Menghidupkan Imajinasi di Paju

Menghidupkan Imajinasi di Paju

Desa Provence (Sumber: Desa Provence)

Hanya satu jam berkendara dari Seoul ke barat laut terdapatlah kota Paju, yang merupakan rumah bagi kota budaya yang indah, tempat yang penuh dengan restoran-restoran artistik dan kreatif, puluhan kedai kopi, dan toko-toko penuh gaya yang menarik pengunjung dari segala usia. Area ini sering dijuluki "The Village" karena lingkungan unik yang menyerupai area Provence, Prancis, dan populer sebagai lokasi syuting untuk drama TV seperti "The Master's Sun (2013)," "My Love from the Star (2013)," dan "The Girl Who Sees Smells (2015). "


Kembali ke kenangan masa kecilmu


Desa Seni Heyri

Lembah Seni Heyri (Sumber atas: Lembah Seni Heyri), studio kerajinan (kiri), Time & Blade Museum (kanan)

Lembah Seni Heyri didirikan oleh seniman Korea dari berbagai spesialisasi, seperti penulis, pelukis, aktor, arsitek, dan musisi. Pengunjung dapat menjelajahi banyak museum dan galeri, termasuk Museum Perhiasan Korea ByeokBong, Galeri Patung Bohemia, Museum Instrumen Musikal Dunia, Museum Uang, Museum Time & Blade dan banyak lagi. Dengan demikian, Desa Heyri juga dikenal sebagai desa bertema unik, dengan barang-barang menarik untuk orang-orang dengan berbagai latar belakang. 

Selain pameran tetap, desa ini juga mengadakan banyak program pengalaman di mana pengunjung dapat menemukan bakat artistik mereka sendiri dengan sedikit bantuan dari para ahli. Item yang kamu buat sendiri menjadi suvenir unik. Dengan sedikit keberuntungan, kamu dapat mengunjungi salah satu dari banyak pertunjukan yang berlangsung sepanjang tahun. Satu tips yang perlu diingat adalah sebagian besar toko tutup setiap hari Senin.

Desa Seni Heyri

☞ Alamat: 82-105, Heyrimaeul-gil, Paju-si, Gyeonggi-do (경기도 파주시 탄현면 헤이리마을길 82-105)
☞ Petunjuk arah: Naik bus No. 2200 dari Stasiun Hapjeong (Seoul Subway Line 2, 6), Pintu Keluar 1 → Turun di Halte Bus Heyri and jalan kaki sekitar 10 menit
☞ Situs web: heyri.net (Bahasa Korea, Inggris)

Desa Provence

Jalan Desa Provence (sumber atas: Desa Provence), Kebun Tengah (sumber kiri: Desa Provence) & Taman Kaca (kanan)

Desa Provence di Paju dimulai pada tahun 1996 dengan pembukaan restoran Perancis yang apik. Sejak itu, area ini telah diperluas untuk menampung berbagai restoran, toko roti, dan kedai kopi bergaya Eropa. Cukup berjalan menyusuri jalanan yang dilapisi dengan warna-warna indah akan membuatmu merasa berada di Perancis. Pastikan untuk mencoba beberapa makanan jalanan yang enak. Roti bawang putih berbentuk cincin yang disebut “kiss-ring" cukup populer; roti ini bahkan dicicipi oleh Paus Francisco pada kunjungan pausnya ke Korea. Jam operasional dan hari tutup bervariasi di setiap toko, jadi sebaiknya cek terlebih dahulu jika ada tempat yang ingin kamu kunjungi.

Desa Provence

☞ Alamat: 69, Saeori-ro, Paju-si, Gyeonggi-do (경기도 파주시 탄현면 새오리로 69)
☞ Petunjuk arah: Naik bus No. 2200 dari Stasiun Hapjeong (Seoul Subway Line 2, 6), Pintu Keluar 1 → Turun di Halte Bus Pintu Masuk Gatgoeul → Transfer ke Bus Maeul No. 38 and turun di Halte Bus Perempatan Seongdong → Jalan kaki sekitar 1 menit
☞ Situs web: provence.town (Hanya bahasa Korea)


Pulihkan jiwamu dengan dikelilingi tanaman hijau


Kebun Raya Soulone

Kebun Raya Soulone (sumber bawah: Kebun Raya Soulone)

Kebun Raya Soulone adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang ingin mengistirahatkan pikiran dan tubuh dari tekanan sehari-hari. Ini juga populer di kalangan orang-orang yang menonton drama "The Girl Who Sees Smells (2015)," karena taman ini ditampilkan sebagai rumah pemeran utama pria. Jalan setapak akan mengantarmu melewati rumah kaca dan taman, menampilkan pepohonan dan bebatuan yang indah, dan bahkan terowongan daun! Jika kamu lebih suka duduk, singgahlah di kafe dan nikmati pemandangan melalui jendela sambil minum kopi.

