Tongyeong, Kota Laut dan Kehidupan

Tongyeong, Kota Laut dan Kehidupan

Pemandangan Tongyeong

Tongyeong adalah kota pesisir yang terletak di dalam Taman Nasional Hallyeohaesang. Selama bertahun-tahun, kota ini telah menjadi pusat industri kelautan di Korea, dan ini terlihat melalui hidangan utama Tongyeong. Kota ini sering disebut Napoli Korea, dengan pemandangannya yang indah dan kerajinan tradisionalnya. Jaraknya yang juga dekat dengan tujuan wisata populer seperti Busan, Geoje, dan Namhae, menjadikannya tambahan yang bagus untuk jadwal perjalananmu.

Kerajinan menawan dari Tongyeong

Studio Jihyang, membuat barang-barang unik

Barang-barang tatahan dari ibu dari mutiara yang dibuat di Studio Jihyang

Produk-produk tatahan ibu dari mutiara (mother-of-pearls) dibuat dalam berbagai pola dan desain menggunakan cangkang abalon, kerang, dan cangkang turban. Kota Tongyeong, yang hampir seluruhnya dikelilingi oleh air, adalah lokasi yang sempurna untuk berkembangnya bentuk seni tradisional ini. Namun, memiliki banyak bahan baku tidaklah cukup; setiap kerajinan harus memiliki pengrajin yang berdedikasi. Ada sekitar 25 langkah yang diperlukan untuk membuat satu barang tatahan ibu dari mutiara. Beberapa benda bahkan membutuhkan waktu hingga satu tahun untuk diselesaikan. 

Sampai beberapa saat lalu, karena kesulitan dalam membuat barang-barang indah ini, kerajinan tersebut hanya diterapkan pada barang-barang besar dan mahal, seperti lemari atau meja. Saat ini, keterampilan yang sama diterapkan pada barang hidup sehari-hari yang lebih kecil. Di Studio Jihyang, kamu dapat menemukan barang-barang yang dihiasi dengan ibu dari mutiara seperti cangkir, nampan, jam, atau bingkai foto. Masing-masing menunjukkan keterampilan dan kesenian pengrajin ahli.

Studio Jihyang
☞ Alamat:
 No. 124, Seoho Apt., 55, Seohosijang-gil, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 서호시장길 55 서호아파트상가 124호)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101, 141, atau 301 dari Halte Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Munhwa Madang dan jalan kaki sekitar 5 menit
☞ Jam operasional: 10:00-18:00
☞ Biaya (Pengalaman kerajinan mutiara): 20,000 won (per produk) 
* Harga barang penjualan akan bervariasi
☞ Program utama: Penjualan produk tatahan ibu dari mutiara, pengalaman kerajinan ibu dari mutiara
☞ Informasi: +82-10-5582-5920

Museum Seni Ottchil: Dari Tradisi ke Kontemporer

Eksterior Museum Seni Ottchil (atas) & pameran (bawah)

Museum Seni Ottchil Tongyeong didirikan oleh Mr Kim Sungsoo sebagai ruang untuk mempromosikan kerajinan lokal pernis, yang disebut ottchil di Korea. Sebelum pendirian museum, tidak ada tempat bagi wisatawan untuk melihat koleksi benda seni pernis menggunakan tatahan ibu dari mutiara di Korea. Museum ini menampilkan bagaimana kerajinan tradisional ottchil dapat mempertahankan unsur-unsur fundamentalnya saat digunakan dalam bentuk kontemporer.

Barang penjualan yang tersedia di Museum Seni Ottchil

Toko cinderamata museum memiliki banyak barang-barang indah untuk dijual, mulai dari tempat makan hingga bros dan aksesoris yang artistik. Mereka juga menjual teh maesil dan cofbiaya; bayangkan menikmati minuman dari cangkir pernis berbentuk kerucut yang unik sambil menikmati pemandangan laut dari jendela museum!

Museum Seni Ottchil
☞ Alamat:
 36, Yongnamhaean-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 용남면 용남해안로 36)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 652 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Mineulgogae dan jalan kaki sekitar 10 menit
☞ Jam operasional: Maret-Oktober 10:00-18:00 / November-Februari 10:00-17:00
☞ Tiket masuk: Dewasa 3,000 won / Remaja 2,000 won / Anak-anak 1,000 won / Warga senior 1,500 won 
* Dewasa (usia 19-64) / Remaja (usia 13-18) / Anak-anak (usia 12 ke bawah) / Warga senior (usia 65 ke atas)
☞ Program utama: Pameran dan penjualan barang-barang pernis modern
☞ Informasi: +82-55-649-5257

Nubi: kehangatan quilting tradisional

Kebanyakan orang memiliki merek tertentu yang muncul di benak mereka ketika mereka mendengar istilah "barang mewah." Merek ini biasanya memiliki sejarah panjang akan pekerjaan yang berkualitas, memperhatikan setiap detail individu. Ada banyak barang luar biasa yang dibuat oleh pengrajin ulung di Tongyeong, tetapi Nubi (quilting tradisional) Tongyeong adalah yang paling menonjol.

