Ondol Menghangatkan Musim Dingin Korea

Ondol Menghangatkan Musim Dingin Korea

Jika yang dipikirkan orang-orang di Barat di malam yang dingin adalah perapian kayu, padanan bahasa Koreanya adalah ondol. Ondol adalah sistem pemanas tradisional di bawah lantai yang melibatkan pembuatan api di agungi (perapian) di luar rumah sehingga panas dari nyala api akan merambat sepanjang saluran panas yang diletakkan di bawah lantai di dalam ruangan. Orang Korea terbiasa berbaring di lantai yang panas ini, mendengarkan cerita-cerita lama nenek mereka dan mengemil kentang manis. Berikut adalah beberapa fasilitas penginapan di Korea yang menawarkan pengalaman ondol.

Kamar Ondol Tradisional: Desa Hanok Gongju

Desa Hanok Gongju, pemeragaan sejati sebuah desa tradisional Korea, menampilkan rumah-rumah mewah dan rumah-rumah dengan berbagai ukuran. Tempat ini adalah kompleks terbuka yang terletak di area seluas 30.000 meter persegi dan membawa pengunjung kembali ke masa lalu. Desa ini memiliki 16 kamar individu dan enam kamar kelompok. Setiap kamar memiliki lantai yang dipanaskan dengan ondol. Ketika Anda berkunjung di musim dingin, Anda bahkan mungkin dapat mendengar suara retihan kayu bakar yang terbakar di perapian di luar kamar Anda. Tidak ada banyak hal yang lebih menenangkan daripada melihat kayu bakar terbakar dan meretih di malam hari. Jendela-jendela di tempat ini ditutupi dengan changhoji (kertas tradisional Korea) dan perabotan kayu bergaya antik yang menambah pesona polos dan pedesaan ke kamar-kamar ini. Saat berbaring di lantai ondol, Anda akan merasa sangat santai dan mengantuk.

Fasilitas penginapan di Gongju juga menawarkan berbagai kegiatan untuk mencoba kebiasaan tradisional Korea. Kelas dasik (kue teh)— tempat peserta membuat makanan ringan bergaya tradisional untuk dimakan bersama teh dengan mencampurkan kastanye, spesialisasi lokal Gongju, dan bubuk beras merah dengan sirup beras atau madu—dan kelas upacara minum teh sangatlah populer. Anda bahkan dapat menyewa kostum era Baekje dan mengunjungi desa di dalamnya.

Tel. +82-41-840-8900, www.gongju.go.kr/hanok/
Alamat : 12, Gwangwangdanji-gil, Gongju-si, Chungcheongnam-do

Reka Adegan dari Drama Favorit K-Drama: Hagindang, Jeonju

Mr. Sunshine, serial drama Korea populer yang ditayangkan pada tahun 2018, menampilkan Hagindang sebagai salah satu latar belakang utamanya. Hagindang adalah nama sebuah rumah besar bergaya tradisional megah yang terkenal di antara hampir 700 bangunan hanok (rumah tradisional Korea) di Desa Hanok Jeonju. Ini adalah bangunan tertua di daerah tersebut dan juga satu-satunya yang dilindungi sebagai warisan budaya. Wisma ini, dibangun pada tahun 1908, memiliki fasilitas modern yang cukup untuk memaksimalkan kenyamanan para tamu. Tempat ini juga menawarkan kamar ondol.

Hagindang terbuka hanya untuk tamu yang menginap dan tamu yang berpartisipasi dalam kegiatannya. Diperlukan reservasi. Begitu memasuki gerbang utama, Anda akan disambut oleh taman Korea yang menawan, di luarnya terletak bangunan utama. Bangunan utama menawarkan struktur daecheong (aula berlantai kayu besar) yang lapang dan tinggi. Pemilik asli menginginkan desain sedemikian rupa sehingga ia dan tamu dapat bermain musik di sana. Bangunan utama memiliki tiga kamar yang menawarkan ruang yang cukup untuk empat hingga enam tamu sekaligus. Lantai dipanaskan oleh ondol. Perabotan antik, layar lipat, lukisan tua, dan benda-benda dekoratif semacam itu menambah estetika unik ke kamar-kamar ini. Di halaman belakang terdapat bangunan tambahan yang direkomendasikan untuk pasangan. Gedubg sarangchae (tempat tinggal pria) di sebelah gerbang utama sangat cocok untuk keluarga beranggotakan empat orang. Kegiatan yang ditawarkan termasuk belajar menggambar pola dancheong (pewarnaan dekoratif tradisional pada struktur kayu), upacara minum teh, dan mengenakan hanbok (pakaian tradisional Korea) dengan benar.

Tel. +82-63-284-9929, http://www.hagindang.modoo.at
Alamat : 45, Hyanggyo-gil, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do

Share This Article

Related Post

Membuat Bibimbap

Milano Motel - Goodstay

Pantai Samcheok

Air Terjun Gugok

Pulau Gapado