Yukhoe Tangtangi

Yukhoe Tangtangi

Korean Food
Level 5

Jika bertanya tentang makanan Korea favorit di kalangan pengunjung internasional, jawabannya bisa sangat beragam, mulai dari bibimbap hingga samgyeopsal, bulgogi, ayam, dan iga sapi yang diasinkan ala Korea. Namun, ketika ditanya tentang yang paling tidak disukai, sannakji (gurita hidup kecil) hampir selalu masuk dalam daftar teratas. Sannakji adalah makanan lezat yang dinikmati oleh banyak orang Korea, sering kali dicincang halus dan disajikan mentah dengan nama nakji tangtangi (gurita hidup). Beberapa tahun lalu nakji tangtangi mulai mendapat sorotan melalui berbagai saluran media sebagai sajian tidak biasa yang patut dicoba, tetapi tetap tidak disukai orang-orang asing. Bagi mereka yang takut dengan nakji tantangi hingga saat ini, kami persembahkan hidangan yang levelnya di bawah nakji: yukhoe tangtangi (gurita hidup cincang dan tartare daging sapi)!


Cara Menikmati

1. Pertama, kunjungilah Jalan Yukhoe Tangtangi di dalam Pasar Gwangjang, pasar tradisional yang wajib dikunjungi di Seoul. Jalan Yukhoe Tangtangi terletak di sepanjang gang utama pasar ke arah Stasiun Jongno 5-ga (Seoul Subway Line 1), Pintu Keluar 8. Ini adalah salah satu jalan makanan paling ramai yang tak mungkin terlewatkan.

2. Berikutnya adalah memesan hidangan. Kebanyakan restoran memisahkan side dish dari hidangan utama. Side dish terdiri dari hidangan yang cocok dengan minuman beralkohol, seperti yukhoe tangtangi, sannakji, dan pajeon. Secara khusus, yukhoe tangtangi merupakan kombinasi dari yukhoe dan nakji tangtangii. Sepiring yukhoe tangtangi harganya sekitar 30.000 won.

3. Sebelum menikmati, campurkan kuning telur, sannakji, dan yukhoe sekaligus. Yukhoe tangtangi biasanya disajikan berlapis-lapis. Lapisan bawah merupakan yukhoe dengan nakji tangtangi di atasnya. Terakhir, kuning telur mentah diletakkan di tengah nakji tangtangi. Untuk menikmati yukhoe tangtangi dengan benar, pecahkan kuning telur dengan sumpit sebelum mencampurkan semua bahan.

4. Setelah semuanya tercampur, ambil sepotong laver dan taruh di telapak tangan Anda. Ambil sepotong kecil yukhoe tangtangi dan letakkan di atas laver. Kemudian lipat laver untuk membungkus daging, seperti membungkus ssam (bungkus sayuran), dengan ukuran yang pas di mulut Anda.

5. Akhirnya, Anda sekarang siap untuk makan. Laver menyembunyikan dagingnya, dan kaki gurita yang menggeliat tidak lagi menakutkan! Jika Anda masih terlalu takut, tutup mata Anda, letakkan laver ssam di mulut Anda, dan kunyah. Meskipun mungkin perlu beberapa saat untuk terbiasa dengan tekstur yang tidak biasa, tetaplah mengunyah dan Anda akan mendapatkan rasa gurih yang tidak ditemukan di tempat lain.


Tip Bermanfaat 

Jadikan pengalaman Anda lebih baik!

Kuning telur menambah rasa buttery pada daging yang mungkin tidak disukai sebagian orang. Jika laver ssam tidak membantu menetralkan rasa, coba tambahkan rasa pedas seperti cabai atau bawang putih cincang. Pilihan lainnya adalah dengan menggigit cabai yang dicelupkan ke dalam doenjang dan itu akan membersihkan rasa buttery. Jika cabai tidak berhasil, pesan sebotol soju. Yukhoe tangtangi dan soju adalah pasangan yang cocok, dan nikmati cita rasa lokal yang autentik.


Klik di Sini untuk Sumber Artikel

Share This Article

Related Post