Perjalanan Sehari ke Jeonju, Gaya Korea!

Perjalanan Sehari ke Jeonju, Gaya Korea!

Desa Hanok Jeonju

Jeonju adalah salah satu kota wisata utama Korea, yang menarik pengunjung lokal dan internasional dengan pesonanya. Kota ini memiliki banyak hal untuk dilihat, dari Desa Hanok Jeonju yang populer sampai tempat-tempat tersembunyi di Jalan Gaengnidan-gil dan Taman Wansan. Meskipun begitu, jika kamu pernah berkunjung sekali, mengunjungi tempat ini lagi mungkin tidak terdengar menarik. Untuk membuat segalanya lebih menarik, lepaskan diri dari paket wisata biasa. Tukar bibimbap dan foto standar di Katedral Katolik Jeondong dengan perjalanan mengelilingi Jeonju bergaya Korea!

Tip) Bepergian antara Stasiun Jeonju dan Desa Hanok Jeonju
Dua cara utama untuk pergi dari stasiun kereta api ke desa ini adalah dengan bus kota atau dengan taksi. Bus (No. 79, 119, 535, atau 1000) membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Taksi sementara itu membutuhkan waktu sekitar 20 menit dan biaya sekitar 7.000 won. Kebanyakan orang lebih suka naik taksi, terbukti dengan antrian panjang orang yang menunggu taksi! Jika kamu berencana bepergian dengan taksi, sebaiknya antre segera setelah kamu turun dari kereta untuk mengurangi waktu tunggu. Namun, perlu diketahui bahwa jalan-jalan di Desa Hanok ditutup untuk lalu lintas pada akhir pekan sehingga kamu harus turun di pinggiran dan berjalan ke tempat tujuanmu.

9:00 AM – Memilih tampilan hanbokmu sendiri

Pengalaman toko penyewaan Hanbok

Perhentian pertama pada perjalanan Jeonju, untuk kunjungan pertama atau berikutnya, adalah menyewa hanbok untuk hari itu! Desa ini dipenuhi dengan toko-toko penyewaan hanbok. Sementara sebagian besar toko di Seoul hanya menawarkan hanbok bergaya tradisional, Jeonju melakukan lebih dengan menyediakan hanbok yang lebih pendek seperti yang dikenakan oleh grup-grup idola perempuan terkenal, dan pakaian 1930-an yang sedang tren saat ini, dipopulerkan oleh K-drama “Mr. Sunshine (2018). ”Setelah menentukan pilihan pakaianmu, staf akan dengan senang hati menata rambutmu dan membantumu memilih aksesori yang sempurna untuk penampilan yang lengkap.

Arum 1004 Hanbok
☞ Alamat: 22, Taejo-ro, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 태조로 22)
☞ Jam operasional: 09:00-19:00, buka sepanjang tahun
☞ Penyewaan: Hanbok tradisional, gaun bergaya hanbok modern, pakaian tahun 1930-an, dll.
☞ Informasi: +82-10-3678-7108 (Hanya bahasa Korea)
☞ Situs web: www.arum1004.com (Hanya bahasa Korea)

10:00 AM – Menikmati pemandangan

Paviliun Omokdae

Seperti kata pepatah, mungkin sulit untuk "melihat pepohonan di hutan" ketika kamu berada di tengah-tengah desa. Untuk mendapatkan pemandangan bird’s eye, pergilah ke arah Paviliun Omokdae, terletak di sebuah bukit di ujung desa dari Kuil Gyeonggijeon. Kamu tidak akan bisa melihat banyak dari puncak bukit, tetapi jalan kayu memberikan pemandangan atap hanok yang menakjubkan di jalan. Kamu akan merasa bermil-mil jauhnya dari keramaian dan hiruk pikuk wisatawan biasa yang mengambil foto dan membeli makanan ringan di jalan-jalan di bawah. Jika kamu tidak ingin banyak berolahraga, pergilah ke Paviliun Omokdae dan istirahat sejenak di tempat teduh atau ambil fotomu sendiri sebelum menuju ke tujuan berikutnya.

Paviliun Omokdae
☞ Alamat: 55, Girin-daero, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 기린대로 55)
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
☞ Informasi: +82-63-281-2114 (Hanya bahasa Korea)

11:00 AM – Mengambil foto yang sempurna

Taman Wansan

Taman Wansan adalah bintang terbaru di Jeonju, yang mendapatkan daya tarik melalui media sosial! Secara khusus, orang-orang datang pada musim semi untuk melihat banyak bunga, termasuk terowongan bunga cherry blossoms donarium, semak-semak azalea seperti pohon, dan jalan setapak yang dipenuhi dengan zinnia. Taman ini awalnya adalah tanah pribadi warga setempat, Tuan Kim, yang menanam banyak pohon dan semak-semak selama 40 tahun. Namun, ia memutuskan untuk menyumbangkan tanah itu ke kota Jeonju setelah melihat betapa bahagianya seorang nenek dan cucunya ketika berkunjung. Berkat tawaran murah hati Tuan Kim, taman di lereng bukit yang indah ini terbuka untuk semua pengunjung secara gratis!