Kebun Raya Soulone

☞ Alamat: 424-12, Geomsan-ro, Paju-si, Gyeonggi-do (경기도 파주시 탄현면 검산로 424-12)
☞ Petunjuk arah: Naik bus No. 2200 dari Stasiun Hapjeong (Seoul Subway Line 2, 6), Pintu Keluar 1 → Turun di Halte Bus Perempatan Heyri → Naik taksi selama sekitar 15 menit
☞ Jam operasional
- Kebun Raya: 09:30-20:00
- Café: Selasa-Minggu 09:30-18:00
- Restoran: Selasa-MInggu 11:00-20:00 (Tutup jam 19:30 di akhir pekan)
* Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup
* Closed tiap senin (Open in the case of Monday being a public holiday)
☞ Tiket masuk: Dewasa (usia 19 ke atas) 5,000 won / Anak-anak (usia 18 ke bawah) 3,000 won
☞ Situs web: soulone.co.kr (Hanya bahasa Korea)

The Kebun Raya BCJ (Byeokchoji)

Kebun Raya Byeokchoji 

Kebun Raya Byeokchoji adalah rumah bagi beragam spesies tanaman dari dalam dan luar negeri! Keindahan taman ini telah muncul sebagai latar belakang dalam banyak drama dan video musik. Terdapat air mancur dan patung-patung plester berbagai ukuran yang mengisi taman Eropa, taman tradisional Korea, dan Taman Ratu di bagian paling tengah. Selain itu, fasilitas di sini menawarkan program pengalaman langsung yang menarik, seperti pembuatan topiary dan tembikar, dan festival cahaya yang berlangsung dari bulan November hingga Februari.

Kebun Raya Byeokchoji

☞ Alamat: 242 Buheung-ro, Paju-si, Gyeonggi-do (경기도 파주시 광탄면 부흥로 242)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi selama sekitar 20 menit dari Stasiun Paju (Gyeongui-Jungang Line), Pintu Keluar 1
☞ Jam operasional: Maret-Oktober 09:00-Matahari terbenam / November-Februari (festival cahaya) 13:00-22:00
* Buka sepanjang tahun
* Penjualan tiket terakhir satu jam sebelum tutup 
* Festival Cahaya dimulai setelah matahari terbenam
☞ Tiket masuk: Dewasa 9,000 won / Remaja 7,000 won / Anak-anak & Warga senior 6,000 won
* Dewasa (usia 19-64) / Remaja (usia 13-18) / Anak-anak (usia 3-12) / Warga senior (usia 65 ke atas)
* Tiket masuk gratis untuk bayi di bawah 3 tahun
* ID diperlukan untuk tiket diskon
☞ Situs web: www.bcj.co.kr (Hanya bahasa Korea)


Tempat wisata terdekat yang tak boleh dilewatkan


Outlet Premium Lotte Paju

Outlet Premium Lotte Paju (Sumber: Balai Kota Paju)

Berbelanja adalah suatu keharusan saat sedang berjalan-jalan! Sisihkan waktumu untuk mengunjungi Outlet Premium Lotte Paju, tempat kamu bisa menemukan banyak merek global di satu lokasi. Dengan arsitektur yang dirancang seperti taman hiburan, tempat ini tidak hanya menawarkan harga menarik namun juga lingkungan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu.

Outlet Premium Lotte Paju

☞ Alamat: 200 Pilseung-ro, Paju-si, Gyeonggi-do (경기도 파주시 탄현면 필승로 200)
☞ Petunjuk arah: Naik bus No. 2200 dari Stasiun Hapjeong (Seoul Subway Line 2, 6), Pintu Keluar 1 → Turun di Halte Bus Pintu Masuk Belakang Outlet Premium Paju → Jalan kaki sekitar 15 menit
☞ Jam operasional: Senin-Kamis 10:30-20:30 / Jumat-Minggu & libur nasional 10:30-21:00
* Tutup pada hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Hari Thanksgiving Korea))
☞ Situs web: www.premiumoutlets.co.kr/paju (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Perkebunan Sanmeoru

Terowongan penyimpanan anggur (atas), pengalaman anggur pribadi (kiri) & Anggur Sanmeoru (kanan, sumber: Perkebunan Sanmeoru)

Perkebunan Sanmeoru adalah tempat di mana kamu tidak hanya dapat mencicipi anggur segar yang terbuat dari meoru, anggur liar Korea, tetapi juga melihat persis bagaimana anggur dibuat. Wisata kilang anggurnya yang populer telah menjadikan tempat ini objek wisata yang banyak dicari terutama bagi wisatawan internasional. Pastikan untuk mengunjungi tempat pembuatan anggur, serta terowongan bawah tanah yang dipenuhi dengan tong berisi anggur yang matang. Kamu bahkan dapat mengambil gambar di zona foto dan berpartisipasi dalam program anggur pribadi, yang memungkinkanmu membuat label pribadi untuk botol anggurmu.

