Merayakan Chuseok sambil Menikmati Kelezatan Makanan Khas Korea

Merayakan Chuseok sambil Menikmati Kelezatan Makanan Khas Korea

Songpyeon, Kue Beras yang dibentuk seperti setengah bulan

Chuseok merupakan perayaan Thanksgiving di Korea yang menjadi sebuah simbol kekayaan. Bahkan, ada yang mengatakan “Tidak berharap menjadi lebih atau kurang, namun setiap hari akan menjadi seperti Chuseok”. Liburan terjadi selama musim gugur, musim panen, dan biasanya menjadi waktu untuk bersantai sambil menikmati sajian khas, setelah kerja keras yang dilakukan hingga masa panen. Saat Chuseok berlangsung, keluarga besar berkumpul untuk membuat songpyeon (kue beras bentuk setengah bulan), japchae (sejenis bihun yang ditumis dengan sayuran) serta sajian perwakilan tradisional khas Korea lainnya.

Ingin merasakan perayaan Chuseok seperti warga Korea? Cari tahu resep dari 6 sajian perwakilan Korea berikut untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga di rumah!

Kue Beras yang Kenyal dan Harum, Songpyeon

Songpyeon

Songpyeon merupakan salah satu hidangan klasik yang kerap muncul pada acara kumpul keluarga saat Chuseok berlangsung. Songpyeon terbuat dari adonan tepung beras yang diisi dengan kacang, gula, serta bahan bernutrisi lainnya dengan cara dikukus. Kue beras ini mendapatkan aroma khasnya dari proses pengukusan yang menggunakan daun pinus (“Song” berarti pinus dalam bahasa Korea). Bentuk dan isian dari songpyeon bervariasi berdasarkan wilayahnya, namun bentuk yang paling sering ditemui adalah potongan kecil yang menyerupai setengah bulan.

Cara Memasak Songpyeon

1.    Campurkan air panas dengan tepung beras non-ketan untuk adonannya
2.    Bentuk adonan menjadi sebuah bulatan, tekan bagian tengahnya. Isi bagian tengah tersebut dengan bahan yang kamu pilih, tutup dan tekan-tekan bagian sisinya sampai menutup sempurna
3.    Untuk membuat songpyeon dengan bentuk setengah bulan, bentuklah sebuah persegi, lalu tekan-tekan bagian atas sampai bawah hingga menyerupai setengah bulan
4.    Letakkan selembar daun pinus di bagian bawah alat kukus, letakan songpyeon yang sudah dibentuk di atasnya, kukus dengan api besar.

Resep lengkap membuat Songpyeon

Rasa yang Sempurna dari Jeon

Pajeon

Beragam jeon (panekuk) dapat ditemukan selama periode liburan di Korea. Jeon dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan pilihan dengan bahan dasar tepung, kemudian digoreng dengan sedikit minyak, pemilihan bahan-bahan yang digunakan akan memengaruhi rasa. Jeon dapat dibuat dengan bahan tunggal seperti dongtae jeon (panekuk pollack) dan hobak jeon, atau penggabungan beberapa bahan seperti haemul pajeon (panekuk seafood daun bawang) serta kimchi jeon (panekuk kimchi).

Cara Memasak Jeon

1.    Cuci bersih daun bawang, kemudian potong dengan ukuran sekitar 10 cm
2.    Campurkan telur, air dan tepung panekuk Korea sampai menjadi sebuah adonan
3.    Setelah adonannya tercampur rata, tambahkan beberapa bahan seperti wortel, udang, cumi, dan daun kucai
4.    Goreng adonan di atas panci yang sudah dilumuri minyak sampai berwarna keemasan. Bolak-balik adonan sampai matang merata.

Resep lengkap membuat Pajeon

Harmonisasi antara Daging, Sayuran, dan Bihun ala Korea -  Japchae

Japchae

Japchae merupakan salah satu makanan populer yang kerap muncul pada hari-hari perayaan di Korea. Japchae merupakan penyatuan nama dari bahasa Korea “jap” yang berarti campur, dan “chae” yang berasal dari kata “chaeso” yang memiliki arti “sayuran”. Japchae biasanya dibuat dengan beragam sayuran, daging dan sejenis bihun.

Japchae mungkin terlihat mudah untuk disajikan, namun kamu akan mengeluarkan usaha ekstra dalam pembuatannya. Tiap bahan harus diiris kecil-kecil, kemudian direbus atau digoreng secara terpisah dengan kematangan yang pas, karena selanjutnya akan dimasak bersamaan dengan semua bahan. Sajian ini harus melalui proses yang cukup panjang, namun kamu akan merasakan begitu berharganya sajian ini saat mencicipi harmonisasi rasa dari semua bahan yang tercempur sempurna.

 Cara Memasak Japchae

1.    Rebus glass noodles (sejenis bihun) di air mendidih selama 8 menit
2.    Bilas glass noodles yang sudah matang dengan air dingin kemudian tiriskan
3.    Iris dan tumis bahan sayuran secara terpisah
4.    Campurkan glass noodles dengan bumbu sampai mendidih. Matikan api saat bumbu telah menyerap sempurna
5.    Campurkan glass noodles tersebut dengan bahan sayuran lainnya, dan japche siap untuk disajikan.