Taman Wansan
☞ Alamat: 35-27, Maegok-ro, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 매곡로 35-27)
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
☞ Informasi: +82-63-222-1000 (Hanya bahasa Korea)

12:00 PM – Mencoba hidangan baru

Mulgalbi

Jika kamu datang ke Jeonju, kota cita rasa, mencoba segalanya adalah suatu keharusan! Hampir setiap pengunjung akan mencoba bibimbap Jeonju yang terkenal, kongnamul gukbap (sup nasi dengan tauge kedelai), dan chocopie manis. Untuk sesuatu yang baru, cobalah mulgalbi, sup iga pedas yang dimasak dengan bihun ubi dan tauge kedelai. Porsi tambahan bihun ubi, mie ramyeon, atau mandu (pangsit) dapat ditambahkan untuk hidangan yang lebih lengkap. Restoran mulgalbi paling populer di Jeonju adalah Namno Mulgalbi, yang terletak tepat di luar Desa Hanok Jeonju.

Namno Mulgalbi – Cabang Utama
☞ Alamat: 24, Hanji-gil, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 한지길 24)
☞ Jam operasional: 11:00-22:00, buka sepanjang tahun
☞ Menu utama: Namno mulgalbi 11,000 won (per orang)
☞ Informasi: +82-63-288-3525 (Hanya bahasa Korea)
☞ Situs web: www.namno.co.kr (Hanya bahasa Korea)

1:00 PM – Menonton film indie

Jeonju Cine Complex

Bioskop tersebar di seluruh negeri, jadi apa yang membuat perjalanan ke Jeonju Cine Complex begitu istimewa? Bioskop di sini menayangkan film-film indie dari seluruh dunia, dan merupakan salah satu lokasi Festival Film Internasional Jeonju tahunan. Jika kamu sangat tertarik dengan sinema, kamu pasti ingin melihat ruang sumber daya di lantai pertama, yang dilengkapi dengan DVD ratusan film indie dan seni, buku, dan banyak lagi. Kamu hanya perlu mengeluarkan 1.000 won untuk menggunakan ruang sumber daya, yang buka jam 12: 00-20: 00. 

Jeonju Cine Complex
☞ Alamat: 22, Jeonjugaeksa 3-gil, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 전주객사3길 22)
☞ Jam operasional: 10:00-19:00, tutup Senin
☞ Fasilitas utama: Loket tiket, ruang sumber daya, ruang pameran terencana, ruang produksi film tahap akhir, dll.
☞ Informasi: +82-63-282-1400 (Hanya bahasa Korea)
☞ Situs web: www.jeonjucinecomplex.kr (Hanya bahasa Korea)

3:00 PM – Menjelajahi pasar lokal

Pasar Nambu

Tempat berikutnya yang bisa membuatmu merasa seperti seorang wisatawan Korea adalah Pasar Tradisional Nambu Jeonju, terletak tepat di seberang Desa Hanok. Ketika datang ke pasar, kamu mungkin berpikir, "Kalau kamu pernah melihatnya, berarti kamu sudah melihat semua!" Sekilas, hal ini tampaknya berlaku di sini, tetapi jika kamu menuju ke lantai dua, kamu akan menyadari betapa salah kesan pertama tadi. Lantai kedua didekorasi dengan warna-warna cerah dengan toko-toko kecil, semua dioperasikan oleh pengusaha muda. Disebut Cheongnyeon Mall, yang berarti Mall Anak Muda di Korea, toko-toko menjual segala sesuatu dari alat tulis dan buku hingga pakaian dan aksesoris. Ada juga beberapa restoran lezat jika kamu berkunjung dengan perut kosong.

Pasar Nambu
☞ Alamat: 63, Pungnammun 2-gil, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 풍남문2길 63)
☞ Jam operasional: 04:00-19:00 (Jam bervariasi berdasarkan toko)
* Pasar malam: Jumat-Sabtu 18:30-23:00
☞ Informasi: +82-63-284-1344 (Hanya bahasa Korea)
☞ Situs web
- Naver blog: blog.naver.com/jjnambumarket (Hanya bahasa Korea)
- Facebook: www.facebook.com/nambumarket (Hanya bahasa Korea)

5:00 PM – Bersantai di kafé

Pemandangan jalan Gyeongnidan-gil  

Untuk menutup perjalanan gaya Korea ke Jeonju, kamu harus mengunjungi Jalan Gaengnidan-gil! Berbasis di Jalan Gyeongnidan-gil di Itaewon, Jalan Gaengnidan-gil mendapatkan namanya karena lokasinya yang dekat dengann gaeksa, sebuah wisma tua bagi pejabat pemerintah di periode Goryeo dan Joseon. Meskipun ukurannya lebih kecil, Gaengnidan-gil masih menawarkan lebih dari 30 kafe, restoran, dan toko pakaian yang dioperasikan secara unik di sepanjang gang yang membentuk jalanan. Ambil foto dengan alat peraga di kafe atau bersantai dengan buku seru dan secangkir kopi kental.

Jalan Gaengnidan-gil
☞ Alamat: Area 10-1, Jungang-dong 2-ga, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 중앙동2가 10-1)
☞ Jam operasional: Buka 24 jam (Jam bervariasi berdasarkan toko)

Info Lebih Lanjut
☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Mei 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post