Mr. Sunshine, Perjalanan Waktu yang Dilalui Ae-sin

Mr. Sunshine, Perjalanan Waktu yang Dilalui Ae-sin

Poster Drama Mr. Sunshine (Credit: Hwa&Dam Pictures)

Latar belakang serial drama Mr. Sunshine diambil dari kekacauan awal abad ke-20 di Hanseong (awal nama dari Seoul). Karakter utama dalam drama ini adalah Yu-jin atau Eugene yang lahir sebagai pelayan, kemudian pindah ke Amerika dan menjadi seorang perwira angkatan laut AS. Di sisi lain, karakter Ae-sin berperan sebagai putri bungsu bangsawan yang menjadi pelayan sukarelawan di milisi.

Tumbuh sebagai anak perempuan dari keluarga yang sangat dihormati, Ae-sin diajarkan oleh kakeknya bahwa dia harus menjadi seorang perempuan yang lemah lembut dalam bertutur kata dan bertingkah laku. Namun, dia memutuskan untuk mengikuti jejak orang tuanya yang gugur demi membela negaranya dan mengambil bagian menjadi seorang pelayan di milisi. Walaupun semua orang ingin Ae-sin tumbuh menjadi layaknya sebuah bunga, namun dia memilih untuk menjalani hidup yang penuh dengan petualangan. Dalam artikel ini, kita dapat mengulik kembali kehidupan Ae-sin dengan mengunjungi beberapa lokasi syuting di mana Ae-sin tampil dalam drama “Mr. Sunshine”.

Taman Choganjeong, Yecheon

Taman Choganjeong

Beberapa adegan mengambil latar di Taman Choganjeong, termasuk penampilan pertama seorang Ae-sin. Tempat ini juga merupakan lokasi di mana dia mempelajari dunia luar dengan membaca surat kabar milik kakeknya secara diam-diam. Setelah itu, Ae-sin berlindung di tempat ini untuk mengobati kesedihan setelah perpisahannya dengan Eugene.

Terletak di Yecheon, Taman Choganjeong merupakan sebuah paviliun yang dibangun pada 1582. Bangunan aslinya telah hancur karena beberapa insiden kebakaran selama dan setelah invasi Jepang pada 1952 dan direkonstruksi pada 1870. Taman Choganjeong merupakan taman terbaik untuk merasakan ketenangan karena dikelilingi oleh hutan lebat yang menghadirkan gemericik aliran sungai.

Jembatan Gantung

Jembatan Gantung di belakang Taman Choganjeong

Setelah mengelilingi Taman Choganjeong, kamu dapat berjalan lebih jauh ke arah belakang untuk menemukan Jembatan Gantung. Keindahan asli Taman Choganjeong hanya dapat dilihat dari jembatan ini, harmonisasi dari bangunan tradisional yang menyatu dengan hutan, berhasil menghasilkan pemandangan memukau.

Alamat: 874, Yongmungyeongcheon-ro, Yongmun-myeon, Yecheon-gun, Gyeongsangbuk-do
Petunjuk arah: Gunakan taksi dari Terminal Bus antarkota sekitar 25 menit

Desa Keimyung Hanhakchon, Daegu

Desa Hanhakchon Universitas Keimyung

Setelah pertemuannya dengan Eugene, Ae-sin merasa terdorong untuk mempelajari bahasa Inggris dan memutuskan untuk menghadiri sebuah sekolah. Adegan sekolah difilmkan di Desa Keimyung Hanhakchon yang berlokasi di dalam Universitas Keimyung, Daegu. Desa Keimyung Hanhakchon didirikan untuk memperingati anniversary ke-50 Universitas Keimyung. Dikenal memiliki hanok tradisional dan taman yang indah, desa ini juga masuk dalam program kegiatan tur kota Daegu.

Jalan Metasequoia Universitas Keimyung

Saat berada di gerbang Universitas Keimyung, sangat direkomendasikan untuk mengambil program tur universitas. Kampus ini diisi dengan bangunan dan jalan yang estetika, khususnya Jalan Metasequoia. Jalan ini menawarkan pemandangan yang berbeda pada setiap musim, seperti pemandangan daun hijau pada musim panas, serta pemandangan daun gugur keemasan pada musim gugur. 

Alamat: Keimyung University Seongseo Campus, 1095, Dalgubeol-daero, Daegu
Petunjuk arah: Gunakan taksi dari Stasiun Dongdaegu sekitar 30 menit
Jam operasional: Senin-Jumat 08.00-17.00
Pertanyaan: +82-53-580-6984 (Korean only)

Lembah Suseong-dong di Gunung Inwangsan

Lembah Suseong-dong di Gunung Inwangsan

Sebelum debut Ae-sin dimulai di milisi, dia melewati pelatihan senjata api di pegunungan. Adegan ini diambil di Lembah Suseong-dong di Gunung Inwangsan, yaitu sebuah gunung yang dapat dengan mudah diakses dari Seoul. Lembah ini merupakan salah satu dari beberapa tempat di Seoul di mana pengunjung dapat menikmati suara air sungai yang mengalir dan suara kicauan burung selama menikmati hutan yang tenang. Pemandangan menakjubkan dari Gunung Inwangsan kerap muncul pada karya seni milik Jeong Seon, yakni seorang seniman terkenal dari Dinasti Joseon yang melukis keindahan Korea. Beberapa karya seninya dipamerkan di depan lembah.

