libur nasional)
Biaya masuk: Gratis

Pertunjukan peragaan ulang upacara pernikahan dari Raja Gojong dan Empress Myeongseong
Periode acara dan lokasi:
14.00-17.00 20 Oktober / Taman depan Istana Kerajaan Unhyeongung
Situs web: www.unhyeonggung.or.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

Rasakan kehangatan suasana Korea di Jalan Pojangmacha

 

Pojangmacha, Ikseon-dong

Telusuri jalan Ikseon-dong sampai kamu menemukan Nagwon Music Mall, di sini kamu akan melihat jejeran warung tenda yang menjual beragam kuliner. Warung tenda di sini merupakan pemandangan yang biasa kamu saksikan dalam drama Korea, tempat ini biasa disebut dengan pojangmacha. Pojangmacha biasanya memiliki area memasak dan meja makan kecil di mana para pengunjung dapat melihat proses memasak secara langsung. 

Menikmati kuliner di Pojangmacha

Pojangmacha menawarkan beragam jajanan khas Korea seperti jeon (sejenis pancake), udon, ramyeon, eomuk (kue berbentuk ikan), tteokbokki, dan masih banyak lagi. Kebanyakan jajanan yang ditawarkan dengan harga terjangkau, biasanya di bawah 10.000 won. Untuk mendapatkan momen yang tak terlupakan di Korea, pastikan untuk mampir ke pojangmacha di Ikseon-dong!


Informasi lebih lanjut

Pojangmacha, Ikseon-dong
Petunjuk arah: Stasiun Jongno 3(Sam)-ga (kereta bawah tanah Seoul jalur 5), pintu keluar 6. Jalan kaki sekitar 100 meter menuju Donghwamun-ro 11-gil
Jam operasional: 19.00-02.00
*jam operasional tiap stan mungkin berbeda


*Kolom ini terakhir diperbarui pada Juni 2018, karena itu informasi yang ada mungkin dapat berbeda. Kami menyarankan kamu untuk memeriksan situs web resmi sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post

High1 Resort

Restoran Badalbi

Petite France

Resor Pesisir Ganghwa

Hutan Gwanbangjerim