Wisata Larut Malam Lezat di Seoul

Wisata Larut Malam Lezat di Seoul

Korea menduduki peringkat sebagai salah satu negara teraman di dunia, memungkinkan untuk menikmati apa yang ditawarkan negara ini, bahkan hingga larut malam! Terlebih lagi, bus tengah malam beroperasi di seluruh ibu kota. Jika Anda tidak dapat tidur karena perbedaan waktu atau hanya ingin mencoba hal yang lebih, Seoul akan melengkapi Anda!

Apa itu “Bus Larut Malam”?
Bus larut malam di Seoul mengacu pada bus yang beroperasi dari tengah malam hingga subuh. Bus-bus ini merupakan langkah terbaik dengan transportasi umum di sekitar kota pada jam-jam di mana sebagian besar bus tidak beroperasi. Pada Maret 2020, sembilan rute bus larut malam dioperasikan dengan waktu yang bervariasi. Setiap rute bus ditandai dengan huruf “N” untuk mengidentifikasikan bahwa itu adalah bus ‘malam’. Bus-bus larut malam ini mencakup area dengan lalu lintas tinggi di sekitar lokasi wisata populer seperti Stasiun Gangnam. Ongkosnya sedikit lebih mahal dari bus harian, dihargai 2.250 won untuk orang dewasa saat membayar dengan uang tunai. 


Pilihan Makan Malam Sepanjang Rute Bus N26 
(Gangseo    ⇔    Jungnang)

*Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar): 00.00, Bus terakhir (masuk) 03.30 / Jarak antar bus sekitar 25-30 menit. 

Stasiun Hapjeong – Hapjeong-dong Wine Bar

Hapjeong-dong wine bar

Lorong-lorong di Hapjeong-dong adalah zona trendi dan artistik, dihiasi dengan banyak kafe dan ruang budaya dengan berbagai tema, semuanya berlomba-lomba untuk menarik perhatian pengunjung yang lewat. Lebih dari sekadar kafe, Hapjeong-dong juga merupakan pub, wine bar, dan restoran yang menyajikan perpaduan antara masakan Timur dan Barat. Gabungan budaya dan gaya yang dihasilkan ini memberikan atmosfer yang unik. Wine bar di sini terkenal karena atmosfer dan harganya yang wajar. 

Alamat: Area Eoulmadang-ro 5-gil, Mapo-gu, Seoul

Stasiun Sinchon – Dakgalbi

Dakgalbi

Sinchon terkenal karena Dakgalbi (ayam goreng tumis pedas) yang lezat melalui mulut ke mulut di kalangan penggemar makanan penutup. Dakgalbi adalah hidangan yang terbuat dari ayam dan beragam sayuran, seperti kol dan bawang yang dilapisi dengan bumbu pedas dan ditumis di meja di depan Anda. Di Sinchon yang ramai, restoran yang memiliki spesialisasi dengan hidangan ini pasti berkembang pesat, termasuk restoran yang menjual keju atau hidangan laut kombo dan bahkan all you can eat! Dengan banyaknya restoran dakgalbi dan ayam goreng di area ini, Sinchon merupakan tempat yang harus dikunjungi bagi pencinta ayam goreng.

Alamat: Area Yonsei-ro, Seodaemun-gu, Seoul 

Stasiun Jonggak – Jalan Kafe Cheonggyecheon  

Aliran Cheonggyecheon

Jalan setapak di sepanjang Aliran Cheonggyecheon penuh dengan pengunjung setiap tahunnya. Aliran ini dihiasi oleh orang-orang yang kabur dari hangatnya musim panas atau datang untuk melihat pemandangan lampu warna-warni selama Festival Lentera Seoul pada musim gugur. Kafe-kafe berbaris sepanjang Aliran Cheonggyecheon, sangat mudah untuk berhenti dan menikmati secangkir kopi sambil relaksasi dengan melihat kelindahan aliran sungai. 