Tas dan kantong Nubi

Nubi menggunakan banyak jahitan kecil untuk mengikat dua potong kain bersama-sama dengan lapisan batting quilt diapit di antaranya, membuat barang lebih kuat dan lebih hangat. Di masa lalu, pakaian nubi dipakai oleh banyak profesi karena berbagai alasan; tentara mengenakan pakaian nubi untuk menghentikan panah sementara nelayan mengenakannya untuk menghentikan angin laut yang menusuk. Hampir semua orang menggunakan selimut nubi di musim dingin. 

Nubi Tongyeong secara khusus dibuat dengan tangan, memastikan ketegangan benang atas dan bawah pas untuk menciptakan pegangan yang kuat. Akhir-akhir ini nubi digunakan pada banyak barang, termasuk tas, kantong, dan dompet. Nubi Mindeulle, yang terletak di dalam Pasar Seoho, menawarkan banyak barang yang dirancang dengan indah tersebut.

Mindeulle Nubi
☞ Alamat:
 Pusat Layanan Pelanggan Pasar Seoho, 58-9, Saeteo-gil, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 새터길 58-9 서호시장고객지원센터 1층)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101, 141, atau 301 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Pasar Seoho dan jalan kaki sekitar 5 menit
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 
* Mungkin tutup pada hari Minggu
☞ Informasi: +82-55-647-0053

Kegiatan menarik di Tongyeong

Objek wisata pinggir jalan

Desa Dongpirang

Pusat kota Tongyeong memiliki banyak objek wisata lucu dan berwarna-warni, yang paling utama adalah Desa Dongpirang, yang terletak di bukit di belakang Pasar Jungang Tongyeong. Setiap rumah yang membentuk desa didekorasi dengan mural unik. Saat kamu mencapai puncak, kamu akan berhenti berkali-kali untuk mengambil foto.

Mercusuar Seopirang

Di sisi lain Pasar Jungang Tongyeong terdapat Desa Seopirang. Dibandingkan Desa Dongpirang, Seopirang adalah desa yang tenang dan sepi. Taman di pusat desa memiliki jalur pejalan kaki yang terpelihara dengan baik, sempurna untuk berjalan-jalan santai; pemandangan dari puncak memperlihatkan seantero Tongyeong dan pelabuhan yang ramai di bawah.

Desa Dongpirang
☞ Alamat:
 6-18, Dongpirang 1-gil, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 동피랑1길 6-18)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101, 141, atau 301 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Pasar Jungang dan jalan kaki sekitar 10 menit

Desa Seopirang
☞ Alamat:
 8-2, Seoho-dong, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 서호동 8-2)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101, 141, atau 301 dari Halte Bus Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Munhwa Madang dan jalan kaki sekitar 5 menit

Taman Yi Sun-Sin

Taman Yi Sun-Sin diciptakan untuk menghargai Admiral Yi, yang memenangkan banyak pertempuran laut selama Perang Imjin (1592-1598). Taman ini terletak tepat di pantai, menawarkan pemandangan indah dalam setiap langkah. Taman ini populer di antara pengunjung keluarga, dengan dek kayu yang membuatnya mudah dilalui semua orang.

Taman Yi Sun-Sin
☞ Alamat: 
205, Mendehaean-gil, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 멘데해안길 205)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 128 atau 428 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Byeonjeonso dan jalan kaki sekitar 25 menit
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
☞ Informasi: +82-55-642-4737

Pasar-Pasar Tongyeong

Pemandangan pasar di Tongyeong

Meskipun keseluruhan Tongyeong dapat dianggap sebagai pusat distribusi makanan laut, pusat dari semuanya adalah Pasar Jungang Tongyeong. Terletak di antara Desa Dongpirang dan Seopirang, pasar ini adalah keharusan bagi rencana perjalanan setiap wisatawan. Para penjual menjual makanan laut segar, termasuk ikan hidup dan ikan kering, dan sayuran yang ditanam secara lokal. Dijamin kamu akan makan makanan enak di sini!

Pasar Jungang Tongyeong
☞ Alamat:
 14-16, Jungangsijang 1-gil, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 중앙시장1길 14-16)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101, 141, or 301 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Pasar Jungang dan jalan kaki sekitar 3 menit
☞ Jam operasional: 08:30-21:30
☞ Produk utama: Makanan laut yang baru ditangkap, ikan kering, rumput laut, dll.
☞ Informasi: +82-55-649-5225

Tongyeong dari sudut lain

Kereta Gantung Tongyeong

Tongyeong terkenal dengan pemandangan pantainya; Kereta Gantung Tongyeong adalah cara terbaik untuk mendapatkan pemandangan laut dan pulau-pulau tanpa penghalang. Kereta gantung ini merupakan kereta gantung wisata umum terpanjang di negara ini. Jangan lupa untuk melihat pemandangan dari dek observasi skywalk.