Perkebunan Sanmeoru

☞ Alamat: 441-25 Witbaeuni-gil, Paju-si, Gyeonggi-do (경기도 파주시 적성면 윗배우니길 441-25)
☞ Petunjuk arah: Naik bus No. 92 dari Terminal Bus Antarkota Munsan → Turun di Halte Bus Jeokseong → Transfer ke Bus Maeul No. 091-4 dan turun di Halte Bus Perkebunan Sanmeoru → Jalan kaki sekitar 2 menit
☞ Jam operasional: 09:00-17:00 (Reservasi diperlukan sebelum berkunjung)
☞ Biaya: Wisata anggur 3,000 won / Panen Meoru 8,000 won / Program paket (membuat cokelat, selai, sabun meoru + wisata anggur + mencicipi anggur) 20,000 won / Anggur pribadi 20,000 won
* VAT dikenakanan terpisah 
* Wisata kilang anggur gratis untuk anak-anak usia 3 tahun ke bawah
* Program wine pribadi tersedia untuk 2 orang atau lebih
☞ Reservasi: Telepon +82-31-958-4558 (Hanya bahasa Korea) / E-mail [email protected] (Bahasa Korea, Inggris)
* Untuk reservasi lewat e-mail, kirim nama, tanggal reservasi, dan nama program
☞ Situs web: www.seowoosuk.com (Bahasa Korea, Inggris, Cina)

Pinoseum & Kota Buku Paju

Bagian luar Pinoseum (atas, sumber: Pinoseum), Pajangan marionette di Pinoseum (kiri, sumber: Pinoseum) & Perpustakaan di Kota Buku Paju (kanan)

Jika kamu adalah seseorang yang menyukai kisah Pinocchio, boneka kayu yang bermimpi menjadi anak laki-laki sejati dan hidungnya tumbuh lebih panjang setiap kali ia berbohong, maka kamu akan menikmati Pinoseum, sebuah museum khusus yang didedikasikan untuk kisah terkenal Carlo Collodi yang terkenal, "Petualangan Pinocchio." Pengunjung dapat melihat boneka dari Republik Ceko, serta video Pinocchio animasi 3D pada layar besar. Program langsung seperti lukisan kayu dan pembuatan boneka kertas juga sedang berlangsung bagi semua pengunjung untuk membuat boneka Pinocchio pribadi mereka.

Karena Pinoseum terletak di dalam Kota Buku Paju, sangat disarankan untuk melihat tempat wisata lain saat berada di area ini. Kota Buku Paju adalah kompleks industri yang mengawasi perencanaan, pengeditan, pencetakan, dan distribusi buku, dan juga menaungi perpustakaan, galeri, dan bahkan toko buku bekas.

Pinoseum

☞ Alamat: 152, Hoedong-gil, Paju-si, Gyeonggi-do (기도 파주시 회동길 152)
☞ Petunjuk arah: Naik bus No. 2200 dari Stasiun Hapjeong (Seoul Subway Line 2, 6), Pintu Keluar 1 → Turun di Halte Bus Jembatan Dasangyo → Jalan kaki sekitar 5 menit
☞ Jam operasional: Hari kerja 13:30-18:30 / akhir pekan & libur nasional10:30-18:30
* Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup
* Tutup tiap hari Senin dan hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Thanksgiving Korea)
* Selama bulan Februari-Juni & September-November, hanya buka pada Jumat-Minggu
☞ Tiket masuk: Pameran tetap 8,000 won / Pameran khusus 5,000 won / Tiket gabungan 10,000 won
* Gratis untuk bayi usia 2 tahun ke bawah
* Biaya terpisah berlaku untuk aktivitas langsung
☞ Situs web: pinocchiomuseum.co.kr (Hanya bahasa Korea)

Kota Buku Paju
☞ Alamat: 145, Hoedong-gil, Paju-si, Gyeonggi-do (경기도 파주시 회동길 145)
☞ Petunjuk arah: Naik bus No. 2200 dari Stasiun Hapjeong (Seoul Subway Line 2, 6), Pintu Keluar 1 → Turun di Halte Bus Perempatan Eunseokgyo → Jalan kaki sekitar 5 menit
☞ Situs web: www.pajubookcity.org (Bahasa Korea, Inggris)

Info Lebih Lanjut
☞ Situs web
- Pariwisata Paju: tour.paju.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)
- Pariwisata Gyeonggi-do: ggtour.or.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)
☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada April 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post

Taman Montmarte

Restoran Subaru

Yoon's Milbang