Resep lengkap membuat Japchae

Sajian Kaya Nutrisi, Bibimbap

Bibimbap

Bibimbap mungkin menjadi menu makanan terpopuler di kalangan turis internasional. Jika dilihat, sajian ini begitu menarik berkat kehadiran 5 warna tradisional Korea (putih, kuning, hijau, merah, dan hitam). Karena bibimbap menghadirkan ragam sayuran, makanan ini merupakan sajian sehat yang baik untuk dinikmati.

Cara Memasak Bibimbap

1.    Iris sayuran menjadi potongan pipih yang memanjang, rebus tauge pada tahapan ini
2.    Tumis sayuran sampai menjadi lebih gelap. Kamu juga dapat menyiapkan daging tipis atau telur goreng yang diiris tipis sebagai hiasan
3.    Setelah menumis seluruh sayuran, goreng telur dengan bentuk sunny-side up
4.    Atur seluruh bahan di atas mangkuk.

Resep lengkap membuat bibimbap

Sajian Favorit Para Turis, Bulgogi

Bulgogi

Bulgogi merupakan sajian yang dicintai orang Korea maupun turis mancanegara. Sajian ini merupakan potongan daging tipis dengan bumbu kecap yang dicampur dengan sayuran. Bulgogi cocok bagi mereka yang tidak dapat menikmati sajian pedas dan merupakan makanan yang sempurna, karena rasa dan nutrisinya tidak dapat diragukan lagi.

Cara Memasak Bulgogi

1.    Iris semua sayuran (wortel, daun bawang, dll) serta daging menjadi potongan kecil
2.    Siapkan daging beserta rendamannya yang terbuat dari air, kecap, bawang putih, pir (bisa diganti dengan nanas), minyak wijen, dan gula
3.    Masak daging dan sayuran yang telah direndam di atas panci dengan api sedang

Resep lengkap membuat bulgogi

Sajian Khas Korea, Kimchi Pedas nan Renyah

Kimchi

Kimchi merupakan sajian tradisional Korea yang paling terkenal dan menjadi sebuah ikon perwakilan Korea, karena berhasil menjadi sajian pendamping di hampir setiap menu makanan Korea. Rasa yang hadir bergantung pada metode pembuatan kimchi, termasuk waktu fermentasinya, maka dari itu setiap kimchi memiliki rasa unik yang berbeda-beda. Sensasi awal saat menikmati kimchi adalah kerenyahan yang mampu dihadirkan dengan baik, selanjutnya kamu akan merasakan rasa yang begitu dalam dari waktu ke waktu. 

Cara Memasak Kimchi

1.    Siapkan kubis dan lobak yang telah diasinkan, serta bahan lainnya seperti bubuk cabai Korea, saus teri fermentasi, udang yang diasinkan, jahe, bawang putih, tepung ketan, tepung teri, dan ekstrak plum
2.    Campur lobak dan bumbu secara bersamaan, tambahkan bubuk cabai Korea sampai menjadi kemerahan sesuai selera
3.    Pegang kubis pada posisi 45 derajat, pisahkan daun kubis tersebut satu per satu. Dimulai dari tengah, buka setiap bagian daun dan isi celah tersebut dengan bumbu. Ulangi hingga mencapai lapisan terluar.

Resep lengkap membuat Kimchi


Informasi selengkapnya

Pengalaman memasak menu Korea
•    Alamat: 4-9, Jahamun-ro 13-gil, Jongno-gu, Seoul
•    Petunjuk arah: Stasiun Gyeongbokgung (kereta bawah tanah Seoul Jalur 3), pintu keluar 2. Berjalan kaki sekitar 7 menit.
•    Jam operasional: Selasa-Sabtu 09.00-18.00 / Tutup hari Minggu, Senin, dan pada hari Seollal (tahun baru lunar) & Chuseok (hari Thanksgiving Korean Thanksgiving)
•    Program: Songpyeon, Jeon, Japchae, Bibimbap, Bulgogi, Kimchi, dll. (Dapat berubah sewaktu-waktu tergantung ketersediaan bahan)
•    Tarif: Tarif standar 100.000 won per kelas (@50.000 untuk 2 orang, @20.000 untuk 5 orang)
    *Mohon hubungi sebelumnya via telepon jika ingin memesan dengan jumlah grup berbeda
•    Pemesanan & pertanyaan: +82-2-722-8254 (Korean, English) / pemesanan diperlukan
•    Situs web: https://bit.ly/2PWi38M  (Korean Only)
Rekomendasi kolom:
1330 Korea Travel Hotline:
+82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)


*Kolom ini terakhir diperbarui pada Juli 2018, maka dari itu informasi yang ditampilkan dapat berbeda. Kami menyarankan untuk memeriksa langsung ke situs resmi.

Share This Article

Related Post