Menjelajahi Jeju Sambil Bersantai

Menjelajahi Jeju Sambil Bersantai

Pulau Gapado

Salah satu alasan utama orang pergi berlibur adalah untuk menghilangkan stres. Hal-hal sederhana yang dapat menghilangkan stress seperti menikmati makanan yang enak atau membeli sepatu baru menjadi lebih terasa ketika berlibur! Semuanya terasa lebih enak dan terlihat lebih baik, bahkan di rumah sendiri. Pulau Jeju adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, dengan lingkungan alami, makanan lokal yang lezat, dan kesempatan berbelanja yang unik. Berangkat sekarang dalam perjalanan penghilang stres ke Jeju-do!

Objek wisata utama

Tamasya pulau

Padang jelai hijau di Pulau Gapado

Ada sejumlah pulau kecil di sekitar Jeju, termasuk Kepulauan Udo dan Marado. Belakangan ini, Pulau Gapado, pulau terbesar keempat, telah menjadi tujuan wisata harian yang populer. Pulau ini menyerupai ikan pari yang sedang berenang jika dilihat dari atas. Pulau ini paling banyak dikunjungi selama musim semi, ketika padang jelai hijau melambai tertiup angin laut.

Berangkat ke Pulau Gapado

Blue Ray 2, kapal feri yang beroperasi menuju Pulau Gapado

Feri ke Pulau Gapado berangkat dari Pelabuhan Unjinhang di Hamo-ri, Seogwipo-si di lepas pantai barat daya. Feri dari Pelabuhan Unjinhang beroperasi mulai pukul 09:00 hingga 16:00, meskipun feri terakhir kembali dari Pulau Gapado pukul 16:20. Tiket dibeli dalam paket pulang-pergi, jadi jika kamu pergi setelah pukul 15:00, kamu harus bermalam di pulau dan kembali keesokan paginya. Tiket harus dibeli setidaknya 40 menit sebelum keberangkatan jika kamu ingin namamu tercatat. Pembelian tiket di tempat tersedia tetapi kamu mungkin harus menunggu beberapa jam sampai feri berikutnya jika berkunjung selama musim ramai. Disarankan untuk memesan tiket terlebih dulu, baik secara online atau melalui telepon. Orang asing harus menunjukkan paspor mereka untuk verifikasi ketika membeli atau mengambil tiket di tempat.

Bersenang-senang di Pulau Gapado

Potret Pulau Gapado

Cara terbaik untuk melihat semua hal yang ditawarkan pulau ini dalam waktu singkat adalah dengan menyewa sepeda. Penyewaan sepeda terletak tepat di pelabuhan, sehingga tidak mungkin kamu lewatkan! Ada sepeda reguler dan tandem untuk disewakan, masing-masing dengan tarif 5.000 won dan 10.000 won. Pembayaran hanya diterima secara tunai, jadi pastikan untuk membuat rencana terlebih dulu jika kamu ingin menyewa.

Ada jalan melingkar menyusuri pantai pulau yang menawarkan pemandangan indah laut, tetapi jangan lupakan interior pulau ini. Satu tempat yang harus kamu lihat adalah Dek Observasi Somang. Terletak di titik tertinggi pulau, baik Pulau Marado di selatan dan Gunung Hallasan di utara dapat dilihat dari dek pengamatan ini. Pagar dek didekorasi dengan banyak pita berisi doa dan harapan, ditulis dalam bahasa Korea, yang menjadi asal mula pemberian nama lokasi ini.

Objek wisata lainnya di pulau ini adalah Galeri Pang, yang didedikasikan untuk gaya lukisan unik wanita di wilayah Mithila di anak benua India. Seni ini dibuat dengan pewarna dan pigmen alami, menggunakan jari dan ranting sebagai kuas. Lukisan-lukisan tersebut umumnya berfokus pada alam, kehidupan sehari-hari, atau dewa dan dewi Hindu.

Jajanan spesial pulau

Es krim jelai hijau

Ada sejumlah spesialisasi lokal di Pulau Gapado, dan yang paling utama adalah es krim barley hijau! Es krim lembut ini populer di kalangan segala usia, dan warna hijau pucatnya tampak indah dalam foto. Es krim dapat dipesan dalam cangkir atau cone, keduanya disajikan dengan camilan ppeongtwigi (puff beras) kecil.

Makanan ringan lain di pulau ini termasuk makgeolli (anggur beras) jelai hijau dan misutgaru (minuman biji-bijian panggang) jelai hijau. Semua camilan ini dapat ditemukan di toko-toko dan warung makanan ringan di sekitar pelabuhan. Kami sarankan membeli makanan ringan untuk dinikmati sambil menunggu feri kembali.