Alamat: Cheonggyecheon-ro, Jongno-gu, Seoul 
    
Stasiun Dongdaemun – Lorong Dak Hanmari

Dak hanmari

Lorong Dak Hanmari di area Kompleks Perbelanjaan Dongdaemun adalah barisan restoran dengan spesialisasi dak hanmari (sup ayam utuh). Bagi para pemula untuk masakan Korea, dak hanmari akan terlihat seperti samgyetang (sup ayam ginseng). Namun, samgyetang adalah hidangan tunggal, sementara dak hanmari penuh dengan hidangan lengkap! Satu ekor ayam utuh yang direbus dalam kaldu bersama daun bawang, tteok (kue beras), kentang, dan lainnya. Gochujang pedas (pasta cabai Korea) dapat ditambahkan sesuai selera. Setelah selesai dengan ayam, kalguksu (sup mie) dimasak dalam kaldu yang tersisa. Dengan hidangan yang begitu lezat, Anda akan merasa bersalah jika meninggalkan meja dalam keadaan lapar. 

Alamat: Area 14, Jong-ro 40ga-gil, Jongno-gu, Seoul

Stasiun Dongdaemun – Jajanan Jalanan dari Gerai Makanan

Jajanan Jalanan dari Gerai Makanan

Sangat mudah untuk menemukan pojangmacha (gerai makanan) di jalanan Dongdaemun di jam berapa pun, karena pasar grosir pakaian buka hingga dini hari. Di antara berbagai makanan ringan tengah malam yang tersedia, kebanyakan dari orang asing akan memilih dak kkochi (sate ayam), tteokbokki (kue beras pedas), dan sundae bokkeum (tumis sosis dan sayur pedas). Dak kkochi dibuat dengan cara menusuk ayam dan daun bawang menggunakan stik, yang kemudian dipanggang dan dibumbui dengan saus manis atau pedas yang disukai semua orang. Makanan populer lainnya adalah mayak gimbap, sebenarnya diartikan “narcotic gimbap” karena kelezatannya sangat membuat ketagihan! Cocol ke dalam saus pedas tteokbokki untuk melihat apa yang terjadi. 

Alamat: Area Jangchungdan-ro, Jung-gu, Seoul. 


Pilihan Makan Malam Sepanjang Rute Bus N37 
(Songpa    ⇔     Jingwan)

*Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar) 00.00, Bus terakhir (masuk) 03.10 / Jarak antar bus sekitar 30-35 menit

Stasiun Yeonsinnae – Yeonsinnae Rodeo 

Yeonsinnae Rodeo (Sumber: Kantor Eunpyeong-gu)

Yeonsinnae Rodeo terletak di dekat Stasiun Yeonsinnae, menawarkan beragam pilihan makan malam dari jaringan restoran hingga restoran yang unik. Sering disebut “Lorong Ayo Makan”, area ini sangat terang dengan lampu-lampu yang ada di toko-toko hingga larut malam. Daerah ini juga merupakan tempat diadakannya festival bir saat musim panas. 

Alamat: Pintu Masuk Jalan Perbelanjaan Yeonsinnae Rodeo, Galhyeon-dong, Eunpyeong-gu, Seoul

Stasiun Jonggak – Avenue of Youth

Jonggak Avenue of Youth

Bersinar terang seperti siang hari di sepanjang malam, Avenue of youth di Stasiun Jonggak merupakan spot favorit untuk menikmati kehidupan malam di Korea. Pengunjung dapat merasakan rasa pertama dari budaya minum korea di pub di sini. Banyak juga restoran yang menyajikan beragam hidangan, mulai dari samgyeopsal (perut babi panggang), galbi (iga), dan barbeku lain dari sapi hingga ayam, kimchi jjigae (kuah kimchi), jeon (pancake), hoe (irisan ikan mentah), dan lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah menentukan makanan Korea mana yang ingin kamu makan!

Alamat: Area Jong-ro 12-gil Jongno-gue, Seoul

Stasiun Garak Market – Garak Market Hoe Center

Saengseon Hoe

Garak Market merupakan pasar produk pertanian dan perikanan terbesar di negara ini. Sayuran segar, buah-buahan, hidangan laut, dan produk lainnya dibawa langsung ke pasar dari pinggir kota dan dijual dalam pelelangan mulai dari malam hingga fajar. Jika Anda menginginkan pengalaman yang berbeda, Anda dapat menyaksikan proses lelang yang begitu cepat sehingga membuat orang-orang yang berdiri tersebut terengah-engah dan tetap berusaha mengimbangi. Untuk makan malam, kunjungi bagian produk perikanan, di mana Anda dapat memilih hidangan laut yang ingin Anda makan dengan harga termurah dibandingkan tempat lain di kota ini. 