Skyline Luge di Tongyeong

Jika kamu mencari pengalaman yang sedikit lebih cepat, kunjungi Tongyeong Skyline Luge. Skyride membawa pengendara ke titik awal di puncak bukit, memberikan banyak waktu untuk menikmati pemandangan dan jalur di bawahnya. Ada dua jalur yang bisa dipilih, dan kecepatan kereta luge dapat dikontrol oleh pengendara. Mereka yang tidak ingin mencoba luge selalu dapat naik skyride kembali ke pangkalan. Lapangan luge juga terang benderang di malam hari, sehingga pengendara dapat bermain dengan aman bahkan setelah matahari terbenam. Setelah menikmati perjalanan yang mendebarkan, mampirlah ke toko cinderamata untuk membeli cinderamata seperti topi, botol air, atau magnet.

Kereta Gantung Tongyeong
☞ Alamat:
 205, Balgae-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 발개로 205)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Balgae Junction dan jalan kaki sekitar 10 menit
☞ Jam operasional 
- Oktober-Maret: Senin-Jumat 09:30-16:00 / Akhir pekan & libur nasional 09:30-16:00 
- April & September: Senin-Jumat 09:30-17:00 / Akhir pekan & libur nasional 09:30-17:00 
- Mei-Agustus: Senin-Jumat 09:30~18:00 / Akhir pekan & libur nasional 09:30-18:00
☞ Biaya
Pulang pergi: Dewasa 11,000 won / Anak-anak 7,000 won / Warga senior 9,000 won 
Satu arah: Dewasa 7,500 won / Anak-anak 5,000 won / Warga senior 6,000 won 
* Dewasa (usia 13-64) / Anak-anak (usia 4-12) / Warga senior (usia 65 ke atas)
☞ Informasi: +82-1544-3303

Tongyeong Skyline Luge
☞ Alamat:
 178, Balgae-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 발개로 178)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 141 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Luge dan jalan kaki sekitar 3 menit
☞ Jam operasional: Senin-Kamis 10:00-19:00 / Jumat 10:00-20:00 / Sabtu-Minggu 09:00-20:00 
* Dapat ditutup selama kondisi cuaca buruk
☞ Biaya
- Luge & Skyride: 1 kali 12,000 won / 3 kali 20,000 won / 5 kali 28,000 won 
- Skyride pulang pergi: 11,000 won 
- Pendamping anak untuk satu kali perjalanan: 2,000 won 
* Anak-anak harus memiliki tinggi 130cm atau lebih dan didampingi satu orang dewasa
☞ Program utama: Luge, skyride
☞ Informasi: +82-70-4731-8473

Hidangan lezat di Tongyeong

Selera klasik Tongyeong

Banyak hidangan lokal di Tongyeong menggunakan makanan laut, termasuk hidangan klasik Tongyeong, Chungmu gimbap! Hidangan ini adalah makanan umum yang disiapkan oleh istri-istri nelayan pada saat kota Tongyeong dikenal sebagai Chungmu.

Chungmu gimbap

Karena sifat pekerjaan mereka, tidak pernah ada waktu tertentu kapan para nelayan akan makan siang. Agar hidangan tidak basi, istri mereka akan menyiapkan nasi yang dibungkus rumput laut dan isinya secara terpisah. Para nelayan kemudian akan makan keduanya secara bersamaan ketika mereka punya waktu. Gabojingeo muchim (salad gurita) pedas cocok dengan nasi putih biasa.

Ppaettegi juk

Makanan klasik Tongyeong lainnya adalah ppaettegi juk, bubur yang terbuat dari ubi jalar kering. Hidangan ini mulai dibuat dalam masa sulit ketika orang hanya punya sedikit uang untuk membeli makanan. Akhir-akhir ini, orang akan mencari restoran yang menjual ppaettegijuk untuk merasakan masa kecil mereka. Bubur ini memiliki rasa manis yang sangat ringan yang cocok dengan tambahan millet dan kacang merah.

Dongjin Gimbap
☞ Alamat:
 319-2, Tongyeonghaean-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 통영해안로 319-2)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101, 141, or 301 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Munhwa Madang dan jalan kaki sekitar 3 menit
☞ Jam operasional: 07:00-21:00 
* Dapat ditutup lebih awal jika terjual habis
☞ Menu khas: Chungmu gimbap 5,500 won / Ppaettegi juk 5,000 won
☞ Informasi: +82-55-645-6988

Dajji untuk makanan laut segar

Beberapa restoran di Tongyeong beroperasi sebagai tempat makan dajji, di mana makanan dipesan berdasarkan jumlah orang dan disajikan dengan alkohol. Menu biasanya berfokus pada makanan laut, dan dapat berubah tergantung pada bahan apa yang tersedia dan apa yang para koki ingin masak pada hari itu.