Pulau Gapado
☞ Alamat: Gapa-ro, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 대정읍 가파로)
☞ Jadwal feri (Keberangkatan Pelabuhan Unjinhang ↔ Pulau Gapado): 09:00-11:20, 10:00-12:20, 11:00-14:20, 12:00-15:20, 14:00-16:20, 15:00- tidak ada perjalanan pulang, 16:00- tidak ada perjalanan pulang 
* Jadwal berlaku pada Juni 2019
* Perjalanan pulang ditentukan oleh waktu keberangkatan
* Jadwal dapat berubah berdasarkan musim dan periode liburan
☞ Biaya (Perjalanan pulang pergi): Dewasa 13,100 won / Remaja 12,900 won / Anak-anak 6,600 won
* Pemesanan di hari yang sama tidak tersedia
* Tiket yang dipesan online harus diambil setidaknya satu jam sebelum keberangkatan
* Harus menunjukkan identifikasi (diperlukan paspor untuk pengunjung internasional)
☞ Reservasi: Melalui telepon atau situs web
* Pemesanan telepon tersedia mulai satu hari sebelumnya
* Pemesanan online tersedia mulai dua hari sebelumnya
☞ Informasi: +82-64-794-5490 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: wonderfulis.co.kr (Khusus bahasa Korea)

Galeri Pang
☞ Alamat:
66, Gapa-ro, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 가파로 66)
☞ Jam operasional: 09:00-16:00 * Waktu tutup tidak tentu
☞ Informasi: +82-10-6472-0661 (Khusus bahasa Korea)

Usir stres dengan makanan

Pier 22

Lobster red-banded kukus

Karena tempat ini adalah sebuah pulau, jelas beberapa makanan terbaik yang akan kamu temukan di Jeju adalah makanan laut! Jika kamu mencari hidangan yang disukai oleh penduduk setempat, cobalah lobster jjim (lobster kukus) red-banded dari Pier 22 dekat Pantai Geumneungeutteum. Lobster red-banded adalah spesies unik lobster dengan cangkang keras dan tajam, yang hanya ditemukan di laut selatan di sekitar Korea. Karena cangkangnya keras, restoran memberi setiap pelanggan palu kayu kecil untuk memecahkan cangkang! Daging lobster yang manis rasanya enak dicelupkan ke dalam saus ranch.

Pier 22
☞ Alamat:
22, Geumneung 7-gil, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 한림읍 금능7길 22)
☞ Jam operasional: 10:00-20:00, buka sepanjang tahun
☞ Menu khas: Set Taewak (lobster red-banded, kentang, sosis, jagung) 15.000 won per orang / ekor Lobster 15.000 won per orang
☞ Informasi: +82-64-796-7787 (Khusus bahasa Korea)

Puding Umu

Puding Umu (sumber atas & kanan: Umu)

Puding Umu adalah hidangan penutup khusus yang hanya ditemukan di Pulau Jeju! Nama umu berasal dari kata Korea untuk ganggang merah, umutgasari. Saat direbus, ganggang ini melepaskan zat gelatin, yang dikenal sebagai agar. Ganggang merah yang digunakan dalam Puding Umu dipanen oleh haenyeo, penyelam wanita Jeju. Kamu dapat memilih tiga rasa, custard standar, matcha, atau puding cokelat. Toko ini juga menjual produk dengan desain karakter Umu yang cocok untuk oleh-oleh. Sebelum pergi, pastikan untuk mengambil foto interiornya yang manis!

Puding Umu
☞ Alamat:
542-1, Hallim-ro, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 한림읍 한림로 542-1)
☞ Jam operasional: 10:00-19:00 *Jam tutup tidak tentu; lihat instagram
☞ Menu khas: Puding Umu 6,300 won (Rasa: Custard, matcha, cokelat)
☞ Informasi: +82-10-6705-0064 (Khusus bahasa Korea)
☞ Instagram: @jeju.umu (Khusus bahasa Korea)

Daging babi hitam

Restoran daging babi hitam

Makanan paling terkenal dari Jeju adalah heukdwaeji, atau dikenal sebagai daging babi hitam! Babi hitam lokal Jeju telah memainkan peran penting dalam sejarah, budaya, dan mata pencaharian pulau tersebut. Daging babi hitam panggang terasa paling enak setelah dicelupkan ke dalam meljeot (ikan teri asin) selama sekitar 20 detik. Jika ingin makan seperti orang Korea, bungkus daging dan beberapa pamuchim (daun bawang pedas) dalam daun selada atau perilla.