Alamat: 932, Yangjae-daero, Songpa-gu, Seoul


Pilihan Makan Malam di Sepanjang Rute Bus N62
 (Yancheon – Myeonmok-dong)

Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar) 00.00, Bus terakhir (masuk) 01.10 / Jarak antar bus sekitar 30 menit 


Stasiun Hongik University – Makgeollil 

Makgeolli (atas), hidangan pendamping (kiri) & area Hongdae (kanan; sumber: Kantor Mapo-gu)

Ada banyak bar dan pub yang bisa dipilih dari area Hongdae, pusat budaya anak muda Korea. Untuk pengalaman Korea yang unik, kenapa tidak mencicipi salah satu bar yang menjual makgeolli (wine beras)? Dengan rasa yang hampir mirip bir daripada soju, makgeolli merupakan pilihan minuman yang populer. Karena kandungan alkoholnya yang lebih rendah, Anda bisa menikmati berbagai macam rasa, dari makgeolli yang dimaniskan dengan madu hingga makgeolli buah-buahan. Pilih hidangan pendamping untuk menemani minuman Anda dan nikmati kehidupan malam di Korea!

Alamat: Hongik-ro, Mapo-gu, Seoul 

Stasiun Sindang – Sindang-dong Tteokbokki Town

Table-top tteokbokki

Sindang-dong Tteokbokki Town telah terkenal karena tteokbokki-nya sejak akhir tahun 70-an. Banyak gerai makanan di sini yang tetap buka 24 jam, jadi Anda dapat menemukan orang-orang menikmati camilan manis dan pedas baik di siang ataupun malam hari. Toko-toko ini memiliki saus sendiri, membuat rasa unik yang berbeda untuk setiap gerai. Mereka juga menjual set ini dengan topping yang bisa dipilih, seperti telur, mie ramen, mandu (dumpling), fish cake, dan masih banyak lagi. Pilih topping favoritmu dan nikmati tteokbokki-mu! 

Alamat: Area Toegye-ro 76-gil, Jung-gu, Seoul

Stasiun Konkuk University – Kondae Food Street

Kondae Food Street (Sumber: Pemerintah Metropolitan Seoul)

Semua jenis makanan tersedia di Kondae Food Street, dari yang paling disukai di Korea, samgyeopsal dan galbi, hingga makanan Barat dan kafe dessert yang trendi. Restoran dan kafe tetap buka hingga larut malam, menarik pelanggan ke dalam interior yang cerah dan hangat. 

Alamat: Area Dongil-ro 22-gil, Gwangjin-gu, Seoul

Rute Lainnya

Layanan Bus N13 (Sanggye-dong    ⇔    Songpa)

*Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar) 00.00, Bus terakhir (masuk) 03.25 / Jarak antar bus sekitar 25-30 menit 


Layanan Bus N15 (Ui-dong   ⇔    Stasiun Sadang)

*Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar) 00.00, Bus terakhir (masuk) 03.30 / Jarak antar bus sekitar 30-35 menit 


Layanan Bus N16 (Dobong    ⇔     Onsu)

*Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar) 00.10, Bus terakhir (masuk) 03.45 / Jarak antar bus sekitar 25-30 menit

Layanan Bus N30 (Gangdong    ⇔    Stasiun Seoul)

*Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar) 23.20, Bus terakhir (masuk) 03.40 / Jarak antar bus sekitar 35-40 menit

Layanan Bus N61 (Yangcheon   ⇔    Sanggye)

*Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar) 23.40, Bus terakhir (masuk) 04.10 / Jarak antar bus sekitar 25 menit

Layanan Bus N65 (Gaehwa   ⇔   Siheung)

*Jam operasional (waktu kedatangan): Bus pertama (keluar) 00.00, Bus terakhir (masuk) 03.10 / Jarak antar bus sekitar 25-30 menit

Info Lebih Lanjut 

Operasi Tranportasi Seoul & Layanan Informasinews.seoul.go.kr/traffic (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina) 
120 Dasan Call Center: +82-2-120 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Vietnam, Mongolia) 
1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Malaysia) 

 


* Kolom ini terakhir diperbarui pada Juni 2020, dan karena itu informasi mungkin berbeda dari apa yang disajikan di sini. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa detail sebelum berkunjung. 

Klik di Sini untuk Sumber Artikel

Share This Article

Related Post