Hidangan dajji hoe biasa (atas), jogae jjim (kiri), dan ge muchim (kanan)

Dajji telah menjadi sangat populer sehingga sebagian besar restoran dajji memerlukan reservasi untuk mencoba budaya lokal yang unik ini. Cobalah untuk mengikuti barisan hidangan makanan laut yang lezat, dari juk (bubur) sampai hoe (irisan ikan mentah), jeon (panekuk), gejang (kepiting asin), gui (ikan bakar), jogae jjim (kerang kukus) dan banyak lagi .

Beoksudajji
☞ Alamat:
 15-8, Hangnam 2-gil, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 항남2길 15-8)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101, 141, or 301 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Munhwa Madang dan jalan kaki sekitar 5 menit
☞ Jam operasional: Senin-Jumat 12:30-21:30 / Akhir pekan & libur nasional 12:30-22:30 
* Tutup pada hari Senin kedua dan keempat setiap bulan
☞ Harga: 40,000 won per orang 
* Pesanan mulai dari dua orang
☞ Informasi: +82-55-641-4684

Tiram terkenal dari Tongyeong!

Hidangan menggunakan tiram Tongyeong

Tiram adalah yang terbaik dari semua produk khusus Tongyeong. Ada banyak cara untuk menikmati tiram Tongyeong, dari mencelupkan tiram mentah ke dalam cho gochujang (pasta cabai Korea dengan cuka) sampai gul jeon (tiram goreng), gul muchim (salad tiram), dan gul gukbap (sup nasi dengan tiram). Tiram rendah lemak dan kalori, menjadikannya bagus untuk orang yang sedang diet.

Meongge bibimbap

Hidangan nasi bibimbap versi Tongyeong yang populer dengan campuran sayuran termasuk taburan meongge yang diiris tipis dan diasinkan (nanas laut). Meongge bibimbap dapat ditemukan di banyak tempat, tetapi kamu tidak bisa mendapatkan yang lebih segar daripada di Tongyeong!

Midam Hoetjip
☞ Alamat:
 104, Jangjwa-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 장좌로 104)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 128, or 428 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus New King DC Mart dan jalan kaki sekitar 10 menit
☞ Jam operasional: 07:00-22:00
☞ Menu khas: Tiram segar, tiram goreng tepung 15,000 won / Meongge bibimbap 10,000 won
☞ Informasi: +82-55-646-4563

Roti madu manis

Roti madu Tongyeong

Roti madu adalah makanan khas lokal yang dapat ditemukan di hampir semua pasar di Tongyeong. Roti lengket dan kenyal menutupi isian kacang merah yang mengimbangi manisnya lapisan madu. Ada beragam isian tambahan, seperti ubi atau krim keju. Sebagian besar toko di depan pasar menawarkan sampel, jadi pastikan untuk mencoba variasi sebelum membuat pilihan!

Roti Madu Geobukseon
☞ Alamat:
 351, Tongyeonghaean-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 통영해안로 351)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 101, 141, or 301 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Pasar Jungang dan jalan kaki sekitar 5 menit
☞ Jam operasional: 08:00-19:00
☞ Menu khas: Set roti madu Geobukseon / Set roti campuran Geobukseon (kacang merah, ubi jalar, limau)
☞ Informasi: +82-55-649-9490

Kafe tepi pantai dengan pemandangan

Pemandangan di kafe tepi pantai di Tongyeong

Ada banyak kafe di Tongyeong dengan pemandangan laut, termasuk J Made, sebuah kafe dengan atap untuk selangkah lebih dekat ke laut. Restoran ini terkenal karena menyajikan minuman dan camilan lezat, termasuk Noeul, lemonade, dan einspanner yang khas. Bahkan Americano yang sederhana menjadi sesuatu yang istimewa jika diminum di teras sambil menikmati pemandangan.

J Made Café
☞ Alamat: 1469, Sanyangilju-ro, Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do (경상남도 통영시 산양읍 산양일주로 1469)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 530 dari Halte Bus Terminal Bus Antarkota Tongyeong → Turun di Halte Bus Maeul Junghwa dan jalan kaki sekitar 3 menit
☞ Jam operasional: 10:30-21:00
☞ Menu khas: Noeul 6,500 won / Lemonade 6,500 won / Einspanner 6,500 won / Homemade yogurt 5,500 won
☞ Informasi: +82-55-642-0068M

Info Lebih Lanjut
☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Mei 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post