Jeju Gomjip
☞ Alamat:
703-4, Ieodo-ro, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 이어도로 703-4)
☞ Jam operasional: 12:00-23:00, buka sepanjang tahun
☞ Menu khas: Daging perut babi hitam panggang 56.000 won untuk 2 orang / Daging babi hitam dan set makanan laut 78.000 won untuk 3 ~ 4 orang
☞ Informasi: +82-64-739-6002 (Khusus bahasa Korea)

Mie daging babi

Restoran mie daging babi

Kamu bisa makan guksu (mie) di mana saja di Korea, tetapi gogi guksu (mie daging babi) adalah spesialisasi Jeju! Setiap mangkuk diisi dengan mie dan irisan daging babi sebagai hidangan pengisi. Daging babi menambah kuat rasa kaldu. Hidangan ini disajikan polos tetapi bubuk cabai dapat ditambahkan secukupnya. Bahkan jika kamu menambahkan banyak untuk membuatnya super pedas, rasa kaldu tetap akan terasa.

Olle Guksu
☞ Alamat:
24, Gwiarang-gil, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 귀아랑길 24)
☞ Jam operasional: 08:30-19:00, buka sepanjang tahun
☞ Menu khas: Mie daging babi 8,000 won
☞ Informasi: +82-64-742-7355 (Khusus bahasa Korea)

Hidangan Beltfish & Ikan Kembung

Hidangan beltfish & ikan kembung

Sebelum meninggalkan Jeju, kamu harus mencoba galchi (beltfish) atau godeungeo (ikan kembung). Dua ikan ini dapat disajikan dengan berbagai cara, meskipun yang paling umum direbus dan digoreng; beltfish rebus pedas adalah yang paling populer. Rasa beltfish rebus akan sedikit berbeda di setiap restoran, tetapi mereka semua ditandai oleh bumbu yang kuat. Rasa pedas namun sedikit manis membuat ketagihan! Sebagian besar restoran di Jeju menggunakan beltfish perak lokal, yang memiliki rasa lebih kuat. Lobak dan kentang juga direbus dengan beltfish untuk membuat hidangan lengkap.

Yurine
☞ Alamat:
146, Yeonbuk-ro, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 연북로 146)
☞ Jam operasional: 09:00-21:00, buka sepanjang tahun
☞ Menu khas: Beltfish rebus (S) 36,000 won / Ikan kembung rebus (S) 28,000 won
☞ Informasi: +82-64-748-0890 (Khusus bahasa Korea)

Terapi belanja

Pasar Malam Sumokwon

Pasar Malam Sumokwon

Pasar Malam Sumokwon adalah lokasi populer terbaru kehidupan malam di Jeju! Terletak dekat Halla Arboretum, pasar ini menarik wisatawan sebanyak pasar malam populer di Seoul. Seluruh area didekorasi dengan zona foto lucu dan menampilkan produk-produk khusus lokal dan barang-barang buatan tangan. Beli beberapa makanan yang tersedia dari truk makanan, seperti daging paha kalkun raksasa, iga daging babi hitam, atau jus nanas segar, untuk memuaskan keinginan ngemilmu!

Pasar Malam Sumokwon
☞ Alamat:
65, Eunsu-gil, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 은수길 65)
☞ Jam operasional 
- Musim panas: 18:00-23:00 setiap hari
- Musim dingin: 17:00-22:00 setiap hari
☞ Informasi: +82-64-742-3700 (Khusus bahasa Korea)

Pameran Produk Lokal Jeju & Pasar Penjualan

Barang-barang yang tersedia di Pameran Produk Lokal & Pasar Penjualan Jeju

Jeju telah mengembangkan budaya yang unik karena terpisah jauh dari semenanjung Korea. Berkat ini, ada banyak produk lokal yang akan membuat bahagia siapa pun yang dihadiahi! Tempat terbaik untuk dikunjungi untuk barang-barang suvenir khusus ini adalah Pameran Produk Lokal & Pasar Penjualan Jeju. Pasar ini memiliki lebih dari 2.200 barang yang dibuat oleh 138 toko berbeda! Kamu pasti akan menemukan sesuatu untuk semua orang di sini; jangan lupa untuk membeli hadiah untuk dirimu sendiri!

Pameran Produk Lokal & Pasar Penjualan Jeju
☞ Alamat: 473, Yeonsam-ro, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 연삼로 473)
☞ Jam operasional: 09:00-19:00, buka sepanjang tahun
☞ Informasi: +82-64-751-3360 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: mall.ejeju.net (Khusus bahasa Korea)

Info Lebih Lanjut
☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Juni 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post