Alamat: 185-3, Ogin-dong, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Gunakan taksi dari pintu keluar 3 Stasiun Gyeongbokgung (Kereta bawah tanah Seoul jalur 3) sekitar 5 menit
Jam operasional: 00.00-24.00

Yoon Dong-ju Literary House

 

Yoon Dong-ju Literary House

Jika kamu ingin menjelajahi lebih jauh area pegunungan, kami merekomendasikan untuk melalui dulle-gil (jalur berjalan) sekaligus menikmati pemandangan kota Seoul. Ikuti jalur tersebut dan kamu akan sampai di Yoon Dong-ju Literary House. Seperti namanya, Yoon Dong-ju Literary House merupakan pusat peringatan yang didedikasikan untuk kehidupan dan karya dari penyair Korea, Yoon Dong-ju. Dikenal sebagai penyair yang paling dikagumi, karya-karyanya menampilkan duka dan kesedihan karena kehilangan negara tercintanya selama pemerintahan Jepang.

Alamat: 119, Changuimun-ro, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Gunakan taksi dari Stasiun Gyeongbokgung (kereta bawah tanah Seoul jalur 3), pintu keluar 3 sekitar 10 menit / kemudian jalan melalui jalur yang ada dari Lembah Suseong-dong
Jam operasional: 10.00-18.00 *Tutup hari Senin, 1 Januari, Seollal (Tahun Baru Imlek) hari libur Chuseok 
Pertanyaan: +82-2-2148-4175 (Korean only)

Sunshine Studio, Nonsan

 

Nonsan Sunshine Land

Sebagian besar dari adegan drama ini berlokasi di Sunshine Studio, Nonsan. Walaupun beberapa areanya ditutup karena proyek konstruksi, pengunjung dapat menikmati potongan harga tiket masuk hingga grand opening dilakukan. Studio ini rencananya akan dibuka secara resmi pada akhir Oktober.

Nonsan Sunshine Land

Pengunjung dapat mengamati beberapa bangunan dan struktur yang muncul pada serial drama ini, termasuk salah satunya Glory Hotel dan Jembatan Hongyegyo. Saat studio ini dibuka secara resmi, akan hadir sebuah kafe yang menyediakan gabé (istilah lama dari kopi) dan makanan penutup yang kerap muncul pada drama.

Alamat: 102, Bonghwang-ro, Yeonmu-eup, Nonsan-si, Chungcheongnam-do
Petunjuk arah: Gunakan taksi dari Terminal Bus Yeonmudae Express sekitar 10 menit
Jam operasional: 10.00-18.00 (masuk terakhir pukul 17.30) *Tutup hari Senin
Tarif: Dewasa 4.000 won / Remaja & Anak-anak 2.000 won
Pertanyaan: +82-1811-7057 (Korean only)
Situs web: www.sunshinestudio.co.kr (Korean only)

Ildu Historic House, Hamyang

Ildu Historic House

Ildu Historic House di Hamyang muncul dalam drama sebagai rumah di mana Ae-sin tinggal. Pada kehidupan nyata, Ildu Historic House merupakan rumah dari seorang terpelajar konfusius pada periode Joseon, yakni Jeong Yeo-chang. Rumah ini dinamai sesuai nama samaran orang tersebut yaitu “Ildu”. Harmonisasi dari bangunan kayu dan pohon pinus menghadirkan pemandangan yang diharapkan setiap orang tentang rumah pada masa Dinasti Joseon.

Solsongju Culture Hall

Solsongju Culture Hall

Tepat di sebelah Ildu Historic House kamu akan menemukan Solsongju Culture Center, di mana kamu dapat merasakan cita rasa dari solsongju, yaitu minuman keras tradisional yang dibuat menggunakan daun pinus dan air Gunung Jiri yang begitu segar. Tempat ini juga menghadirkan segala informasi tentang sejarah minuman keras tradisional dan cara pembuatannya. Karakteristik dari aroma solsongju dapat dibilang ringan namun memiliki aroma pinus yang berciri khas, bahkan minuman ini berhasil menarik minat beberapa presiden Korea di masa lalu. Pengunjung dapat melihat potret presiden yang pernah hadir di aula gedung ini.

Alamat: 50-13, Gaepyeong-gil, Jigok-myeon, Hamyang-gun, Gyeongsangnam-do
Petunjuk arah: Gunakan taksi dari Terminal Bus antarkota Hamyang sekitar 15 menit
Jam operasional: 09.00-17.00
Pertanyaan: +82-55-962-7077 (Korean only)
Situs web: www.ildugotaek.kr (Korean only)


Informasi selengkapnya

1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)


*Kolom ini terakhir diperbarui pada Oktober 2018, maka dari itu informasi yang ditampilkan dapat berbeda. Kami menyarankan untuk memeriksa langsung ke situs resmi.

Share This Article

Related Post